Apr 292017
 

Formasi kapal perang Angkatan Laut China saat melakukan latihan di Laut China Selatan. © navy.81.cn

Beijing – Angkatan laut China kembali berlayar melalui Selat Miyako yang terletak di antara dua pulau Jepang untuk melakukan latihan di Pasifik Barat, ujar kantor berita Xinhua, 28/4/2017

Angkatan laut dan angkatan udara China dalam beberapa bulan terakhir melakukan serangkaian latihan di Pasifik, untuk mengasah kemampuan mereka beroperasi jauh dari dataran wilayah China.

“Latihan ini meliputi latihan berkomunikasi, perubahan formasi armada, operasi pencarian dan penyelamatan dan operasi anti pembajakan,” ujar laporan dari Xinhua, 28/4/2017.

“Latihan ditujukan untuk meningkatkan kemampuan serta respon saat menangani keadaan darurat di laut,” ujar Chen Denan, kepala staf armada China kepada Xinhua.

“Latihan ini bertujuan meningkatkan komunikasi dan saling kepercayaan, menyampaikan pesan damai dan persahabatan, dan membantu armada menyesuaikan dengan tuntutan tugas militer yang beragam,” tambah Chen.

Selat Miyako adalah wilayah perairan antara pulau Miyako dan Okinawa, Jepang yang juga berada di timur laut pemerintahan mandiri Taiwan, yang juga diklaim China sebagai miliknya.

China minggu ini meluncurkan kapal induk kedua, dan merupakan kapal induk pertama pengembangan dalam negeri, namun diperkirakan belum akan digunakan hingga sekitar 2020.

Antara / Reuters

 Posted by on April 29, 2017