Apr 172017
 

Desain pesawat tak berawak hipersonik China

Dilansir dari Sputnik News merilis berita bahwa para insinyur China dari Institut Riset dan Permesinan Beijing menetapkan untuk menguji prototipe mesin pesawat hipersonik dan roket pembawa tahap pertama tahun ini, sebagaimana dilaporkan Aviation Week.

Itu akan menjadi pembuka jalan bagi demonstrasi penerbangan pertama dari sistem propulsi skala penuh pada tahun 2025 mendatang.

Sebagaimana dalam catatan para ahli, masalah utama dalam penciptaan mesin tersebut adalah kenyataan bahwa masing-masing dapat beroperasi dalam jangkauan kecepatan yang pendek, namun untuk merancang sebuah casing yang kuat untuk akselerasi pesawat dari kecepatan nol hingga kecepatan hipersonik lebih dari 5 atau 6 mach, masih belum memungkinkan.

Mesin hipersonik, yang sedang dikerjakan oleh para insinyur China saat ini, diharapkan akan dapat mengakselerasi pesawat dari 0 – 10+ mach. Pengembangan tersebut dinamakan dengan TRRE (mesin turbo jet dibantu roket diperkuat ram/scramjet).

Keunikan dari desain tersebut adalah bahwa casing tunggal menggabungkan mesin turbojet, mesin roket dan mesin jet udara ramjet bersama. Lebih jauh, nozzle dari mesin gabungan ini memiliki diameter yang berbeda, tergantung pada kecepatan penerbangan dan mesin mana yang digunakan.

Pada tahap pertama penerbangannya, mesin akan beroperasi dengan komponen turbojet pada kecepatan rendah. Tahap berikutnya, setelah mencapai kecepatan 2 mach, mesin roket dan scramjet akan diaktifkan. Setelah 6 mach, mesin roket tersebut akan mati dan mesin udara reaktif ramjet masuk ke dalam modus hipersonik dengan menambahkan pasokan oksigen cair ke ruang bakar.

Jika berhasil, mesin bisa tersebut akan menjadi yang pertama dari jenisnya di dunia untuk memberikan tenaga pada kendaraan hipersonik atau pesawat ruang angkasa “first-stage” pertama yang dapat memasuki orbit.

  8 Responses to “China Akan Menguji Mesin Hipersonik “Next-Generation””

  1. Selamat pagi…

  2. Nulis kecepatan mach nya salah, nanti diprotes Rini lho..
    Bwakakaka…

  3. Ntar ajalah …
    Aku lagi cari inspirasi
    Besok off employed day

  4. Klu sudah menguasai teknologi kuncinya lbh mudah untuk mengembangkannya, ayo Indonesia pasti bisa!

  5. Udah Pictule itu di komental
    Besok Day Employed Off
    Mohon Maaf dan telima kacih

  6. Bikin mesin untuk J 20 aja belum bisa udah mau lompat hipersonik aja.. Cina cina.. Kau kan modal kopi paste.. Ya nunggu Rusia or USA bikin mesinnya aja..

 Leave a Reply