Jun 072017
 

Jet tempur latih JL-9 Shanying (FTC-2000). © GAC

Jet tempur latih yang terkenal di China, JL-9 Shanying, sekarang terlihat model perdananya untuk pasar luar negeri dan telah diluncurkan dari jalur perakitan yang terdapat di provinsi Guizhou pada tanggal 5 Juni, seperti dilansir dari Defence Blog.

Menurut sejumlah media asal China menyebut bahwa pelanggan perdananya adalah Sudan.

Jet tempur latih yang disebut FTC-2000 tersebut memiliki muatan senjata maksimal 2 ton. Jet tempur latih ini memiliki lima titik cantelan, yang dapat digunakan untuk mengangkut rudal ataupun tangki pelengkap. Pesawat beroperasi secara manual menggunakan tangan pada tongkat kemudi.

Model asli JL-9 adalah jet tempur tempur latih berkursi ganda, dikembangkan oleh Guizhou Aviation Aircraft Co. Ltd. (GAC) dan Aviation Industry Corporation of China (AVIC). Jet ini terbang perdana pada tahun 2003, dan telah melayani dalam format asli dan format canggih sejak saat itu.

Pesawat ini mampu mengikuti misi latih tempur canggih dan juga dapat melakukan serangan udara ke darat pada tingkat yang lebih rendah.

Jet tempur latih JL-9 Shanying (FTC-2000). © GAC

Versi ekspor menawarkan beberapa fitur desain generasi ketiga dan telah disesuaikan untuk misi serangan udara-ke-darat, dan sejumlah kemampuan untuk melaksanakan pertempuran udara-ke-udara.

Pada bulan Januari, GAC menandatangani kesepakatan ekspor pertama untuk FTC-2000, menurut laporan Beijing Youth Daily.

  6 Responses to “China Pamerkan Jet Tempur Latih FTC-2000 Untuk Sudan”

  1. cina sudah punya pesawat latih sendiri .!!!!

  2. Merangkap light fighter

  3. KW Nya Hawk…

  4. RI wajib tdk borong!he3

 Leave a Reply