Sep 032017
 

KRI di Laut Natuna

China menuntut agar Indonesia membatalkan keputusannya untuk mengganti nama wilayah maritimnya di bagian barat daya Laut China Selatan menjadi Laut Natuna Utara, dirilis Channelnewsasia.com, 2/9/2017.

Menurut Channel NewsAsia Kementerian Luar Negeri China mengirim sebuah catatan resmi ke Kedutaan Besar Indonesia di Beijing untuk menyatakan penolakannya terhadap langkah 14 Juli di Jakarta, saat mengumumkan sebuah peta resmi baru kepulauan nasional yang mengungkapkan penggantian nama wilayah tersebut.

Dalam surat tertanggal 25 Agustus, yang dilihat oleh Channel NewsAsia, China mengatakan bahwa langkah Indonesia untuk mengubah “nama yang diterima secara internasional” menghasilkan “komplikasi dan perluasan perselisihan, dan mempengaruhi perdamaian dan stabilitas”.

“Hubungan China-Indonesia berkembang dengan cara yang sehat dan stabil, dan perselisihan Laut Cina Selatan berkembang menjadi baik,” kata Kementerian Luar Negeri China. “Tindakan perubahan nama sepihak unilateral tidak kondusif untuk mempertahankan situasi yang sangat baik ini.”

Beijing juga mengatakan China dan Indonesia memiliki klaim maritim tumpang tindih di barat daya Laut Cina Selatan, dan mengatakan bahwa penggantian nama daerah tersebut tidak akan mengubah fakta ini.

Indonesia tidak pernah mengklaim bagian dari Laut Cina Selatan, yang diperselisihkan dengan China oleh Filipina, Brunei, Malaysia, Taiwan dan Vietnam. Tapi perairan yang sekarang disebut Laut Natuna Utara tumpang tindih dengan Garis (Nine-Dash Line) yang secara sepihak dideklarasikan China, yang menguasai hampir seluruh Laut Cina Selatan.

Langkah Indonesia dilakukan setelah temuan tahun 2016 Pengadilan Arbitrase Permanen di Den Haag, Belanda mengenai perselisihan Laut Cina Selatan antara China dan Filipina, yang menyimpulkan bahwa tidak ada dasar hukum atau historis untuk klaim China terhadap perairan yang kaya sumber daya alam tersebut.

Pada bulan Juli, Menteri Koordinator Kelautan Indonesia Luhut Pandjaitan menyangkal bahwa Indonesia mengganti nama Laut Cina Selatan, karena perairan utara kepulauan Natuna di Indonesia merupakan bagian dari zona ekonomi eksklusif negara tersebut.

  30 Responses to “China Inginkan RI Batalkan Ganti Nama Bagian Laut China Selatan”

  1. syaratnya : china mengganti 9 dash line klaim china selatannya yang terkena natuna

  2. Cina semakin berani mentang2 spt ini karna kekuatan militer nya yg sgt kuat, dan memang itulah yg dibutuhkan suatu negara untuk menguatkan bargaining posisition thdp negara2 lain. Kekuatan militer jg tdk terlepas dr tingkat pertumbuhan ekonomi dan PDB suatu negara.. ayo kerja kerja kerja untk perbaikan perekonomian kita masing2 dan negara tentunya,, mohon koreksi untk opini saya hehehe. Salam sehat untk semua sodara2 disini

  3. China mah serakah sesudah kuat dan kaya dia mulai bertingkah pongah dan mencoba menggeser dominasi AS atas dunia! Semoga aja dimasa depan keduanya bs head to head dan RI jgn memihak diantara kedua negara rakus trsbt!

  4. Nada ancaman dr china, tdk bs dianggap remeh, harus perkuat militer indonesia…titik

  5. China menggonggong laut natuna berlalu… Wkwk

  6. nah ini dia.. china mulai puyeng.. kalo nanti indonesia ikut bermain ..di area yg mereka claim..

    • ho oh kang, palagi vietnam sdh berseru kpd as, jepang dan india utk bersatu melawan ketamakan china…vietnam dan indonesia bs jd tandem kuat utk gempur china di masa depan, bila saat nya perang lcs pecah….

      • sy sih pinginya china bersikap songgong pada indonesia seperti yg mereka lakukan pada jepang dan negara asia tenggara lainya..biar tambah rame ..biar indonesia cepat bangkit dr tidur yg membuainya..hihihihihi

        • Walaupun bangun dr tidur lelapnya, ga yakin klo indonesia bs menang lawan china, krn satu faktor yg sangat mendasar, yakni DF41 cs…jika tdk ada itu, msh optimis lah bs memenangi pertarungan…utk urusan milite indonesia blm cukip kuat, dgn hanya bermodalkan berani mati dgn alutsista yg ada skr, itu sm dgn menghantarkan nyawa kpd china dan mati konyol dan sia2…

          • Memang mengerikan sih… Tapi sebenarnya juga Tidak segampang itu bung memakai kekuatan rudal balistik nuklir bahkan pada kondisi perang sekalipun apalagi kekuatan itu digunakan kepada negara yg non nuklir Contoh yah perang Vietnam asu pernah apa menggunakan kekuatan itu? Perang malvinas inggris argentina, perang soviet afganistan dan baru2 ini yah irak dan afganistan lagi tidak ada satupun yg berani pakai kekuatan itu karena kekuatan WMD itu sejatinya hanya dipakai jika keadaan sang pemilik benar2 terdesak jika pemakainya itu memakai sembarangan maka seluruh dunia tidak akan mengampuni alasan itu… Terkecuali kalau pemimpinnya maniac seperti Fatboy korut itu memang tidak berlaku sih

  7. Kami tak gentar olehmu China.. Kami harap bisa menghargai kedaulatan Negara kami. Sperti Kekaisaranmu terdahulu yg menghargai kerajaan Majapahit,kalian memperoleh imbal dagang di wilayah kami.

  8. Keberatanmu diterima,dipelajari,trus diketawain sambil ngomong ” lha ente siapaa berani2 ngatur saya ” hahahaahhaa

    Merapat ke Jepang aaaahhhh…..biar puyeng china

  9. Indonesia jangan membatalkan perubahan nama tersebut, china bisa mengklai kembali wilayah natuna dimasa mendatang. NKRI Harga Mati.

    • Betul… segera daftarkan penamaan baru k dunia intenasional spy d resmikan… krn kalo tdk chinten akan mengklaim laut Natuna d kemudian hari… keserakahan chinten yg tdk tahu malu tdk bisa d anggap remeh… apalagi kalo kita lihat d film2 chinten jaman dulu… mencuri itu bagian dr mata pencaharian & profesi….

  10. Indian ocean namanya perlu diganti juga kah?ntr di klaim india lagi, tapi india ga maruk kek cina sih wkkkkk… Masih pengen belanja drone dari cina pak??sekalin Pulangin itu aja twin gun marinir… Mending ganti yg aslinya dari Jerman

  11. orang zaman dahulu (Kerajaan) laut china selatan sebagai NAVIGASI penunjuk arah menghubungkan ke luar (ARAB) untuk ke haji dan lainnya, lebih mudah dan gampang disebut karena sewaktu dulu memang CHINA sebuah kerjaan besar dan berdagang dengan indonesia dan kerajaan di asia.

    artinya bukan kerajaan china menguasai lautan itu tetapi laut itu lebih mudah disebut oleh nenek moyang dengan laut china selatan sebagai alat navigasi, kalau CHINA itu kuat gak mungkin diserang dan ditunduk oleh mongol dan jepang sbg negara kecil ?

    dan bukan juga karena kegiatan nelayan china yang biasa melaut sampai jauh ke ASIA!!!
    nah kalau sampai china mengklain tradisional nelayan mereka dan pengaruh kerajaan china menguasai lautanan ASIA berarti CHINA menegaskan kedunia bahwa mereka memang harusnya di perang bersama- sama.

  12. Kasikan ajja ikan tuna sebiji kpd pemerintah china utk peresmiannya, boleh jadi laut china selatan mnjd natuna selatan utara.
    Hahahaaaaa

  13. Ini momen yg dinantikan. Apa reksi pemerintah NKRI y ?

  14. Cina lucu sini tak tabokin

  15. Ini gara² glodok mulai sepi.
    Ayo ramaikan lagi kahkahkahkah….

 Leave a Reply