Des 182018
 

J-11B Angkatan Udara China (foto : Common Wikipedia)

Sejak pertama diluncurkan, J-11B China, sebuah pesawat tempur yang mirip dengan pesawat tempur Su-27 Rusia, beberapa kali berhasil mencegat pesawat intai milik Amerika Serikat.

Seperti yang pernah ditampilkan saat J-11B Angkatan Udara China berhasil mencegat dan mengusir pesawat intai maritim P-8 Poseidon AS pada 19 Agustus 2014 di dekat wilayah udara China.

Laporan yang dikutip militer AS mengatakan, pilot China telah melakukan “manuver” sangat dekat dengan P-8 Poseidon.

Di China, insiden yang melibatkan “pesawat tempur paling cemerlang” tidak hanya dari kemampuan manuver yang tinggi dari pesawat tempur J-11B tetapi juga dari kebulatan tekad pilot China. Akhirnya membuat pesawat pengintai Amerika Serikat tersebut berbalik dan pergi.


Manuver J-11B (video : CCTV China)

Secara khusus, versi J-11B Cina dilengkapi dengan sistem kontrol tembak dan sistem kontrol penerbangan digital canggih yang diproduksi di China.

Sebelumnya, Kementerian Pertahanan China telah berulang kali menyatakan bahwa Amerika Serikat mengambil tindakan provokatif di perairan dan wilayah udara China, terutama di pulau-pulau yang disengketakan yang diklaim oleh China sebagai miliknya.

Amerika Serikat mengklaim bahwa Beijing mengambil tindakan ilegal terhadap berbagai pulau yang disengketakan.

Di masa lalu militer China berusaha menghindari mencegat pesawat AS untuk tidak memanaskan situasi. Dan sekarang, tindakan untuk menghentikan pesawat pengintai AS tidak hanya menunjukkan kemampuan dari pesawat tempur J-11B, tetapi juga ” kebulatan tekad “ dari pilot China.

Soha

 Posted by on Desember 18, 2018

  4 Responses to “China Jadikan J-11B Pesawat Spesialis Intersep”

  1.  

    Shenyang J-11 – Chinese version of the Sukhoi Su-27SK

    https://www.youtube.com/watch?v=mGQtAPWd3T0

  2.  

    Bung @Agato, kita semua tahu klo anggaran pertahanan AS ratusan koper. Yang ingin saya tanyakan adalah kenapa Amerika Serikat demen pake onderdil palsu alias KW buatan China ya? 😆

    WASHINGTON (RP) – Lebih dari 1 juta komponen dan onderdil elektronik palsu buatan Cina ditemukan di beberapa pesawat militer milik Amerika Serikat. Fakta ini disampaikan Senat AS dalam laporan yang diumumkan kepada publik Senin (21/5) waktu setempat.

    Komite Angkatan Bersenjata Senat dalam laporan mereka mengatakan, penyelidikan selama 1 tahun yang dilakukan Ketua Komite, Carl Levin dari Partai Demokrat dan tokoh senior Partai Republik John McCain, menunjukkan adanya penggunaan 1800 onderdil dan suku cadang palsu dalam berbagai armada militer AS.

    Sebagaimana dilaporkan AFP Selasa (22/5), di antara armada yang dimaksud adalah pesawat kargo terbesar milik Angkatan Udara AS, beberapa helikopter yang digunakan untuk operasi militer khusus, serta beberapa pesawat pengintai milik Angkatan Laut.

    Barang-barang palsu yang dimaksud dalam laporan Senat di antaranya adalah beberapa komponen yang digunakan dalam sistem Penyaring Gangguan Elektromagnetik pada helikopter SH-60B milik AL dan chip memori pada sistem tampilan kendali pesawat kargo C-17 Globemaster III dan C-130J. Selain itu, komponen palsu juga ditemukan di modul deteksi es pada pesawat P-8A Poseidon milik AL yang dilengkapi sistem persenjataan anti kapal selam.

    Laporan senat setebal 112 halaman ini menyebut membanjirnya onderdil palsu yang sebagian besar berasal dari Cina itu sangat mengancam keselamatan para tentara AS maupun keamanan nasional secara keseluruhan.

  3.  

    Agato belum di mari….