JakartaGreater.com - Forum Militer
Feb 132018
 

UAV Wing Loong dalam sebuah parade di Astana, 7 Mei 2017. © Kalabaha1969 via wikimedia.org

JakartaGreater.com – Pengembangan yang datang sebulan setelah Cina berhasil untuk menghadirkan sebuah kapal nirawak, dan diklaim sebagai drone kapal tercepat di dunia dengan kecepatan maksimum lebih dari 90 km/jam, seperti dilansir dari Sputnik News.

China telah mulai membangun zona uji untuk kapal nirawak pertama dari jenisnya di Asia dan dilaporkan merupakan situs pengujian yang terbesar didunia, menurut situs resmi China Internet Information Center.

Situs uji yang disebut sebagai Wanshan Marine Test Field, direncanakan seluas 225 mil persegi, atau 771 km persegi, akan berdiri di Kepulauan Spratly, di Laut China Selatan yang berdekatan dengan Macau dan Hong Kong.

Zona tersebut akan dilengkapi dengan jaringan komunikasi serta radar navigasi yang dibangun dipulau-pulau terdekat, yang akan memungkinkan pengujian berbagai jenis kapal dalam kendali dan penghindaran rintangan secara otonom. Zona tersebut akan menjadi basis utama penelitian di lapangan selama 3 – 5 tahun ke depan.

Sebuah perusahaan patungan yang melibatkan pemerintah kota Zhuhai dalam proyek tersebut dan China Classification Society (CCS), termasuk perusahaan swasta Yunzhou-Tech yang bergerak di bidang kendaraan otonom serta Universitas Teknologi Wuhan, di mana pada tahun 2012 melakukan litbang kapal otonom multifungsi.

Pengumuman menyiapkan situs uji tersebut disampaikan seminggu setelah pemerintah China berhasil melakukan uji perdana terhadap sebuah kapal otonom, Huster-68, lapor People’s Daily.

Kapal otonom dimaksudkan untuk melaksanakan patroli dan memblokir target di laut. Pengembangnya, Shenzhen Huazhong University of Science, menyatakan pada situsnya bahwa salah satu tujuannya adalah untuk membantu China mencapai ambisinya untuk mencapai angkatan laut biru.

China sebelumnya telah mempresentasikan sebuah kapal nirawak, yang diklaim sebagai yang tercepat di dunia dengan kecepatan maksimal lebih dari 90 km/jam.

Namun, menurut pakar kelautan Beijing Li Jie, yang dikutip oleh South China Morning Post, negara ini masih tertinggal dari Amerika Serikat dan Israel dalam industri kapal otonom.

Pada saat yang sama, kapal nirawak dipandang sebagai sarana potensial untuk patroli jarak jauh dan penegakan klaim teritorial China di Laut China Selatan, dimana sejumlah wilayah sedang dipersengketakan antara China, Brunei, Taiwan, Malaysia, Vietnam, dan Filipina.

Bagikan:

  31 Responses to “China Akan Bangun Situs Pengujian Kapal Otonom Terbesar di Dunia”

  1.  

    Biarpun murah jng asal beli lah… Inget Nine dashline kita dan resiko kalau ambil barang cina.. Lagian Masih banyak kok Produk lain selain dari asu, israel dan cina xixixi…

    •  

      Mang 9 garis putus mengklaim natuna? Bukan tidak bro? Yg luput dari perhatian anda yg nyata2 dihalaman kita ribuan marinir usa di darwin dengan senjata berat ada dihidung kita ga dianggap ancaman? Jika salah satu provinsi kita yg kaya bergejolak dan ditumpas tni trus marinir amrik bertindak turut campur bisa apa kita bro?? Timtim jgn lupa ya itu sejarahhhh

      •  

        Coba dilihat peta Nine DashLine China masuk keteritorial Indonesia! Konteks Timtim berbeda bung karena itu jajahan portugis bukan jajahan Belanda yg kita ambil alih makanya posisi kit lemah dan pd saat jajak pendapat jg terjadi kecurangan oleh pihak Pro Kemerdekaan yg disokong Australia+sekutu. TNI gak bakal menyerah dgn mudah serangan Marinir Ausie+AS bung, jgn buru2 meremehkan TNI ingat perang Surabaya apa rakyat akan diam saja!

      •  

        Karena Nine dash line sudah di jawab sm bung Andre jadi sy tidak perlu menjelaskan soal itu… Begini bung HK, cina memang tidak pernah usil dan ikut campur sm urusan Negara lain… Dan cina juga tidak pernah menilai baik buruk negara lain Dng isu HAM seperti Asu yg padahal banyak tentara asu dan sekutu utamanya seperti israel yg melanggar HAM di dunia ini jadi ibarat maling teriak maling… Tetapi Cina itu paling Agresif kalau soal Claim perbatasan… Memang cina tidak pernah melakukan perang invasi seperti Di irak, tapi Clash di perbatasan yg berujung perang Sudah sering mereka lakukan… Dari clash berujung perang di india, Clash dng Vietnam di spratley island bahkan cina juga pernah perang di perbatasan dng sekutu utama mereka Soviet… Semua konflik itu sm di dasarkan dari Claim Historical cina… Taiwan aja yg udah jadi Negara merdeka tetap di claim Cina karena yah itu berdasarkan Klaim sejarah, begitupun dng Laut cina selatan di claim cina sekarang dan sialnya Nine dash Line kita termasuk yg di claim mereka… Selama tidak ada Niat bagi cina untuk merubah Claim mereka di Nine dash line kita Maka cina akan tetap jadi ancaman bagi kedaulatan wilayah indonesia apalagi kalau melihat sejarah Konflik berujung perang akibat claim cina… Dan kalau soal kangguru ga usah di tanya lagi bung sy juga termasuk yg paling sering bahas sifat busuk kangguru di sini… Kangguru juga ancaman begitupun dng cina itu fakta waspada itu penting jng sampai kebobilan nantinya.

      •  

        Cong, yg maling ikan di Natuna tuh sapa?? US Marine yaa??? Yg nembakin kapal KKP Ama Bakamla tuh sapa ?? US Coast Guard???

        Ngaca woii ngaca ???!!!!.

        •  

          Yg ngerampok 90% freeport,minyak exxon,dll 90% buat asu yg 10% buat kita sapa ya? Hihihi g embargo senjata kita sapa? Yg nyerang iraq,libya,afgan,dll dgn alasan senjata kimia sapa? Yg membela mati2an israrl negara apa? Yg dukung isis sapa? Yg suka ikut campur urusan negara lain sapa? Soal natuna 12 mil dari lepas pantai apa 200 mil zee ?

          •  

            Wasu tenan kuwi !!…. 😆

          •  

            Itu bukan ngerampok Cong. Lo baca kontrak karyanya. Itu resmi dan ada PPnya. Leh negara junjungan ente Bangkep ikan dimari, buat nine Dash line Ampe ngelewatin ZEE negara orang udah ijin belum Ama negara yg punya???

            Freeport Indonesia buat tambang, 90% lebih karyawan lokal bahkan hingga Presdirnya, apalagi melibatkan warga Papua juga. Lah negara ente buat proyek di Indonesia dari dana, karyawan Ampe buruhnya dari ente semua. Noh tanya Koh Yuli kalo gak percaya. Lah negara ente udah ngasih apa buat Indonesia??? Ngasih utangan 50 triliun lebih biar nelayan Ente kalo nyuri ikan gak ditangkap Ama Bu Susi ya?? Biar klaim Nine Dash line berjalan lancar ya??? Ngaca woiii… Liat masyarakat… Disini banyak yg lebih benci China daripada orang USA. Lebih kejam, lebih pelit dan lebih serakah China daripada orang USA. Hhhhhhhhhh

  2.  

    Setahapdemi setahap tiongkok mendekati kualiti amrik ,target besar mereka th 2035 hrs bisa imbangi amrik sekitar 17 th kedepan

  3.  

    ayo yg mau ngecer..merapat .merepet..slgi murah murah ..

  4.  

    jin ping semakin menggila,

    Indonesia kapan ya,,,,,,???????

  5.  

    Jika berhub dgn amrik bukan soal perangnya yg pasti politik,ekonomi dll berhub blm blokade n embargo makanan,export import,embargo senjata bisa2 f 16,hercules dll ga ada spare partnya,blm dibawa ke pbb soal pelanggaran hamlah dll yg buat kita tertekan itu da pasti lho

  6.  

    Jika di hutan ketemu ular dan orang India maka bunuhlah orang India.

    Jika dihutan ketemu orang India dan China maka bunuhlah orang China.

    Ini salah satu alasannya kenapa China takkan pantas menjadi penguasa Dunia.

    https://m.detik.com/finance/berita-ekonomi-bisnis/1636307/kisah-di-balik-pembelian-pesawat-china-oleh-merpati

    •  

      Pantas ga pantas bukan membutuhkan penilain ente tpi fakta yg berbicara ,tanya ama org iran,pakistan,afrika dll sapa yg teman sejati mang amrik sekrg masih no 1 gdp nya 16 t $ tpi utangnya sama gedenya ,militer no 1 didunia untuk saat ini ga tw 20 th kedepan jika ada umur kita liat saja hehe

      •  

        Penilaian Ane didasari dari Fakta. China selama 4000 tahun sejarah peradabannya atau selama 2569 tahun persatuan China, tak ada sejarah China mampu menguasai wilayah lainnya bahkan mereka gagal di Vietnam. Alasannya apa??? Karena China selalu memikirkan suku bangsa mereka sendiri. Melihat dunia dari kacamata mereka sendiri.

        Ente harus liat bagaimana kondisi Tibet dan Xinjiang disana. Bagaimana pengaruh China atas kedua wilayah tersebut.

        Kalo mau berkaca dari segi ekonomi, berapa banyak apartemen dan rumah yg ditinggal kosong karena sepi peminatnya. Berapa banyak Infrastruktur yg ditinggalkan karena tak terpakai dan terserap. China takkan menjadi nomor satu sebelum mereka membereskan ekonomi dan keterbukaan sebelum bubble ekonomi meletus disana. Setiap negara maju pasti akan mengalami stagnasi setelah mencapai laju pertumbuhan ekonomi yang pesat. Pertumbuhan ekonomi China sudah anjlok drastis dari 10% per tahun menjadi 7% pertahun. China bisa melewati USA sebagai kekuatan ekonomi dunia bila pertumbuhan ekonomi mereka mencapai rata-rata 10% per tahun, belum China harus memperbaiki rasio gini dan ketergantungan pada dunia manufaktur. Tahun 2015 lalu saja index saham Shanghai turun besar 6% yg nilainya mencapai USD 3,2 Trilliun, Setara dg Cadangan Devisa China. Itu menunjukkan bahwa adanya kelambatan ekonomi khususnya pada manufaktur dan ekspor China. Makanya China mulai bergantung pada Konsumsi domestik mereka. USA sudah meninggalkan manufaktur dan beralih pada Konsumsi domestik untuk mendorong GDP mereka. Jadi akan susah untuk melewati USA kecuali GDP perkapita mereka sudah dinaikkan minimal hingga mencapai USD 25.000/tahun baru bisa melewati USA.

 Leave a Reply