Apr 122017
 

Jet tempur Su-27 versi China yaitu J-11BS dilengkapi dengan rudal PL-15 LR-AAM.

China saat ini sedang melakukan pengujian rudal jarak jauh udara-ke-udara (LR-AAM) PL-15 baru yang dirancang untuk menembak jatuh pesawat tanker Angkatan Udara AS maupun pesawat peringatan dini dan kontrol (AEWAC) dari jarak hingga 300 kilometer, seperti dilansir dari China Topix.

Rudal PL-15 berhasil ditembakkan untuk pertama kalinya dari sebuah jet tempur Shenyang J-16 pada bulan November 2016, menurut media pemerintah China. Pakar militer China berspekulasi bahwa PL-15 adalah kelas baru LR-AAM berdasarkan ukurannya yang besar, dan merupakan satu-satunya jenis yang ada di kelas ini hingga sekarang.

Rudal PL-15 dilengkapi dengan radar pencari canggih dan motor roket pulsa ganda yang kuat, kombinasi yang membuat LR-AAM ini menjadi ancaman serius bagi target udara bernilai tinggi seperti pesawat tanker dan AEWAC yang jauh di belakang garis musuh.

Motor roket memungkinkan rudal PL-15 terbang dilintasan semi-balistik untuk mencapai jarak ekstra panjang. Media China mengatakan bahwa rudal PL-15 dapat menjangkau lebih dari 300 km pada kecepatan diatas 4 mach (4.900 km/jam). Rudal ini memiliki ketinggian jelajah hingga 30 km.

Sistem pembimbing canggih yang terdiri dari datalink dua arah dan dual mode pencari AESA baru (aktif/pasif) dengan peningkatan kemampuan ECM (electronic counter-measure).

Sebelum peluncuran, rudal PL-15 harus mendapatkan informasi target melalui datalink dari sebuah pesawat AEWAC, sistem radar darat jarak jauh ataupun satelit. Setelah melakukan tahap pendakian awal, rudal menggunakan bimbingan BeidouGPS + INS + bimbingan datalink dalam fase jelajah medium.

Pada tahap terminal diving dan dalam kombinasi dengan sistem pencari AESA, rudal PL-15 juga dapat menggunakan pencari IIR (pencitraan inframerah) yang akan meningkatkan probabilitas membunuhnya meskipun di jamming dengan kuat.

Panjang rudal PL-15 adalah 5,8 meter berarti tidak dapat dimasukkan dalam bay internal oleh pesawat tempur siluman Chengdu J-20. Rudal PL-15, bagaimanapun dapat dibawa oleh jet tempur Shenyang J-11 sebagai pesawat tempur superioritas udara dan jet tempur multiperan Shenyang J-16.

Bagikan Artikel:

  22 Responses to “China Membuat Rudal PL-15 Baru untuk Hancurkan Pesawat Tanker & AEWAC Angkatan Udara AS”

  1. Ehm.. Tes 123, awas delay

  2. Jam sembilan. Saatnya muncul artikel baru.

  3. Chinos edan, segla jenis rudal diembat, segala jenis tekhnologi di kloning di copy paste, segala jenis habitan di dunia ini pun dapat duplikat nya. cuma masalah waktu china menguasai dunia. ” Ramalan Baba Vanga ” akan segera terbukti. wallahuallam djawab.

  4. yaaah… liwat deh pertamax nya

  5. CHINA AHLI NYONTEK..KAGAK MAU MIKIR..BISANYA CUMAN NGOPI..Tp masih mendingan sih..Dari pada gak bisa bikin,kopi paste jg gak bisa..Beli juga susah..Gak jadi jadi..

    • Saling meniru itu adalah hal yg lumrah untuk menghemat cost. Itu pernah dilakukan semua negara maju. Ini bukan masalah ahli atau tidak ahli, tapi mau atau tidak punya tekad yg kuat.

  6. Bukan ancaman bagi AWACS, Apalagi yg sekelas E2 Hawkeye memiliki kemampuan untuk mendeteksi pespur RCS 10.0-15.0 m2 dari jarak 450-600km. Sedangkan Jangkaun PL15 hanya 300km.

  7. Woalah…produk KW-produk KW??….tapi walaupun cuman sekelas KW (katanya) kita belom bisa bikin…xixixi..ini opini liar saya…ternyata pas pengujian rudal dari KCR yg delay kemaren hanya sabotase dan membikin sebuah giringan menjadi nama produk KW…yg otomatis menggagalkan kerjasama C705 gimana hayo???…hahhAhah

  8. Akurasi PL-15 Ini juga terbilang cukup gila, benar2 saingan MBDA Meteor, karna sama2 pake Ramjet.
    AIM120 mah lewat….

  9. Akurasi PL-15 ini juga terbilang cukup fantastis, benar2 saingan Meteor, apalgi dua2nya sama2 pake Ramjet. AIM120 semakin tersungkur jika dibandingkan dgn PL15 dan Meteor

  10. Berawal dr jiplak, mencuri blue print lama2 mengetahui teknologi kuncinya tinggal mengembangkan sesuka hati, patut ditiru tapi jgn bilang sapa2 ya!he3.

 Leave a Reply