China Bakal Gantikan Tank Tua PLA Dengan MBT Tipe 96B

Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) kemungkinan akan menggunakan Tank Tempur Utama (MBT) Tipe 96B sebagai pilar dari armada tank yang menggantikan sebagian besar model yang lebih tua, China Daily mengutip analis militer, Rabu (10/08/2016).

Gao Zhuo, seorang pengamat militer yang berbasis di Shanghai memiliki dalam hubungan dekat dengan PLA, kepada surat kabar mengatakan bahwa “kemampuan yang sangat baik dari MBT Tipe 96B lolos untuk menjadi tulang punggung kekuatan tank China”.

“Tipe 96B adalah varian terkuat dari keluarga Tipe 96 dan benar-benar canggih, merupakan MBT generasi ketiga”, kata Gao, menambahkan bahwa PLA akan menggunakannya untuk mengganti model tank usang seperti Tipe 59 dan Tipe 69.

North Industries Corporation (Norinco), adalah salah satu produsen militer terbesar di China, mengembangkan tank Tipe 96B – varian baru dari jenis MBT 96 (ZTZ-96) – untuk berpartisipasi dalam kompetisi Masters of Automobile and Tank Hardware, juga dikenal sebagai Tank Biathlon, di pusat pelatihan Alabino, Moskow.

Varian MBT Tipe 96B pertama kali terlihat pada bulan Juli lalu saat dimuat dikereta api menuju Rusia untuk ambil bagian dalam Tank Biathlon di ajang International Army Games 2016 di Rusia. Tank ini dilengkapi dengan perbaikan mesin, perbaikan senjata kinerja tinggi dengan upgrade sistem kontrol penembakan, sistem transmisi baru, rangka, ventilasi, komunikasi dan sistem komputer, knalpot serta suspensi. Selain itu fitur pemandangan komandan yang ringan dan independent, roda yang lebih dapat diandalkan. Spesifikasi mesin yang upgrade tidak dijelaskan namun menurut spekulasi mampu menghasilkan antara 1.000 hingga 1.200 tenaga kuda

Pada akhir tahun lalu militer Cina memiliki lebih dari 7.000 tank yang aktif dalam pelayanan, termasuk sekitar 2.000 tank Tipe 96 dan Tipe 96A serta sekitar 600 tank Tipe 99 dan Tipe 99A, yang berarti bahwa mayoritas kekuatan lapis baja PLA masih dilengkapi dengan tank yang diproduksi beberapa dekade yang lalu, China Daily mengutip pernyataan analis.

Huang Guozhi, editor senior di majalah Modern Weaponry, mengatakan kepada surat kabar bahwa meskipun fakta MBT Tipe 99 lebih canggih, harga yang tinggi dan kapasitas produksi yang terbatas membuat mereka “tidak realistis bagi PLA untuk membeli dan menempatkan mereka dalam skala besar”.

Sumber: IHS Janes

Tinggalkan komentar