Des 182018
 

J-11B Angkatan Udara China (foto : Common Wikipedia)

Sejak pertama diluncurkan, J-11B China, sebuah pesawat tempur yang mirip dengan pesawat tempur Su-27 Rusia, beberapa kali berhasil mencegat pesawat intai milik Amerika Serikat.

Seperti yang pernah ditampilkan saat J-11B Angkatan Udara China berhasil mencegat dan mengusir pesawat intai maritim P-8 Poseidon AS pada 19 Agustus 2014 di dekat wilayah udara China.

Laporan yang dikutip militer AS mengatakan, pilot China telah melakukan “manuver” sangat dekat dengan P-8 Poseidon.

Di China, insiden yang melibatkan “pesawat tempur paling cemerlang” tidak hanya dari kemampuan manuver yang tinggi dari pesawat tempur J-11B tetapi juga dari kebulatan tekad pilot China. Akhirnya membuat pesawat pengintai Amerika Serikat tersebut berbalik dan pergi.


Manuver J-11B (video : CCTV China)

Secara khusus, versi J-11B Cina dilengkapi dengan sistem kontrol tembak dan sistem kontrol penerbangan digital canggih yang diproduksi di China.

Sebelumnya, Kementerian Pertahanan China telah berulang kali menyatakan bahwa Amerika Serikat mengambil tindakan provokatif di perairan dan wilayah udara China, terutama di pulau-pulau yang disengketakan yang diklaim oleh China sebagai miliknya.

Amerika Serikat mengklaim bahwa Beijing mengambil tindakan ilegal terhadap berbagai pulau yang disengketakan.

Di masa lalu militer China berusaha menghindari mencegat pesawat AS untuk tidak memanaskan situasi. Dan sekarang, tindakan untuk menghentikan pesawat pengintai AS tidak hanya menunjukkan kemampuan dari pesawat tempur J-11B, tetapi juga ” kebulatan tekad “ dari pilot China.

Soha

 Posted by on Desember 18, 2018