Jul 032019
 

Kapal Selam China. (commons.wikimedia.org)

Henan, Tiongkok, Jakartagreater.com  – Pada awal Juni 2019, penduduk di beberapa provinsi di China tengah mengklaim telah melihat cahaya misterius bergerak melintasi langit, yang diisyaratkan Pasukan Roket dan Angkatan Laut China pada saat itu bahwa itu, sebagai tes militer rahasia, dirilis Sputniknews.com pada Selasa 1-7-2019.

Juru bicara Departemen Pertahanan Nasional China, Ren Guoqiang mengatakan kepada wartawan pada hari Selasa 2-7-2019  bahwa negara itu telah berhasil menguji Julang (JL-3), Rudal Balistik antarbenua next-generation yang diluncurkan kapal selam.

“Penelitian ilmiah dan tes dilakukan sesuai dengan rencana normal”, kata Ren, menambahkan bahwa tes itu tidak menargetkan “negara atau entitas tertentu”. “Tiongkok selalu mengikuti kebijakan pertahanan yang bersifat defensif dan strategi militer pertahanan aktif. Pengembangan senjata dan peralatan adalah untuk memenuhi kebutuhan dasar menjaga keamanan nasional China, ”tandasnya.

Pernyataan Ren datang sebagai tanggapan terhadap laporan tentang cahaya misterius yang diduga ditembakkan dari Zhengzhou di provinsi Henan pada 2 Juni 2019, yang mengkhawatirkan penduduk setempat dan memicu spekulasi tentang uji coba Rudal rahasia.

Pejabat AS pada gilirannya menyatakan bahwa setelah JL-3 diluncurkan dari platform uji kapal selam di Laut Bohai, rudal itu menempuh jarak beberapa ribu mil sebelum jatuh di missile impact range China Barat.

Julang generasi ketiga (‘Gelombang Besar’) – Rudal yang dirancang khusus untuk kapal selam bertenaga nuklir China. Surat kabar Global Times China sebelumnya melaporkan bahwa JL-3 dapat membawa lebih banyak hulu ledak daripada Rudal balistik yang dibawa kapal selam negara tersebut, saat ini.

JL-3 memiliki jangkauan operasional penuh sekitar 8.700 mil (sekitar 14.000 kilometer), yang menurut laporan media memungkinkan Rudal untuk melenyapkan target potensial di sebagian besar Amerika Serikat.

  2 Responses to “China Sukses Uji Rudal Balistik Antarbenua dari Kapal Selam”

  1.  

    Nggilani…..

  2.  

    Ueedan tenan