May 182017
 

Kota Beijing, China (Kentaro Iemoto)

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan China memberi respon yang baik pada beberapa proyek dan paket yang ditawarkan dalam forum Prakarsa Sabuk dan Jalansutra atau Belt and Road Initiative (BRI).

Beberapa proyek dan paket yang ditawarkan seperti proyek pelabuhan terintegrasi di Bitung, Sulawesi Utara dan Kuala Tanjung di Sumatera Utara serta proyek listrik dan pembangunan kawasan industri di Kalimantan Utara.

“Presiden Joko Widodo sudah memerintahkan (para menteri) untuk mempersiapkan proyek-proyek tersebut. Waktu pamit kepada Presiden Xi Jinping kemarin, Presiden Joko Widodo mengatakan mungkin bulan depan akan mengirim tim dari Indonesia untuk menindaklanjutinya,” ungkapnya dalam siaran pers di Jakarta, 17/5/2017.

Mantan Menko Polhukam itu mengatakan kerja sama yang dihasilkan di antaranya membuat produk baru sehingga diharapkan akan memberi keuntungkan bagi Indonesia, seperti meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kita tunggu saja keterangan resmi dari Presiden dalam waktu dekat, jumlahnya bisa dikatakan cukup besar. Di antara kerja sama tersebut, mereka setuju dengan program produksi bahan bakar biodiesel B5, kelapa sawit, sehingga kita harapkan nanti harga kelapa sawit bisa lebih baik, yang nantinya akan menguntungkan petani-petani kelapa sawit kita,” ujarnya.

Sebanyak 29 kepala negara/pemerintahan dan pimpinan organisasi internasional berkumpul membahas sinergi kebijakan, hubungan antarmasyarakat dan infrastruktur pada forum BRI yang berlangsung di Beijing, 14-15 Mei 2017.

Meski tidak mengungkap nilai kesepakatan yang diraih Indonesia, Luhut menyebut sejumlah negara mendapatkan dana investasi yang bervariasi.

“Banyak negara lain yang sudah mendapatkan dana investasi ini, mungkin masih banyak negara yang ingin mendapatkannya juga. Yang sudah dapat antara lain negara Saudi Arabia misalnya, mereka membeli sebagian Saudi Aramco, Pakistan mendapat hingga 62 miliar dolar AS, Malaysia dapat lebih dari 30 miliar dolar AS, Filipina juga mendapat lebih dari 20 miliar dolar AS,” katanya.

Lebih lanjut, Luhut mengatakan dalam kerja sama tersebut pemerintah memfasilitasi dan memberi kemudahan kedua belah pihak untuk mewujudkan kerja sama serta memberi insentif seperti tax holiday dan lainnya.

Ia menegaskan skema kerja sama yang disepakati dalam forum itu bukan berbentuk pinjaman kepada pemerintah.

Menurut Luhut, China sebagai negara dengan ekonomi besar memiliki dana hingga 3 triliun dolar AS. Dengan hanya menggelontorkan sepertiganya saja atau 1 triliun dolar AS, diperkirakan bisa membangun perekonomian baru di di berbagai negara.

“Forum Belt and Road Forum ini saya lihat, mungkin bisa dikatakan lebih baik dari APEC. Karena mereka membicarakan hal-hal konkrit. Mereka (China) kan punya dana 3 triliun dolar AS dan jika mereka mainkan 1 triliun dolar AS saja itu bisa membangun perekonomian baru di berbagai negara. Walau begitu kita tetap harus hati-hati, kita tidak akan menjadikan (investasi) ini menjadi pinjaman karena kita ingin mempertahankan posisi utang kita kurang dari 30 persen dari GDP,” kata Luhut.

Antara

  68 Responses to “China Sambut Tawaran Investasi Indonesia”

  1. Awas ntar ada yang bilang aseengg

  2. paragraf terakhir top

    loh memangnya saham saudi aramco sebagian sudah di beli china yah?

  3. tdk masalah aseng/ asing yg berinvestasi yg penting Win To Win sama2 untung, saran sy indonesia sebaikx menjadi pemilik modal ke tiga di bank infrastruktur jdi tdk sekedar pinjam tp dpt untung

  4. bukan dalam persaingan global sekarang investasi dimanapun boleh(contoh telkom ditimles,belum perbankan,dan pertamina)

    itu bukan soal china,indonesia saja,malah perusahaan seperti singapore,malayasia,thailand sudah kembang sayap diasia tenggara malah dikawasan regional lainnya

    politik boleh panas,tp perlu didinginkan karena kalo tidak itu sumber percikan api kapan pun bisa terjadi.

    salam damai selalu:)

  5. Asal banyak meneyerap tenaga kerja kita sendiri dan banyak menggunakan TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) lebih dari 70%.

  6. laknatulloh….

  7. “kita ingin mempertahankan posisi utang kita kurang dari 30 persen dari GDP,” kata Luhut.

    Nah kalo boleh tau, Utang singaporn udah berapa persen dari GDP mereka? Hihihi….

  8. Itu foto kota beijing yg polusinya sdh tingkat terburuk ya??

  9. g ada komen

  10. Pakailah duitnya dulu..yg penting bukan dari hasil dagang sabu2/ ektasi.

  11. Nah.,,,lho,,,,tapi wajib di perketad setiap daerah demi kedamaian masyarakat, nanti cina invest , banyak judi online…..

  12. Betul bung bedor

  13. Ko tumben GK ada yg mencaci maki sama onta..

  14. Negara lain sibuk membangun indonesia masih berkutat di PERGADUHAN…SITUASI KAYA GINI TIRU ILMU PAK HARTO.

  15. coba tunjukkan dimana????sebutkan

  16. sebutkan siapa nama kadernya??

    • Wkwkwk…Ada yang tersinggung tuh..Kaum pendukung jongos Aseng..Kaum radikal intoleran,teriak Pancasila tp kelakuan tidak pancasilais..Kerjaannya memusuhi ulama dan kriminalisasi umat islam

      • Lg deh, bawa2 umat islam, udh dah JANGAN MEWAKILKAN UMAT ISLAM RI, jd kalo ulama pujaan anda ditangkep polisi, jangan ngomong “kriminalisasi umat Islam” karna Umat islam di Indonesia ada ratusan juta, kalo umat islam RI dikriminalisasi, penjara sedunia bakalan penuh coy !!!

      • xaxaxa minoritas ngaku mayoritas
        Taqiyyah kalian takkan berhasil

        dasar Siah kamfret

  17. KAUM INTOLERAN/RADIKAL KELAUT AJA…KE ARAB JG BOLEH TAPI HARUS TETAP SIDANG DULU 😛

  18. Semua tergantung pd pola-pikir msg” org…

    Kalo pola-pikir sdh kotor , apa’pun pasti di’anggap kotor…

    Maka itu coba belajar utk gmn cara’x kelola pikiran yg benar…
    Jgn lupa utk slalu jaga hati-nurani juga…

    Kalo slalu lupa dgn hati-nurani sndr…
    Sampai kpn’pun tdk akan bisa utk lakukan hal” yg benar…

    • lain dari itu bung kayaknya juga msh banyak yg kamso….seharusnya banyak didirikan sekolahan biar bisa disekolahkan….kalau masih juga banyak yg ngeyel didirikan juga pabrik karung…mantaaps…

  19. Kekuasaan itu cuman sebentar tp akhirat kekal,bagi yg percaya akhirat perbanyaklah ibadah,bagi yg tidak percaya akhirat bertobatlah…maaf Kami bukan peramal masa depan..karena hal itu sudah diberitakan dalam kitab suci agama kami..Dan kami mempercayainya…

  20. nyimak aja ah…

  21. sebutkan nama pahlawan arab yg berjuang utk kemerdekaan Indonesia??? pokoknya saya alergi keturunan. btw pejuang di tahun berapa jaman voc apa jaman jepang???semua keturunan yg tinggal di indonesia pd masa itu semuanya pedagang!!!!pedagang gak akan berperang itu pasti.

    nih info: deklarasi Sumpah Pemuda Keturunan Arab tahun 1934. pribumi dari sabang sampai merauke deklarasi th 1928.

  22. menurut aku sih kita mesti terus bersahabat dengan china yang penting tetap hati2, ini untuk menjaga kedeimbangan barat dan timur.
    karena barat (AS dan konco) menurutku lebih berbahaya dan dalam politik mereka bisa mencampuri dan memainkan antek2 hingga presiden yang mereka kehendaki lengser atau terbunuh.
    maka dengan adanya pihak timur (china) penetrasi barat AS bisa dikurangi seperti contoh philippine.

  23. klo ngk salah saya sebuah proyek pelabuhan laut akan di bangun di bitung oleh chino.
    nahhh….menurut khabar yang beredar posisi bitung berdekatan dengan ALKI II dan III
    hmmm…jadi mari kita berdebat tetang tujuan chino sesunggunya.apakah yang mereka
    inginkan ??

 Leave a Reply