Nov 302016
 
Kapal perang China di Laut China Selatan (AFP)

Kapal perang China di Laut China Selatan (AFP)

Beijing – Lembaga pemerintah China pekan ini memperingatkan Beijing siap menetapkan zona indentifikasi pertahanan udara (ADIZ) di kawasan Laut Cina Selatan yang disengketakan. Para analis mengatakan langkah yang ditujukan untuk memberi China wewenang dalam memeriksa pesawat-pesawat udara asing yang memasuki zona itu, akan membuat marah negara-negara lain.

Lembaga Nasional untuk Kajian Laut Cina Selatan mengatakan, langkah itu diambil mengingat AS menggelar lebih dari 700 patroli pengawasan di laut China Selatan sepanjang tahun lalu. Langkah itu, kata lembaga tersebut, hanya akan dibatalkan jika Washington menghentikan kegiatannya di sana.

Langkah China untuk menetapkan ADIZ ini menyusul serangkaian langkah yang diambil Beijing untuk mengontrol pergerakan kapal-kapal asing di Laut China Selatan. Beijing berusaha mempertegas niatnya untuk mempertahankan klaim maritimnya di sana, meskipun Mahkamah Internasional telah menetapkan Juli lalu bahwa China tidak memiliki landasan hukum yang kuat atas klaimnya tersebut.

Pemerintah AS sangat mengandalkan tetangga-tetangga China sebagai sekutu dan menyebut sebagian besar kawasan Laut Cina Selatan sebagai perairan internasional. China mengatakan, AS berusaha membatasi perluasan yang dilakukan Beijing.

China mengklaim 95 persen kawasan Laut China Selatan sebagai miliknya dan usaha-usaha militernmya di pulau-pulau kecil di kawasan itu telah membuat marah banyak pihak. Brunei, Malaysia, Taiwan, Vietnam dan Filipina juga memiliki klaim di kawasan tersebut, yang tumpang tindih dengan klaim Beijing. Laut Cina Selatan terbentang dari Taiwan hingga Singapura dan memiliki luas 3,5 juta kilometer persegi.

Sumber : Voaindonesia.com

Bagikan:

  34 Responses to “China Ancam Terapkan ADIZ di Laut China Selatan”

  1.  

    ini mah test on the water buat si donal……wkwkwk

  2.  

    Lah kalau negara kita juga menerapkan ADIZ gimana tuh?

  3.  

    NKRI HARUS SEGERA BORONG IVER CLASS DARI DENMARK..BORONG 6 UNIT..BORONG JUGA KILO 636 DAN LADA AMUR 10UNIT…DUITE SOPO?DUIT MBAHMU…WKWKWK

  4.  

    Wah, china songong nih, mau uji coba keberanian trump, jgn main2 lah sm presiden as trpilih ini, dia tdk spt obama yg selalu legowo jika china gertak, jika ini dilakukan china, itu artinya china lah yg memantik api perang dunia 3…salam kiamat aja kawan2 warjag…:(

  5.  

    Nyenggol natuna siap perang..!!! Haiya jgn loe belani-belani nyenggol wilayah oe koh, kalo masih nekat, oe lempal bakpao isi sianida loe koh..!!

  6.  

    China klo ud kuat belagu.. Klo ditabok az mewek hh

  7.  

    cina dan asu sama2 punya agenda busuk, main mata dan kesamaan visi.
    bak sinetron bikin gaduh kawasan asean.. ujung2 produsen alutsista kebanjiran order.
    hehehehehe… dunia..oh dunia..

  8.  

    LCS makin seru dan menegangkan akibat ulah China

  9.  

    Sejauh mana ??

  10.  

    Rakus cinak, indonesia juga punya sistem ADIOS khusus penceroboh yg masuk dengan sengajha ke wilayah indonesia….

    kenapa dulu itu laut harus di kasi nama LAut Cinak Anj**g Selatan…

  11.  

    Huu

  12.  

    Hayyyaaa, Loe olang jgn mudah pelcaya! Sumbel belitanya dali media AS hoooo.
    Hallaaaahhh…
    xixixixixixi

  13.  

    Jangan lupa kita rangkul teman kita yaitu fillipina dan Brunei agar mereka paling tidak bisa selalu waspada pada Cinak ini..

  14.  

    Mau main borong besar2an????
    Tapi duite sopo???
    Solusinya…..urunan nasionallllll
    Hahahaha…

  15.  

    anggaran 2010 – 2014 dikorupsi ?

    ya pakai saja anggaran 2015 – 2019 untuk borong alutsista …

  16.  

    C>

  17.  

    Yang berhak melakukan ADIS di LCS adalah Indonesia ,NATUNA sangat tepat di jadikan Adiz ,karena letaknya sangat strategis . Juga tak kan ada yang keberatan karena kepulauan Natuna sudah di akui dunia milik Indonesia ,dan itu bedanya dengan China di LCS .
    Saya usulkan Indonesia mengajukan Pelabuhan Udara RANAI sebagai FIR baru yang mengatur penerbangan di LCS menggantikan Fir singapure . Ini akan mempertegas kedaulatan Indonesia di NATUNA .

  18.  

    Jgn heran & ng’gak perlu kyk gmn”lah…
    Selm ini juga bnyk negara yg malah tidak berkutik & tunduk dgn kebijaksanaan amrik…

    Jd tinggal ter’gantung negara” sktr , mau protes or berani menantang , dlm arti’an konfrontasi lsg dgn China…

    Indonesia Kita mendingan lbh baik fokus benahi alutsista yg di’perlu’kan…
    Jgn sampai ter’ulang kasus” :
    – ruang udara Bawean…
    – lepas’x Timor-Timor…
    – lepas’x pulau yg di’ambil-paksa Malaysia…
    – yg di’hadapan mata, kontrol ruang udara yg selm ini di’kuasai S’pore….
    – slsi’kan mslh Irian Jaya ( khusus’x FresPort )…

    Yg paling penting mslh:
    – korupsi…
    – nationalism…

    Salam damai Indonesia Kita…

  19.  

    Mo gmna lg, secara traditional sebenarnya LCS ITU seluruhnya hak milik Indonesia yg notabene pewaris sah trah majapahit… JD China sejak dahulu kala nyuri ikan di wilayah majapahit cuma dibiarkan saja soalnya banyak putri Dari wilayah kerajaan China yg menjadi istri-istri raja2 bawahan di wilayah majapahit/sriwijaya. Sangat disayangkan kebaikan orang nusantara disalahartikan karena mereka bangsa utara sangat tamak TDK menghargai teritorial tetangganya

  20.  

    cina lancau kanina moy…

  21.  

    Ini artikel apaan sih?
    Tiba2 katanya Cina mengklaim 95 % lcs dari Taiwan hingga Singapura.

    Kemarin2 katanya 90 %, cepet banget nambahnya. Besok mungkin sdh 100 %.

  22.  

    negri songong dan licik,masih mau berteman dengan negri licik ini?…..#mikir mas!!!

  23.  

    Laut china selatan sampai natuna, mimpi. Langkahi dulu laut natuna

 Leave a Reply