Jun 242016
 

Kementerian Luar Negeri China menyatakan dukungan negara-negara di dunia terhadap klaimnya di Laut China Selatan setiap hari makin meningkat. China mengaku sudah lebih dari 40 negara yang mengakui klaimnya yang hampir 90 persen di perairan yang diduga kaya minyak itu.

Juru bicara Kemlu China Hua Chunying menyatakan bahwa berbagai laporan publik menunjukkan setidaknya 47 negara telah menawarkan dukungan terhadap klaim China. Chunying menambahkan bahwa jumlah negara yang mendukung bisa saja lebih, karena sejumlah laporan dukungan tidak dipublikasikan.

“Jumlah mereka yang mendukung China naik dari hari ke hari, jadi saya tidak punya cara untuk memberikan Anda jumlah yang tepat,” katanya pada konferensi pers harian China, Kamis (23/6), seperti yang dikutip Reuters.

Chunying menyebut hingga saat ini hanya delapan dari 40 negara yang mempublikasikan dukungannya terhadap China, termasuk Burundi, Slovenia, Niger dan Mozambik, Zimbabwe dan Sri Lanka. Ia juga menilai bahwa jumlah dukungan sebenarnya bukanlah hal yang paling penting.

Laut China Selatan yang diyakini kaya sumber minyak menjadi sengketa negara sekitar LCS.

Laut China Selatan yang diyakini kaya sumber minyak menjadi sengketa negara sekitar LCS.

“Selama Anda memiliki posisi yang obyektif dan tidak memihak, selama Anda memahami poin utama dari sejarah Laut China Selatan dan esensi dari apa yang disebut ‘kasus arbitrase’, [maka] negara, organisasi atau individu yang tidak bias akan tanpa ragu mendukung posisi China,” ujarnya.

Pusat Studi Strategis dan Internasional Washington mengungkapkan Niger dan Afghanistan termasuk dari delapan negara yang sudah mempublikasikan dukungannya kepada China.

Pernyataan ini dilontarkan Chunying untuk menepis keraguan soal jumlah negara yang telah menawarkan dukungan kepada Negeri Tirai Bambu itu dalam menghadapi tuntutan hukum yang diajukan Filipina ke Pengadilan Arbitrase Tetap di Den Haag untuk melemahkan klaim China di bawah Konvensi PBB tentang Hukum Laut, UNCLOS. Keputusan pengadilan diperkirakan akan diumumkan beberapa pekan mendatang.

China mengklaim hampir 90 persen wilayah Laut China Selatan yang memiliki nilai perdagangan mencapai US$5 triliun per tahun, atau sepertiga dari total perdagangan global. Klaim Chin ditandai dengan sembilan garis putus-putus, atau nine-dashed line, meliputi ratusan pulau, terumbu karang dan wilayah perairan yang tumpang tindih dengan Brunei, Malaysia, Filipina, Taiwan dan Vietnam.

Nine-dashed line China juga diklaim meliputi perairan Natuna yang selama ini merupakan wilayah teritorial Indonesia. China menolak mengakui kasus dan otoritas pengadilan arbitrase itu, dan menegaskan bahwa seluruh perselisihan harus diselesaikan melalui perundingan bilateral.

Pada Rabu (22/6), seorang pejabat senior AS menyuarakan ketidakyakinan terhadap jumlah negara yang mendukung klaim China di LCS dan menduga bisa saja terdapat sejumlah kesempakatan tertentu antara China dan negara yang mendukungnya.

Para pakar dan pejabat memperkirakan keputusan pengadilan arbitrase di Den Haag akan menolak sebagian besar klaim Beijing di Laut China Selatan. (marksman/ sumber : reuters.com dan cnnindonesia.com)

Bagikan:

  61 Responses to “China Mengaku Klaim atas Laut China Selatan di Dukung 40 Negara”

  1.  

    Perang akan terjadi didepan rumah nkri.

  2.  

    Masa sih….

  3.  

    wah disogok investasi kbh

  4.  

    gk perduli berapa negara yang kao klaim mendukungmu.tapi.natuna tetap wilayah nkri selamanya

    •  

      Negara miskin mudah tergoda suap sejumlah uang dan fasilitas. Cina getol menyuap negara miskin agar mendukung politik luar negerinya, baik dalam klaim laut asia timur maupun dalam persoalan Taiwan.
      Mirip seperti negara miskin di Pasifik yang disuap untuk ikut mempengaruhi Papua. Tapi negara2 itu di kancah internasional hanyalah negara kecil miskin yang tak punya kekuatan politik. Indonesia tak akan gentar.

  5.  

    Republik Indonesia siap berperang. Suka tidak suka, mau tidak mau, kedaulatan lebih berarti daripada persahabatan.

  6.  

    Sekarang sudah terang benderang,masihkah mau jalan bergandengan tangan dgn cina..?
    begitu claim cina akan laut natuna berhasil maka terus akan merangsek masuk,jakarta,pantai utara jawa,pantai timur sumatera akan dikuasai dengan cara yang lain.

  7.  

    Comment:
    Hua Chuying jadi bini ku aja..

  8.  

    Gile bener mangkin runyem begini, mana MEF belon kelar, sekalipun belanja besar besaran juga belon tentu ke kejar waktunya. Kelamaan nimbang nimbangnya si.

  9.  

    karena sejumlah laporan dukungan tidak dipublikasikan wkwkwkwkw

    negara dunia ke 4 yg kasi dukungan

  10.  

    negara2 yg mendukungnya negara ketiga/miskin yg tdk punya pengaruh sama sekali beda dg indonesia pasti kedaulatanx di dukung negara besar, lihat sj laut natuna mk asu & sekutux pasti dukung zee laut natuna bagian dr indonesia krn pendapatanx dr perushaan kilang migas yg beroperasi di situ, shrsnya pemerintah melalukan Renegosiasi Harga Jual Gas
    Tangguh ke china kalau perlu dihentikan penjualan gas ke china biar terjadi kelangkaan gas dasar china pakai Diplomasi KW

  11.  

    ayooo wooo..bowooo kamu dukung mana..yg konsisten jd orang

  12.  

    kalo jadi perang kita jajah aja negara cina biar nkri jadi negara adidaya jepang aja sanggup menjajah cina kenapa kita tidak?

  13.  

    MOHON MBAH BOWO KW 10 JANGAN MENGAKU 2…KAMU MAU KEPALA KAMU KENA DONG FENG ATAU NUKLIR MAU KAMU…?

  14.  

    YANG SENANG PERANG SEPERTI KAMU TANPA MIKIR NASIB RAKYAT YANG MISKIN ITU KETURUNAN KUNYUK OTAK KUNYUK DAN KAMU PUNYA OTAK KUNYUK

  15.  

    PRESIDEN JOKOWI MENGASIH PERINTAH KEPADA SELURUH ARMADA DAN PASUKAN TNI SESUAI KATA PEPATAH. PEPATAH MENGATAKAN MUSUH TAK DI CARI TAPI BILA DATANG TAK BISA DI ELAKKAN.
    HIDUP NKRI

  16.  

    MBAH HARUS GIMANA SEKARANG DEK?
    MBAH UDAH CAPE DEK

  17.  

    BOWO KW 10 KUNYUK…NASIONALIS TIDAK HARUS PERANG BERJUANG IKUT MENGENTASKAN KEMISKINAN ITU LEBIH REALISTIS DARIPADA MENGAKU2 NASIONALIS TAPI KOPLAK PENIRU PLAGIAT HEHEHEH

  18.  

    dalam sejarah china …..baru kali ini china di gampar indonesia di LCS..(di tembakin)
    negara lain mah….paling banter..serempetan saja dan siram 2 air…

  19.  

    bisnis tukang sunat sangat baik itu..

  20.  

    China mengaku KLAIM atas LCS didukung 40 negara = China mengaku GUGATAN atas LCS didukung 40 negara

    sama seperti klaim asuransi = gugatan asuransi

    tubi tukinyut …

  21.  

    Ini apaan siih sesama mbah bowo malah pd saling ribut. Ntar di bawa ke arbitrase jkgr lohh.. biar ketauan siapa yg resmi menyandang nama mbah bowo..

  22.  

    Mau nyunat mbah bowo dulu…

  23.  

    mending cuma melanggar batas…artinya cuma mancing dan lewat saja
    lah inikan wilayah nkri di akui punya china….ngaku 2 saja si panda burik

  24.  

    Kl di LCS ada klaim wilayah tp kl di jkgr ada klaim nick name mbah bowo hahahaha sama”seru…..

  25.  

    Gak percaya cinak. Bohong semuanya…norak banget cinak.

  26.  

    forum mbah bowo greater…xixixi…

  27.  

    Cepat atau lambat misi usa benturkan indonesia vs china berperang akan cpt terwujud
    Sbtulx lbih berbahaya itu usa dmn 2 kpal induk dikirim ke lcs…
    Indonesia n china itu main kucing2an di lcs

  28.  

    trsrh mreka mw ngomong ap … klw mreka msuk lgi lngsung aj gbukin … cina kampretttttt …

  29.  

    Cangkeme chino sepak ae ben modar cocote

  30.  

    Bah di dukung 100 negara pun kalau acak-acak kedaulatan NKRI, wani perang, ndak peduli China negara besar, melecehkan kedaulatan NKRI, hanya satu kata: perang !!!

  31.  

    Penyataan Bupati Natuna soal China Cukup Mengejutkan!
    Kamis, 23 Juni 2016 , 21:08:00

    Kapal Coast Guard China yang selalu menjaga nelayan mereka saat beraktivitas, termasuk saat masuk ke ZEE Natuna. Foto: Twitter.com/Ditjen PSDKP-KKP RI

    NATUNA – Sebuah pernyataan mengejutkan datang dari Bupati Natuna Hamid Rizal, terkait China. Ia mengungkapkan, China sudah lama mengincar Pulau Natuna. Bahkan, sejak 10 tahun lalu, China diduga sudah menyusup ke daerah ini.
    Hamid menceritakan, saat ia menjabat Bupati Natuna 10 tahun lalu, kecurigaan sudah terlihat, dengan adanya gerak gerik nelayan China di laut Natuna. Dengan modus menangkap penyu menggunakan speed boat.

    “Dari 10 tahun lalu, ada sekitar 5 orang warga China diamankan, itu karena saya curiga aktivitasnya di laut Natuna, ngakunya nelayan,” kata Hamid Rizal seperti dikutip dari batampos (Jawa Pos Group).

    Menurut Hamid, warga China yang diamankan diantaranya memiliki keahlian menyelam dan berenang. Karena mencurigakan, nelayan tersebut dilaporkan ke Lanal Ranai dan akhirnya diterbangkan ke Jakarta.

    Dikatakan Hamid, ulah nelayan China dan kapal patrolinya di laut Natuna tidak bisa dibiarkan. Menurutnya ada dugaan modus nelayan China 10 tahun lalu di laut Natuna untuk memasang peralatan, dan akhirnya sebagai patok batas wilayah.

    “Kalau dilihat dari ulah nelayan dan kapal patroli China sekarang, kuat dugaan peralatan tertentu terpasang di laut Natuna,” ujar Hamid.(arn/jpnn)

  32.  

    mohon jangan suka merampas wilayah negara lain, nanti badannya bau cuka …

  33.  

    MAKASIH ISTRIKU DIBELAIN

  34.  

    gw pusing baca komen nya mbah bowo…..
    bowo 1, bowo 2
    hadddduuuuuhhhhh…….
    lieur aing…..

  35.  

    Klaim ngawur china NKRI harga mati

  36.  

    Cina cerewet apa lagi di ajak kuda2an kayak orng di cekek berisik amat wkkkk

  37.  

    hehehehe…..tumben mbah bowo ga suka China, biasanya menyembah sang Naga Agung. utk komen pertama saya Agree, karena China bisa dapat dukungan biasanya dgn menyogok negara2 miskin agar mau memberi dukungan. Kalau negara Idealis dan kaya seperti NKRI mana mau di minta bersujud pada keserakahan.Salam mbah….

  38.  

    benar bung….., itu yang di lakukan Raden Wijaya dalam perang Jawa 1292 dgn memenggal kepala Khu Bhilai Khan hingga redup kesangaran dari Tentara Mongol bengis yg membuat gemetar Eropa dan kehancuran Baghdad.

  39.  

    tu kan rusia ga ada.. klu memang cina itu ingin menggentarkan kawasan sudah pasti dia akan menyebut salah satu negara pendukung adalah RUSIA.

  40.  

    Aku punya ide. Kalo China beneran berani nyerang Natuna, Kita buat operasi klendestain/Proxy War di Uigur/Xinjiang (bukan Xianjeng lho ya). Wilayah Uigur itu sebagian besarnya muslim yg benci sama etnis Han China dan pemerintah China. Kita buat dan dukung suku Uigur untuk memberontak lawan China kayak waktu kita dukung Mujahidin lawan Uni Soviet di Afghanistan dulu. China takut soal itu apalagi kalo pemberontak Uigur gabung dg Alqaeda atau ISIS. Kirim juga Santoso cs ke China. Daripada mereka capek di Palu. Tiket pesawat dibayari sama TNI aja. Gimana teman2 ?

    •  

      Jangan,,,,
      Selama mereka main politik maka kita lawan secara politik pula. Mereka main sangsi ekonomi, kita lawan pake ekonomi juga. Mereka main militer kita lawan secara militer pula. Kalo mereka main proxy (OPM, WNI Tionghoa), baru kita bikin proxy juga (Uighur, Tibet, Mongol). Rangkul juga Jepang, Vietnam, India kalo perlu.

  41.  

    @malay.mens tahniah malaysia dapat tuan baru…!!
    cina mengklaim mendapat dukungan 40 negara,pertanyaanya klaim tersebut
    ditujukan untuk sengketa cina lawan siapa???.apa sengketa dengan indonesia???
    kalou cina cukup percaya diri dengan banyaknya dukungan mengapa cina menolak untuk membawa permasalahan kedunia internasional???.
    apa kurang percaya diri menghadapi negara negara yang didukung negara besar lainnya????atau tidak percaya diri menghadapi diplomasi ala indonesia????.
    indonesia bisa menjadi teman yang selalu bisa diandalkan tapi juga bisa menjadi lawan tanding yang cukup membuat kewalahan.jadi sebelum terlambat lebih baik mengkaji ulang kebijakan,,,.

  42.  

    @malay man..tak sudi aq angkat tangan Dan serahkan natuna ke China..mati hidup itu urusan biasa..smua akan mengalaminya..andai terjadi perang dan aq harus angkat senjata kemudian mati setidaknya aq mati utk negara,bangsa,keluarga dan anak cucu ku nanti..NKRI akan ttp tegak berdiri..JKGR silahkan buat polling lg..1.menyerah ke China 2.melawan dg senjata/diplomasi 3.abstain

  43.  

    Ya gk apa ambil aja laut itu, sekalian airnya habisin, indonesia masih kaya laut

  44.  

    ya jelas didukung,negara yang mendukung tidak terlibat konflik langsung di LCS,tidak objektif

  45.  

    Saya yakin para petinggi negeri faham betul mengelola situasi di LCS, Tarian diplomasi dan nyanyian militer RI tergantung irama gendang LCS, LCS adl sandiwara besar antara USA dan RRC, mereka mati matian berusaha menyeret negeri kita dalam konflik, agar sinetron terlihat nyata, ada analisa dn argumen bahw usa serta rrc di untungkan secara Hegemoni, ekonomi dan militernya, emosi tetap ditahan, wapada pasang kuda2, tetap bersahabat ambil untung dari sinetron LCS sebanyak2nya, jgn lengah pada papua, krn natuna kita punya dan papua punya kita, salam untuk warga JKR

  46.  

    menurut saya dengan perhitunganvyang matang dan denganmempertimbangkan segala sesuatunya saua cukup prihatin seharusnya kita mengambil sikap yang netral

  47.  

    negara mana dulu yang mendukung…maaf kata kalau yg kasih dukungan negara kecil dan ekonomi belum stabil ya wajar saja..mereka juga mau investasi lancar jadi dengan mendukung klaim akan menarik minat investor cina..manuver china sudah basi.duit terus yg di mainkan,..

  48.  

    Kejadian ini masih jauh dari kata Perang,semua orang tau efek buruk dari sebuah perang..semua orang tau alutsista Tiongkok lebih kuat dari RI..tapi apakah karena itu semua RI akan mendiamkan apa yang Tiongkok lakukan di Natuna..tentu tidak..sekalipun yang mengapit kapal nelayan tsb adalah Liaoning..,bagi kami tidak ada opsi terbaik selain MEMPERTAHANKAN KEDAULATAN NATUNA apapun resikonya…karena bagi kami itu tindakan mulia meskipun DARAH ini harus mengalir..tapi dalam sejarah di masa depan nanti anak cucu kami akan bangga dengan tindakan kami para leluhurnya..dalam mempertahankan hak2 masa depan mereka..

  49.  

    Bukan 10 tahun bro,…paling an 10 hari aja selesai tu China…dan jadi Provinsi Indonesia…Boikot Produk2 China Hidup NKRI..!

  50.  

    Indonesia tidak pernah untung berdagang sama China…Indonesia hrs Boikot Produk2 China,…karna setiap Rupiah yg rakyat Indonesia belanjakan membeli produk murahan China,…akan dijadikan utk menguasai Natuna….Boikot Produk China..!!

 Leave a Reply