Mar 272018
 

Rudal balistik antar-benua mobile, Dongfeng-41 (DF-41, CSS-X-10) © USS Defense News Youtube

JakartaGreater.com – Akademi Sains Cina atau Chinese Academy of Sciences baru-baru ini mengumumkan telah menjual teknologi pelacak rudal balistik kepada Pakistan, seperti dilansir dari laman South China Morning Post.

Peralatan ini disebut-sebut sebagai sistem pemantau optik canggih yang mampu untuk mengumpulkan data yang berguna dan mengumpulkan wawasan yang jauh lebih baik ke dalam uji coba rudal balistik.

South China Morning Post (SCMP) melaporkan pekan lalu bahwa peralatan tersebut akan mampu mempercepat pengembangan rudal balistik multi-hulu ledak Islamabad.

The Diplomat secara khusus menyebut peralatan itu termasuk kamera yang mampu melacak beberapa hulu ledak secara bersamaan, akan sangat membantu untuk rudal berkemampuan MIRV pertama Pakistan. Multiple Independently targetable Reentry Vehicle (MIRV) baru-baru ini diuji-coba pada rudal DF-41 China yang dapat membawa hingga sepuluh hulu ledak.

Sementara otoritas China baru mengumumkan informasi tentang kesepakatan pekan lalu, tidak jelas kapan transfer teknologi tersebut benar-benar terjadi. Sebagai contoh, kepala Badan Intelijen Pertahanan menyatakan Maret lalu bahwa militer Pakistan telah melakukan uji coba peluncuran perdana rudal balistik Ababeel berkemampuan nuklir, yang mendemonstrasikan muatan MIRV pertama di Asia Selatan.

Menurut sebuah laporan dari Asosiasi Kendali Senjata yang telah diperbaharui bulan ini, menyebutkan Pakistan bukan penandatangan Perjanjian Non-Proliferasi Nuklir 1968, memiliki senjata nuklir dan saat ini sedang mengejar rudal balistik, rudal jelajah serta sistem pengiriman nuklir berbasis laut yang baru.

Lebih lanjut lagi, Pakistan telah menurunkan ambang batas untuk penggunaan senjata nuklir dengan mengembangkan kemampuan nuklir taktis untuk menangkal ancaman militer konvensional yang dirasakan dari India, menurut catatan grup nonproliferasi. Menurut estimasi, Islamabad saat ini memiliki persediaan sekitar 130 hingga 140 hulu ledak nuklir.

  89 Responses to “China Jual Teknologi Rudal Canggih ke Pakistan”

  1.  

    Pakistan nih istrinya bernama Buistan..

  2.  

    Rudal apa pelacak optik canggih neh min? Bisa sekaligus 10 hulu ledak nuklir sekaligus ,aman dah pakistan ga bkal ada yg berani nyerang negrinya ,apapun yg dilakukan india pasti ada respon dari pakistan ,reaktor nuklir,bom nuklir,rudal dll semua china kasih ke pakistan

  3.  

    Pakistan dan China berteman, lihat saja tuh jet tempur Pakistan, semua di ambil dari China….ndak nanggung2 juga….Tank pun juga made in China. India, tidak suka dengan China, apalagi dengan Pakistan. India berteman dengan Prancis, Rusia dan British, tetapi British tidak suka dengan Rusia dan Rusia tidak suka keduanya, Bristish & Prancis. Jadi rada aneh memang India ini, punya kawan ndak ada yg bener.

    •  

      tidak ada kawan yg bener bung yg ada hanya interest/ketertarikan yg bener…bener2 sama interestnya.

      mungkin yg belum ngerti bisa baca2 sejarah konflik2 perbatasan negara2 asia setelah perang dunia 2 usai.

    •  

      Pakistan-china hub mereka lebih dalam dari lautab dan lebih tinggi dari himalaya bro hihi

      •  

        hubungan pakistan-china sudah terjalin sejak dinasty Tang yang bersekutu dengan Gandhara sebagai penjaga jalur sutera mengamankan pedagang2 china dan arab/persia yang pulang-pergi di jalur itu…

        •  

          china dinasti partai kuminis beda bung sama china2 dinasti masa lalu
          mereka atau partai tersebut gak punya hak mengklaim warisan budaya dinasti2 tersebut mengingat budaya china dan ajaran tutur pinutur nenek moyang mereka hancurkan sendiri semasa revolusi budaya.
          klaim2 mereka atas pencapaian budaya masa lalu china hanya utk menambah chauvinisme rakyat china sendiri agar mereka teralihkan dari keinginan mereformasi negerinya partai tersebut”.

  4.  

    Woowwww diam2 pakistan …….

    •  

      Ya pakistan prioritas utama selain sabuk emas ya dari timteng gas/minyak disalurkan lewat pakistan dengan pipa,selain itu untuk menjaga selat malaka diblokade usa cs yg bisa akibatkan china kelaparan hihi hbis exim lewat selat malaka liat saja pangkalan amrik di jepang,korsel,hawai,guam dll ,jdi china buat pelabuhan chusus di gwadar pakistan yg lebih dekat ke laut arab yg bisa salurkan expor dan impornya selain buat pangkalan militer

      •  

        China pandai buat rudal dari russia, tapi klu teknologi yg dijual china itu dr russia? Kemungkinan china akan dikenai sanksi

        Hahhaahaaaa

        •  

          Di era xi jinping sekrg ga ada embel2 rusia hrs buatan sendiri kecuali blm mampu buat contohnya rail gun,hipersonic,asat,pelacak optik ,radar AeSA dll itu buatan sendiri tanpa sedikitpun tekno rusia

          •  

            dari eropah…….cuma eropah yg punya teknologi railgun,,,,,bedanya eropah cuma ngasih teknologi coil gun bukan rail gun sprt yg amrik punya.

            aneh ya memang aneh….coba klo story ini kedengar sama anggota bundestag dan bundesrat. habis dah tuh eropah.

          •  

            lebih dari setengah yg anda sebut hasil maling penelitian2 industri militer barat lewat serangan cyber dan espionase lewat kesamaan etnis.

      •  

        siapa suruh menjaga selat malaka? emang gak ada negara berdaulat disitu apa?
        lagipula klo takut diblokade kembalikan dulu dong kedaulatan
        ZEE dan tanah2 urukan kepada yg punya hak menurut hukum internasional.
        heran udah dikasih akses perdagangan ke pasar2 barat dan global masih aja anti,belum lagi manipulasi pajak dan hak cipta.

        klau mau gak kelaparan mungkin bisa dimulai dgn kepedulian atau regulasi lingkungan tanah nenek moyang sendiri agar bisa ditanami lagi daripada ”makan gak makan yg penting untung”.

        •  

          *manipulasi tarif bea cukai

          •  

            Pro daniela strom eh trump ente hihihi itu kta usa yg kalah bersaing dipasar bebas om

          •  

            gak ngefans yg Y bukan berarti ngefans yg X

            serang pendapatnya, bukan orangnya
            berdaganglah dgn konsensus2 hukum perdagangan bebas yg telah disepakati bersama bukannya malah disleding dan main proteksionis sendiri mengakibatkan defisit perdagangan negeri orang.

          •  

            Begini broo, klu tiongkok mau meruntuhkan dominasi ekonomi amerikano? Monggooo

            Hahhaahaaa

          •  

            klo mau saling meruntuhkan monggo silahkan

            masalahnya ekonomi kita malah juga ikut goyang2
            iya kalo goyang2 dapet durian runtuh.
            gak ada salahnya sebenarnya dgn main fair dan menghilangkan paranoid akibat politik2 masa lalu.

          •  

            monggo klo kuat…..xixi

            lihat dulu perbandingan mata uang anu terhadap dollar,,,klo masih lemah atau dibawah 0 poin sekian sekian itu tandanya masih lemah syahwat………
            yg kuat mainnya itu yg 1 poin sekian sekian seperti

            dinar kuwait 3 poin sekian sekian
            dinar bahrain 2 poin sekian sekian
            yuan cina 0 poin sekian sekian
            rubbel rusia 0 poin nol sekian sekian
            rupiah indonesia 0 poin nol nol nol sekian sekian

            lihat rasionya bukan nilai tukarnya ya….

          •  

            Supaya loe tau, klu mengena nilai matu uang itu hanya sebagai bisnis jual beli mata uang, akibat lemahnya mata uang & menguatnya mata uang dikarnakan, misalnya sperti dolar yg menguat dikarnakan pembelian dolar yg meningkat dr rupiah & klu rupiah melemah dikarnakan meningkatnya pembelian ke dolar dari rupiah.
            Kalau dolar melemah ke rupiah dikarnakan meningkatnya pembelian rupiah ke dolar.
            Dengan demikian pengaruh mata uang itu lemah & kuat karna ada peningkatan jual beli mata uang.

            Kenapa dolar amerika lbh tinggi dr pd rupiah? Karna amerika negara pengimpor terbesar yg mmpengaruhi nilai mata uangnya.
            Misalnya gue sbgi pengekspor barang baku untuk mmbuat botol air mineral yg diindonesia harganya yg sudah jadi brsama air mineralnya Rp20 yg bahan bakunya utk mmbuat botol air mineral itu Rp10 & aming lee sebagai pengimpor atau penerima, yg gue expor barang baku pembuat botol air mineral itu ke aming lee harganya Rp20 & barang baku itu dicetak mnjd botol air mineral & dijual hargnya ke publik aming lee ygm sudah berisi air $40,
            Kemudian loe beli & minum supaya kagak nyangkut digigimu.

            Disitukan sudah nyata, harga bahan baku pembuat botol air mineral Rp20 dijual ke aming lee & sudah jd brsama air mineralnya dijual aming lee $40, sekali lg yg loe beli kemudian loe minum supaya kagak nyangkut digigimu

            sedangkan di tempat gue bahan baku pembuat botol air mineral itu Rp10 & sudah jd bersama air mineralnya dijual Rp20, yg dibeli agato kemudia dia minum supaya kagak nyangkut digigimu.

            Dengan demikian faktor awal dr negara yg memiliki mata uang tinggi dibandingkannegara2 lainnya dikarnakan faktor impornya lebih besar, sama sperti dinegera negara lainnya & bukan tidak mungkin tiongkok bisa meruntuhkan ekonomi ameriko dgn cara menghentikan expor impor antara amerika dgn tiongkok, yg bisa mmbuat para pengusaha yg ada diameriko gulung tikar

            Hahhaahaaaa

          •  

            Jd jgn pakai dulu merasa tau, supaya loe tau

            Hahhaahaaaa

          •  

            Gue setuju dengan loe haa…tapi mengenai nilai tukar tidak bisa menentukan pondasi pundamental ekonomi satu bangsa,,,lebih cendrung pada permainan bursa dan jumlah nilai perdangan…walau kadang itu yang buat suatu bangsa bisa mengalami krisis,,,dikarnakan ketergantungan pada asing yang amat besar…!!!

          •  

            kan gw bilang lihat rasionya bukan nilai tukarnya haduh…..nulis panjang2 ga mudeng.

          •  

            Jd itulah akibat mata uang lemah & kuat adanya aktivitas jual beli mata uang,

            Untuk yg mata uang lbh tinggi dr mata uang lainnya dikarnakan impornya lbh besar yg akan mempengaruhi nilai mata uangnya didalam negrinya di bandingkan mata uang lainnya, krna indonesia punya transaksi dgn amerika, maka punya nilai mata uang dollar itu, jk indonesia tidak punya transaksi dgn amerika? Maka dollar itu tidk punya nilai lg di indonesia, klu sebagian negara2 lainnya tdk menggunkan dolar? Maka dolar hanya laku dinegrinya

            Hahhaahaaaa

          •  

            ada uang ada interest rate,
            ada interest rate ada growth,
            ada growth ada perdagangan,
            klo ga ada growth ga ada perdagangan,
            dah ah gitu aja sisanya pikirin sendiri.

          •  

            eh lupa dan juga gdp dihitung berdasarkan import bukan berdasarkan eksport. dah gitu aja,…

          •  

            Utk itu export juga hrs sebanding dengan inport, klu inport lbh gede? Kemungkinan resiko krisis keuangan bisa trjadi, tapi dampak import besar akn mmbuat nilai mata uangnya tinggi diexportnya, buktinya barang export amerika lebih mahal, itupun klu ada yg mau beli

            Hahhaahaaaa

        •  

          Buat jaga2 khan asu licik dan pengen menang sendiri hihi namanya strategi

      •  

        kalau saya jadi presiden china.. saya akan bangun pelabuhan raksasa di Myanmar atau lebih ekstrim lgi buat terusan Kra di Thailand. Jaga2 kalau sampai selat malaka diblokade.

        •  

          Dah dibangun lewat myanmar( arakan) juga makanya pakistan,myanmar,kamboja,korut,thai di prioritaskan lho

        •  

          iya haha kamu kok kudet,,,,jgn2 kamu baca buku novel ghost fleet itu lagi….yg jadi rujukan indonesia bubar 2030…..xixixi

          si jinping sudah jadi presiden seumur hidup,,,,,jadi beda dgn apa yg diceritakan dinovel tsb, si jinping di kudeta dan dengan gaya politik blitzkrieg para jenderal berkuasa sudah no no no no,,,,,,,,,ketika si jinping sudah jadi presiden seumur hidup sudah ga da harapan dah……….ghost fleet jadi bubar.

          •  

            Duh masih ada aja yah yang percaya fiksi tanpa data ilmiah yang memang pasti.
            dan lagi udah kedua kalinya dia buat hal sperti itu. dulu pas 2014 gitu juga cuman ya jdi bahan olokan…

          •  

            xixixixi

          •  

            indonesia kalo mau bubar waktu akhir 1990an dan awal 2000an…dan itu sudah kita lewati walau tak semulus paha huha ….!!!
            dan prediksi banyak pihak ahli tumbang…tanpa sangahan karna fakta yang bicara…ada pun prediksi kita akan bubar lagi kurang punya dalil harus diamati cermat apa landasan analisa atau prediksi tersebut…apa faktor internal atau faktor eksternal atau bahkan keduanya…!!!
            bagusnya harus suatu teori harus disertai kajian ilmiah dan dasar yang kuat….!!!
            kita harus mencermati segala gejala dan dampak yang bisa membuat kita limbung,,,baik dampak dari luar maupun dari dalam …adapun permasalahan krusial harus ditangani dengan cepat dan bijak,,,seperti banyak permasalahan dalam negri yang kunjung teratasi baik faktor sosial ekonomi maupun politik dan hukum…karna satu masalah yang terpendam lama akan menimbulkan gejolak yang berdampak pada kehidupan dan keutuhan bangsa…bukan berarti kita percaya suatu prediksi tapi harus membuat kita hati hati dan mawas diri,,,karna pencegahan akan lebih mudah dan efectip ketimbang pengobatan….!!!

          •  

            Bukan mnjd presiden seumur hidup, tapi xinjinping bebas mencalonkan lg untuk capres tanpa ada batasan waktu

            Hahhaahaaaa

          •  

            Walaupun xinjinping diperbolehkan mencalonkan kmbali jd presiden tanpa ada batasan waktuu? Itupun tergantung publiknya, klau publiknya masih ada yg minat? Yaa sudah pasti xinjinping akan mencalonkan kmbli, trpilih kembali jd presiden atau tidak lg? Sekali lg itu trgantung minat mayoritas publiknya, bukan macam soehartoe, yg gak lg minat dengan soehartoe, dicoblos soeharto yg gak minat itu mnj minat palsu di tps nya

            Hahhaahaaaa

        •  

          kalau saya jadi presiden kuminis china…..saya akan menaati hukum2 internasional,transparensi dlm perdagangan serta mengakui kedaulatan wilayah zona ekonomi eksklusif negeri orang dan menghentikan migrasi holang2 kaya baru saya utk praktek pencucian uang lewat pembelian properti2.

          Amin Xi jinping hu akbar

          xaxaxa

          •  

            Eh salah sendiri c strom daniel itu ga mw export senjata ,teknologi dll jdi defisit lagian ygbuat defisit aple,ti lain dibuat di china tris di export ke amrik dibuatnya di china bro , ga bkal perang dagang liat aj nanti

          •  

            Ohhh komunis blh ya kaya,ga ada perinsip sama rata dan sama rasa,komunis paling anti kapitalis yg ini pemimpin kapitalis di davos bro ,ada komunis blh investasi asing,bursa saham, berbisnis? Mikir ente

          •  

            siapa bilang komunis gak boleh kaya bisa aja kan bagian2 yg tidak menguntungkan secara hukum ekonomi dasar dibuang seperti kebijakannya deng xiaoping yg menyelamatkan china dari perpecahan seperti soviet
            apalagi setelah pasar dibuka jelaslah para punggawa partai keroyokan dapet jatah investasi.
            lagi pula bedakan institusi negara dengan kebijakan ekonomi negara
            sya rasa ras Han yg ber IQ tinggi mampu membedakannya dari pada kami, monyet2 yg tinggal di kepulauan pasifik.

          •  

            orang kaya yaa males jadi komunis…kalo miskin baru dukung…siapa yang mau dibatasi…!!!
            yang aneh orang kayak anu dukung amerika tapi pengen sistem komunis…?!?!?

          •  

            eh tapi di china malah orang kaya yang komunis
            proletarian kumuh dekil and the kumel mah cuma budak2 mesin kapitalis utk produksi barang2 yg murah dan dilarang masuk kota2 pusat bisnis kapitalis.

            amerika mah gak sya dukung tapi amekamu yg sya dukung.
            xaxaxa

          •  

            yaa udah kamu ikut paham saya aja…demokrasi pancasila tapi yang asli yaa bukan kaya jaman now…rada engak jelas dan banyak menyimpang dari konstitusi…!!!
            jadi kita berdua cuma bercita cita saja dulu atau berteori saja…kedepan bila salah satu kita jadi memegang jabatan,,,harus ingat sumpah setia dan konsisten…oye….!!!!

          •  

            ”jadi kita berdua cuma bercita cita saja dulu atau berteori saja…kedepan bila salah satu kita jadi memegang jabatan,,,harus ingat sumpah setia dan konsisten…oye….!!!!”.

            loh kok sya merasa malah jadi anak Sma lagi begini?
            xaxaxa
            ennjih ndoro putri
            hamba akan selalu mengingat kata2 ndoro putri.

          •  

            laa saya kan dah sering bilang saya tuh masih cabean,,, sekolah masih duduk diSmp kali…ini malah sma yaa belum…smp dulu baru sma tau….!!! 😆
            xizixixizi…..

          •  

            Komunis sovyet dulu boleh warganya yg mau kaya, tapi dinegrinya, tidak blh mmbawa kekayaannya dinegri orang yg berakibat krisis keuangan & berakibat pembukaan akses para pengusa dr luar negri ke sovyet utk berusaha, yg hanya mmperkaya negri orang trsebut, krna hasil uangnya akn trbang kenegrinya, untuk itu sovyet trtutup utk pengusaha2 luar negri yg ingin berusaha disovyet & sistem sovyet sperti ini sudah terencana dgn matang, namun apalah daya sovyet tidak bisa bertahan lama, akibat dr pemberitaan2 palsu ketika negara2 lain ingin bermitra dgn sovyet yg brakibat hasil produksi menumpuk di sovyet yg berakibat para pekerja tidak tepat waktu digaji, krna sovyet dulu sistem ekonominya boleh mengekspor besar2an tapi menolak inport

            Hahhaahaaaa

          •  

            Ada WTO itu buat pengadilan yg bner itu hanya klaim yg kalah bersaing kok

          •  

            Sekali lg, sovyet bubar dikarnakan sovyet tdk mncetak uang yg banyak, jd para buruh ahli banyak yg trlambat gajinya & ada yg gak dibayar gajinya, krna dulu sovyet bukan negara penginport tapi negara pengexport.

            Tapi klu negara penginport besar akan mncetak uang yg banyak & punya emas yg banyak juga, supaya trhindar dr krisis keuangan & hutang, tapi sistem yg seperti ini tidk bisa dihindari dr krisis keuangan & hutang

            Hahhaahaaaa

          •  

            Pokoknya klu tiongkok itu mnjual teknologi sovyet akan dikenai sanksi

            Hahhaahaaaa

  5.  

    cina is the nyoyyy….kata mbah bowo
    ….

  6.  

    siapa bilang kumunis gak boleh kaya bisa aja kan bagian2 yg tidak menguntungkan secara hukum ekonomi dasar dibuang seperti kebijakannya deng xiaoping yg menyelamatkan china dari perpecahan seperti soviet
    apalagi setelah pasar dibuka jelaslah para punggawa partai keroyokan dapet jatah investasi.
    lagi pula bedakan institusi negara dengan kebijakan ekonomi negara.
    sya rasa ras Han yg ber IQ tinggi mampu membedakannya dari pada kami, yg tinggal di kepulauan2 pasifik barat.

    •  

      Komunis di china dah ga murni buat persatuan dan kekuasaan xi cs aj yg sekrg jadi kaisar ,org china itu jika ga pemimpinnya kuat dah mudah di obok2 org bule bro seperti dulu di bagi2 hahaha sbodo ah yg penting indonesia jaya dan kuat

      •  

        itulah yg sya sebut paranoid tadi sama seperti dulu disini yg paranoid akn pemberontakan dlm negeri sepertinya masih ya xaxaxa
        namun buktinya….ekonomi malah menguat alutsista makin banyak.
        Taiwan juga kuat gitu,korea dan jepang apalagi, sebagai sesama asia timur sama dgn china.

        •  

          Sejarah ga blh dilupakan mas ,korsel n jepang dibwh ketek asu

          •  

            menjadi pusat2 ekonomi dan inovasi teknologi di Asia?
            bukankah china juga jadi pusat ekonomi asia lantaran investasi pengusaha2 asu dan bimbingan ekonom2 neoliberal asu?
            jngan lupa bahwa china juga bisa leluasa menembus pasar domestik asu dan negara2 lain sementara yg menembus pasar domestik china malah kesulitan?
            itu pun sebelum perang dagang dimulai karena salah satu alasan diatas

  7.  

    Rame yang diatas sampe bahas ekonomi politik.he3. Yg jelas China ideologi politik Komunis tapi ekonomi sudah menjurus ke Kapitalis. Peradaban China sudah ribuan tahun dan taktik dagang dan perang sdh terangkum dlm Tsun Zhu (klu tak slh ketik) jd wajar mereka kembali bangkit dan berusaha memperbesar pengaruh atas dunia, cuma yg selama ini yg sdh merasa jumawa dgn aksi cowboynya gak bakal tgl diam karena hegemoninya mulai digerus China.he3

  8.  

    Ini jelas cara politik china untuk menekan kekuatan india, china tahu india berkonflik dgn pakistan dan sulit akur karena perebutan daerah khasmir, jadi dgn memberi dukungan militer ke pakistan jelas memecah konsentrasi india yg juga berkonflik teritorial dgn china juga…

  9.  

    AS VS CHINA tanpa sekutu,,mari gambling sejenak,saya pegang panda,saya pur 1 point

  10.  

    SOTOY LU..!!

  11.  

    ngawur dinasti 2 dulu otoriter
    otoriter hanya menguntungkan segelintir elit klo diprotes tinggal dig!las dgn tank seperti Tiananmen,1989
    beda lagi otoriter sama autokrasi.
    memilih jalan otoriternya china yg hanya memikirkan materialisme semu dimana kemajuan suatu bangsa hanya terukur dari kekayaan materi yg dimiliki bukanlah jawaban utk bangsa kami.
    pelajari apa itu cultural ice berg.biar gak terjebak fanboyisme di era perang informasi.

    lagipula bukankah muncul,jatuhnya dinasti2 china juga merupakan tradisi china yg juga disebut mandate of heaven?

 Leave a Reply