Apr 122017
 

Tentara China melintasi Sungai Yalu menuju Korea Utara dalam Perang Korea tahun 1950-1953. © PLA

China akhirnya mengungkapkan situasi strategis yang akan memaksa untuk berperang melawan Amerika Serikat dan mengatakan akan berperang bersama samping Korea Utara untuk mencegah AS membentuk pemerintahan pro-Barat di negara Korea bersatu.

Alasan pertama bagi China memicu Perang Dunia III disebabkan karena Amerika Serikat dan Korea Selatan bermaksud mendirikan sebuah pemerintahan pro-demokrasi di Korea Utara setelah mengalahkan negara itu dalam perang.

Alasan yang kedua adalah pergerakan pasukan Angkatan Darat atau Korps Marinir AS menuju tepi Sungai Yalu yang memisahkan Korea Utara dari China.

Pergerakan pasukan seperti ini di bulan Oktober 1950 selama Perang Korea telah memaksa China untuk mengirim “Tentara Relawan Rakyat Cina” untuk menyerang Angkatan Darat dan unit Marinir AS yang telah bergerak ke Sungai Yalu setelah mengalahkan Tentara Rakyat Korea Utara.

China membuat dua poin tersebut dengan sangat jelas dalam sebuah editorial di salah satu surat kabar resmi Partai Komunis China. Dalam editorial itu, China mengatakan bahwa mereka akan menyerang fasilitas nuklir yang dioperasikan oleh Korea Utara jika fasilitas ini mengancam keamanan dan stabilitas di Laut China Timur dengan kontaminasi nuklir.

Diakui bahwa serangan hukuman oleh Angkatan Darat China terhadap fasilitas nuklir Korea Utara akan mengakibatkan ratusan ribu pengungsi Korea Utara melarikan diri dari perang dan mencari perlindungan di provinsi Liaoning dan Jilin disebelah timur laut China, yang berbatasan dengan Korea Utara.

Banjir pengungsi tersebut tidak diperbolehkan memasuki China, kata editorial tersebut.

Tetapi apabila Amerika Serikat dan Korea Selatan mengambil keuntungan dari kekacauan ini dengan menginvasi Korea Utara, maka China tidak punya pilihan lain selain berjuang bersama Korea Utara seperti yang terjadi dalam Perang Korea 1950-1953.

“China tidak akan membiarkan adanya pemerintahan yang bermusuhan terhadap China di sisi lain dari Sungai Yalu, dan militer AS tidak boleh mengerahkan pasukan militernya ke Sungai Yalu”, kata editorial tersebut.

Editorial tersebut mencatat “Kalimat ini dimaksudkan untuk Amerika Serikat, karena alasan dari semua itu adalah bahwa militer Amerika Serikat telah meluncurkan serangan kepada DPRK (Korea Utara)”.

Editorial juga memperingatkan kepada “Sekutu Amerika Serikat yaitu ROK (Korea Selatan) tidak boleh mengerahkan pasukan ke Sungai Yalu yang harus dipahami oleh militer Amerika Serikat dan Korea Selatan sebenarnya adalah bahwa pasukan mereka tidak boleh mengganggu Sungai Yalu”.

Editorial itu mengingatkan Amerika Serikat dan Korea Selatan dalam Perang Korea, bahwa pasukan sekutu yang dipimpin oleh Amerika Serikat mengumumkan bahwa pasukan sekutu tersebut tidak akan memajukan medan perang hingga ke Sungai Yalu, tetapi akan berhenti di 40 mil (64 km) di perbatasan selatan China-Korut. Mereka menyebut garis ini sebagai “MacArthur Line”.

Namun semua itu tidak terjadi, dan pasukan sekutu pimpinan Amerika Serikat (UNC) terus maju hingga ke Sungai Yalu, dan akhirnya memicu intervensi militer China dalam Perang Korea tersebut dan menyelamatkan Korea Utara yang kalah dari serangan pasukan sekutu.

  31 Responses to “China Akan Berperang Bersama Korea Utara Untuk Mencegah Bersatunya Korea Pro Barat”

  1. Bentar lagi akan tayang WW 3,jangan lupa pesen tiket dari sekarang ya rekan rekan warjag.

  2. yes

  3. aduh keduluan bung antu.. mat bobo bung antu

  4. perang pertamax :)

  5. Alasan pertama bagi China memicu Perang Dunia III disebabkan karena Amerika Serikat dan Korea Selatan bermaksud mendirikan sebuah pemerintahan pro-demokrasi di Korea Utara setelah mengalahkan negara itu dalam perang…..

    ??!!

  6. Indonesia yang gak tau mau berperang bersama siapa, soalnya negara tetangganya pengkhianat semua 😆

  7. Perang pengaruh yg berujung pengorbanan nyawa manusia bila terjadi perang! Yg penting jualan senjata laku.

  8. Walaupun si Trump sudah ngomong sama xi jiping jangan sampai membela korut tapi kenyataanya tentara china sudah Bergerak di perbatasan korut,dan china tak akan membiarkan bemper negaranya kalah,jika sampai korut kalah runtuh juga naga China raya di LCS…saat inilah peran armada rusia harus bergerak juga di LCS untuk mengimbangi armada pacific asu..,

  9. Nothing to lose utk china, sekalian basah ya basah aja…perang perang dah!,,,china jg panic jika korut berhasil ditaklukkan oleh as-korsel-jepang….maka drdp mati konyol dan dikepung oleh pasukan as-sekutu dikemudian hari, sepatutnya china mau ga mau hrs bantu korut utk perang dunia 3….(dooms day)

  10. China akan menguasai korut secara real kayakna…

  11. Ramalan : Akan terjadi perang beneran. Indonesia akan terimbas oleh perang itu maka bersiap2lah.

    • Terlambat dah keburu perang WW3 . mana pespur blum kebeli.
      Kalo terjadi benar2 pasti akan menyesal ga karuan .. Disumpahin oleh pecinta warjager hahaha

  12. ane rasa,sebaiknya rusia harus ikut ambil bagian.supaya ASU tidakterlalu mudah dalam menyerang korut.

  13. ada pertimbangan kemungkinan china kompromi utk menggulingkan pemerintahan kim jong un asal diganti dgn pemerintahan yg masih jadi negara satelit china seperti jepang dgn sandiwara demokrasinya yg menjadi negara satelit as

  14. siap siap jika perang terjadi KFX mati suri…
    jepang rontok ekonomi
    korea babak belur .karena kena nuklir dari korut
    cina dan rusia ketawa ketiwi
    sambil minum kopi

  15. Jgn keburu perang dlu tunggu ane lulus s3 teknik nuklir ??

  16. perang emang akan menimbulkan banyak korban jiwa n benda tapi klo yg perang amrik n konconya korsel jepang n nato vs china n groupnya korut rusia cs, boleh juga biar penghobi berita perang dpt baca n lihat video perang dg teknologi terbaru

 Leave a Reply