China dan Pakistan Persingkat Masa Produksi JF-17 Thunder

Jakartagreater.com – China dan Pakistan telah berhasil mengurangi periode produksi jet tempur JF-17 dengan menjadi 15 hari untuk satu jet tempur. Sebuah laporan yang diterbitkan oleh China Aviation News yang berafiliasi dengan perusahaan AVIC menyatakan, “Lini produksi JF-17 rata-rata mempersingkat masa produksi satu pesawat hingga 15 hari dibandingkan tahun lalu”, lansir Defenseworld.

Pesawat JF-17 dikembangkan oleh Chengdu Aircraft Industry Group China dan Pakistan Aeronautical Complex (PAC) Pakistan.

Meskipun laporan itu tidak menyebutkan secara pasti jumlah JF-17 yang diproduksi tahun ini, PAC Kamra mengumumkan pada Januari 2020 bahwa pihaknya membangun 8 pesawat JF-17 dua kursi dalam lima bulan. Mempertimbangkan bahwa jet diproduksi di fasilitas Chengdu di Cina, angkanya mungkin akan lebih tinggi.

Pada Desember tahun lalu, varian terbaru JF-17 Block III, terbang ke angkasa untuk pertama kalinya.

Menurut media pemerintah, jet ini memiliki teknologi dari jet tempur siluman J-20 China dan peningkatan perangkat elektronik yang secara signifikan akan meningkatkan efisiensi tempurnya. Ini termasuk tampilan head-up display holografis wide-angle dan tampilan kokpit terintegrasi di samping sistem peringatan serangan rudal inframerah canggih yang digunakan pada jet tempur J-20.

JF-17 Blok III telah menjadi banyak perhatian dari negara calon pembeli terutama karena fitur utamanya – radar active electronically scanning array (AESA) China, sistem penargetan dan peperangan elektronik terbaru yang serupa pada pesawat yang jauh lebih mahal seperti F-16 dan Jas 39 Gripen.

JF-17 Blok III juga dilaporkan mengemas kemampuan perang berbasis informasi dan peningkatan persenjataan. Ini memiliki mesin yang ditingkatkan yang akan membuatnya mampu beroperasi lebih jauh, kemampuan untuk menyerang sekitar 30 target secara bersamaan dan akan dilengkapi dengan lebih banyak persenjataan lebih baik dari JF-17 Blok II.

TERPOPULER

4 pemikiran pada “China dan Pakistan Persingkat Masa Produksi JF-17 Thunder”

  1. Mungkin baiknya kita beli ni pesawat cina murah meriah bisa buat lawan cina di laut Natuna Utara, lama karoserinya per unit cuma 15 hari minta yg full armory sekalian minta te ow te biar kita mampu buat pespur sendiri…

Tinggalkan komentar