Mar 182016
 

Dilengkapi dengan alat untuk menangani peperangan elektronik, China telah meluncurkan pesawat mata-mata terbaru. Dijuluki dengan nama “Scout” Electronic Reconnaissance Aircraft CSA-003, merupakan pesawat baru yang dibangun oleh Perusahaan Avionics divisi Teknologi Elektronik China, dan merupakan pesawat misi khusus untuk patroli maritim dan mendeteksi tumpahan minyak.

Pesawat ini meruakan varian dari pesawat Diamond DA42 yang dirancang Austria. Pesawat ini memiliki bobot 1,7 ton memiliki mesin kembar turboprop dan dapat membawa satu atau dua pilot serta operator sensor. Untuk melaksanakan pengawasan, pesawat CSA-003 dilengkapi dengan peralatan Electronic Intelligence (ELINT) terbaru dan a state-of-the-art processing suite, yang semuanya bertempat di pod di bawah badan pesawat.

Pesawat Mata Mata 2

Pesawat dapat mendeteksi, melacak, dan menganalisis jejak elektronik musuh, termasuk radar, weapons guidance, dan sistem komunikasi. Pesawat CSA-003 memiliki kemampuan opsional untuk turret electro optical/infrared sensor.

Pesawat dapat beroperasi secara independen, namun dapat juga menggunakan koneksi satelit untuk mengkoordinasikan serangan elektronik dengan beberapa unit lain, termasuk pesawat Y-9 dan stasiun yang ada di darat.

Mengingat pesawat Diamond DA42 termasuk subyek pembatasan senjata oleh Uni Eropa, maka diperkirakan pesawat CSA-003 kemungkinan besar akan digunakan untuk patroli perbatasan China saja.

Sputniknews.com

Bagikan Artikel :

  7 Responses to “China Luncurkan Pesawat Mata Mata Elektronik”

  1. Sip

  2. Cina masih import juga yak,,,sama ama kita.

    Lapan malah punya,,,eh beli ding, yang terbangnya lebih tinggi dan jauh lebih lama

  3. Masih kalahlah dengan pesawat Drone Ri seperti
    Drone OS Wifanusa, Drone Rajawali 330 semua apa yang dimiliki oleh pesawat intai china( Pesawat CSA-003 ) ini sudah ada dalam drone TNI kita yang terbaik No. 1 di asia, kita cuma butuh pengembangan saja untuk kemampuan opsional untuk turret electro optical/infrared sensor

  4. lgi” hsil kloningan, hadew …. dsr cinatai …

 Leave a Reply