Apr 222017
 

China Luncurkan Pesawat Kargo Antariksa (credit : Xinhua)

Beijing – China berhasil meluncurkan pesawat kargo antariksa pertama, Kamis, 20/4/2017 pukul 19.41 waktu setempat (18.41 WIB), untuk melaksanakan uji coba teknologi pembangunan stasiun ruang angkasa berawak pada 2022.

Tianzhou-1 yang merupakan pesawat ruang angkasa terbesar dan terberat yang dibangun oleh China itu mengangkasa dengan roket peluncur Long March 7 dari Pusat Peluncuran Antariksa di Wenchang, Provinsi Hainan, pulau kecil di selatan daratan Tiongkok.

Menurut Lembaga Awak Ruang Angkasa China, setelah memasuki orbit yang berjarak sekitar 380 kilometer di atas permukaan bumi, Tianzhou-1 akan menjalani tiga kali doking bersama Tiangong II di laboratorium ruang angkasa untuk suplai bahan bakar dan tugas lain.

Misi tersebut memungkinkan para ilmuwan untuk menguji coba teknologi penyuplaian bahan bakar di orbit tersebut sebagai elemen terpenting dalam mengoperasikan stasiun ruang angkasa berawak.

Tianzhou-1 masih akan berdinas di ruang angkasa selama sekitar lima bulan. Dua bulan dihabiskan bersama Tiangong II dan tiga bulan berada di orbit terpisah, demikian pernyataan lembaga tersebut sebagaimana dikutip media resmi setempat.

Jika misi tersebut sesuai rencana, maka China menjadi negara kedua yang berhasil melaksanakan pengisian bahan bakar di orbit setelah Rusia.

Pesawat pengangkut yang dibangun oleh Akademi Teknologi Ruang Angkasa China itu panjangnya mencapai 10,6 meter dengan garis tengah 3,35 meter. Berat maksimum saat tinggal landas mencapai 13,5 metrik ton dan mampu mengangkut 6,5 ton bahan bakar dan material lainnya.

Tiangong II, pesawat ruang angkasa terbesar dan terberat China lainnya sebelum Tianzhou-1, panjangnya hanya 10,4 meter dengan garis tengah 3,35 meter dan berat hanya 8,6 ton.

Daya angkut yang mencapai 6,5 ton itu menjadikan Tianzhou-1 sebagai pesawat kargo antariksa berkemampuan terbesar di dunia.

Sebagai perbandingan H-II Transfer Vehicle buatan Jepang berdaya angkut 6 ton, Cygnus dan Dragon (keduanya buatan Amerika Serikat) masing-masing hanya mampu mengangkut logistik ke ruang angkasa seberat 3,5 dan 3,3 ton, dan Progress-MS buatan Rusia hanya 2,2 ton.

Pada masa mendatang, seri Tianzhou akan ditugaskan mengangkut bahan bakar dan keperluan lainnya di stasiun ruang angkasa China.

Antara

  23 Responses to “China Luncurkan Pesawat Kargo Antariksa”

  1. Pertamax

  2. mantab jiwa :D

  3. daftar dulu siapa tau bisa ikut jalan2 keangkasa.. (bangunin klo dah subuh)

  4. kirim pisang ke malon

  5. Ada SPBU ruang angkasa nantinya. Utk persiapan perjalan ruang angkasa dng misi yg kontinue. Sehingga gak perlu mampir ke bumi lg buat isi bbm. Bakal seru jg ada perjalanan ruang angkasa.

  6. Mantap bener china,akibat berguru dekat sama uncle bear jdnya ikutan pinter. Tinggal satu lagi muridnya bisa gak nyusul (india). Dan satunya lagi murid salah asuhan bisa gak juga mulai belajar,apa masih terpaku AKAN dan AKAN….
    Ada aqua????

  7. dlm 50 thn ter’akhir…
    Kepintaran China melesat-jauh sampai ruang-angkasa lain…

    Benar” punya tekad yg bukan hanya mem’baja tp melintas bagai’kan sinar-petir di’siang-bolong…
    Mem’buat terpana mata seluruh dunia jagad-raya….

    Punya pikiran & niat negative akan dpt kebodohan…
    Ber’pikir & punya niat yg baik/benar akan men’dpt’kan Kebenaran-Kebahagian & Kesejahteraan…

    Congratulation buat China…

  8. disaat mereka sibuk melanglang buana diangkasa,kita masih berkutat dengan paham intoleran yg ingin melakukan revolusi.belum lagi kita dihantam kiri-kanan oleh ganasnya tikus2 diberbagai sektor.

  9. Miaaaawwww…

  10. RI murid Rusia yg bandel dan ribut politik. Dari dulu sulit pinternya! Sekali pinter kepinteran bsnya korupsi dan hukum tdk tegak akan sulit untuk maju mengejar keberhasilan bangsa2 lain yg telah lebih maju!

  11. DIKALA BANGSA LAIN SUDAH KE ANTARIKSA
    KITA MASIH BERKUTAT TENTANG AGAMA DAN RAS.
    APAKAH BENAR ANALISA “DENNY SIREGAR” BAHWA INDONESIA AKAN DI SYURIAH KAN?

    • bangsa lain yg sudah ke antariksa juga masih ribut ttng agama dan ras kok
      kalau mau mimpi buruk itu tidak terjadi bung harus lebih aktif lagi ikut menyuarakan NKRI ber-Pancasila setelah pilkada DKI
      sudah tau kan siapa saja yg mereka incar dan susupi dgn taktik divide et empera

 Leave a Reply