Sep 242018
 

Sistem pertahanan udara S-400. (Ministry of Defence of the Russian Federation)

Shanghai/Washington, Jakartagreater.com – China memanggil duta besar Amerika Serikat (AS) di Beijing dan membatalkan pembicaraan militer gabungan sebagai protes terhadap keputusan AS menjatuhkan sanksi terhadap lembaga militer China dan direkturnya, dirilis Antara, 23-9-2018.

AS mengambil keputusan tersebut karena China membeli Jet tempur Rusia dan peluru kendali permukaan-ke-udara. Wakil Menteri Luar Negeri China Zheng Zeguang memanggil Dubes Terry Branstad untuk menyampaikan “sikap tegas”, kata kementerian luar negeri.

Kementerian Pertahanan China dalam pernyataan mengatakan akan memanggil kepala Staf Angkatan Laut Shen Jinlong, yang melakukan kunjungan ke AS, dan menunda pembicaraan di Beijing antara pejabat militer China dan AS, yang dijadwalkan pada pekan depan. Ditambahkannya, militer China memiliki hak mengambil langkah balasan, tanpa memberikan rincian lebih jauh.

Juru bicara kementerian Wu Qian mengatakan keputusan China untuk membeli Jet-Jet tempur itu merupakan hal lumrah dan merupakan kerja sama antara negara-negara berdaulat, dan AS “tak punya hak untuk campur tangan”.

Pada Kamis 20-9-2018, Departemen Luar Negeri AS memberlakukan sanksi-sanksi atas Departemen Pengembangan Peralatan China (EED), cabang dari militer yang bertanggung jawab atas kegiatan untuk pembelian senjata, setelah terlibat “dalam transaksi signifan” dengan Rosoboronexport, eksporter senjata utama Rusia.

Sanksi tersebut terkait dengan pembelian 10 pesawat serbu tahun 2017 dan peralatan terkait sistem peluru kendali permukaan-ke-udara s-400 tahun 2018, kata Deplu AS. Pejabat tinggi Deplu AS mengatakan pada Sabtu,  22-9-2018 China satu-satunya negara yang memiliki sistem rudal S-400, suatu pelanggaran terhadap undang-undang sanksi AS yang diberlakukan sebagai tanggapan atas “sikap dengki” Rusia.

Pejabat itu, yang berbicara kepada Reuters dan tak mau disebutkan jatidirinya, menyatakan sanksi-sanksi tersebut ditujukan kepada Moskow, bukan Beijing.

“Countering America’s Adversaries Through Sanctions Act” (CAATSA), yang ditandatangani menjadi UU tahun 2017 menghukum Rusia karena campur tangan dalam pemilihan AS, agresi di Ukraina dan keterlibatn dalam perang saudara Suriah.

“China satu-satunya negara di dunia yang menggunakan dua sistem itu,” kata pejabat tersebut, “Kedua sistem itu sangat canggih dan sangat bernilai tinggi.”

  13 Responses to “China Batalkan Pembicaraan Militer dengan Amerika Serikat”

  1.  

    S-400 Triumf – Air Defence Missile System

  2.  

    Naiknya Trump ke kursi presiden AS menempatkan dunia dalam situasi yang rawan. Bayang-bayang perang dunia III atau perang nuklir semakin dekat. Semoga Putin masih masih tetap menjaga kewarasannya tidak ikut2an seperti Trump, meski terus diserang dengan sanksi ekonomi dan tekanan militer di eropa timur, laut hitam dan suriah..

  3.  

    Menurut jingko pewayangan, tidak lama lagi insyaallah idiologi indonesia menjadi idiologi dunia. Kalau saya teliti dari prediksi, kejayaan nusantara itu sebenarnya adalah kejsyaan islam untuk yang terakhir kalinya diluar wilayah timur tengah (arab). Adapun kepemimpinan dunia didominasi suku jawa yang madih dari bani Ibrahim as. Kepemimpinan bani jawi bisa menengahi antara bani isroil dan bani arab. Sumber pergolakan dunia menurut jongko itu antara bani isroil dan bani arab.

    •  

      Sumber pergolakan dunia itu menurut jongko, pertikaian antara bani isroil (yahudi) beserta pendukungnya melawan bani arab (islam) beserta pendukungnya.

    •  

      itu sudah sejak dulu dek…mereka menaturalisasi dan mengakulturasi…pemikiran bijak kita…maka mereka bisa maju dan sejahtra…dek…
      tapi sayang kita yang punya hanya cuma berwacana…tanpa mampu mengelimitasikan nya…jadi jalan ditempat bahkan mundur…!!!

      •  

        Setelah terpaksa mundur nanti insyaallah ada saatnya maju lagi kang.

      •  

        pada saat mundur..itulah saat kontemplasi..interopeksi..review…evaluasi or what else..

        pada saat mundur..itulah saat nya accelerasi semua potensi bangsa..improve..improve and continues improvement..
        thats why we call..maju mundur..maju mundur santikkk..xixixixi

        •  

          pada saat mundur..itulah saat kontemplasi..interopeksi..review…evaluasi or what else..

          pada saat Maju..itulah saat nya accelerasi semua potensi bangsa..improve..improve and continues improvement..
          thats why we call..maju mundur..maju mundur santikkk..xixixixi

  4.  

    Eallaaaah, loe baiknya aming lee mengatakan mengapa pria trsebut msh loe rahasikan, atau apa siih loe, apakh atut istri sipria, atut keluarganya atau atut lainnya, atau apakh loe lg menunggu keluarga & prianya tdk ada lg

 Leave a Reply