Apr 172017
 

Kapal induk Liaoning Tiongkok (China Xinhua News)

Jakarta – Dewan Negara China Yang Jiechi dan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Rex Tillerson bertukar pandangan tentang situasi terkini di Semenanjung Korea, menyusul peluncuran rudal oleh Korea Utara dari pesisir timur Kota Sinpo, Minggu (16/4/2017).

Melalui sambungan telepon, keduanya menegaskan kembali komitmen kedua pihak untuk bersama-sama mencari solusi terbaik mengatasi ketegangan di Semenanjung, demikian media resmi China mengabarkan, Senin, 17/4/2017.

China sebelumnya meminta Amerika Serikat berbagi tanggung jawab yang sama dalam mengurangi ketegangan di wilayah tersebut, sembari menentang penyebaran sistem pertahanan rudal canggih Amerika Serikat di Korea Selatan.

Sedangkan Washington dan Seoul sebelumnya, mendesak para pejabat China untuk berbuat lebih banyak untuk mengendalikan Korea Utara yang telah menggegerkan dunia dengan serangkaian tes rudal.

Yang Jiechi meminta komitmen Amerika Serikat untuk mengatasi perbedaan pandangan kedua negara di Semenanjung Korea berdasarkan konsensus bersama yang dicapai dalam pertemuan Presiden Xi Jinping dan Donald Trump di Mar-a-Lago estate, awal bulan ini, dilanjutkan dengan pembicaraan telepon pada Rabu (12/4/2017).

Ia menambahkan, China dan Amerika Serikat harus saling mendukung dan saling menghormati dalam menyelesaikan persoalan di Semenanjung, terutama untuk memperkuat hubungan baik kedua negara ke depan yang saling menguntungkan.

Menanggapi hal itu Menlu Rex Tillerson mengatakan pihaknya akan terus berupaya menjalin komunikasi dengan Beijing, untuk pertemuan dan dialog tingkat tinggi kedua negara waktu mendatang.

Antara

Artikel Terkait

  32 Responses to “China Minta AS Kurangi Ketegangan Semenanjung Korea”

  1. Ketegangan di semenanjung Korea hanya anget-anget…
    Bentar lagi juga reda karena sama-sama takutnya.
    http://indonesia.rbth.com/news/2017/04/15/tiongkok-minta-bantuan-rusia-untuk-redakan-ketegangan-di-semenanjung-korea_zyx743489

  2. Ga ada yg tegang chiinnn…santai aja..lawong semua hanya gertak menggertak, ancam mengancam dan kecam mengecam…tdk ada perang dunia 3, itu bohong semua!,, krn tdk ada negara yg pure berani nyerang duluan..xixixi

  3. Kapan kita mulai test uji coba rudal..?sekarang roket melulu nihh.

  4. Asean minta China kurangi ketegangan laut china selatan

    tapi itu laut kami namanya saja sudah keliatan dan itu tempat mancing mbah2 kami

  5. hehe kena kempitannya Trump baru tahu rasak no,
    bravo Trump.

  6. (Omdo) omong doang!

  7. ketegangan diciptakan untuk membuat pariwisata korut sepi, 4 tahun ini soalnya jumlah turis pariwisata korut meningkat.

  8. Klo liat beruk joget, maen payung sambil makan pisang pasti jadi ilang tegangnya 😆

  9. Musuh besar rezim USA di ASIA akan merontokan nilai2 hegemonial USA. percayakah

  10. Cukup dipijet shiatsu biar ga tegang

 Leave a Reply