Oct 142015
 
Kapal induk China, Liaoning

Kapal induk China, Liaoning

Pemerintah China tidak berencana untuk mengirimkan pasukannya ke Suriah untuk bekerjasama dengan Rusia memerangi kelompok militan ISIS. Pernyataan ini diumumkan untuk membantah spekulasi media yang menyebutkan Beijing berencana bergabung dengan operasi militer Moskow di Suriah.

Beberapa waktu belakangan sering terdengar kabar bahwa China akan segera bergabung dengan Rusia dalam koalisi menghadapi kelompok militan ISIS di Suriah. Mereka dilaporkan telah mengerahkan kapal induknya, Liaoning ke Suriah. Kementerian Luar Negeri China membantah semua kabar tersebut.

“Sejauh yang saya ketahui tidak ada rencana semacam itu,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying, sebagaimana dilansir Reuters, Rabu (14/10/2015). “Baru-baru ini Liaoning menjalani uji teknis dan latihan militer,” tambahnya tanpa memberi keterangan lebih lanjut.

Berita mengenai kemungkinan keterlibatan Tiongkok di Suriah juga dimentahkan oleh salah satu media berpengaruh milik Partai Komunis China, Global Times. Dalam editorialnya, tabloid itu mengatakan bahwa China tidak memiliki alasan untuk terlibat dalam konflik di Timur Tengah.

China juga mengemukakah keprihatinannya terhadap campur tangan asing dalam urusan dalam negeri Suriah dan mendesak adanya solusi politik terhadap krisis yang terjadi di negeri itu.

Bagikan Artikel :

  7 Responses to “China Bantah Kirim Pasukan ke Suriah”

  1. Hehehehehheheh…ga kirim pasukan cuma kapal selam 5 biji dibawah laut..xixixixiixix…

  2. Begitulah

  3. Dukungan Politis, moral dan keuangan tak klh berarti dr pd mengirim militer..

  4. bukan di kadalin om, itu uang memang dipakai untuk menggaji isis

 Leave a Reply