Jan 122019
 

Sepasang jet tempur siluman F-22 Raptor Angkatan Udara AS © US Air Force via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Ahli militer China baru saja membuat pernyataan mengejutkan ketika Amerika Serikat (AS) mengkonfirmasi bahwa jet tempur siluman F-22 dapat merobohkan puluhan pejuang siluman J-20, seperti dilansir dari laman Bao Dat Viet.

Pandangan yang luar biasa terhadap tulisan yang dimuat oleh The Avionist tentang pesawat tempur siluman F-22 berdasarkan fitur-fitur superiornya ketika berurusan dengan pesawat tempur generasi kelima J-20 China dengan mudah.

Menurut sumber tersebut, pilot Angkatan Udara AS dipangkalan percaya diri menghadapi J-20 China sebagai pesawat tempur dari industri penerbangan militer yang tak cukup kuat sementara F-22 telah dilengkapi dengan teknologi canggih dari pesawat generasi ke-5.

Jet tempur siluman J-20 Angkatan Udara PLA © www.news.cn

Secara khusus, F-22 mengoleksi puncak teknologi avionik dunia. Badan pesawat terbuat dari bahan komposit berteknologi tinggi serta komposit ringan yang memungkinkan penurunan berat badan, kekuatan mekanik dan kemampuan siluman.

Sensor utama F-22 Raptor radar AESA AN/APG-77. Radar ini memiliki kemampuan untuk mengubah frekuensi secara konstan untuk menghindari deteksi, antena radar bahkan dapat beroperasi 120 derajat pada ketinggian dan azimuth. Radar AN/APG-77 memiliki jangkauan deteksi target dengan RCS 1 meter persegi pada jarak 240 km. Karenanya ia disebut sebagai pejuang terbaik di dunia saat ini.

F-22 memiliki 3 ruang senjata (weapon bay), termasuk kompartemen besar di bawah perut dan dua ruang kecil di samping. Kompartemen terbesar dapat membawa 6 rudal udara-ke-udara jarak menengah, dua kompartemen kecil yang masing-masing dapat membawa rudal udara-ke-udara jarak pendek.

Jet tempur siluman F-22 Raptor menembakkan rudal AIM-120 AMRAAM. © US Air Force via Wikimedia Commons

F-22 juga dapat menggotong senjata diluar sayap tetapi memengaruhi kemampuan siluman pesawat. Senjata lain termasuk kanon M61A2 20 mm yang terletak di sudut sayap kanan di dalam trapdoor untuk memastikan tetap siluman. Selain rudal udara-ke-udara, F-22 juga dapat dilengkapi bom pintar JDAM, bom berdiameter kecil GBU.

Dengan fitur siluman, teknologi elektronik penerbangan paling canggihAS yang dilengkapi dengan fleksibilitasnya, pesawat tempur F-22 dapat dengan percaya diri untuk menghadapi skuadron J-20 dari China.

Namun, jaringan berita militer China mengatakan bahwa dengan semua keunggulannya tersebut belum membuat F-22 bisa mendominasi dihadapan jet tempur J-20 PLA.

Sumber itu mengutip Kolonel Vuong Minh Luong yang tak setuju dengan pernyataan pakar militer AS dan mengatakan bahwa F-22 Raptor, terutama dikerahkan di Guam Line 1 dari rantai pulau kedua, telah terbang ke Pasifik Barat, selama operasi udara singkat.

Semakin jauh jangkauan terbang dibandingkan dengan J-20 China, sebenarnya beroperasi di Pasifik Barat, sejumlah F-22 Raptor AS tidak akan sanggup mengalahkan para pejuang J-20 China. Jadi, sampai batas tertentu, jumlah keunggulan pejuang China dapat mencegah keunggulan kualitas dari Angkatan Udara AS.

Bagikan:

  6 Responses to “China Sebut Kelemahan F-22 USAF Hadapi J-20 PLAAF”

  1.  

    jika MBAH BOWO masih ada, pasti akan marah² baca artikel ini

    semoga kau tenang disana mbah

  2.  

    Serius mbah bowo sdh almarhum???

  3.  

    f22 terlalu percaya diri
    nanti giliran ketemu j20 jg akan kabur.

  4.  

    mbah BOWO lagi siap siap pilpres di china … BOWO NDOMBLE .. HATI HATI CUCUKU TENTARA CINA YANG TINGGINYA 2 METER AKAN MENCABIK CABIK KALIAN

  5.  

    Amer Terlalu memuji diri terlalu tinggi tanda2 bakalan jatuh tersungkur

    😎 huehuehue