China Kembangkan Kapal Perang Yang Bisa Menyelam

Angkatan Laut China mungkin akan mengulirkan edisi baru sebuah kapal perang klasik. Ini terlihat pada peluang untuk melengkapi kapal perang permukaan dengan banyak rudal serta kemampuan menyelam, memungkinkan mereka menyembunyikan “gudang rudal”, dan juga tidak terdeteksi radar dibawah permukaan laut, seperti dilansir dari Popular Science.

China sedang mengeksplorasi dua versi kapal arsenal, pertama adalah sebuah kapal perang permukaan berkecepatan tinggi yang bisa menyelam sesuka hati, kedua lebih mirip dengan kapal selam tradisional.

Apa yang bisa dilakukan oleh kapal selam permukaan yang tak dapat dilakukan kapal selam konvensional adalah bahwa kapal selam permukaan tersebut dapat bergerak sangat cepat di permukaan, berkat lambung hidroplane, menurut Popular Science.

Untuk operasi siluman, kapal arsenal tersebut memiliki sebagian besar lambung kapal yang terendam secara inheren, hanya anjungan serta beberapa bagian kapal lainnya yang muncul di atas permukaan air, sehingga mengurangi penampang radar.

Namun pada saat bergerak bersama gugus tempur angkatan laut berkecepatan tinggi, kapal arsenal tersebut akan mengorbankan fitus siluman, menggunakan lambung hydroplane-nya  yang datar dengan kecepatan tinggi, membelah ombak seperti speedboat atau kendaraan lapis baja amfibi.

Rencana alternatifnya adalah sebuah platform yang berperilaku serupa dengan kapal selam Perang Dunia II, biasanya tinggal di permukaan, namun dapat benar-benar menyelam agar tak terlihat.

Dua universitas asal China bertanggung jawab untuk merancang konsep tersebut, menurut pemerintah kota Wuhan. Institusi tersebut adalah Universitas Sains dan Teknologi Wuhan serta Universitas Sains, Teknologi dan Teknik Kelautan Huazhong, yang telah dianugerahi penghargaan negara untuk pekerjaan tersebut.

Konsepnya sudah dikerjakan sejak 2011 silam, namun mungkin sekarang sedang dibangun. Bukti konsep kapal rudal yang bisa menyelam saat ini sedang dibangun di galangan kapal Bohai Shipbuilding Heavy Industrial Corporation yang akan diluncurkan setelah 2020.

Versi kapal arsenal Angkatan Laut AS adalah platform kapal perang permukaan yang dapat membawa hingga 500 peluncur rudal jelajah vertikal. Angkatan Laut Amerika ingin agar kapal arsenalnya menjadi kapal tak berawak yang dioperasikan dari jarak jauh.

Pertama kali diusulkan pada tahun 1996, kapal perang arsenal akan menggunakan rudalnya untuk menyerang pantai dalam mendukung invasi Marinir AS. Akan tetapi pada tahun 1998, Kongres membatalkan pendanaan untuk proyek tersebut.

Tinggalkan komentar