Mar 122018
 

Jet tempur multiperan Su-35 Flanker-E. Β© Sergey Vladimirov via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Beijing merasa senang atas kecepatan serta kualitas pengiriman jet tempur Su-35 pertama, namun membuat prasyarat adanya produksi lokal, untuk pesanan lebih banyak berikutnya, seperti dilansir dari laman National Interest.

Beberapa sumber di Rusia dan Angkatan Udara China menunjukkan bahwa Beijing dan Moskow mungkin telah mencapai kesepakatan awal untuk pengadaan lebih banyak jet tempur Sukhoi Su-35 buatan Rusia oleh Angkatan Udara China.

Menurut laporan bulanan Kanwa Defense Review yang berbasis di Hong Kong di bulan Februari bahwa batch kedua pesawat tempur yang sangat bermanuver dengan mesin thrust-vectoring telah mendarat di Pangkalan Angkatan Udara di China Selatan.

Diantara salah satu lokasi yang diperkirakan sebagai penempatan layanan dan hanggar untuk pesawat multi-peran superioritas udara adalah pangkalan udara Suixi diprovinsi Guangdong, China selatan, yang berada di bawah Komando Teater Selatan PLA.

Sejumlah Su-35 telah bergabung dengan pergerakan baru-baru ini disekitar Taiwan dan melaksanakan patroli udara di atas Laut China Selatan, bersama jet tempur Su-30 serta pesawat pembom dan peperangan elektronika H-6K.

Jet tempur multirole Sukhoi Su-35. Β© Russian MoD via Wikimedia Commons

Pada bulan November 2015, Angkatan Udara PLA menjadi pelanggan ekspor pertama jet tempur Su-35 setelah Moskow dan Beijing menandatangani sebuah kontrak senilai $2 miliar untuk pembelian 24 pejuang tersebut. Empat pesawat pertama dikirim pada bulan Desember 2016.

Mengutip sumber di industri pertahanan Rusia, mencatat bahwa produsen jet tempur Su-35 di Amur Aircraft Plant telah menerima lebih banyak pesanan setelah umpan balik yang memuaskan dari PLA mengenai kecepatan dan kualitas pengiriman batch awal.

Su-35 adalah turunan modern dari jet tempur Su-27 yang diperuntukkan untuk ekspor pada akhir 1980-an, namun pecahnya Uni Soviet dan embargo senjata oleh Barat telah melipat sayapnya, hingga pesanan Beijing kembali menghidupkan lini produksinya.

Peningkatan selanjutnya juga dilakukan pada kokpit, desain struktur dan juga sistem pengendalian senjata selama bertahun-tahun.

Juga disebutkan bila Beijing telah memperjelas bahwa akan ada lebih banyak pesanan hanya jika dilakukan dibawah parameter transfer teknologi serta produksi secara lokal dari beberapa sub sistem dan avionik, sebuah taktik yang pernah dicoba dan berhasil untuk mereplikasi teknologi luar negeri dengan alternatif yang jauh lebih murah dan buatan sendiri.

Namun, para analis mengatakan sekarang Rusia mungkin bersedia membantu bahwa ada hubungan baik antara kedua kekuatan itu, dimana sejumlah besar pengembangan dan kerjasama pertahanan dan pesawat terbang juga memberikan kemajuan.

Moskow telah membatasi transfer senjata dan kerjasama sekitar tahun 2005 mengenai rekayasa ulang sistem persenjataan oleh China, terutama mesin pesawat terbang dan komponennya. Namun sekarang juga telah sepakat untuk menjual sistem rudal pertahanan udara maju S-400 kepada China setelah Beijing melakukan pendekatan selaman beberapa tahun.

Sementara itu, Angkatan Udara Indonesia (TNI AU) juga sudah menyelesaikan kontrak pembelian 11 jet tempur Su-35 pada bulan Februari, pengiriman pertama diharapkan pada bulan Oktober. India dan Uni Emirat Arab dilaporkan kemungkinan membeli Su-35 juga.

Berbagi

  83 Responses to “China Akan Beli Jet Tempur Su-35 Lagi?”

  1.  

    Punya sini aja blm dikirim yg sono dah pesen lagi..

    •  

      China lagi banyak duitttt, ternyata SU35 mempunyai nilai tambah di banding replika buatannya sendiri….dan ternyata produk copy paste tak sehebat produk aselinya….btw, kabar SU35 yg akan di kirim, nyantol di mana ya?

      •  

        emang Su-35 udah dikopi sama cina ?

        hehehe salah ngomong bisa digebukin loh sama salesnya…..

        •  

          Ada tuhh….J11-F varian terbaru, tapi China lebih suka SU35 ketimbang produk made in China sendiri….

          •  

            J 11 d mas hihi kalah dimesinnya x tenaganye .tpi mereka ga diam trus nyerah lho mas ratusan pt dibidang sains dikumpulkan plus dekrg ktnya ilmuwan top rusia plus ukraina mantan tenaga ahli antonov dah dipekerjakan disono lho jdi tinggal tunggu waktu apa yg mereka kerjakan

        •  

          Hahah betul tukang kopi segala macem dr hp hingga wanita ehhh salah ketik

          •  

            Tpi sekrg mr mubeng hp nya 5 besar dunia no 1 samsung,2.iphone dari 3 s/d 5 diborong china dan menguasai 35% hp dunia lho hihi khan jepang juga dulu mobilnya th 50 an kalah jauh dari amrik ,sekrg? Hp juga sekrg dah bagus kualitinya ,ga semua copy mas railgun, pesawat hipersonic n rudal hipersonic mereka terdepan sekrg

    •  

      yang sini pesen nya sedikit ,mutusin nya lama..semoga yang 2 unit buat flypass di hut oktober nanti tetap sesuai plan.

    •  

      iya salesnya juga lagi galak, baper, yg disini aja belum dikirim kok sudah kirim yg disono….
      terus komisi gw bijimane……gumam sang sales……xixixi

      •  

        komisi sudah dilock persentage dan nominalnya bung..cuma cair kalau barang udah didelivery..kalau receiving report pesawatnya sudah di sign sama mabes..xixixixi biar lama tetep ada yang ditunggu ye bung jim..

    •  

      Test

  2.  

    kalau sudah kena belitan tali gebokan duit mana bisa menghindar
    meski ada ancaman nyata bahwa produk akan dikloning dan menjadi pesaing potensial pasar senjata di masa depan setidaknya untuk sekarang pesanan tambahan akan menaikkan pemasukan dan akan menarik minat lebih banyak lagi calon pembeli

  3.  

    Pesawat tempur superior yang paling handal yang bisa geser dominasi F-22 Raptor dan F-35.. sekarang pihak NATO dan Amerika sudah ketakutan terhadap kelincahan Sukhoi 35 dan generasi penerus Sukhoi 57 ..

    •  

      mungkin yg dikirim kemarin Su-35 rasa Su-27…..jadinya cina protes kok Su-35 rasanya sama aja kaya Su-27……..xixi

      •  

        setidaknya tu pilot yg nerbangin gk takut kena hipoksia saat nerbangin su-35.

        •  

          Hahah ente bisa aja tong tong

        •  

          ini fansboy yg satu ini cuma bisa manas2 in doang….nanti klo gw bahas pake bahas teknik,,, dia kgk ngerti dan langsung kabur ke ketek emaknya minta nenen……..

          udah gih udah malam mending lu bobo sono,,,,,disini bukan tempatnya anak ingusan kek lu…..

          •  

            ini fakta lo bung,
            hhh kalau ane pinter , mungkin ane udah jdi presiden .
            cepet suruh cari solusi biar para pilot itu siluman gk modar konyol krn hypoksia , hhh

          •  

            Masalah udara sudah gue sebutkan sebelumnya diatas, dari mana masuknya & keluarnya, ada juga udaranya masuk dari rongga2 hidung pesawat yg diproses terlebih dahulu kemudian masuk ketabung & sebagian ke ruangan pilot & udara keluar dihisap kipas mesin pesawat melalui inletnya.

            Tapi sih baiknya itu f22 dihibahkan ke boko haram atau taliban

            Hahhaahaaaa

  4.  

    Pasti ditambah avionik,radar,rudal pl 15 made in china bisa lebih canggih dari yg asli

    •  

      jgn ngaco lah….AU cina pesawat rusia tetap rudalnya pakai rudal rusia, klo stok habis dan sudah kefefet baru pakai rudal cina.

    •  

      Canggih Apanya?. Noh KW Su-27 Keok Ama Gripik RTAF. πŸ˜†

      •  

        Boleh aku jelasin n bukan bela diri ya? Teknologi su 27 th 90 an dibanding gripen th 2010 an beda 20 th dgn cat su 27 blm di upgrade ya, ya jelas kalah di avionik,radar,kokpitnya kalah canggih,jadi sekrg j 11 b yg diperbaharui sudh diganti semua radar pake AESA,kokpit,avionik yg terbaru plus rudal pl 12 yg bisa imbangi rudal meteor grippen ,disono itu selalu diperbaharui dan ditambah seperti rudal kh 31 p dipercanggih,sapa tw su 35 ditambah rudal hipersonic yg pasti pake rudal pl 15 kayanya dicantelkaan ,kokpit chusus su 35 memakai bahasa mandarin katanya ,nanti kita liat saja hehehehe yg pasti rudal pl 15 ditakuti usa

        •  

          Jelas Teknologi Gripen RTAF Itu Masih Di Bawah 2010. Dan Tk Mungkin Jika J-10 Tahun 90an Tsb Blm Di Upgrade. Dan Emang Apa Hebatnya PL-15 Yg Kamu Katakan Di Takuti US?. Sampe Sekarang Blum Ada Rudal AAM Yg Teruji/Battle Proven Menembak Target Dlm Range Lebih Dari 30KM Atau Jarak AAM Bisa Di Katakan BVR Bahkan Saya Tk Percaya Sama Semua AAM Termasuk R-77.

        •  

          kata siapa ditakuti jenderal as………
          rudal pl-15 dipuji krn desainnya mirip rudal derby….

          disini muji,,,disono bilang yg sini takut……..hhhhhh
          takut dari hongkong…….

    •  

      Ane setuju dg beberapa pendapat Bung Jimmy soal PL-15. Apa yg ditakutkan oleh komandan USAF bukanlah tingkat akurasi dari rudal tersebut, tapi kenyataan bahwa rudal itu bisa diproduksi oleh China. Mungkin akan jadi ancaman kalo senjata itu digunakan untuk sasaran diam, atau obyek besar seperti tanker udara atau AWACS. Namun bukan menjadi ancaman pespur USA dan barat.

      Satu hal lagi, bila China sudah mumpuni dan percaya diri dengan pengembangan pespurnya seperti J-31 dan J-20, mengapa China ingin memesan lagi Su-35??? Itu jadi indikasi bahwa mesin yg bisa dibuat oleh China masih jauh dibawah standar USA dan Rusia. Disisi lain, itu juga membuktikan bahwa J-20 dan J-31 belum akan siap dalam waktu yg lama.

      •  

        Target th 2035 baru imbangi usa masih 17 th kedepan ,mang usa masih unggul teknologinya ,tpi mereka punya prinsip jika org lain bisa merekapun hrs bisa ikuti jika tidak diikuti ya diinjak musuh ,tenang aj liat kedepan ilmuwan top rusia dan ahli desain antonov dah bekerja disana jdi tinggal tunggu waktu,jika fa ada potensi ga mungkin trump anggap rusia dan china pesaing utamanya kedepan

        •  

          Iya Memang Chino Itu Punya Prinsip “Jika Yg Lain Bisa Kamipun Harus Bisa” Tapi Mereka Mengejar Negara Lain Tsb Tanpa Mementingkan Kualitasnya. Bahkan Segala Cara Akan Dilakukan Chino Buat Mengejar Ketertinggalan Itu Baik Dari Hacking,Curi Blueprint,DLL. πŸ˜†

          •  

            Jika r & d pespur siluman habiskan 20 rb triliuyn bisa kurus china jim hahaha … Israel aj buat lavi kolaps ,tpi mesin su 35 susah ditiru hihihi

          •  

            Lho Besaranya Biaya Riset Itu Di Tentukan Oleh Kualitas SDM Dan Pengalam Itu Negara Sendiri Bung. Toh Jika Negara Tsb Berpengalaman Dan Kualitas SDMnya Tinggi Pasti Bisa Meminimalisir Pembengkakan Biaya Dlm Riset. Soalnya Dgn Modal Pas-Pasanpun Nyatanya Rusia Bisa Membuktikan Dgn Mehasilkan Senjata Yg Hebat&Mematikan Contohnya Udah Di Sebutin Putin Awal Bulan Kemaren.

          •  

            Saya setuju dengan bung Jimmy, menurut saya sih tepatnya China lebih suka cara yang instan mencontek dan membuat contekan itu menjadi versi mereka sendiri… yang paling kelihatan itu di otomotif, apa yang tidak di buatkan versi KW oleh China…
            Tetapi meskipun terkenal dengan kebiasaanya copas, tetapi suka tidak suka mengcopy sebuah pespur, rudal dan alat pertahanan jelas bukanlah hal yang mudah, meskipun akirnya mereka keteter sendiri dengan misalkan saja kualitas mesin pesawat yang tidak sesuai harapan tetapi minimal mereka sudah mendekati kondisi dimana bisa memproduksi sendiri…
            Yang paling membikin panas dingin jelas bukan masalah kualitasnya, tetapi otak bisnis mereka yang patut di waspadai, setelah sukses mengcopy mereka menjual dengan harga yang jauh lebih murah diluar apakah kemampuanya memang berbanding lurus dengan harga… Kereta api cepat adalah salah satu contohnya, agresif sekali… smartphone juga mereka melakukan hal yang sama…
            Tidak terbayang ketika suatu saat justru China yang menjadi raja penjualan senjata… dan untungnya bagi China mereka mendapatkan mitra yang berkualitas seperti Russia, sesuatu yang tidak akan mereka dapatkan dari negara2 barat…

      •  

        U lebih pintar dari herbert caserle hihi ,banzai aggato

  5.  

    OKB borong2 habis itu jiplak dah semua, soal kualitas nomor dua yg ptg kuantitas dulu! Klu China sudah menguasai ilmu metalurginya bakal kesalip nih pabrikan Eropa barat dan timur.

  6.  

    Sales China Hermanto Vs Sales Rusia Jimmy, Kalo China Ane Pilih UAV/UCAV Sj sedangkan produk china lainx ogah

    •  

      Aq pilih underdog rif hahaha pokoke yg dicela aku bela mw iran khek,china khek

    •  

      Kalo Ane, pegang Jimmy aja. Dia Sales asli, bukan KW seperti satunya. Hhhhhhhhhh

    •  

      Hahaha. Lho Emang Siapa Yg Debat. πŸ˜† Itu Cuma Mancing Kok Soalnya Saya Suka Mancing-2 Ziganwu. πŸ˜›

      #Peace

      •  

        Rusia- china sohib berat hehe ,harusnya org asiaznafrikaznamerika latin dan dunia ketiga senang china bisa buat senjata jdi ga hrs dijajah barat dengan harga selangit ,amerika ga kasih uav saudi langsung borong 300 pesawat ke china,thaad ga dikasih langsung s 400 ,pakistan ga dikasih f 16 buat sendiri jf 17,myanmar diboikot beli ke rusia dan china coba jika semua dari barat mw jdi apa dunia ketiga?

        •  

          Gak yakin sohib berat kecuali masalah Manchuria Utara kelar prosesnya dan China berhenti ngopi produk Rusia.

        •  

          Jelas Saya Tk Suka Sama Kemajuan Chino. Toh Soalnya Makin Hari Mereka Makin Sok Jago Plus Sifat Licik,Culas Dan Piciknya Semakin Akut (Kaya Si DR Yg Gripiknya Lesu). Malahan Menurut Saya Sifatnya Chino Itu Lebih Menghawatirkan Dari Sifat AS Dan Lagi Akhir-2 Ini Nama Chino Banyak Disangkutkan Dlm Narkoba,Itu Lah,Ini Lah. Plus Jg Paling Penting Klau Kemajuan Industri Chino Di Bidang Pertahanan Itu Sangat Meresahkan Rostec Karena Kebanyakan Negara Lebih Mementingkan Harga Daripada Kualitas Toh Klau KW Nya Lebih Banyak Laku Daripada Orinya Emang Karyawan Rostec Dan Yg Bersangkutan Mau Makan Pake Apa? Pasir Gitu. Bahkan Jika Tk Kesulitan Ekonomi Tk Mungkin Lagi Rusia Ekspor Alutsista Ke Chino πŸ˜†

          •  

            Jepang tuh… dibela2in ikut tender pembangunan kereta cepat… setalah sudah mampu memproduksi sendiri, berani beradu sama Jepang rebutan proyek kereta cepat… apa ga gila… baru bisa bikin kereta juga dibantu tiba2 menjadi pesaing… dan lagi2 harga menjadi senjata mematikan China…

          •  

            Ga bkal beli senjata lagi bung jimy wong ilmuwan topnya dah ada di beijing haha

          •  

            Hahaha. Yakin Chino Gk Bakal Beli Senjata Lagi Ke Rusia?. Toh Emang Itu Insinyur Antonov Mau Ubah J-20 Jadi Pesawat Angkut Gitu. πŸ˜†

            #Just Kidding

          •  

            Bukan pesawat angkut aj ada katanya ilmuwan top rusia yg kembangkan pesawat hipersonic planya 2 jam beijing-newyork hhehe lagian jika tak dibeli su 27 pabrik sukhoi th 90 an mw bangkrut kok hihi

          •  

            Lha Itu Makannya Saya Bilang “Jika Tk Kesulitan Ekonomi Tk Mungkin Rusia Ekspor Alutsista Ke Chino”

  7.  

    Itu su 35 bukan sekedar super manuver, tapi teknologi perangkat elektroniknya termasuk jammernya yg kuat & ini yg mungkin diincar tiongkok

    Hahhaahaaaa

    •  

      Weeeh anda benar sekali….super sekali….

      •  

        Yg utama mesinnya

        •  

          Kalau utk mesin mrk sudah bisa kloning, tapi klu utk teknologi perangkat elektroniknya blm bisa mrk kloning

          Hahhaahaaaa

          •  

            Justru elektronik china kuat kok mana ada komputer ,hp,elektronik buatan rusia yg laku dan canggih ??? Mesinnya yg susah ditiru bung

          •  

            Noh Ada Yotaphone. Toh Lagian Xiaomi Lebih Mentingin Harga Daripada Kualitas.

          •  

            Huawei sekrg the best bung jimy,telkom 4 g sekrg pake teknologi huawei,piala dunia di rusia sponsornya vivo jim hoho ,jgn lypa rudal df 41 antar benua diperbatasan rusia putin kasih izin kok u yg panas ? Xi jinping n putin ersahat karib kok

          •  

            Lho Ini Kenapa Bola Dan Putin Di Sangkut Pautin?. πŸ˜† Yg Jelas Saya Kagak Peduli Soal Bola Dan DF-41 Soalnya Untuk Sepakbola Saya Cuma Suka Lev Yashin Plus DF-41 Gk Ada Hubungannya Ama Saya. πŸ˜†

          •  

            @huha bilang mesin sudah bisa kloning….

            wkwkk…….ngakak dah……mesin jadul seperti mesin karburator, mesin turboprop, mesin memakai piston memang mudah di jiplak…terutama oleh cina.

            tapi jaman now,,,,,semua mesin sudah canggih, sudah ada mesin pakai injeksi, ada mesin pakai settingan elektronik / misal di motor/mobil ada ECU untuk timing pembakaran, di pesawat dan kapal laut/selam bisa ada APU.
            Dan untuk mensetting timing pembakaran/pengapian memerlukan software tertentu…..

            jadi intinya cina bisa copy hardwarenya …….. tapi softwarenya bisa ga ???

            itulah mengapa cina masih kesulitan mengembangkan mesin untuk mesin pesawatnya.

          •  

            Militer rusia beli 7 kapal cepat buatan pt lundin ,banyuwangi

          •  

            @ koh HK…….. ya itu mungkin sebagai kesepakatan lain (Side deal) yg terjadi antara rusia-indonesia,,,,indonesia beli su-35,,,,rusia disuruh beli produk militer dari indonesia.

            selain membeli mungkin ada opsi lainnya yaitu mempromosikan produk dari indonesia.

          •  

            Tapi perkembangan teknologi militer china suda mmbuat amerika & sekutunya panik, walau banyak yg mengatakan cetakan teknologi militer tiongkok masih kurang baik, tapi tiongkok sendiri tidak ragu menggunakannya & orang indonesia juga ada yg pakai teknologi tiongkok sampai celdamnya merek panda termasuk jimsul menggunakan celdam merek panda waktu konsultasi ke agato

            Hahhaahaaaa

          •  

            Busyet Ternyata Selain Mr Sugi ,Huha Jg Punya Penerawangan Super. πŸ˜† Noh Punya Mbh Mien Malahan Ada Gambar Kepala Panda Yg Hampir Menutupi Semua Bagiannya

          •  

            Hihhiihiii
            Kepala pandanya berbulu apa tidak broo

            Hahhaahaaaa

  8.  

    Soal narkoba menurut aku bukan kebijakan pemerintahnya wong police sono kasih tw ke polisi kita kasih info kok lagian disana yg bwa narkoba pasti dihukum mati ,paling bahannya dari segi tiga emas dan afganistan itu para mafia yg wajib dihukum mati ,suka ga suka fakta kekuatan ekonomi terbesar kedua dunia

  9.  

    halaaaaah… masih juga “akan”… santai aja napa sih… disini aja “akan” sampe tahunan koq…

  10.  

    KNAAPO Mulai Bangun Su-35 Untuk TNI AU… http://tass.com/defense/993539

  11.  

    China sebetulnya sudah sangat hebat. Selama ribuan tahun, invented yang mereka hasilkan telah mengubah kehidupan manusia. Roda, bubuk mesiu, uang kertas, kertas dan juga cetakan huruf ditemukan disana. Sebetulnya itu sudah bisa menjadi bahan pijakan bagi China untuk menjadi penguasa dunia. Sayangnya selama itu pula, tak pernah ada sejarah China pernah menang perang melawan bangsa2 besar. Bahkan menghadapi Vietnam sekalipun. Pernah dijajah suku Mongol, Suku Manchu, kalah perang dengan UK, dan dikuasai Jepang. Kecintaan akan duniawi dan tak mau habis-habisan adalah kelemahan utama China.

    Jika saja China mau menahan ambisi mereka untuk tidak mengeklaim LCS, Senkaku, Manchuria Utara hingga Aksai Chin dan Arunacal Pradesh tentunya China sudah bisa menguasai ekonomi dunia. Sikap Agresif China hanya akan memicu perang China menghadapi Asia raya.

  12.  

    Rusia tdk bodoh mungkin ada komponen su 35 yg di rahasiakan dan di gunakan sendiri di pesawat negaranya sendiri karena yakin jika alusista yg di jual akan di copy oleh china…

 Leave a Reply