Jan 052018
 

Kapal induk pertama China yang dibuat di dalam negeri pada sebuah acara peluncuran di Dalian pada bulan April 2017. ยฉ Reuters

JakartaGreater.com – China sudah mulai membangun kapal induk ketiga, dengan sistem peluncuran hi-tech, di galangan kapal Shanghai tahun lalu, menurut sumber yang dekat dengan Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) seperti dilansir South China Morning Post.

Salah satu sumber mengatakan bahwa Shanghai Jiangnan Shipyard Group diberi lampu hijau untuk mulai mengerjakan kapal tersebut pasca para pemimpin militer bertemu di Beijing setelah sesi tahunan legislatif China dan badan penasihat politik teratas di bulan Maret.

“Tapi galangan kapal tersebut masih mengerjakan lambung kapal induk, yang diperkirakan memakan waktu sekitar dua tahun”, kata sumber tersebut. “Membangun kapal induk baru akan lebih rumit dan menantang dibanding dua kapal lainnya”.

China telah berusaha membangun angkatan laut biru yang dapat beroperasi secara global dan mendukung keamanan maritimnya, namun sejauh ini hanya memiliki satu kapal induk, yaitu Liaoning yang mulai beroperasi pada tahun 2012.

Kapal induk buatan China yang dirancang dan dibangun pertama, adalah Tipe 001A, diperkirakan akan beroperasi penuh akhir tahun ini.

Sumber tersebut menyebutkan terlalu dini untuk mengatakan kapan kapal ketiga akan diluncurkan, namun China berencana untuk memiliki 4 grup tempur kapal induk yang beroperasi pada tahun 2030, menurut para ahli angkatan laut.

Galangan kapal dan para teknisi dari Shanghai dan Dalian sedang mengerjakan kapal ketiga, yang akan memiliki bobot 80.000 ton – 10.000 ton lebih banyak dari pada Liaoning, menurut sumber lain yang dekat dengan PLA Navy.

“China telah menyiapkan tim kapal induk yang kuat dan juga profesional sejak awal tahun 2000, saat memutuskan memperbaiki Varyag yang dibeli dari Ukraina untuk diluncurkan sebagai Liaoning, dan mempekerjakan banyak pakar dari Ukraina sebagai penasihat teknis”, kata sumber kedua.

Sumber-sumber tersebut juga memastikan bahwa kapal induk baru, CV-18, akan menggunakan sistem peluncuran yang lebih maju daripada sistem ski-jump yang dirancang Soviet yang digunakan pada dua kapal induk sebelumnya.

Sistem peluncuran pesawatnya menggunakan elektromagnetik, berarti lebih sedikit keausan pada pesawat dan akan memungkinkan lebih banyak pesawat yang diluncurkan dalam waktu yang lebih singkat daripada sistem terdahulu.

  153 Responses to “China Mulai Membangun Kapal Induk Ketiga”

  1.  

    Pertamax 2018

  2.  

    Sang naga menggila…

  3.  

    cek

  4.  

    China strongg…ga bs dipungkiri lg, natuna hrs ekstra ketat dijaga,..jgn smpe jatuh begitu sj ke tangan china,..tp mau gmn lg, beli 11 unit aja smpe 4 taonan bahkan lebih,…klo begini terus, jgn salahkan safu per satu pulau2 terluar nkri akan musnah,,.kyk kepulauan spratly nasib nya,..

    •  

      China selangkah maju dari amerika

      Hahhaahaaaa

    •  

      Susah bung, kalau kalau mau untuk menandingi butuh antidot yg super kuat juga “Nuklir” jawabannya… sayangnya indonesia blom berani sih xixixi…

      •  

        itu sudah ada jawabanya broo tank armata mampu untuk menjawab semua tantangan…{huha2018}…!!! ๐Ÿ˜†

      •  

        bukan blm berani bung fnc, tapi masih rembukan buat menentukan komoditas apa yg akan dibarter…

        •  

          Wah, Emangnya da yg mau barter nuklir pake karet yah wkkkk… Imo Deterrent yg sangat ampuh itu memang kita perlukan Bung @lingkar Coba lihat negara2 sekitar kita… Semuanya keknya terlalu berharap akan pertolongan orang lain dlm kasus Lcs… Liat vietnam Ketika Cina mengclaim laut yg Vietnam anggap juga wilayah mereka kemudian membuat pulau2 buatan apa yg vietnam lakukan selain mencak2 ?? Tidak ada… Dulu kita pernah kehilangan wilayah akibat tuduhan negara lain(kangguru busuk) Lalu setelah itu pun tiba2 ada negara kurang ajar yg mengclaim wilayah ambalat yg akibatnya kita kehilangan wilayah lagi… tapi kita hanya bisa pasrah karena tidak ada satupun yg mau memihak dan menolong kita… Sekarang Natuna dan laut sekitarnya pun sedang di incar, bukan tidak mungkin akan terulang lagi… Harus kehilangan berapa wilayah lagi sih sampai kita sadar akan pentingnya arti “Deterrent” yg bisa mencegah hal itu?? Apalagi calon lawannya sekarang berat, dulu kita kehilangan wilayah akibatnya itu juga karena kita kalah dlm Sidang mahkamah internasional jadi yah terpaksa juga di bilangnya dilepas kalau enggak PBB dan polisi dunia bakal mencak2 xixixi… Tetapi filipina menang dlm sidang Mahkamah Arbitrase internasional lalu Cina mengacuhkan keputusan itu dan tidak ada satupun yg bisa menekan cina bahkan PBB dan polisi dunia… konflik di Lcs ibarat bom waktu bisa pecah kapan saja tidak ada yg tahu… Okelah jika sampai perang pun negara2 ASEAN yg berseteru dng cina akan melawan… itu juga kalau kompak yah, Kalau apes ternyata hanya diam sj sementara yg lain di serang gimana?? Kalau head to head sm cina pun sy yakin indonesia masih mampu meladeni Rakyat kita banyak pokoknya selama di barengi taktik perang yg bagus dan masih adanya semangat mungkin bisa menang… Tapi kalau udah di lempar Pulpen Nuklir sm cina waduh lain cerita deh… Memang dalam perjanjian Non proliferasi Nuklir di sebutkan bahwa Nuclear weapon State (NWP) atau negara pemilik senjata nuklir tidak akan pernah mengunakan senjata Nuklir kepada Negara Non NWP, tapi tidak ada yg bisa menjamin mereka akan menepati janji… Negara kita juga bukan termasuk negara dlm perlindungan payung nuklir negara NWP karena negara kita Netral jadi susah keknya ga da yg mau jadi payung galau juga kan xixixi… Mungkin langkah awal kita harus cari payung dulu yah baru bikin Nuklir wkkkkk….

    •  

      Memangnya dgn su35 kita bisa menang pertempuran terbuka? Walau kita punya su35 100 biji dan f35 100 biji belum tentu menang jika menghadapi senjata nuklir….

    •  

      Memangnya dgn su35 kita bisa menang pertempuran terbuka? Walau kita punya su35 100 biji dan f35 100 biji belum tentu menang jika menghadapi lawan yg punya senjata nuklir….

      ๐Ÿ˜Ž

  5.  

    Belajarlah sampai ke negeri china. China adalah sahabat Indonesia. Jaman Bung Karno, melalui China kita memiliki akses ke Uni Soviet. Saat ini, neraca perdagangan antar kedua negara sangat baik, begitu juga hubungan diplomatiknya. Tidak mudah untuk mancaplok kawasan natuna begitu saja (tidak dalam arti militer). Banyak aspek yang terkait bila sampai terjadi militerisasi di natuna oleh PLA.

  6.  

    Indonesia bangun kapal selam

  7.  

    Indonesia ndak butuh kapal induk….sdh byk pulau2 seharusnya bisa di pakai sebagai pangkalan…..justru kita butuh byk fregat dan pangkalan angkatan laut

    •  

      Lol, pulau tuh tak bergerak. Kalo disalvo rudal jelajah kelar tuh pangkalan. Hhhhhhhhhh

      •  

        Memang harus punya jg kapal induk, pulau sangat riskan dibombardier lawan, apapun arhanud nya, klo lawan nya kek china, ya bs amsionng kita,,,.china melesat maju skr, indonesia hanya berkutat soal pelantikan, penyerahan piagam dan sarasehan ttg ancaman kedaulatan negara tanpa dibarengi dgn penambahan alutsista yg signifikan…klo dongfeng udah diluncurkan dr china, kita mau lawan pake apa? bambu runcing kah?

      •  

        Anak ndablek, di kasih tahu ilmu pertahanan perang kok malah maidu….

        •  

          Oh iya Mbah, terus gimana itu ilmu pertahanan itu yg seperti apa Mbah?? Apa cukup hanya buat pulau2 terdepan sebagai pangkalan aja Mbah??? Adakah strategi lainnya Mbah??

          •  

            Piye to le, sdh mandi belum….kan skrg TNI sdh merealisasi satu pangkalan militer di wilayah natuna dan ada beberapa pulau yg di rahasiakan lokasinya, guna memantau pergerakan musuh atau ancaman. Makanya TNI AL gemar berpatroli di perairan di beberapa pulau yg memang jd pertahanan. Jd ndak butuh kapal induk….ndak cocok buat perairan Indonesia dan jg boros anggaran

          •  

            Mbah, pernah tau ttg strategi kodok lompat waktu Perang Pasifik gak?? Tau kan banyak pulau dg pertahanan kuat jadi percuma karena cuman dilewatin aja??. Hhhhhhhhhh

          •  

            Kweek kweeek kweeek ..cuma dilewatin aja ya, kasian angin berlalu,,,.hihihi…oke lah jika bung fajr ingin pulau jd kapal induk nya,,bayangkan perang dgn china trjadi saat ini, semua pespur, kasel, 2 kapal induk, rudal nuklir semua menghadap ke indonesia tepat nya di natuna dan pulau2 terluar indonesia….bung fajr hadapin pake apa?

    •  

      bisa seperti itu bung, dengan catatan kita memiliki pertahanan udara yg kuat, sehingga bisa melindungi pangkalan tetap dr serangan musuh, tp utk saat ini sepertinya kurang tepat…

  8.  

    Kalo bertumpu “DEFENSIF” indonesia belom butuh kapal induk…tapi butuh perusak kapal induk dan perusak formasi kapal induk…

    •  

      rada sulit bung karna kapal induk mempunyai sistem terpadu baik pertahanan maupun penyerangan…!!!
      pengawalnya saja kalo dalam mode siaga dua destroyer empat kapal selam…!!!

      •  

        Gampang itu untuk menenggelamkan kapal induk yg memiliki pengawalan 2 destroyer & 2 kasel dgn cara kasel juga, tapi kasel canggih yg hanya menggunakan 5 torpedo canggih itu kapal bakal tenggelam

        Hahhaahaaaa

        •  

          Bakal tenggelam itu kapal semua

          Hahhaahaaaa

          •  

            tank armata mosok sudah diinstal torpedo juga sih haa….!?!?!

          •  

            Bukan begitu, 1kpl induk 2 kapal perusak & 2 kapal selam bisa ditenggelamkan hanya dgn 5 torpedo canggih & 1 unit kasel canggih

            Hahhaahaaaa

          •  

            Maksud gue 6 torpedo canggih

          •  

            waaahhh lebih parah lagi nii maa haa…mosok tank yaa bawa kapal selam….!?!?! ๐Ÿ˜†
            itu kapal yang ditembaki terpedo…mungkin lagi rusak haa apa awaknya lagi tidur semua…kali yaa haa…!?รท?! ๐Ÿ˜†

          •  

            Lebih parah lg kalau loe gagal paham

            Hahhaahaaaa

          •  

            ๐Ÿ˜† paham salah…??? wah endak baik itu mah haa….DILARANG KERAS….!!! ๐Ÿ˜ณ

          •  

            Apanya pula dilarang keras??

            Hahhaahaaaa

          •  

            Si aming lee yg gagal paham tu, mksud huha luncurin torpedo nya dr kasel bukan dr tank armata,.piye iki si aming..gagal paham nya lama amat, ga sadar2…kwekk kwekk kwekk…

          •  

            Emangnya berapa sih jangkauan torpedo kok bisa jadi andalan buat nenggelamin kapal induk, Ha??

          •  

            Bukan itu inti dr komen sy bung agato, sy hanya meluruskan komen dr si huha yg tdk di terima dgn baik oleh si aming lee, tuh si aming jd gagal paham.. saran sy baca dl komen org baik2 sebelum situ ngoceh sok paling bener ya,,,

          •  

            Loh, yg diomongin si Huha kan kemampuan nyerang pake torpedo, lah Ane bales Emangnya jangkauan torpedo berapa kok segitu mengerikan?? Gak semudah itu sekarang nyerang pake torpedo. Lah Ente komentarin yg mana???

          •  

            Serah lu aja…

          •  

            Serah Ane dong. Hhhhhhhhhh

          •  

            udah engak usah dibahas…comment huha memang buat orang salah paham….!!!
            jadi kalo mau nyambung yaa harus sama pikiranya….!!! ๐Ÿ˜†

          •  

            Persis cewek lu agato, bacot lu banyak,,,sini duel yukk,,,gmn?…gw hantam….

          •  

            Waduh, Ampun bang. Ane numpang lewat aja. Ane masih kelas bulu, belum kelas hantam.

          •  

            bung gp ada yang salah tangkap…bung agato menuju huha bukan situ…coba liat lagi commentnya ….masalah anda mengomentari saya gagal paham…ini coment saya menjawab huha…itu kapal yang ditembaki terpedoโ€ฆmungkin lagi rusak haa apa awaknya lagi tidur semuaโ€ฆkali yaa haaโ€ฆ!?รท?!

          •  

            Jaga sikap lu agato, ga semua org bs lu anggep sembarangan,,,jgn banyak bacot, klo emang bernyali, ayo kita duel.,,

        •  

          Torpedo terjauh itu hanya 40 km, tapi rata2 jangkauan optimal torpedo itu hanya 20 km. Kecepatan tempur kasel itu maksimal 21 Knot, kecepatan tempur maksimal armada kapal induk (plus pengiringnya adalah 30 Knot). Lah gimana caranya kasel nyerang coba apalagi kalo kapal induk dan masing2 pengawal bisa bawa total 20 heli AKS. Dan yg jaga bukan 2 tapi 4 kaprang kalo masa damai, ditambah 1 kasel. Kalo masa perang ya bisa puluhan kaprang sekelas Arleigh Burke sama Ticonderoga lah.

          •  

            laah ini baru comment …yang cerdas…!!! naruto ssjak liburan …nambah cerdas….!!!!

          •  

            Ehh Rock Lee.. Hhhhhhhhhh

          •  

            Lah Ternyata Kamu Belum Tau Klau Rusia Sedang Ngembangin Torpedo Nuklir 100MT Yg Bisa Bikin Tsunami Bercampur Radioaktif Setinggi 500M

          •  

            Buat apa coba tuh torpedo nuklir. Gak ada faedahnya/nilai strategisnya. Hhhhhhhhhh

          •  

            Lah Klau Gk Ada Faedahnya Ngapain AS Jg Punya Nuclear Torpedo. Toh Lagian Nilai Strategis Nuclear Torpedo Sudah Terbukti Di Krisis Rudal Kuba.

      •  

        anti dotnya satu ranjau laut… tebar saja sebanyak2 dilaut natuna.. sekali kena lunas kapal.. kapal indukpun akan karam.

      •  

        Mudah Sekali menenggelamkan kapal induk

        ๐Ÿ˜Ž

        •  

          Sangat mudah broo, karna kapal induk minim pertahanan aktif bawah laut hanya memiliki sonar aktif

          Hahhaahaaaa

        •  

          Ah, dari kemarin banyak omong juga nih orang. Mau pake apa kasel?? Salvo pake Brahmos/Zircon?? Apa pake nuklir aja sekalian?? Hhhhhhhhhh

        •  

          Utk hancurkan satu kapal induk, harus terlebih dahulu hancurkan beberapa pengawal dari kapal induk, 3 kapal perusak, 2 kapal fregat dan satu kalsel. Serangan udara yg masif salah satu kuncinya atau tembakan darat ke laut.

          •  

            Kalo dalam perang nyata, butuh berapa pesawat dan berapa rudal untuk menghadapi 10 kapal induk sekaligus??? Di Irak, USA mengirimkan 3-5 Kapal Induk, Afghanistan 2-3 kapal induk. Lawan Jepang waktu PD-2 USA ngirim 20 kapal induk berbagai ukuran. Kalo penjaga kapal induk saat perang bisa mencapai 20 unit (17-18) adalah Kaprang kelas destroyer dan cruiser) kalo 10 aja, bisa 170-180 kaprang. Gimana cara Indonesia menghadapinya???

          •  

            Utk hadapi 1 kapal induk 2 destroyer 2 fregat 2 kasel, cukup 2 KCR 60 aja sudah bikin morat marit mereka xixixi

          •  

            Ngomong tuh yg bener, KCR kita tuh cuma diisi 2-4 rudal C-705 yg Jangkauannya aja 120 km, kalah jauh Ama Harpoon yg 180 km. Itu juga kalo C-705 gak delay 5 menit. Bisa jadi dari jarak 500 km sebelum tuh KCR nyampe atau baru di dermaga lantamal udah dihajar F-18. Hhhhhhhhhh

          •  

            Ngomong bener ane, dgn KCR aja kapal induk bakal tenggelam wkwk

          •  

            Gimana caranya coba??

          •  

            Pengen tahu aja agato ini wkwk

          •  

            gak segampang itu chino nyerang kita, bsa2 tar devisa dari para amoy bakaln berkurang nih, kan gawat, bsa2 kena resesi ekonomi malah repot hehehehe

    •  

      Bener bung aming..dan formasi paling bagus untuk kapal induk punya amerika..formasi benar2 rapat..menurut saya lho..tapi kalo mikir untuk keamanan negara kita(defensif)..kita wajib berfikir sampai kesana,maksutnya bukan saya tapi para komandan strategi NKRI..kalo saya mah apa..ahhaahhah…yah maksut saya seumpama kita punya komponen2 yg mendukungya…kedepannya mungkin TNI akan lebih disegani..sekali lagi ini hanya pendapat saya pribadi..

      •  

        memang sangat terkenal formasi tersebut karna dipublikasikan bung indo…..tapi bisa jadi ada yang lebih…mungkin yaa…!!!
        memang sudah seharusnya bung walau penyakit belum datang kan lebih baik pencegahan…!!!
        jadi terlihat lucu kalo masa latihan ada kapal selam musuh bisa tidak terdeteksi….apalagi sampai mendekati kalal induk tersebut…!!! karna sebenarnya dalam radius tertentu sudah disterilkan {mode siaga}…!!!

    •  

      Saya cucok dengan apa yg anda katakan

    •  

      Gimana caranya Bung Indo??

  9.  

    Akan sanggupkah China mewujudkan hasratnya menandingi Hegemoni USA! Memang uang gak bs bohong semua UUD tanpa itu gmn RI mau membangun kekuatan walau untuk sekedar bertahan, sementara negara2 dikawasan terus menguatkn otot2nya!

  10.  

    Gak jelas!!,
    Mau hancurin kapal induk cukup dgn torpedo induk..

    •  

      Bentar lagi Ane lempar dasternya si Huha nih Om. Hhhhhhhhhh

    •  

      Wkwkwk … setuju

    •  

      Ada stratrgi khusus utk mengeroyok kapal induk yg mencoba berperang jika beneran terjadi perang di batas terluar di natuna, coba warga warjag lihat latihan militer kita tempo tahun lalu. Bagaimana semua matra menghancurkam sasaran laut dan darat.

      •  

        Kopaska dan denjaka melakukan operasi sabotase dan penghancuran musuh di laut dan di bantu marinir. …seperti itu latihan militernya. Di darat sdh menunggu AD siap menghantam musuh di laut, di bantu jet tempur.

        •  

          Kopaska tuh yg ngajarin Navy seal juga. Apalagi peralatan dan pengalaman Navy seal lebih bagus dari kita. AD?? Berapa sih manpads sama ATGM dan anti udara yg dimiliki?? Mau bergantung sama Mi-8,Mi-35 sama Apache??? Hhhhhhhhhh, apa iya mau dihajar sama F-35?? Mau bilang masih ada leopard,???? Dibabat habis Ama A-10 Thunderbolt II juga kelar tuh tank. Hhhhhhhhhh

      •  

        Ane kasih tau ya kelemahan Indonesia.
        1.) Radarnya gak hidup full 24 jam, belum melingkupi semua wilayah Indonesia dan yg lebih parahnya gak ada hanud dan paskhas yg jaga. Kalo tuh radar di Natuna, Congot, NTT diserbu Seal Navy aja udah bungkam tuh radar apalagi dihajar Tomahawk.
        2.) Gak ada hanud medium dan jarak jauh yg kita miliki Sista hanud yg paling mentereng cuma Oerlikon Skyshield sama manpads Startreak. Itu aja dalam jumlah kecil. Lah gimana mau nyergap B-2 atau B-52?? Apalagi F-18/F-35???
        3.) Skuadron strategis kita cuma ada di Madiun sama Makassar. Kalo tuh pangkalan dihajar, kelar Indonesia.
        4.) Kaprang kita sedikit yg punya Anti kapal permukaan dan serangan udara. Hanya 4 Korvet SIGMA, dan 4 Van speik yg punya. Parchim itu buat anti kapal selam. KCR gak lebih dari 6 yg punya C-705. Lah mau ngandelin apa lagi?? PKR?? Masih belum lengkap senjatanya.

        •  

          Semua itu krn sebab amrik, tujuan utama amrik adalah negara2 pada lemah pertahanan nya, kalau kuat dikit langsung di embargo jika tdk beli produk mereka …

          No way for amrik xixixi

          •  

            Gak ada urusannya sama USA. Kalo mau beli dari Rusia atau China juga bisa aja tuh?? Yg gak ada kan uangnya.

            Uangnya terbatas, beli China kualitas belum terjamin, beli Rusia after Salesnya buruk. Makanya pilihan tepat itu produk barat khususnya USA. Hhhhhhhhhh

          •  

            Jimsul loe bilang buruk, nanti loe kena mantra tau rasa loe

            Hahhaahaaaa

        •  

          Oalah, anak yg namanya agato ini mokong beneran, kok sulit sekali di ajak diskusi, andai kalau terjadi perang beneran saya taruh di garis depan….moga2 ndak kabur saja atau kalau ada latihan militer, saya suruh dia naik anoa amphibi saja, moga2 ndak muntah2 di dlm kabin.

        •  

          tp klo mau cba2 silahkan aja menjejakan kaki ke tanah indonesia, bsa jd bukan menang perang malah bsa bangkrut, lha wong perangnya ga kelar2 smpe 1/2 abad, lawan smua komponen rakyat, monggo klo mau cba, trus mas agato jgn kabur ya dari gelanggang hehehe

          #edisitesnyali

          •  

            Mbah Sastro, Rakyat Indonesia itu gampang diadu domba pake isu SARA dan PKI. Kalo mau digoyang lagi pake isu itu jelas dampaknya Indonesia langsung bubar tanpa perlu serangan besar-besaran . Nasibnya bakal kayak Irak yg gampang dipecah dg Isu Sunni-Syiah. Apalagi banyak suku yg kecewa dg Suku Jawa. Tinggal siram pake minyak lagi, bara yg baru padam langsung bisa melumat seluruh dunia. Untuk aja OPM,GAM dan RMS gak disokong senjata dan dana oleh asing waktu awal Reformasi, kalo iya gimana cara Indonesia menghadapi saat terkena embargo coba.

        •  

          Navy SEAL? maksudny Trany Unyil kali… ๐Ÿ˜† wkwkwk…

  11.  

    Sudah pd meriah oooiy,
    Perang dalam laut itu bukan kecepatan yg diutamakan tapi keheningan yg diutamakan setelah itu sonarnya, jangkauannya & non gelombang

    Hahhaahaaaa

  12.  

    mbah bowo demen klo ada berita begini nih…

  13.  

    Jangan kan indonesia.. asean bersatu aja masih kesulitan lawan china