Nov 252014
 

image

China tampaknya memperluas pangkalan militer di wilayah Fiery Cross Reef di Kepulauan Spratly dalam upaya untuk meningkatkan kekuatan China di teritorial Laut China Selatan yang disengketakan. Menurut laporan koran Hong Kong Ming Pao, Beijing sangat agresif dalam melakukan kegiatan reklamasi di terumbu karang dan pulau-pulau kecil di Spratly, yang juga diklaim oleh Taiwan, Vietnam, Filipina, Malaysia dan Brunei.

Setelah periode terakhir dari konstruksi, kini China memiliki lima Pulau baru yang “diciptakan” dari terumbu karang yang ada, termasuk Fiery Cross Reef, yang dilaporkan telah menjadi pulau terbesar di Spratly.

Fiery Cross Reef, yang disebut China Yongshu Reef, masuk ke wilayah administrasi kota Sansha di bawah provinsi Hainan China selatan dan telah diduduki oleh RRC sejak tahun 1998, ketika sebuah stasiun pengamatan laut UNESCO dibangun di sana. Sejak itu, China juga telah membangun landasan helikopter, dermaga, bangunan dua lantai dan rumah kaca 500 meter persegi di karang, di mana sekitar 200 prajurit Tentara Pembebasan Rakyat China ditempatkan.

image

image

image

Hal yang menarik adalah landasan udara yang baru dibangun pada Fiery Cross yang terekam oleh satelit Inggris. Landasan pesawat itu berukuran panjang sekitar 3 kilometer dengan lebar sekitar 200-300 meter, akan cukup besar untuk menampung jet pembom China H-6 dan pesawat angkut militer besar Y-20. Seiring dengan pembangunan pelabuhan baru yang cukup besar untuk dermaga kapal tanker militer, para ahli percaya Beijing bertujuan membangun basis strategis di Fiery Cross.

Ahli militer percaya bahwa pembangunan basis strategis di Fiery Cross akan dijadikan sebagai pijakan keseimbangan di wilayah sengketa Laut Cina Selatan dalam mendukung China, terutama karena karang ini terletak hanya 460 km jauhnya dari pangkalan angkatan laut utama Vietnam di Teluk Cam Ranh.

Beberapa analis mencatat bahwa reklamasi lanjutan dari Fiery Cross Reef berpotensi memperluas wilayah daratan menjadi 30 km persegi, yang akan menyaingi pangkalan angkatan laut Amerika di Diego Garcia di Samudera India.

image

image

image

image

AS telah meminta Cina untuk membekukan tindakan “provokatif” reklamasi di Laut Cina Selatan, dengan panggilan dari Pentagon terhadap wakil dari Beijing untuk “terlibat dalam inisiatif diplomatik” untuk mendorong semua pihak menahan diri dalam kegiatan-kegiatan memperluas teritorial di wilayah sengketa.

Namun China menolak mengkonfirmasi pembangunan tersebut dan mengatakan Beijing perlu membangun fasilitas di Laut China Selatan untuk alasan strategis. “Kita harus pergi keluar, untuk membuat kontribusi kami untuk perdamaian regional dan global. Kami membutuhkan dukungan seperti ini, termasuk radar dan intelijen,” kata seorang juru bicara PLA.

  35 Responses to “China Perkuat Pangkalan Militer di Spratly”

  1.  

    Wowww

    •  

      Makin panas lcs…apa tindakan yg baik buat NKRI..??..mbah bowo..mbah..dimana mbah bowo..!!

      •  

        tindakan indonesia yang seharusnya membangun landasan pacu di natuna, dan menempatkan 1 batalion pasukan serta mdirikan pelabuhan di natuna, sebagai pelabuhan,
        membangung kembali landasan pacu di setiap pulau perbatasan, serta merebut kembali apa yg sudah di ambil oleh singapura, salah satunya pemegang hak penuh pengawasan udara,
        Mnegakuisis kembali pespur pengganti f5 untuk di simpan di natuna, dan di biak, sebagai jawaban atas terjadinya ilegal fishing dan pesawat nyasar, yg semakin marak, perkuat dengan 3 kogabwilhan, umtuk menjawab tantangan masa depan,

    •  

      selamat pagi

      Indonesia perkuat pangkalan militer di Ranai, Natuna, Kepulauan Riau.
      Tak perlu sungkan dan basa-basi lagi.
      Segera deploy kekuatan besar ke Natuna.

      Yang masih bersengketa saja dengan “pede’nya membuat pangkalan militer apalagi kita yang secara de facto dan dejure berkuasa penuh atas Natuna.

      Frigat, kapal selam dan Sukhoi harus di-deploy ke sana. Ini adalah jawaban kita atas manuver cina di kep. spratly. Kita mengirim pesan ke cina jangan coba-coba mengusik ZEE apalagi wilayah teritorial Indonesia.

      •  

        yg juga tak kalah penting segera bikin pangkalan dan air strip juga di karang unarang, ini menurut saya lebih darurat karena natuna tidak dalam darurat klaim. CMIIW

        •  

          setuju bung

        •  

          kalau komen lihat peta dulu

          Karang Unarang ini berjarak 9 mil dari Pulau Sebatik Indonesia
          Sekitar 18 mil dari Nunukan – Kalimantan Utara.
          Di situ sudah ada mercusuar dan pos marinir.
          Membangun pangkalan dan airstrip urgensinya di mana?

          Daripada membangun di Karang Unarang yang biayanya tinggi lebih baik pos marinis di Tanjung Aru, Pulau Sebatik atau Lanal Nunukan yang kita perkuat. Tokh karang tersebut masih dalam jangkauan

      •  

        Tidak mudah suatu negara mendeploy suatu pasukan. Karena Dalam hal ini bisa menyebabkan tindakan provokatif terhadap negara2 yg bersengketa.

        Selain itu perlu diketahui bahwa indonesia merupakan negara yg diprcaya dalam persengketaan tersebut. Sehingga jika langkah indonesia melakukan hal sperti itu akan kehilangan kepercayaanya sebagai mediator.

  2.  

    absen….

  3.  

    luar biasa..dengan banyak uang, ekonomi bagus, apa aja bisa di lakukan oleh tiongkok.mirip mirip di film film action mata mata seperti james bond.sebuah pangkalan militer di tengah laut.

    •  

      numpang bung..
      hebat bener china, pulau yg kelihatannya cm samar2 bisa jadi pangkalan militer, seharusnya Indonesia jg bisa meniru langkah china ini buat pulau2 terluar menjadi sebuah kapal induk untuk menjaga kedaulatan NKRI..

  4.  

    Persiapan invasi. Sasaran bukan vietnam yg bisa dijangkau lewat darat tapi pulau2 yg kaya sumberdaya alam.

  5.  

    Sudah saatnya indonesia memikirkan masalah perbatasan …..!!!!!!

  6.  

    negeri siomay semakin agresif

  7.  

    Perlahan tapi pasti China mulai menumpuk Arsenalnya di LCS..hati2 dng pulau Natuna..

  8.  

    Ayo Indonesia jangan kalah, bikin atau perbaiki lapter/pelabuhan di pulau2 yg terletak diperbatasan menjadi pangkalan utama AU dan AL. Geser pasukan tempur yg menumpuk di Jawa ke daerah2 perbatasan sekaligus utk mendukung pembangunan daerah perbatasan. Semoga NKRI makin jaya.

  9.  

    selamat pagi.

  10.  

    panas

  11.  

    Sekarang amerika sudah sulit membendung china karena china sudah memiliki semuanya mau d lemahkn ekonominya jga sulitt,… china ini meniru sikap amerika dulu waktu jadi negara adidaya seenaknya sendiri, spertinya amerika bakalan turun kasta beberapa thun lgi dari adi daya dunia

  12.  

    Indonesia juga buat pangkalan di natuna dan tanjung datu…. so what gi tu loh…. siap tempur aja….

  13.  

    Ada benarnya juka kata Mbah Bowo, China perlu kita waspadai. Lama kelamaan mereka makin melaju langkahnya arogansi nya. Berharap Indonesia bangkit menjadi penyeimbang kekuatan China di Asia Pasifik.

    •  

      makanya dalam ktt apec yang diajak bicara paklik jokowi adalah om obama bkn xi jinping ato putin.

      tampaknya suatu pertanda bahwa kandidat terkuat dan favorit tni au menjadi pengganti f-5 tiger adlah f-16 block60

  14.  

    Tni sudah sikapi ini smua sejak beberapa tahun yg lalu. Buktinya dari mulai kabupatrn2 di perbatasan darat di kalimantan utara sampai natuna terus dibuat dan dibangun yonif2, yonmar, lanud, satrad dan pangkalan2 militer lainnya. Smua itu untuk membendung ekses seandainya Lcs memanas, terjadi perang dan konflik melebar ke wilayah kita.

  15.  

    di jadikan Diego garcia nya China… hebat…tapi kita harus waspada, karena natuna tepat berhadapan langsung dengan spratly.

  16.  

    Inilah salah satu alasan kenapa Indonesia membuat pangkalan militer di natuna, dilanjutkan dengan pergeseran marinir ke batam.Di tambah dengan pangkalan ditanjung datuk nanti.nampaknya efek LCS sudah benar2 diantisipasi, termasuk bila tetangga si rumpon yang belakangan sering salting.Bila melihat kondisi demikian, wajarlah mef2/mef3 dipercepat.Cuma jangan lupakan selatan. Bila utara sering diganggu,pihak selatan juga pasti ikut2an…Untuk menghindari konflik, memang harus siap perang…IMHO

    •  

      Hati-hati juga bung, kita harus simbang.
      begitu fokus utama kita ke arah ambalat, tanjung datu, natuna.
      dari belakang Canberra class dan UAV Global Hawk dari pangkalan Darwin dan pulao Cocos sudah wara wiri di halaman belakang dan mengintip semua aktifitas kita. Belum lagi Radar OTH Jindalle sonotan yang bisa 24 jam mengawasi Sepanjang Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Maluku sampai Papua.
      Jadi Kasau dan Kasal baru siap ambil SU-35, S-400 dan Sovremeny class kah?
      atau Hibah F-16, NASAMS medium SAM dan Oliver Hazard Perry dulu?

  17.  

    pada perang dunia kedua, wilayah yang sekarang bernama Indonesia, berhasil direbut tentara kekaisaran jepang hanya dalam hitungan hari, walaupun sudah bersiap-siap tetapi persiapan KNIL dan sekutunya tidak bisa berbuat banyak

    Kini, di masa Indonesia merdeka tentunya kita tidak ingin mengulang peristiwa tersebut, militer Indonesia harus melakukan persiapan yang lebih matang untuk menyongsong datangnya perang besar ataupun konflik baik besar maupun kecil antar negara yang akan merugikan kepentingan nasional RI yang tanda-tanda nya sudah kita lihat hari ini.

    Tak ada pilihan lain kecuali harus memiliki militer yang profesional, militan dan mempunyai alutsista kalau bisa yang paling canggih atau setidaknya mampu mengimbangi persenjataan negara-negara di kawasan.

    Kenali calon musuhmu baik sekarang jadi sehabat apalagi yang bukan sahabat, ingatlah bahwa dalam militer yang disebut sebagai “kawan” adalah “musuh yang belum menyatakan perang” , waspadalah ………

  18.  

    China semakin kelihatan sebagai ancamam nyata,sonora , sonotan , upil ancaman potenaial. Pemerintah tidak bisa menomor 2 kan masalah ini ambil kebijakan yang yang tepat untuk atasi ini
    Dengan china pererat kerjasama untuk ulur waktu sampai kita siap jika harus berhadapan langsung
    Dengan tetangga yang sering rese sekali2 agresif bolehlah.

  19.  

    kita harus panggil mbah bowo, mbah bowooo………………, mbah bowooo………………, mbah bowooo………………, mbah bowooo………………, mbah bowooo………………, datanglahhh, disini ada pesta kecil2 an, tatang tak di jemput pulang tak di ongkosin… haha

  20.  

    Cina lebih maju selangkah.. Indonesia harus lihat philipine,vietnam yg hanya berkoar2 tnpa bisa bertindak. Indonesia Harus selangkah lebih maju dr mereka. Saatx kerja,kerja,kerja…

  21.  

    Perkuat pertahanan kep. Natuna, bangun pangkalan militer k3 matra dengan kekuatan penuh dan alutsista yang gahar ( real & ghoib ) !!!

  22.  

    wah prediksi mbah bowo ada benarnya juga

  23.  

    Dan RRT paham betul bahwa RI negara nonblok..US gak berani, Rusia teman dekat, Indonesia ??..yg penting jangan disenggol pasti garuda gak akan ngebacok hehehe…Jadi proyek mereka di spratly aman…

  24.  

    ugg moccasins smell in house

 Leave a Reply