Jun 142016
 

Jakarta – Masuknya nelayan dan kapal penjaga pantai China ke wilayah Natuna, Kepulauan Riau, dapat menjadi ‘tamparan’ bagi Indonesia untuk segera sadar. Jika Indonesia tidak berhati-hati, China dapat mencaplok wilayah Natuna yang dekat dengan Laut China Selatan (LCS).

Hal ini dibahas pembicara dalam Seminar Nasional tentang Klaim 9-Dashed Line Tiongkok, mantan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana (Purn) Dr. Marsetio, di Kampus Universitas Indonesia (UI) Salemba, Jakarta.

Laksamana Purnawirawan Marsetio

Laksamana Purnawirawan Marsetio

“Mulai tahun 2010, dia (China) mulai masuk ke titik ketiga dan keempat (9-Dash Line yang berdekatan dengan Indonesia. Jadi bisa diartikan China merasa wilayah tersebut sebagai traditional fishing area mereka, semenjak zaman Dinasti Ming dan Han,” kata Laksamana Purnawirawan Marsetio kepada Okezone, Senin (13/6/2016).

Dari penjelasan Laksamana Purn. Marsetio, bisa dipandang bahwa secara tidak langsung China telah menjadikan wilayah dekat Natuna (lokasi penangkapan nelayan pada Maret 2016) menjadi wilayah mereka, walaupun tidak secara resmi.

Nine dash line China

Nine dash line China

Walaupun ini bukan suatu hal yang besar dibanding klaim China terhadap gugusan pulau di Laut China Selatan, tapi bisa menjadi permulaan bagi China menyaplok wilayah Indonesia.

Sudah saatnya Pemerintah Indonesia semakin tegas kepada China, dan mereka tidak bisa masuk begitu saja ke wilayah kedaulatan Indonesia.

Sumber : Okezone.com

  54 Responses to “China Bisa Saja Caplok Laut China Selatan”

  1.  

    BOWO MANA BOWO

    •  

      mbah bowo masih sibuk disuruh nyuci kapalinduk Liaoning.

      •  

        Judulnya kok aneh: “China Bisa Saja Caplok Laut China Selatan”
        Lhah bukankah memang Cina jelas-jelas sudah mencaploknya? Mereka sudah mbangun pulau buatan di sana, sudah mbangun pangkalan militer, bahkan segera mbangun laboratorium bawah laut.
        NagaRakus sudah mencaplok wilayah yang luas itu dan negara lain baru bisa geram.

        •  

          Tidak akan ada perlawanan jika tidak ada kekuatan lain yang membantu lawan Cina. Bahkan kemungkinan para pengklaim itu (Vietnam, Malaysia, Brunei, Pilipina) akan mengendur lalu mundur tidak teratur. Pilipina sudah memulainya melalui statemen presiden barunya yang naga-naganya justru akan mengakrabi Cina.
          Indonesia, yang wilayah lautnya juga terancam klaim, jangan sampai mau diperdaya Cina. Apa pun tawaran sogokan/suapan Cina agar laut Natuna jadi milik mereka, Indonesia harus tetap teguh dan tegas menolak!
          Natuna (pulau-pulau dan lautnya) adalah milik Indonesia!

    •  

      Menjadi tamparan keras bagi mahkamah internasional yg menangkan sengketa sipadan ligitan atas dasar pemanfaatan pulau tanpa melihat proses sejarah. Sekarang cina mencaplok kep spratly secara de facto merekalah pemiliknya tanpa proses pengadilan international. Klo mo mencaplok pulau org lain kuasai dulu baru irusn belakangan.

  2.  

    #bisa menjadi permulaan bagi China menyaplok wilayah Indonesia.#

    itu pasti…,karena sudah di rencanakan jauh 2 hari,,

    1..*.. bergabungnya laos,kamboja,dan myanmar , untuk memecah belah ASEAN…yang sebelumnya sangat SOLIT..!
    2..* mendekati pakistan…untuk balance power dengan india di asia selatan

    3* membuat pangkalan militer terapung di perairan somalia ..dan africa…..dll
    4* mempekerjakan/menempatkan pasukan para militer di seluruh proyek yang di biayai china di seluruh dunia..dengan menyamar sebagai tenaga ahli,karyawan,buruh,.dll..agar bila di perlukan mereka siap bergerak..!
    5..membuat pangkalan militer di LCS.
    DLL…DLL..DLL
    pokoknya..rusu bantu china fulll…alutsista,,copy su 27/30 di biarkan, malah di kasih yang lebih canggih yaitu su 35..

    semua sudah skenario…..indonesia harus siap…
    ha ha ha

    •  

      ooppss lupa sebagai tambahan …!!
      juga harus hati 2 sama si USA…waspada tetap di perlukan..

      •  

        kuliah subuh mengenai strategi militer selesai…..barengan dengan sinetron sctv juga selesai…

        ha ha ha

      •  

        Rusia tidak akan masuk terlalu dalam @Carin.. paling hanya membantu secara diplomasi.. karena china sudah bukan sekutu sejati rusia lg,, malah sudah menjadi pesaing dan jauh lebih agresif dibanding rusia dlm menghadapi ASU.. rusia tidak lebih hanya sebatas suplai senjata dan akan turun tangan setelah ada kehancuran yg lumayan berarti di pihak china.. sama halnya seperti ASU menolong sekutu trdekatnya.. rusia masih butuh china hanya utk mengimbangi hegemoni ASU..

        Dukungan kamboja, myanmar & Laos trhadap china tidak akan berarti apa2 kalo indonesia ikut terseret dlm konflik.. kesalahan fatal china jika ikut menyeret indonesia sbgai negara paling berpengaruh di ASEAN dan akan menambah percaya diri negara ASEAN yg lain dgn adanya kekuatan besar seperti indonesia yg turut campur dlm konflik..

    •  

      China itu baru mau nyaplok Natuna, Amerika ?? Hello Carin, liat tuh freeport, Liat tuh shell di kalimantan, penggulingan Bung Karno, Lepasnya Timtim, Embargo militer, asal terbang diatas Bawean. Liat tuh Krismon 98. Kurang ajar apalagi coba ?? Ente mau bilang Amerika itu baik ? Ente abis nenggak sianida ya kok otaknya jadi somplak gini.

      •  

        @ putra
        abang jangan marah 2 gitu donk…tar strok loh…

        BERTERIMA KASIHLAH SAMA USA

        * telah menjatuhkan bom atom di hirosima dan naga saki..
        * telah membantu pengembalian papua..dengan cara ngebohongin belanda dengan pesawat u2 nya
        * bersyukur lah kamu karena sekarang ini bisa internetan..bisa pakai geogle map etc
        coba kalau ngak di embargo….? emang bisa loe pakai internet..? caci maki pejabat ,,? dll

        * bersyukurlah indonesia telah di jaga hingga menjadi setara dengan negara 2 maju di dunia
        jangan sampai deh jd negara seperti di timur tengah yg lg pada perang

        http://cdn.rajakamar.com/uploads/media/news/0001/02/thumb_1467_news_wide.jpeg
        ..dll..dll..dll
        abang putra cupu amat sih..

        ha ha ha

  3.  

    turut prihatin. ga lebih ga kurang.

  4.  

    bukan tegas lagi…. galak sekalian biar cina tau siapa INDONESIA. pemerintah ga usah khawatir rakyat pasti mendukung…. rawe rawe rantas malang malang putung…!!!

  5.  

    Hoaammhh…mulut lo bau kandang kuda….di baca gak treatnya….mulai 2010….siapa ya Presidennya ?..

  6.  

    negri 1001 akan, akan dan makan.!!!

    •  

      Membeli alusista strategis tidak semudah ngomong ..ada duit ada barang
      harus ada kajian kegunaannya perencanaannya dll belum lagi di perumit uu tot ..uu tot yg di bikin oleh pemimpin sebelumnya memperumit dan mempersempit diplomasi dan negosiasi ..karna tot tergantung negara penyumplai
      mau uu tot kalau negara orang tidak mau gimana jadi tergantung hubungan baik 2 bangsa

      Jangan membeli senjata seperti f 16 bekas f 16 blok 25 di bilang setara 52
      tapi buktinya mana sekarang ..leo ompong t50 ompong kapal perang ompong nah sekarang gimana jadinya sama juga itu bohong
      beli pistol tidak punya peluru tuk menakuti malon ..mana takut malon apalagi cina Mereka malah tertawa ..presiden nkri koplak beli senjata tidak ada pelor ..belum lagi pengadaan kontrak yg ngak jelas kapan si sampah arizona botak di kirim lengkap ..#sakit hati klu ingat presiden album

      •  

        jangan dicampur adukkan hutang dan kedaulatan bung…

        utang yang utang, kita bayar bunga kok, gak gratis…
        gak ada bedanya mau utang ke arab atau cina atau bule, sepanjang mereka gak ikut campur urusan dalam negeri seperti IMF.

        klo ente kredit motor, apa dikasih kalo dealernya mo nginjek kepala?
        enggak kan? ya sama aja prinsipnya dengan negara…

  7.  

    Amerika lebih parah carin, liat freeport, liat shell di kalimantan, liat tuh lepasnya Timtim, liat tuh krismon 98, liat tuh embargo militer yg walopun dah dicabut tapi sapa yg menjamin bakal gak kena lagi ? dibohongi biar beli F16 bekas, bayar Su35 pake dolar AS aja dilarang, liat tuh F18 mereka asal maen diatas bawean dan ente masih bilang Amerika tuh baik ?

  8.  

    emang harus tegas dengan chinak…

  9.  

    Selama gak punya nuklir ya Terima saja di bully bangsa lain…
    Silahkan mo percaya atau tidak…

  10.  

    sekali lagi kita memang harus tegas dengan chinak

  11.  

    otak.y banyak yg otak cecunguk..belum apa2..udah..mlempem..cecunguk…cecunguk hidup senengya d injak kepala.y..

  12.  

    cina koplak,pemerintah qta kurang tegas dlm menyikapi permasalahan yang berkembang.

  13.  

    Mau tegas dan berani ngak butuh alusista cukup dulu itu ma penakut

    LIAT PAK JOKOWI kerjanya
    yang penting kalau masuk dan berani masuk SIKAT DULU TANGKAP DULU MELAWAN TEMBAK urusan belakangan bisa dgn adu mulut diplomasi atau m internasional

    Jgn seperti pemimpin sebelumnya ya 11 12 dgn pemimpin malaysia kalau ada nelayan cina masuk liat dr jauh saja kalau perlu kaburr duduk dirumah ciptakan lagu ..##hadeh

  14.  

    Halah pencitraan!

    Dulu pada masanya apa berani tegas sama kpl2 pencuri ikan atau kapal penerobos Cina?

    Skrg setelah tahu kita berani bertindak tegas terhadap kapal2 pencuri ikan Cina, ikut2an meramaikan masalah ini.

  15.  

    ingin negara di segani??? ingin alutsista modern dan canggih??? pilih pemimin dari militer jangan yang karbitan, penggemar militer wajib pilih pemimpin dari militer kalau ingin militer maju…

    •  

      yaelah kemana aja ente, yang bilang zero enemy itu siapa sampai semua tetangga pada ngelunjak?

    •  

      Bung@ tumben 2x pres kita mantan militer apanya yg kuat? Diktator thd rakyat yg kedua peragu kkn sama2 kuat, amerika tmbah kuat cangkramannya di indonesia amerika aja superpower presidennya dri sipil jd buka pikiran anda…. sifat tegas n disiplin ada bkn diri militer msyrkt sipil pun byk yg punya, negara kuat tni hrus bersama2 rakyat ingat pesan jenderal sudirman bkn jnderal suharto.

      •  

        “amerika tmbah kuat cangkramannya di indonesia”
        yakin bung, koq bisa perusahaan strategis n vital kaya freeport direkturnya diserahin ke org Indonesia, itu klo psy war seolah2 freeport sdh milik indonesia, 1 – 0 buat main cantiknya Indonesia, salam NKRI bung Dayak

      •  

        Yakin bung militernya ga kuat?? Coba banyak2 lg baca yah bung itu alutsista udah brp yg dateng.. trus ente tulis dikertas n tempel dikamar ente biar hafal jumlah alutsista yg dibeli.. itu yg buat undang2 smelter supaya kandungan produksi dalam negeri lebih banyak siapa?
        Yg diktator?? ga kebalik? Pemerintah kemarin jauh lebih demokrasi ga pandang bulu,, ga anti kritik.. kalo salah yah salah walaupun dari intern partai.. KKN?? kpk ga di kebiri,, diberi kebebasan buat bekerja..

  16.  

    @diktat, setuju, asal dikasih senjata sama tni,

  17.  

    Nanti juga ada lagi mantan pejabat atau pejabat2 yg akan ikut2an meramaikan masalah ini.

    Biasa utk pencitraan, krn keberanian dan ketegasan pemerintahan Jokowi dalam menegakkan aturan hukum kita sangat disukai, dibanggakan oleh rakyat dan diakui oleh dunia.

  18.  

    China secara de facto memang sudah menjadi pemilik LCS, PBB jg ngak bisa ngapa2in.

  19.  

    SEtuju…militansi cara ISIS lebih diperlukan daripada Omong doang..

  20.  

    o

  21.  

    Perang aja sama China…mana yang kuat, angkatan laut kita atau China…kan belum pernah nyoba…sekali-kali tembak tuh kapal China….gimana responnya….mokong sedikit….rapopo

  22.  

    mereka mau calok LCS silakan tp tdk boleh caplok laut natuna

  23.  

    cina tidak mengnginkn natuna saja, dia ingin menguasai indnsia tanpa perang, tapi dg intimidasi.
    Contoh ,pengusaha rata2 org cina dan mereka import barang2 cina. Banyak skali brg2 dg nuansa cina dan anehnya lagi masyraka SUKA dg smua itu karena produknya ada nilai kreatif yg lebih bervarian mulai dari makanan ringan, minuman, manisan, alat dapur, sepeda, SMARTPHONE, alat pertukangan, teknik, kabel2, lampu dan yg ini makin marak, Barong sai begitu bnyk penontonya, tidak seperti jaranan.
    LALU siapa yg salah dg adanya kehadiran produk cina.,? PEMBELINYA ATAU PRODUSENYA, rakyat indnesia apa rakyat cina.?

  24.  

    Makanya jgn beli su 35, s400, improved kilo class, sdh dklaim baru ngerasa takut, beli sista lelet bgt, heran sm pemerintah kita, ga blajar dr pengalaman yg sdh2, pulau ligitan dan timor leste contohnya bs lepas gitu aja, wajar aja china mau caplok naruna krn indonesia sangat amat lambat memperkuat alutsista di natuna, so skr jgn kebakaran jenggot srelah china mau caplok, mau beli su 35 8 biji aja susah bgt, su 35 china dtg akhir thn ini tau???..? Trus kita mau lawan pake apa!?? Pake mercon ya??…blm nyadar2 jg petinggi negarra kita ttg kerakusan china, malessss bgt!,,,,

  25.  

    china berani karena ada rusia, mungkin sudah diatur dibelakang meja. bikin kawasan gak tenang biar jualan senjata kita laku keras, analisa tok.

  26.  

    Semua pada gak tau ya….LCS dipanas panasin biar alutsista kebanjiran order…. wkwkwkwkwk

  27.  

    china usa berambisi kuasai indonesia isu lcs adalah kedok mereka tuk dapatkan indonesia,,,,,,,,,,,,,,,
    tanya sja sm intelijen yg berkepentingan dlm isu lcs pasti tw

  28.  

    kita masih lemah di kekuatan laut dan udara untuk menghdpi plan

  29.  

    Kemarin kemana saja….