Mar 152014
 

natuna-2014

Jakarta – Pemerintah China telah mengklaim wilayah Perairan Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, ke dalam peta wilayah negeri mereka.

Asisten Deputi I Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Bidang Dokrin Strategi Pertahanan, Masekal Pertama TNI Fahru Zaini menjelaskan, Tiongkok telah menggambar peta sebagian perairan Natuna di wilayah Laut Tiongkok Selatan masuk ke peta wilayah mereka dengan sembilan dash line atau garis terputus. Bahkan dalam paspor terbaru milik warga Tiongkok juga sudah dicantumkan (12/03/2014).

“Yang dilakukan oleh Tiongkok ini menyangkut zona wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Untuk itu, kami datang ke Natuna ingin melihat secara nyata strategi komponen utama pertahanan NKRI, yaitu TNI, terutama dalam kemampuan, kekuatan dan gelar pasukan bila terjadi sesuatu di wilayah ini,” jelasnya.

Bukan hanya wilayah Indonesia saja yang dipetakan oleh Tiongkok, tetapi juga negara lain yang berbatasan dengan perairan Laut Tiongkok Selatan seperti: Vietnam, Malaysia, Brunei Darussalam, Filipina, serta Taiwan.

“Namun Tiongkok tidak mau berterus terang terhadap koordinat mana yang masuk wilayah mereka,” katanya.

Nine dotted line of China

Nine dotted line as claimed by China

Masekal Pertama TNI Fahru Zaini menegaskan, akibat klaim terhadap perairan Natuna oleh Tiongkok, TNI siap gelar pasukan bila terjadi sesuatu di wilayah tersebut. “Sengketa ini akan berdampak besar terhadap keamanan laut Natuna,” ungkapnya.

China's 1947 map depicting the "eleven-dotted-line"

China’s 1947 map depicting the “eleven-dotted-line”

Dalam rangka terjaganya keutuhan NKRI, kebhinekaan kebangsaan di wilayah terdepan seperti Kabupaten Natuna perlu diperkokoh.

“Persatuan antarwarga perlu dijunjung tinggi, ini dimaksudkan supaya tak mudah disusupi atau diadu domba oleh negara lain,” ujarnya.

Letak Indonesia sangat strategis, baik lautnya maupun udaranya. Setiap hari selalu ramai dilewati oleh kapal maupun pesawat negara lain. (inilah.com).

  117 Responses to “China Klaim Wilayah Natuna”

  1. Ga mungkin berani china sama INDONESIA.!!!!

    • Tega banget big brother…

    • Betul bro kalau mereka pakai jrs kungfu panda sama shaolin
      Qt lawan pakai jurus silat cimande sama cimacan
      Gak usah takut sama mereka qt bangsa petarung mewarisi gen nenek moyang sejarah sudah membuktikan
      Xixixi

    • @bung ismed

      yakin bung ???????
      saya rasa tidak, china negara yang sangat rakus dan mungkin lebih rakus dan bila sudah komitmen apa yang sudah menjadi “plan” dia akan merealisasikan walaupun dengan cara “bar-bar”.

      untuk saat ini mungkin belum lah melakukan provokasi seperti yang sudah dilakukan terhadap tetangga2 kita ke indonesia.

      sederhananya bila sudah terang2an china melakukan klaim natuna.

      bisa dibayangkan pejabat china akan menghitung keuntungan dan kerugian dalam pemetaan militer, sederhananya diambil peta china akan akan melihat kesulitan dalam tahap invasi klaim tentunya akan mendapat konsekuensi dengan malay,phili,singaporn,korsel,jepang,aus .
      china seperti terisolasi…karena disisi lain india sudah sangat dicemaskan oleh china, rusia??saya yakin tidak akn gampang memberikan dukungan..

      dan lebih menakutkan lagi… bila basis militer usa ( didijinkan indonesia ) merapat ke wilayah natuna, akibat klaim tersebut membuat militer usa lebih kuat ( suport base darwin ) mencover arogansi china.

      Rusky??? akan siap “hitung2an”

      china-usa-rusky = api dalam sekam

      poin nya sih ” tidak ada sahabat sejati ”
      jangan pernah mempercayai baik blok barat maupun timur
      indonesia harus tetap non blok sampai benar2 ekspansi terhadap natuna..
      percepat alutista, pergerakan militer indonesia disegerakan, kogabwil di percepat, latihan militer diadakan lebih rutin dan ditingkatkan…

      kasus MAS malaysia dalam “pencarian” indonesia harus mewaspadai jangan sampai pemetaan ke wily nkri.

      cuma pendapat
      maaf cucu lancang

    • Klaim China adalah perairan ZEE bukan. Laut teritorial kita, karena ZEE indonesia juga masih bermasalah dengan beberapa negara tetangga.

    • ini juga yg mnjadi inti awal pertama jendral kita berkunjung kesana selain masalah alusista dan kerjasama militer. beliau pun sudah mnegaskan dipublik juga. saya salut pada kberanianya.:)

    • betul tuh, dan juga sudah di klarifikasi KALO ITU CUMA BERITA DARI MEDIA BARAT

      apa lagi tujuannya, selain adu domba da ngajak indonesia ikut lawan china

      • Alah china di percaya…lihat Aja rakus Nya blm adidaya rakus Nya minta ampun, tdk Ada bangsa yg baik, Indonesia saja klo adidaya dijamin bakal lebih rakus dari bangsa2 lain…this is fact, ente pintar bicara krn ente blm superpower,cb deh klo diksh kesemptan superpower apalgi klo sdh disebut polisi dunia bakalan songong minta ampun ente….Hanya budak orng china indo yg mau membela chinasu daratan yg rakus….

    • Yang penting kita bersatu……….OKE BROOOOOOOOOOOOOOOO

  2. Wah big brother kok gitu yaa? 🙁

  3. panda silahkan kalau mau klaim tapi akan terima konsekuensinya….

    dari awal maupun akhir saya tetap tidak percaya barat maupun timur.

    warning to china
    save nkri

    • Kayaknya sudah benci mendarah daging nih Bung Cucu..
      Jika China ingin sampai ke Indonesia mereka melakukannya secara bertahap, jadi menyelesaikan dulu tetangga disekitar mereka.

      Saat ini TNI kita fokus gelar kekuatan, fungsinya untuk mengetahui kekurangan dan dilanjutkan ke Anev. Seperti kasus Malaysia, dengan diadakan program MEF tahap pertama langsung menjinakan mereka meski hanya sementara, apalagi rencana Kogabwilhan..

      Nah, rencana TNI kita akan menggelar kekuatan di Natuna, disini akan dilihat kelemahan2 agar bisa belajar. Semoga dengan Anev kita bisa mengetahui cara untuk mengantisipasi. Amieen

      • bung@jalo

        saya tidak membenci, tapi saya lebih menekankan bila dalam permasalahan tersebut, jangan pernah percaya baik blok barat maupun blok timur,
        hal yang lumrah dimanapun suatu negara bila mengusik , pernah mengusik maupun akan mengusik..

        tentunya akan menerrima ” konsekuensi nya”.

        perjalanan sejarah nkri sudah membuktikan tidak ada “sahabat sejati”

        jadi gnb harus kokoh tapi tidak dan bukan berarti lemah.

        cuma uneg2
        maaf cucu lancang

        • Bener, untuk itu diperlukan ekonomi dan pertahanan yang kuat agar kita tidak diusik. Melihat kemajuan bangsa kita sekarang saya cukup optimis, INDONESIA adalah negara yang akan diperhatikan dunia Internasional.

          Untuk memenuhi ini, perlu kerjasama dan kepedulian seluruh masyarakat INDONESIA…

          • Diperlukan pemimpin yang cerdas juga bung..jangan hanya modal jujur tetapi tidak cerdas n memiliki strategi dalam menghadapi kondisi regional seperti sekarang ini..
            Akan sedih rasanya apabila calon pemimpin ke depan ini tidak memahami bahkan melanjutkan konsep MEF n Kogabwilhan sesuai track..
            *hanya harapan rakyat kecil seperti saya* 🙂

          • Dan calon pemimipin yang baru launcing (jagoan bung danu ne :D)
            Saya agak pesimis dengan kemampuannya

            Indonesia negara besar dengan segala rintangan menuju Indonesia jaya, yang perlu leader ship yang kuat dan ahli berstrategi dan berjiwa NEGARAWAN yang tinggi agar di SEGANI, mengawal Indonesia yang hendak ,take off terbang menuju kejayaan

            Analoginya Selama ini Ground crew pihak ATS dan Radar pemandu sudah mati matian disiapkan oleh otoritas sebelumnya agar pesawat takeoff mulus dan terbang dengan perkasa,dilangit persaingan global

            Tetapi gagal dan kacau karena Pilotnya yang belum lulus simulator boeing, Airbus dan sukhoi dan hanya punya jam terbang Rendah memakai pesawat berbadan kecil

            Semoga ada calon yang lebih baik bukan hanya besar karena pencitraan

          • Bung Satrio

            Kalau calon pemimpin yang lebih baik sudah ada, cuma kaya nya bakal kalah dengan calon2 yg lain yg menang citra dan punya modal gede. Calon pemimpin satu sangat berpengalaman dibidang nya dan memang sudah memberikan sikap pro dengan pandangannya mengenai pentingnya kekuatan pertahanan dan kemandirian alutsista.

            Semoga, siapapun yang menjadi pemimpin nanti nya memiliki komitment yang kuat untuk pertahanan dan industri pertahanan dalam negeri. Amin.

          • bung Sat@
            aku paham..
            pastinya bung Satria menjagokan Burung Garuda yang trbang ke angkasa raya 😀

          • Pas banget bung Satrio, bahkan di daerah saya di sudut propinsi jambi yang notabene jauh dari jakarta pun mengelu-elukan Capres baru launcing ini bak malaikat yang sangat sempurna, saya sedih melihat kenyataan ini. bahkan untuk mengawaki pesawat yang berbadan kedil aja konon masih pontang-panting, terakhir kegagalan demi kegagalan program datang susul-menyusul.. temen-temen dan bung-bung semua sebaiknya pilih pilot-pilot yang lebih memiliki jam terbang yang banyak dan terbiasa dengan pesawat berbadan besar..

          • Kalo sang pilot belum terbiasa terbang dengan pesawat berbadan lebar, maka didampingi copilot yang biasa terbang dengan pesawat besar, nanti lama-lama pilot akan terbiasa.

          • Bung Dekno
            Namanya pilot itu pangkatnya Captain Pilot sudah melewati Ribuan jam terbang dan kesenioritasan nya tinggi dan diakui Integritasnya oleh dunia penerbangan Internasional
            Kalau namanya Copilot itu pasti masih yunior dan jam terbangnya dibawah captain pilot.

            Gak ada Pilot lebih yunior daripada copilotnya yang semua kendali dan keputusannya ada ditangan copilotnya Kecuali pilot itu boneka saja atau lagi belajar disekolah penerbangan,

            Dan Menerbangkan Pesawat berbadan besar dengan ratusan penumpang yang ingin mendapatkan pelayanan kenyamanan dan keamanan tingkat tinggi
            Tidak bisa dengan COBA COBA apalagi dengan pilot belajaran ,bisa bisa pesawatnya crash dan juga bisa bisa nama maskapainya HANCUR dan gak laku didunia penerbangan Internasional

          • padahal kalo dilihat awal indonesia merdeka, pemimpin kita berasal dari sipil, baik presiden dan wapres dan militer mendukungnya sampai militer berkeinginan ingin menjadi penguasa mayoritas. dan dibawah pemimpin sipil Presiden sukarno, alutsista persenjataan kita yang paling canggih di jaman itu daripada Presiden2 dari militer, dan dibawah pemimpinan sipil Negara kita diakui dan paling berani dibandingkan Presiden SBY yang dari militer dan pro terhadap asing dalam segala kebijakannya. semua itu tergantung dari karakter Pemimpinnya apapun dia berasal baik dari sipil ataupun militer.

          • menurut saya jika ingin menggunakan analogi pilot, maka pilot mendatang boro2 tinggal terbang, airportnya aja lumpuh, radar jadul ngadat, back-up genset rusak, AC ruang ATC mati, bahkan X-ray bagasi macet…

            > Jika hingga batas akhir Tujuan Pembangunan Milenium 2015 capaian RI MASIH JAUH dari sasaran, RI akan menanggung malu di kancah internasional – Wapres / kompas 15/3/14.

            berarti saat ini MASIH JAUH dari sasaran, dengan para menteri dan presiden sibuk kampanye, pastinya sasatan tidak akan tercapai…

            tapi kalau mau menilai capaian pemerintah gak usah dengan MDG yang muluk2, cukup lihat negara kepulauan yang dikelilingi laut impor garam $ 80 juta setahun, atau masalah kronis/menahun asap di sumatra yang tidak kunjung bisa dituntaskan, atau defisit neraca transaksi berjalan dibiarkan berlangsung 9 kwartal (seperti gak ada yang ngurus negara) setelah Rp berdarah2 baru dikeluarkan paket kebijakan pemerintah untuk membatasi impor…

      • Salam bung jalo.tidak akan menunggu lama cina sampe disini kalau pake taktik leafrogging mac arthur.dgn armada lautnya yg kuat (seperti jepang saat PD2) Cina akan lebih tertarik menghancurkan singapork terlebih dahulu karena sebenarnya disitulah center of gravity militer asean.vietnam biar gak rese untuk sementara akan di rongrong oleh kamboja dan laos yg sdh jd satelit cina.malay gak akan dianggap karena plg kecil potensi militernya dan bergantung pd singapork.kalau singapork sdh beres dlm waktu 3 hari maka seluruh kekuatan grup akan dimuntahkan ke vietnam.perkiraan sy cina akan membagi kekuatannya menjadi 2 battle group.battle group A akan mengurus taiwan dan filipina yg menjadi basis USA dan battle group B akan mengurus singapork.setelah itu cina akan berhenti menunggu reaksi aussie dan indonesia.

        Indonesia akan di hadapkan pada posisi faith a comply,lawan cina kita natuna akan di libas gak di lawan aussie mau permisi lewat bantu singapork.kalau kita tdk melawan cina maka cina jg gak akan mengusik.kalau kita mempersilakan ausie lewat br cina mengebuk kita.kalau aussie maksa lewat otomatis kita akan bersekutu dgn cina dan inilah yg dihindari barat.

        Intinya kita hrs tetap netral dqn kita akan aman

        • Yup bener bung, masalahnya posisi kita ini sedang diincar 2 blok ini.

          Semoga posisi netral akan selalu dipegang oleh pemimpin kita sebagaimana sudah tertuang di UU.

          Karena posisi netral inilah yg akan menjadi kunci menjaga kawasan yg damai.

  4. Udahlah, Papua sama Kalimantan ambil aja! pokoknya ambil aja SEMUANYA!

    • bung@panda

      sedih liat komen saudara….
      masih ada pemikiran seperti saudara… ga tahu saya harus mulai darimana tentang komen anda.

      jaga mulut saudara
      cucu lancang tanpa maaf

  5. Segera naikkan alokasi anggaran militer ! Bangun & perkuat pangkalan tni AL di natuna-tanjungpinang (bintan)-batam-karimun-dabo-singkep-pulau tujuh. Jangan percaya tot 705 & 802, cari yang lain ! Tingkatkan kapasitas & kualitas produksi pindad+dahana+PAL & industri pesawat militer harus dipisah dari pesawat komersil biar fokus. Pemerintah+DPR+MPR yang baru harus punya grand design penguatan hankam, jangan cengengesan tebar persona & jangan korupsi. Menlu yang baru musti maco & tegas

  6. China ga bakal segampang itu untuk meng claim natuna sebagai wilayahnya..apalagi sekarang musuhnya dah banyak..sekuat apapun militer suatu negara ga bakal bisa merebut wilayah negara lain tanpa perhitungan yg matang…emangnya tuh china bisa merebut dlm hitungan jam & tanpa perlawanan dari negara yg direbut wilayahnya..ingat senjata bukan jaminan untuk menang perang..!!! Jiwa NASIONALISME -lah yg menjadikan kekuatan sebenarnya. Semua negara di dunia ini tau bangsa ini adalah bangsa yg rakyatnya sangat militan & jiwa nasionalisme nya sangat tinggi.

  7. saya kira china sedang mengetes indonesia, menyandang predikat sebagai negara besar wajar jika negara lain (termasuk china) pasti penasaran bagaimana reaksi kita, menguji seberapa pintar & tegas kita menghadapi tekanan dan keadaan yg mengejutkan. panic kah? atau tetap tenang dgn strategi di tangan.

    tunjukan keberadaan kapal perang kita untuk menunjukan ini adalah wilayah indonesia, tidak boleh di ganggu gugat.

  8. Mo china kek, mo rusia kek, mo usa juga…silahkan coba invasi negeri ini. Kita siap.
    Mending begini tho, musuhnya jelas…ga pake adu domba.
    Tenang aja kawan….kita lebih siap dari yg mereka bayangkan.

    MERDEKA!!!

  9. wah wah wah.beres2 barang dulu,siap2 mobilisasi masal

  10. Wah gawat nih …jagn jagn ramaln RI dijajah bangs a besar Dan di satukan dgn malingsial bakln terjadi,..mudah mudahn wajib militer bsa terlaksana ane siap daftar…….,NkRi hrga mati,,yeesss

  11. hehe
    bisa aja ini akal2an TNI
    *I hope

    akal2an biar uangnya cair dan dapet jatah lebih banyak buat realisasi
    Aamin

    masa menhan ke cina pulang2 dpt hadiah beginian
    kan gk mungkin

  12. wajib militer kudu di adain.
    bagus bgt utk membentuk rasa cinta bela negara.
    napak tilas jendral besar Sudirman musti di praktekan ke generasi muda.
    usul ane bang.
    gitu. . .

  13. Analisa anda benar bung, saya jg santai aja mendengar berita ini krn ini berarti otak dagang kita lg bekerja utk mendptkan perhatian dr yg dimaksud.

    Semoga para pemimpin kita sdh menerapkan strategi jitu utk mengambil alih wilayah udara kita dari singapura. Saya sgt salut utk itu.

  14. Analisa yg bagus bung 😀 memperkuat armada tempur dgn isu claim cina ke natuna..

  15. bung@Satrio…analisa anda sama percis dengan analisa saya.secara logika ga mungkin Panglima yang berkunjung ke china tidak kong kali kong untuk masalah Fir di Natuna makanya beliau melemparkan clue kalo china akan mencaplok natuna dan dipertegas pula dengan statement pemetaan dari china. ingat panglima TNI dan Presiden kita itu adalah prajurit yang pandai dalam strategi.

    Sekali Merdeka Tetap NKRI

  16. Termasuk Bandara Hang Nadim Batam juga ya Bung Satrio???

  17. Termasuk Bandara Hang Nadim Batam juga ya Bung Satrio???
    Bagaimana dgn bandara2/pangkalan udara lain di KEPRI, Bung?

    • @Bung wedus
      YUP
      biasanya pilot meminta ijin take off atau landing atau hanya sekedar melintas saja ke pengelola Bandara Hang Nadim Batam dan terus mengajukan permohonan melalui approach centre unit (APP) di Tanjungpinang.

      APP Tanjungpinang kemudian meneruskan permohonan itu kepada area control centre (ACC) di Changi, Singapura. Apapun jawaban Singapura, baik “OK” maupun “tunggu sebentar”, disampaikan lagi melalui Tanjungpinang untuk diteruskan ke Hang Nadim. dan disampaikan ke pilot

      “Kita seperti mengemis-ngemis kepada Singapura,

      @Bung Ngurah rai
      Akurrrr

  18. Claim China di zona ZEE natuna itu memang sudah lama sekali. Tetapi apakah itu akan membuat Indonesia maju di depan menghadang China sementara ada pihak lain yang akan tersenyum dan menikmati kerja keras bedarah-darahnya Indonesia menahan China.

    Langkah TNI yang akan memperkuat Natuna adalah Tepat. tetapi sikap politik luar negeri Indonesia haruslah tetap Netral dan bercabang atau boleh juga disebut berstandart ganda. Indonesia semestinya membiarkan Amerika dan Australia yang maju di depan. Amerika “pasti” akan bersarang di Philipina, Australia dan Inggris juga “pasti” akan bersarang di Malaysia.

    Indonesia harus aktive memainkan posisinya yang strategis itu dengan sangat cantik. ada yang bilang Indonesia harus pintar mendayung diantara 2 karang. Buku putih pertahanan nasional yang disusun jenderal yani untuk kawasan utara Indonesia sudah semestinya di aktivekan lagi. Pemimpin Indonesia yang akan datang semestinya bisa meniru gaya berpolitik Raden Wijaya pendiri kerjaan Majapahit. atau minimal bisa bersikap seperti pemerintah Thailand di era WWII yang bisa mendapatkan sebagian wilayah semenanjung malaysia ( thailand selatan ) dengan bersikap ambigu di 2 pihak yang bertikai.

  19. gimana kalo indonesia klaim balik sampai spratly ya?

  20. China smkin kehilangan arah dlm klaim mengklaim sbuah batas negara.Hal yg sgt tdk masuk akal ji?a brdsrkan peta zaman dulu.Indonesia jika mw bisa saja mengklaim negara2 yg ada dlm Asean itu sbg wilahnya.Tapi itu dulu bukan dimasa skrg.
    Saya sbnrnya tdk yakin 100% ats masalah ini,mengingat ke2 negara memiliki hub an yg erat.
    Sepertinya ada skandal bsr antara Beijing – Jakarta dlm hal ini.Coba ingat Pak Moeldoko baru aja plg dari China dan ada taruna yg berkunjung ke china.Saya rasa ini hnya ingin melihat amerika apakah semakin aktif menjaga kwsn asia dgn memberikan bantuan yg bsr kpda negara sekutu Amerika dan apakah amerika smkin aktif memberikan modern alutsista kpada Indonesia mengingat hnya Indonesia penyeimbang kuat di Asean.
    Mega skandal telah terjadi,semoga amerika smakin gencar nawarkan alutsistanya dan apache dipercepat.Kita duduk tenang2 melihat amerika sibuk mondar mandir nawarkan alutsistanya. 😀

  21. * Janda – janda dan pengorengannya *

    gue pikir justru Jin lagi membuat/merancang arah, bukan kehilangan arah.
    LCS bagi china adalah surplus, ekstremnya kehilangan pun bukanlah teritorial utama nya,
    tapi natuna adalah teritorial utama nkri, kehadiran china di lcs jelas adalah bentuk progresif MENARIK UNTUNG, kita pun harus mengikuti langkah mama panda Progressif menarik keuntungan, cerita kehilangan sipadan-ligitan itu kebalikan dari progresif tentunya.

    dan gue sependapat dgn analisa bung Satrio, GORENG TERUS, sampe mendidih…
    tapi pastikan kontrol ada dlm genggaman, itu yg paling basic.

    tentunya kehadiran usmc di pinoy adalah respon dinamika yg ada, dari sini kita jadi maklum knapa morotai di jadikan tempat ujicoba roket R-han.

    It’s all ’bout a timming variable.

    Program memperkuat natuna seharusnya melahirkan Hibah yg lebih bergizi tinggi, msh dgn manuver pinoy mengundang usmc, sedikit menurunkan gizi yg dimaksud.

    “knapa harus ngasih gizi ke yu, sementara kami hadir di tempat yg bisa memotong pergerakan Jin,..??”, tentu bukan pekerjaan mudah untuk membujuk pinoy menolak usmc, sementara otot yu blum terlihat jelas.

  22. saya meringding membaca nya !

  23. inilah balasan china yg diijinkan lewat ALKI untuk latihan perang deket oztrali…..kasihan amat kita udah ngerengek minta bantuan china buat ngadepin ostrali….eeee malah natuna di caplok jg…..

  24. klaim china pada perairan natuna adalh alasan yang tepat untuk menggelar pasukan tni di sana,
    pertanyaanya, apakah untuk menghadapi china bisa ya bisa juga tidak
    tapi setidaknya kita siap

  25. Saya suka dg semua komentar”nya, semoga menjadi pencerahan untuk bangsa ini..ternyata bangsa ini banyak menyimpan bibit” unggul untuk memimpin bangsa ini dimasa depan..sallam untuk semua..!!!

  26. tersserah chhina mo klaim laut mna saja yang mereka sukai, mw natuna smpe kalimntan ditaro di peta mereka silahkan kan itu hak mereka, tapi setahu kami itu wilayah kami dan seandainya kami berppasan dengan kalian di situ ya pling2 juga PERANG!!! karena yang kami tahu itu wilayah kami.

    sm kaya belanda yang ga mengakui kemerdekaan 1945,, terserah mw mengakui atau tdk,, yang kami tau kami sudah merdeka. dn kalau belanda msh kembali lagi kami siap memepertahankan kemerdekan kami.. SEKALI MERDEKA !!!! TETAP MERDEK !!!

  27. wuzzz… siraman om Sat mendinginkan kepala panas, menjernihkan mata yg tadinya merah, meredam denyut yg terguncang,sungguh menyenangkan utk anak2 negeri, masih teringat dengan ucapan jend. Muldoko bhw China ngr sahabat yg baik, bhw jend. Feng jg mnghrapkan kehadiran TNI di lcs diperkuat sbg penyeimbang, pres SBY mengaum di sby, beliau2 bkn orang sembarangan, ..hehehehe msih juga percaya klo kt bsa tidur nyenyak hanya dijaga oleh 401 402??

  28. yaa..mas, jumat kemaren kita dah byar pph bulanan plus beresin isi SPT 2013, klo mas ACI psti sdh juga kan?heheheh

    • Kan sampe tgl 31 maret penyampaian SPT 2013?Sy br ngisi SPT bung ACI.tp cm formalitas krn tiap bln dah potong perusahaan.kalau Bung ACI Pajaknya kurang byr atau lebih byr?

  29. sy sungguh tdak mengerti dg uraian anda om GE, terkesan meremehkan bangsa sendiri, maaf klo boleh tau mungkin om kepala kampung disana ya?

  30. Coba dilihat masalah pertahanan di Natuna dan sekitarnya LCS.

    Ancaman :
    Pada akhirnya petinggi militer kita secara publik mengakui adanya potensi klaim China di wilayah Natuna. Dengan demikian dalam jangka pendek (0-5 th), wajar bila diperkirakan bahwa operasi militer selain perang (OMSP) akan terpaksa dilakukan untuk kepentingan pertahanan negara dan/atau dalam rangka mendukung kepentingan nasional sesuai dengan peraturan perundang-undangan, seperti pertikaian perbatasan (border disputes), proteksi ZEE, pembajakan laut/ udara , dlsb .
    Pertanyaannya sampai seberapa jauh kesiapan kita dalam mengantisipasinya?

    Prasarana dan Sarana
    Kondisi sekarang, secara realistik harus diakui bahwa Prasarana dan Sarana pertahanan di Natuna dan sekitarnya LCS sangat lemah, dibuktikan dengan (1) FIR wilayah masih dikuasai S’por, (2) peristiwa-peristiwa sejak 2010 ketika aparat keamanan kita tidak kuasa melindungi ZEE dari “perompak” ikan China, dan (3) latihan Angkasa Yudha 2013 dimana diperlukan pangkalan pendukung yang cukup jauh 300-400 km dari Natuna seperti Batam dan Pontianak untuk proteksi wilayah Natuna.

    Prasarana
    Wilayah Indonesia yang masuk penguasaan FIR ((Flight Information Region ) S’por adalah Sektor A, B dan C yang berada di langit Kepri, termasuk bandara Hang Nadim Batam, Tanjung Pinang, dan Ranai Natuna. Meskipun DCA (Defence Cooperation Agreement)) antara Indonesia dan S’por telah dihentikan secara sepihak oleh Indonesia, tetap saja pesawat asing diduga punya S’pore masih melakukan black flight di wilayah yang dulu dikenal dengan MTA 1 ( Military Training Area) dan MTA2, terletak antara S’por dan Natuna, yang tentu saja merupakan pelanggaran terhadap wilayah udara nasional. Padahal, dalam Pasal 6 Undang-Undang RI no. 1 Tahun 2009 Tentang Penerbangan, sangat jelas menyebutkan bahwa penerbangan oleh pesawat asing yang rute penerbangannya melewati wilayah udara nasional Indonesia harus mendapat izin dari Pemerintah Indonesia. Namun amat disayangkan juga bahwa Undang-Undang tersebut justru memperkuat posisi S’por, dimana dalam Undang-Undang tersebut dijelaskan bahwa untuk pengambilalihan wilayah udara bisa dilakukan paling lambat 15 tahun sejak UU ini diberlakukan. Ini berarti bahwa FIR S’por baru akan berakhir tahun 2024! Pengambilalihan baru mulai bisa dilakukan dalam rapat 10 tahunan ICAO yang digelar seluruh anggota pada 2023.

    Tentunya kita tidak bisa menunggu demikian lama, caranya adalah berlaku asertif memperkuat pertahanan dan keamanan wilayah Natuna tanpa peduli S’por, sembari mempersiapkan dari sekarang semua usaha merebut kembali FIR di ICAO (ingat dulu kita berjuang belasan tahun untuk pengakuan Negara archipelago dengan ALKI). Kalau perlu dapat kita mendeklarasikan secara unilateral, tidak ada Negara yang bisa melarang.

    Sarana
    Natuna terletak 300/ 400 km dari Pontianak atau Batam, sehingga untuk menjaga keamanan Natuna dan LCS di sekitarnya secara ideal adalah menempatkan/ basing pasukan dan alutsista di Natuna itu sendiri untuk mempersingkat waktu tanggap pergelaran/ penindakan.

    Basing Natuna
    – Sudah ada Lanud Ranai panjang 2563 m, tambah satu taxiway dengan panjang dan lebar sama.
    – Sudah ada Satuan Radar 212 Ranai.
    – Tambah 3 hangar tertutup terlindung panas dan hujan/ air laut, terpisah jauh satu sama lain, masing2 cukup utk 4 pswt seukuran Sukhoi.
    – Tambah satuan Paskhas anti serangan udara kanon Contraves 35 mm.
    – Tambah bunker senjata udara-laut.
    – Tambah tanki timbun avtur.
    – Dermaga: diperlebar, diperkuat dan difasilitasi utk berlabuhnya/ sandar kapal sekelas LPD.
    – Jadikan lantamal dengan segala infrastrukturnya.
    – Tambah tanki timbun diesel.
    – Disiapkan pos Yon Marinir.
    – Pasang radar OTH.
    – Pasang alat komunikasi canggih ke/dari Mabes TNI.
    – Tambah pangkalan utk Bakamla.
    – PemPusat: kucurkan dana yg cukup ke Pemda utk mengembangkan perekonomian termasuk infrastruktur (asal jangan dikorupsi!).

    Alutsista
    Untuk tahap awal, dan disesuaikan yang tersedia, sebagai ujung tombaknya sebaiknya kapal Bakamla yang berpatroli di ZEE, didukung oleh kekuatan udara minimal 1 flight (4 pesawat) diperkirakan jenis Hawk atau Viper yang diposkan secara permanen di Ranai Natuna, dan kapal TNI AL dari lantamal Natuna, ditambah 1 pesawat CN-235MPA untuk air patrol.
    Dalam waktu 15-30an menit, mestinya dapat mencakup seluruh wilayah ZEE di LCS, baik untuk air interception atau air support. Kekuatan udara dukungan dapat diperoleh dari Flanker 1 flight (4 pesawat) yang tidak perlu di Natuna, paling baik dari Lanud Supadio Pontianak, yang pada keadaan darurat, dalam waktu 15 menit dengan kecepatan supersonic dan aksi radius besar, mestinya dapat mencakup seluruh wilayah ZEE di LCS.

    Eskalasi bisa saja terjadi. Karena itu memang mutlak diperlukan minimal 1 skadron Su-35 lagi sebagai cadangan strategis, apabila skadron Su27/30 kita sudah jauh terlibat di LCS.

    Bagaimana peran TNI AD? Sesuai doktrin TNI, AD membantu pertahanan darat Natuna dengan misalnya menempatkan pasukan permanen, terutama Arhanud, dengan senjata pertahanan udara lokal yang baru dibeli.

    • Salam bung antonov.kalau menurut sy musuh hrs di pukul di luar ZEE shg natuna harus melulu armada laut udara yg ada di natuna dan perkuatan/pembenahan pangkalan sehingga mampu melayani segala jenis kapal dan pesawat.itu artinya satu flight dan beberapa kapal tidak cukup.hrs satu skadron pespur yg bs di gilir dari hawk sd F16.untuk kapal minimal 2 korvet, 2 KCR/2 KCT,1 penyapu/penebar ranjau dan 1 BCM (1 Eskorta).AD stanby saja di kalimantan dengan kekuatan 2 bat PPRC/raider apabila natuna genting dan terancam di invasi.untuk penjagaan natuna tempatkan saja 1 kompi marinir.flanker bs stanby di makasar karena menunggu panggilan tolong apabila di perlukan karena daya jelajahnya besar.riskan menempatkan flanker dr pangkalan utama karena masalah perawatan dan perbekalan.

    • @bung antonov lupa, yang diklaim china bukan Kep.natuna tapi sebagian lautnya saja, dan china terlalu jauh untuk memakai flanker ke natuna,walaupun punya carrier, untuk deteksi udara & atas laut mudah dengan radar,dan kapal kita punya banyak rudal SSM, tapi bagaimana menangkal yang bawah air, mengingat china punya banyak KS, karena serangan pertama pasti dari bawah air.

      • Bung @sony tidak masalah China klaim atau tidak klaim, garis sembilan atau sepuluh, putus2 atau tebal, yg bikin gue sebel China sdh merompak kekayaan di ZEE kita sembari meneken petugas pengawal kita. Kalau next time dibiarin (kayaknya sudah) bikin lebih sebel lagi.

        Kalo kapal selem, itu yang namanya silent service, nggak usah ditulis , dia sdh bergerak, nggak tahu dari pangkalan mana. Tapi kondisi LCS yang dangkal, minim palung, banyak beting, bukan kondisi ideal bagi operasi ks. But who knows, mumpung belum at war, ks kita telah malang melintang berlatih disitu?

  31. Bung@ wehrmacht
    Ini kan tahap awal, step by step lah, selanjutnya diperkuat sesuai kedatangan alutsisita yg sdh dibeli. Sdh lama didiamkan, sekarang baru sadar pentingnya Natuna dan sekitarnya. Utk basing saja minimal dibutuhkan waktu 2-3 tahun itupun kalau dananya ada.

    Harus berpikir secara realistik. Namun kerjakanlah apa yg bisa dikerjakan sekarang . Eskalasi akan ditindaklanjuti eskalasi sepadan dari kita. Yg penting niat dan tekad.

    Makasar terlalu jauh tidak ideal sbg pangkalan pendukung.

    • Itu bkn alasan buat pemerintah bung antonov krn alatnya sdh tersedia.bknkah 1skadron hawak nganggur di riau saat F 16 hibahiyah dtg?tempatkan saja di natuna.jg kapal yg sdh sy sebutkan td tersedia (korvet kls parchim,KCT FPB57 dan penyapu ranjau kls condor yg tersedia banyak).pemerintah hrs segera crash programe untuk memperkuat natuna.tdk ada kata mahal apabila perbatasan sdh di usik.inilah esensi dr pertahanan aktif apalagi pre emtive

      • Setuju 1000% bung.
        Tapi sekali lagi realitanya BBM aja dijatah! Rudal, roket, bom, amunisi kaliber besar cukup u/ perang 2 hari! Amunisi kecil mungkin seminggu he he he.

        Dengan niat dan tekad, bisa dicicil, toh menurut saya kita tdk akan perang, tapi bersiap untuk perang, tahap ngotot2an, bukan bersikap lemah.

        Mudah2an 5 tahun lagi kita sdh siap utk little/ border wars!

        • Hrs prioritas bung antonov.bunker bbm dsana hrs selalu penuh.ambil saja dr persediaan lanud yg tidak terlalu urgent katakanlah lanud astra ksetra lampung.pemilik oil rig asing di natuna jg bs dipalak.toh buat keamanan mereka jg.

          Untuk bom dan amunisi sdh ada produksi dlm negeri.stok bom mk46 yg mendekati kadaluarsa jg banyak.gak perlu khawatir.

          Yg penting bisa mengudara dua tiga sorti dan melaut satu dua hari karena durasi tempur modern memang cm segitu.

          Menang mutlak atau kalah total ditentukan dalam satu dua hari itu! Blitszkrieg!

    • Hawk dan Viper itu untuk membantu Bakamla menghalau itu kapal pengawal perompak ikan Coast Guardnya China.

      Sedangkan Flanker untuk jaga2 apabila Flankernya China dari p. Hainan ikut nimbrung, meskipun kansnya kecil mengingat jarak tapi merek kan punya tanker udara.

      Tapi saya kok yakin tidak akan sampai begitu.

  32. China Klaim Wilayah Natuna.. mohon dijelaskan wilayah mana yang diklaim china.. karena saya lihat nine dot line china tidak menggabungkan Natuna ke wilayah klaim china. Terima kasih.

    • Tidak ada wilayah kedaulatan yang di klaim China. 9 dash line ini hanya kelanjutan dari 7 dash line, sudah puluhan tahun, sampai sekarang tidak ada wilayah kedaulatan Indonesia yang diklain China. Kenapa berita ini baru dirilis media saat ini saya juga ga tau, kejadian antara kapal Indonesia dan kapal China di Laut Natuna juga sudah berlangsung beberapa tahun yang lalu.

      Walau demikian, klaim China memang mengancam wilayah ZEE Indonesia. Dan ZEE bukan kedaulatan tapi hak mengelola. Mengingat laut Natuna kaya SDA dan posisinya memang sangat strategis bagi China maupun Indonesia. Berikut gambar tumpang tindih klaim kedaulatan China dan ZEE Indonesia. Wilayah kedaulatan 12 mil laut saya gambar dengan garis putus warna hijau

      • Mas NYD banyak tau

        Saluttttt

      • Terimakasih pencerahannya. Saya setuju dengan pendapat om nowyoudont. ini kita berandai-andai, jika klaim CLS dimenangkan china, Indonesia hanya “bermasalah” dengan zona ekonomi eksklusif. Sebetulnya saat inipun ada beberapa ZEE kita yang belum clear.

        • hanya saja ‘jika’ China menguasai LCS, maka negara2 Asia Tenggara yang mempunyai garis pantai di LCS akan lemah secara geografis dan politik. Buat Indonesia sendiri lebih baik jika wilayah tersebut terbagi sesuai aturan internasional. Sudah ada larangan kapal ikan selain kapal ikan China di LCS, dan mereka mencari ikan sampai laut Natuna. usulan penerapan ADIZ LCS juga sudah terdengar. Jika China menguasai jalur laut dan udara LCS mereka akan punya daya tawar besar terhadap dunia apalagi Asia tenggara.

      • Kedaulatan (sovereignty) sebuah negara di laut umumnya diartikan sebagai laut teritorial selebar 12nm dari garis surut laut, tapi ‘territorial waters’ secara informal kadang2 diartikan sebagai wilayah perairan dimana sebuah negara memiliki yurisdiksi, termasuk ZEE (yurisdiksi ekonomi) bahkan hingga continental shelf.

        > Coastal states have \sovereign control/ of marine resources within EEZs

        > The EEZ is neither part of the territorial sea nor part of the high seas, but has a sui generis status, where coastal states enjoy \sovereign rights/ for the purpose of exploring and exploiting, conserving and managing the natural resources’ and jurisdiction related to the establishment and use of artificial islands, installations and structures, marine scientific research and the protection and preservation of the marine environment.

        klaim china yang memotong ZEE natuna mengganggu/merebut sebagian sovereign control/ sovereign rights RI sebagaimana ditentukan unclos…

        Bangladesh, Brazil, Cape Verde, China, India, Malaysia, Pakistan dan Uruguay mewajibkan aktivitas militer asing di ZEE mereka harus terlebih dahulu mendapat ijin
        (require their prior consent for the performance of military activities in their EEZ),

        Iran bahkan melarang segala aktivitas dan latihan militer asing di ZEE mereka (whereas Iran has gone even further and prohibit any foreign military activities and practices).

        • mudah2an modernisasi militer terus berlanjut dan bahkan dipercepat bung, ketegasan politik berbanding lurus degn daya tawar. tp jika lawannya China mmg berat, selain gap kekuatan militer juga gap ekonomi. China juga mitra dagang utama Indonesia. bagi Indonesia, China adalah mitra yg lebih strategis dibandingkan AS

  33. @Bung didoth
    IMHO Via a vis Indonesia, Cina masih tidak terus terang, masih tdk menyatakan secara jelas klaimnya, karena masih sesuai dengan politik dan diplomasinya. Namun beberapa petinggi level bawah kita sdh gerah dan secara publik sdh mengatakannya. Jadi ya tunggu saja.

    Namun kita harus tetap waspada dan bersiap, jangan lalai.

  34. Akuntabilitas penerimaan pajak gmn mas ACI? Kita rakyat Indonesia pingin tahu loh penerimaan pajak ‘real’ drmana aja n siapa aja baik perorangan n badan hukum usaha serta jumlah berapa tiap tahun…..kok ga pernah dipublish yah. Jd kita tahu duit kita dari mana n kemana…..itu hak kita sebagai pembayar pajak. Jangan nagih doang tanpa akuntabilitas jelas ke rakyat Indonesia seluruhnya……krn itu hak absolut kita sebab kewajiban telah ditunaikan…..

  35. sudah prustasikah mereka merayu kita sampai melakukan propaganda2 seperti ini…?
    saya tidak terlalu pecaya mentah2 berita media,apalagi media kita yg syarat kepentingan golongan

  36. Cina memang ekspansionis. Sejarah sudah menunjukkan hal tersebut. Tibet, Xinjiang adalah dua wilayah yang dicaplok Cina. India dan Vietnam pernah terlibat perang perbatasan akibatnya patok-patok perbatasan mereka bergeser.

    Setelah berpetualangan di daratanAsia kini mereka memulai petualangan baru di Laut Cina Selatan. Cepat atau lambat mereka akan mengklaim perairan bahkan kepulauan Natuna dan Anambas. Ada yang berkilah bahwa yang diklaim “hanya” wilayah ZEE bukan wilayah teritorial Indonesia.

    Kenapa saat Malaysia mengklaim Blok Ambalat (wilayah ZEE) kita meradang sedangkan dengan klaim Cina atas wilayah ZEE Natuna kita adem ayem saja??

    Bisa dikatakan dengan kekuatan militer Indonesia sekarang Malaysia bukanlah ancaman bagi Indonesia. Australia hanya songong dan sombong. Sedangkan Cina dengan kekuatan ekonomi dan militernya adalah ancaman sesungguhnya bagi Indonesia.

    Myanmar, Los dan Kamboja adalah satelit-satelit Cina di Asia Tenggara dan mungkin sebentar lagi Timor Leste. Indonesia sebagai aktor utama ASEAN harus bisa menyatukan negara-ngara ASEAN membendung ekspansi Cina.

  37. emang disini klo disuruh wajib militer dan semua anggota warjag siap apa nggak ya klo panggilan imembela negara itu benar2 datang? ……

  38. Menurut saya yg awam dan military fansboys…
    China kayaknya masih mkir berulang kali, untuk .melanjutkan ke ww3 apalagi dg indonesia,indonesia hangsa besar dan salah satunya pangsa pasar besar setelah india dan usa.dg sdm yg berjibun.
    Produk china yg menyeluruh di nusantara hampir rata..hampir tidak mungkin kalau mereka negeri jin akan mengintervensi kita , karena indonesia adalah lahan pasar.bagi produk china, dibanding.negara asia lainya, baik yg sekelas merk sendok, sampai hp dan rudal nya.. Merata.di indonesia, apakah mungkin bila.china akan kerusak pasarnya sendiri ?? Pasar temoat.menhasilkan uangnya china…
    Nah terkecuali malay,singo, apalagi n taiwan n jepun yg notabene adalah lawan tanding produk china..

    Tapi untuk menutup kemungkinan bila terjadi gesekan dg negri yu.. Maka persiapan payung sebelum hujan lebih tepat. Seperti mengembalikan skaligus fitnes n gym supaya.otot yg kendor bisa pulih kembali, salah satunya Enambahkan berbagai macam alutsista dari berbagai matra..

    Justru yg perlu dan lebih dikhawatirkan adalah barat .apabila sudah menempati filipina bisa jadi mereka akan membakar api untuk kengedapn kan indonesia menjadi.alternativ untuk di rekrut mengjadapi kebangkitan china…

    Dan dengan kebangkitan china hal yg paling diutamakan adalah netral untuk mendapatkan alutsista modern yg memiliki efect.detergen ampuh untuk menghadapi kemajuan china.. (bermain cinta 3 segitiga) ,
    Semuanya itu dikembakikan pada pendananya.. Bukan tidak mungkin kalao alutsista dan kemajuan lapan dalam peroketan,pindad dlam tank ,anoa, dll membuat kemajuan yg WAHH dengan dana dan alutsista yg WAHH mereka barat dan china akan berfikir berulang kali untuk mengajak bergesekan dg kita…

    China tau kalao indonesia adalah sama2 negri tua. yg lebih tua di banding negri sekitar kita.dan sama2 makan garam dalam dunia perjuangan,..

    Sorii oote…

  39. Berbicara masalah pertahanan Indonesia….Disatu sisi, ini adalah kenyataan dan fakta riil di lapangan, disisi yang lain adalah adanya nuansa yg kurang organiser, Mari kita lihat kebelakang dari beberapa kasus yang pernah terjadi yang berkaitan dengan sistem pertahanan negara ini. Peristiwa pelanggaran kapal-kapal Malaysia di perairan ambalat, masih hangat dipikiran kita, insiden Bawean dengan nyelonongnya Pesawat Tempur Hornet milik Angkatan Laut Amerika, adalah contoh lain yang patut kita jadikan bahan pertanyaan, kenapa ini semua bisa terjadi ? Terlepas dari sikap dan tindakan tepat dan tegas dari Komando Sektor Pertahanan Udara, yang segera mengirimkan 2 Pesawat F-16 kita untuk melakukan intercep, melakukan kontak visual terhadap hornet-hornet AS tersebut, yang konon sempat terjadi ” perang perangkat elektronik” dari ke dua belah pihak. Dari rekam Kokpit, F-16 kita sempat di LOCK oleh Hornet2 Amrik itu, tetapi para pilot kita pun bisa unjuk gigi, melepaskan diri dari Lock tersebut, dengan melakukan manuver yang luar biasa rumit dan beresiko.

    Semestinya tinggal bagaimana para penentu kebijakan dalam bidang pertahanan ini, untuk memfasilitasi para pendekar angkasa dan laut ini dengan teknologi alutsista yang mempunyai efek cetar,getar dan gertak yang mumpuni, setinggi apapun teknologi, pada akhirnya akan kembali kepada manusia sebagai operatornya, Indonesia ini sangat berlimpah SDM yang berkualitas jangan dikira tidak, terus nunggu apalagi..? Nah, sekarang kita tengok kondisi saat ini berdasarkan data yang ada sangat memprihatinkan untuk masalah pertahanan dan keamanan.

  40. klo gak salah kan sekaran ada BUMN yg mengurusi air trafik ya bung? yg di gagas Pak Dahlan Iskan, mohon pencerahannya para seepuh

    • betul sekali ada BUMN baru yang dibentuk untuk mengurusi Airtrafick namanya Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI).
      yang nantinya akan mengatur sistem lalu lintas udara (Air Traffic System/ATS) secara lebih terintegrasi untuk keselamatan dan kenyamanan penumpang pesawat terbang.

      BUMN baru tersebut juga disiapkan untuk mengambil alih sistem layanan penerbangan di sebagian wilayah Indonesia yang saat ini masih dikontrol Singapura. Negara tetangga itu kini masih mengatur penerbangan di wilayah Batam, Medan, Pekanbaru, Pontianak, Bangka Belitung, dan Palembang.

      Selama ini ATS di Indonesia dikelola oleh dua BUMN, yaitu Angkasa Pura I untuk wilayah Indonesia timur dan Angkasa Pura II untuk wlayah Indonesia Barat.
      “Indonesia harus menganut single air traffic provider, sekarang masih double dan belum terintegrasi,”

      • Tambahan BUMN ini ini akan memiliki tugas:
        a. Pelayanan lalu lintas penerbangan (air traffic service/ATS),
        b. Pelayanan telekomunikasi penerbangan (aeronautical telecommunication services/COM),
        c. Pelayanan informasi aeronautika (aeronautical information services/AIS),
        d. Pelayanan informasi metereologi penerbangan (aeronautical meteorological services/MET),
        e. Pelayanan informasi pencarian dan pertolongan (search and rescue/SAR).

      • Perlu diluruskan, nama perusahaan yg resmi adalah Air Navigasi Indonesia. AirNav adalah penjelmaan LPPNPI seperti diamanatkan dalam UU 1/2009 Penerbangan. Personel AirNav dikirim ke Inggris untuk meningkatkan skill dan kompetensi. Gedung AirNav keren di area Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng.

        • Perum Navigasi nama resminya. Dibawah kementerian perhubungan, SDM-nya sebagian besar masih berusia 25-35 tahun dan ada beberapa juga yang senior diambil dari petugas ATC Angkasa Pura I dan II. Betul kata Bung WH gedungnya keren dan baru resmi operasional kira2 sebulan yang lalu.
          Kebetulan juga saya tinggal dekat situ dan ada beberapa tetangga pensiunan petugas ATC yang ditarik lagi oleh Perum Navigasi sebagai tenaga outsource hehe..

  41. Itulah yg dicari jiwa NASIONALISME..!!! karena jiwa bangsa yg nasionalismenya tinggi akan mengalahkan semua kepentingan & mengalahkan semua jenis senjata ga peduli secanggih apapun..walaupun jiwa raganya dipertaruhkan..!!! ingat bangsa ini terbentuk karena adanya persatuan & rasa yaitu rasa kebangsaan serta nasionalisme.sbg rakyat INDONESIA. jadi ga usah takut dg kekuatan besar sekalipun walaupun bangsa ini minim senjata..klo ga percaya negara mana yg berani ngajak perang bangsa ini..??? Pasti rakyat bangsa ini yg berjumlah 200 juta lebih akan terpanggil dan bangkit, untuk melawan..

    • @Ib..Jiwa nasi bungkus enggak ada alutsista modern beckingnya orang* yg korupsi….

      • Bangsa ini sudah mengalami banyak kejadian dlm sejarah terbentuknya REPUBLIK INDONESIA..rakyat indonesia sudah semakin pintar,walaupun negara ini sekarang bnyk yg korup namun tdk menjadikan semua rakyat INDONESIA.bermental korup..masih bnyk jiwa”nasionalisme dihati bangsa ini..& semua rakyat indonesia pun sudah sangat membenci dg pejabat” yg korup..yg terpenting dg keadaan bangsa yg sekarang ini semua elemen masyarakat INDONESIA dapat mengambil hikmahnya serta trs belajar dan membangun bangsa ini untuk lebih baik lagi..sallam,!!!

        • @IB…hai kalu alutsistanya enggak kuat yah capek deh.. kembali lagi kayak di photo ini>>>

          • bung gareng,santai aja bung toh melawan mereka dulu kita pake bambu runcing,sekedar lawakan bareng temen,bambu runcing terbang(ada kerisnya) hahahaha
            itu dulu,nah sekarang berbeda,kita dah punya kok mainan mainan yg gahar

            jngn lupakan aspek spiritualis bung gareng,toh tentara lain hanya bisa melongo saat liat aksi debus TNI
            bisa jadi nanti kebalikan dari gambar diatas,kita yg nodong mereka

  42. klo bisa di natuna rudal yaknot base land & paung udara medium sam tru diperkuat ama marinir aja & disiapkan hanggar buat sukhoi kalo pas lago mampir

  43. bayar pajak ntar di makan ama mafia pajak,kembali ke akar -_- menyedihkan memang yg namanya korupsi itu.

  44. Mugkin ini syarat yang di ajukan China jika ingin mendapat T.O.T rudal C-705 family full ???

  45. * China klaim Natuna sebagai balancing… *

    1.Kasus Ambalat , Musang = ffda, persiapan senjata = Timur seterong.
    2.Manusia Perahu , Musang = ffda, persiapan senjata = Timur seterong.
    3. Upil Ngoceh, Musang = ffda, persiapan senjata = Timur seterong.
    4. China klaim Natuna, Musang = Timur, persiapan senjata = Barat seterong.

    Jika melihat pola pengisian kebutuhan , kesiapan pemuda tampan tidaklah terlalu lama lagi, tergantung isue yg digoreng, berubah matang atau gagal proses..
    kita lihat saja perkembangannya.

  46. china mau lawan sluruh negara asean + jepang & ausit……wow amazing….pde sekali, ga ngitung ongkos lagi tuh?

  47. Salam pagi ….!.

    Cepat atau lambat …dgn diem2 atau terang2an, Karakter ekspansif dr bangsa yg bernama Tiongkok akan mewujud, di dorong pula oleh kemampuan bangsa ini dalam pengusaan tekhnologi di bidang sista, hal lain yang menjadi sandaran ke-BERANI-annya adalah kekebalannya dr tekanan UN karena hak VETO yg di sandangnya. Ibarat naga yg bertahun bersemadi dlm gua, setelah kluar gua akan memangsa apa saja utk menuntaskas rasa laparnya, kecuali batu dan sejenisnya .

    Harus kah Indonesia gentar ?. Tidak …jangan beri kesempatan bagi rasa takluk itu. Sambil mengejar ketertinggalan dlm penguasaan tekhnologi sista, bangsa ini harus tetap menjaga dan mengerat kan rasa persatuan. Kini Nusantara kita tercatat dari sabang sampai merauke Jangan lemah, sementara di masa Singasari dgn Prabu Kerthanegara hingga Raden Wijaya tak gentar dengan Jurus Kungfu serta kilatan tajam Pedang pasukan Tiongkok …..!.

  48. nah lho ketauan belangnya cina dket2 indo hnya agar tdk dkroyok dg negara asean , indo hrus berani tegaskan batas2 wilayah natuna ke cina , klo benar natuna masuk klaim mereka putuskan hub dg cina! konsolodasi kekuatan negara asean + japan korsel dan taiwan utk kerjasama hadapi china , oke .

  49. Ternyata Udang dibalik batunya hilangnya MAS ini…… CINA INGIN MENGKLAIM NATUNA SBG WIL. Dgn bantuan Malaysia y telah berhasil menggaruk Pulau Lingga

  50. lebih baik perang daripada di obok obok sama negara lain apalagi cina usir aja warga cina ayang ada di indonesia

 Leave a Reply