JakartaGreater.com - Forum Militer
Apr 122015
 
© AFP 2015/ Mark RALSTON

© AFP 2015/ Mark RALSTON

Pihak berwenang China tidak puas dengan tindakan Presiden AS Obama yang mencampuri urusan dalam negeri di kawasan Asia, ungkap surat kabar Jerman “Die Welt” dalam laporannya. Secara resmi China menyalahkan AS karena intervensinya di Asia, dan ke depan diminta harus menahan diri dari campur tangan urusan wilayah Asia.

China mencari perdamaian dan stabilitas dan siap berpartisipasi dalam negosiasi untuk mengurangi ketegangan di wilayah tersebut, ujar perwakilan dari Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying.

Sebelumnya, Presiden AS Barack Obama menuduh Cina perilaku agresif dalam konflik dengan negara tetangga atas wilayah tertentu di Laut Cina Selatan. China tidak selalu mematuhi “norma dan aturan internasional,” terkait sengketa teritorial dengan negara-negara tetangga, kata Presiden AS Barack Obama.

Peta dikeluarkan Kementrian pendidikan sekolah dasar RRC pada tahun 1938

Peta dikeluarkan Kementrian pendidikan sekolah dasar RRC pada tahun 1938

Menurut Obama, China menggunakan ukuran dan kekuatannya, untuk memaksa negara-negara dalam posisi tertekan. Chunying membantah tuduhan tersebut, dan mengungkapkan harapan agar Amerika Serikat membantu mempromosikan stabilitas dan perdamaian di kawasan Asia. Pejabat itu juga menyatakan bahwa “negara-negara yang tidak memiliki klaim wilayah harus tetap menjauh dari urusan tersebut,” menurut surat kabar “Die Welt”.

Kawasan Asia ditandai dengan bergemuruhnya berbagai sengketa teritorial selama bertahun-tahun. Sengketa itu melibatkan China, Vietnam, Taiwan, Filipina dan negara-negara Asia lainnya. (sputniknews.com).

Bagikan:

  68 Responses to “China Geram dengan Campur Tangan AS di LCS”

  1.  

    mulai deh..

  2.  

    Wajar toh klo ada negara sengketa yg minta bantuan Amerika, karena tidak mampu melawan China…

  3.  

    Trus bgmana melawan china dgn kekuatan tempur yg secara jelas dihadirkan di LCS.? Apa yg bsa dilakukan Philipina.? Brunai.?

  4.  

    ASu memang senang mencampuri urusan negara lain, ASu pengacau dunia !!!

  5.  

    saya dukung asu ikut terlibat sebagai penyeimbang. bisa apa negara2 asean khususnya yg terlibat konflik (pilipina, vietnam, malaysia, brunei) menghadapi kekuatan dan kenekatan china….musti ada antidotnya….rusia maupun eropa nggak mungkin, terlalu lemah. mau nggak mau asu lah pemainya.

    •  

      Melibatkan ASU bukan penyelesaian masalah, karena ASU itu masalahnya sendiri. Kenapa ASU begitu menggembor-gemborkan tentang aneksasi China di LCS ? Tujuannya cuma satu, membuat negara-negara di LCS merasa ketakutan dan ujung2nya mereka memborong senjata ASU, yang sehat lah berfikirnya karena sampai hari ini belum ada negara yang dijajah CHINA.

  6.  

    hmmmmm

  7.  

    Ngeliat peta,nya ngeri” sedap..

  8.  

    miris liat peta itu..

    yg jelas beberapa negara tetangga mmg ngarep support amrik. Filipin misalnya..sabenhari kerjaannya lobi paman sam sampe israel. Diformil mereka…kesan mereka ngarep RI jg kuat, misal saat kita lagi hot natuna, mereka konsern dan berharap ada insiden kecil antara RRC dgn RI.,yg bs bikin peta sengketa LCS berubah…singapur? gak usah dibahaslah…udah jelas.

    Seremnya masing2 kita masih nyimpen api dlm sekam…sengketa batas. pfftt….

  9.  

    ASU & CHINA sama ja bung,,sama2 mempunyai otak serakah.. Q gk mndukung china maupun As. Lgi pula jka salah satu di antara mereka menang di lcs jga, tidak ada untung nya buat kita.. Malah saya yakin kedua mahluk ini lebih merugikan indonesia,,gk bkal ada untunya bung..

  10.  

    Jaka tingkir@ betul bung..
    Jika china menang di lcs,,patok berikutnya akan bergeser ke kepulawan riau kususnya “NATUNA”.. Ingat loh seluruh SDA di LCS tidak ada apa2nya jika di bandingkan dengan apa yg ada di natuna..

    •  

      Setuju bung Rival nya bowo, kalau menurut saya garis putus2 lebih berbahaya daripada peta di atas: mereka akan mudah memodifikasi dengan menggambar “leher botol” jauh ke selatan bisa mencakup jawa, sumatera dst.

  11.  

    Wowwww…natuna masuk teretorial RRC…gile lu ndrooo….!!!!

  12.  

    “..China mencari perdamaian dan stabilitas dan siap berpartisipasi dalam negosiasi untuk mengurangi ketegangan di wilayah tersebut..”

    Omong Kosong!!!..

    Natuna aja di senggol dengan garis “titik titiknya”

  13.  

    Contoh aja, sejak Sipadan-Ligitan resmi milik Malaysia maka batas laut RI-Malaysia sampe skrg pun masih sengketa. Klo melihat peta, menurut gw maka wilayah Karang Unarang yg berdekatan harus nya masuk Malaysia juga. Tp krn ada potensi disitu, maka Indonesia tetap mempertahankan batas di Karang Unarang. Inilah bukti, bahwa konflik batas tidak akan selesai bgtu saja selama ada kepentingan.

  14.  

    ya alloh lindungilah negara ini..jangan biarkan kehancuran mendekati..sadarkanlah para pemimpin negara ini agar tidak terlena hanya demi kepentingan partai dan golongan nya tp lbih mengutamakan kpentingan rakyat dg bisa menganalisa masalah yg timbul di kawasan..dan mempersiapkan segalanya dengan sungguh sungguh..
    gax bertele tele gx lg alutsista buat sar..amiinn..

  15.  

    Lihat peta. Sekali lagi: lihat peta.
    Bao jian bu mo yao sheng xiu.
    Ini bukanlah hal yang dirahasiakan.
    Cobalah anda tidur dan makan bersama mereka, anda akan segera tahu … apa yang digambarkan dalam peta itu adalah nyata, bahkan ada yang lebih buruk daripada peta itu. Ya. Mereka akan melakukan invasi.

  16.  

    china usa sama aja, kalian jgn pada ribut, perkuat Indonesia singkirkan peran china usa dari pengaruh dunia, sudah saatnya Indonesia bangkit memimpin dunia

  17.  

    Betul sekali bung Pretone, china akan kembali ke jaman batu jika berani melawan usa. Masalahnya, apakah usa akan ikut campur atau hanya menonton dari aussie dan japan?

  18.  

    mantap! asik komennya.

  19.  

    Secara the defacto peta tersebut sudah dikuasai cina melalui overseas china, buat apa the jure, indonesia 75%, phlipina 65%, malay 55%, singapure 98%, vietnam 60%, myanmar 55%, thailand 60% economic power dikuasai oleh china overseas,,,jadi buang buang ongkos, di LCS yang diperlukan pengawas militer karena banyak bajak laut, disini amerika mendorong status ini terjaga, karena china dan amerika fokus ke welfare.

  20.  

    Wkwkwk heran msh aja ada org brfkr “racun A sangat mematikan, tp racun B sedikit mematikan. Tp yo podo ae mematikan… Wkwkwk”. Apa China tidak brutal.? Lihat praktek keagamaan yg dilarang keras disana. Jilbab dilepas, lagi puasa disuruh makan… Semua agama dilarang.

  21.  

    Asal jangan kita di jadikan ASU perpanjangan tangannya buat lawan China di LCS dng mengIJINkan pembelian Apache konde, roket AASRAM buat F 16, beli F 16 block 60 dpt hibah lg blok 40..krn ASU ga bakalan berani lawan China krn hutang ASU bnyk di China..ditagih sblm waktunya oleh China semaput tuch ASU..

  22.  

    Ya bener tu tmntmn tiongkok n USA same aja, punya kepentingan masing2 tugas bangsa kita memperkuat militer Dan bersatu juga aktifkan program wajib militer skala kecil, yaitu dgn cara mengundang org desa berlatih menembak dgn SS1, bila negara dalam keadaan genting rakyat bisa dgn sigap dalam membantu TNI.imho

  23.  

    Xi jinping SD nya tahun berapa ya??? Mungkin itu yang menjadi acuan karena peta itu untuk anak SD.

  24.  

    Mending biar saja Negara2 tsb Perang kita diem saja pasti gak masalah kan yg penting mereka gak merangsek ke dalam wilayah NKRI kita netral saja gak pihak sana sini, yg penting dalam negeri dulu kita perkuat dari segi militer dan Ekonominya gak usah mikir terlalu jauh mo berpihak dengan yg mana yg penting yg berguna bagi kita kita manfaatkan

  25.  

    Sama saja bung cuma beda caranya, tapi itulah yang membuat mereka kuat jika mau besar dengan cepat ya memang harus serakah dan rakus.

  26.  

    mungkin jika ingin menghadapi kekuatan tiongkok… Akan lebih baik semua negara ASEAN kekuatan militernya bersatu membentuk aliansi tentara ASEAN untuk menghadapi laju tiongkok dan yang memrakarsai adalah negara yang sedang bersengketa termasuk Indonesia, bukan tidak mungkin Tiongkok membatalkan niat nya menguasai LCS… Bisa dibayangkan sendiri bagaimana Indonesia,Vietnam, Filiphina, Brunei, dll… Bersatu melawan 1 negara ????

    (sorry agak nyleneh contohnya, tpi ada juga yang bisa dipraktekan)

    Contoh saja Konohagakure bersama negara lainnya bersatu semua kekuatan ninjanya , melawan Akatsuki yang kekuatannya tak terbendung…!!!

    Kondisi yang ada di LCS pun sama seperti di anime naruto tersebut !!

    Imho cmiiw
    Analisa stm

    •  

      Betul @bung PAK FA bersatu ASEAN akan kuat tapi Indonesia harus lebih kuat dan dominan dari negara2 anggota ASEAN yang lainnya terlebih dahulu dan jalan menuju kesana sebenarnya sudah disusun untuk Indonesia menjadi ‘Big Brother’. Jika Indonesia masih ‘nanggung’ maka justru kita yang merugi dibully oleh negara ASEAN yang lainnya dan hanya sebatas bemper mereka. Indonesia harus bermain dengan cantik dalam percaturan politik 10 tahun mendatang dan memanfaatkan seluruh potensi ASEAN seluas2nya.

  27.  

    Benar @bung IB seperti yang disampaikan @bung JT…ujung2nya sama, dipengaruhi politik kepentingan masing2 negara. Indonesia harus berdikari.
    @bung boldun : The best defence is offence – pertahanan terbaik adalah menyerang.

  28.  

    sory broo klo ane mah wong ndeso pasrah takdir ae, ane yakin kejayaan Nusantara di klipatan tiap 7 abad itu kniscayaan, abad ke 7 berjaya dibawah Sriwijaya, abad 14 dgn Majapahit n sekarang abad 21, klo liat politike pemerintah pake sistem 2 muka sana oke sini hayuu, tp klo mslah perang, pasti di biarin perang sendiri2, tp tetep senggol bacok, buat sesama muslim tingkatkan kewaraan, pelemahan aqidah dinegeri ini sdh tersruktur dgn rapih,perhatiin smua media pasti kebaca arahnya, sory gak brmaksud sara, ibarat kata “loe Islam gak masalah tp klo loe Moeslim???

  29.  

    “Boikot barang barang produk china..”

 Leave a Reply