May 202016
 

China memperkuat arsenal nuklirnya dan kemungkinan mengirimkan kapal selam rudal balistik ke laut untuk patroli dengan roket hidup.

Jika tujuan mereka tercapai, Cina akan memiliki kemampuan serangan yang hanya seimbang dengan Rusia dan AS, dan akan memiliki apa yang disebut triad nuklir – daratan, udara dan senjata nuklir yang diluncurkan di laut, seperti dilansir The Daily Beast.

“Teorinya adalah dengan beragam sistem peluncuran senjata, menciptakan survabilitas dengan rumitnya mengantisipasi serangan pertama,” ujar Jeffrey Lewis, seorang ahli geopolitik nuklir di James Martin Center, Pusat Studi Nonproliferasi.

Hal ini sulit bagi musuh untuk menghancurkan / menghilangkan semua senjata dalam serangan pertama, sehingga itu berfungsi sebagai faktor deterrent.

China mempertahankan beberapa ratus hulu ledak, tetapi masih diproyeksikan agar tidak jauh dari jumlah yang dimiliki AS dan Rusia.

Dalam beberapa bulan terakhir, China telah meningkatkan sikapnya. Pada hari Kamis, 19/05/2016, mereka melakukan intercept terhadap pesawat militer AS di Laut Cina Selatan, yang digambarkan sebagai “tidak aman” oleh pejabat di Pentagon. TRUNEWS telah melaporkan tentang penumpukan militer di Kepulauan Spratly.

Cina juga mempertimbangkan pembangunan jaringan kapal dan sensor bawah permukaan laut yang bisa memblokir kapal selam AS dan Rusia. Hal ini telah dinamai “Underwater Great Wall Project”.

Sumber : Trunews.com

Bagikan Artikel :

  44 Responses to “China Segera Memiliki Kekuatan Kapal Selam Nuklir di Laut China Selatan”

  1. Pertamax kah

    • Weleh…weleh semakin seru

    • Kita belum butuh kasel nuklir, kita kan doktrinnya untuk bertahan, lagian ngapain juga beli kasel nuklir kalo berlayarnya deket2 doang…. mending yang kecil tapi banyak, kasel nuklir ga bisa icbm, tanpa cruise missile, ga afdol, bisa anti-surface warfare tapi ga bisa serang mainland nya musuh….. mending changbogo dlu aja

    • Bro barusan liat di berita KBS, changbogo Indonesia pertama udah diresmiin…

  2. wah jin class mulai main k lcs.

  3. serem ihh..

  4. semakin panas LCS

  5. ASEAN …SKAK MAT DEH….kalau sdh pakai nuklir….
    parah….

  6. ADA UANG SEMUA JADI
    TIADA UANG SU 35 TUNDA LAGI
    ADA UANG PATINGGI KORUPSI
    WARGA SEMUA SAKIT HATI
    NGAHAHAHAHAHAHAHAHA

    ADA UANG PASTI JADI. SU 35 MASIH RENCANA AJA? MIKIR SENDIRI KNAPA NGAHAHAHAHAHAHA

  7. Cina Makin Menggila…World War 3 Di Depan Mata…

  8. Alhamdulillah semvilan kali berturut2..selesai sudah

  9. kalo msh pingin komentar China itu hanya brg kW, ada baik’x mulai hrs mikir ulang lg…

    Lbh baik jujur & realistis aja ( emang kita sndr itu apa & bagaiman/siapa…!!!??? )
    Apa sdh lbh hebat dr China…!!!???

  10. gajah akan kalah dengan semut,,,,,
    jadi lawannYa kapal selam mini.

  11. Disaat cina terus menjadi kekuatan sulit terkalahkan… Indonesia masih umek di program REncana pembelian pengganti paspur F5 tiger yg gk kelar2… Hadeeeeh.. Nasib-Nasip…

  12. lawan dg changbogo, gitu aja kok repot..

  13. Santai aj kawan nuklir tidak akan jatuh di daratan pertiwi kita, kita tidak punya musuh rival yg mempunyai nuklir.. di tambah daratan kita penuh dengan misteri perisai ghoib yg gk mudah ditembus lawan’ ,hhaaaa..

  14. China kasi nuke aja ke teroris buat ledakin asu.. Selesai..wkekekekek..versi..main gampang..

  15. Kremlin mulai mabokk lagi.. Lama lama kram perut terus kejang kejang… Gara gara a…SU 35

  16. @Front pembela icikiwirq
    Terlalu dini menilai kedua negara itu sebagai malaikat bung…
    Baca berita itu jangan cuman berdasarkan tahun tertentu…
    Baca juga masalalu yg terjadi dibelahan dunia atas dan akibat ekspansi mereka..
    Koment pake otak bung ..
    Coba liat natuna ??
    Itu yang lu sebut penyelamat ???

    SUMPAH JAKARTA GREATER ORANG YG KOMENT UDAH GA KAYA DULU LAGI…

    SKARANG KEBANYAKAN BOCAH YANG NIMBRUNG BERKOMENTAR. GA SALAH DAN SAH AJA SIH..
    SAYANG SUDAH GA ASIK KAYA DULU LAGI…

    Kalo dulu S2, s3, bahkan prof aja sampe berkomentar mengeluarkan argument yg mereka dapatkan di bangku kuliah dan di lingkungan mereka..
    Skarang ???????
    PALAGI DISINI GA ADA TEAM PENGAWASNYA JADI SERING NEMU BERITA DALAM KOMENTAR ?? Ga salah ????
    Baik sih niatnya.. Cuman KAYA SPAM YANG MASUKKK..

    HELO MIN… KEMANA ORANG2 YANG DAHULU BERKOMENTAR PAKAI ETIKA ???
    KQ PADA HILANG ???
    Atau sengaja dihilangkan ??
    JANGAN2 MENGHILANGKAN DIRI ????

    • Para senior pengamat militer sudah dijemput agen jas hitam naik forfuner Om. Kajian terlalu detil soalnya menyerempet rahasian negara,hehe.
      Btw,salam kenal ya Om

  17. @Mike, jangan terobsesi sebuah ramalan, tpi yg pasti kita siap end waspada aj menghadapi tantanga kedepan’ lanjut…

  18. makanya kita jangan bilang no Nuklir kita harus punya senjata Nuklir kalau kita musnah musuh juga harus musnah!!!!!!!!

  19. Nyimak…

  20. Indonesia Tanpa Nyali, Cina resmi mengklaim Laut Natuna sebagai miliknya

    IndonesiaReview.com — Kapal KKP Hiu 11 diusir dari Laut Natuna oleh kapal perang Cina. Kapal penjaga laut Indonesia tersebut dipaksa melepaskan kapal berbendera Cina – Kway Fey – yang tertangkap basah sedang mencuri ikan di Laut Natuna pad 19 Maret lalu. Cina tampaknya paham betul bahwa Indonesia tak akan punya nyali untuk melawan.

    Janji presiden Jokowi bahwa “dalam soal kedulatan, saya tak akan kompromi” ternyata dianggap sepi oleh Cina. Armada tempur Cina bahkan sudah mulai beraksi secara fisik untuk menegaskan kekuasaannya atas Laut Natuna. Kedutaan besar Cina bahkan sudah menyatakan bahwa tempat dimana kapal KKP dipaksa tunggang langgang adalah wilayah perairan tradisional Cina. Artinya, semua kapal berbendera Indonesia yang berlayar di Laut Natuna harus seizin Cina.

    Hiu 11, yang dipersenjatai dengan senjata otomatis sebagaimana layaknya kapal perang, memilih lari tunggang langgang karena kontak radionya dengan kapal TNI AL tak memperoleh jawaban. Konyolnya lagi, TNI AL sendiri menyatakan bahwa pengusiran Hiu 11 terjadi di Laut Natuna yang berada dalam wilayah kedaulatan Indonesia.

    Bila Indonesia hanya mengirim surat protes dan tetap berlagak tak ada masalah dengan Cina, tak mutahil bila Cina akan memperkuat armadanya di Laut Natuna. Apalagi Cina tentu mencatat betapa tidak beraninya Indonesia berhadapan dengan dirinya, sebagaimana tampak dalam dari penyataan Jokowi di Washington pada Oktober lalu bahwa Indonesia netral dalam menghadapi sengketa Laut Cina Selatan. Padahal, Laut Natuna yang bersebelahan dengan Laut Cina Selatan, ketika itu sudah diklaim sebagai wilayah Cina.

    Dari sisi ekonomi, ketakutan Indonesia untuk berseberangan dengan Cina tak lepas dari janji pemberian utang lebih dari 100 miliar dollar AS untuk membangun infrastuktur. Apalagi pembangunan pembangkit-pembangkit listrik sekarang ini didominasi oleh Cina. Maka, kalau Cina menghentikan pasok suku cadang atau mengacaukan sistem komputer di pembangkit buatannya, Indonesia bakal langsung menghadapi krisis listrik. Tak kalah gawatnya, kini Cina memimpin dalam pembangunan berbagai infrastuktur lainnya seperti pelabuhan laut, tranportasi darat dan sebagainya.

    Tak kalah pentingnya adalah kenyataan bahwa para pengusaha besar Indonesia, termasuk yang sukses menjadi politisi dan menduduki kursi strategis di pemerintahan seperti wakil presiden RI, memperoleh dana ratusan juta bahkan miliaran dollar AS dari bank-bank BUMN Cina. Bahkan telah terungkap dalam dengar pendapat di DPR, tiga bank BUMN – Mandiri, BRI, dan BNI – masing-masing telah mencairkan kredit sebesar satu miliar dollar AS dari Cina. Kredit tersebut habis disalurkan dalam waktu dua bulan, dan tanpa melalui parlemen dengan alasan besifat ‘business to business’ meski penandatanganan akta kreditnya dilakukan di Beijing dan disaksikan oleh meneteri BUMN Rini Soemarno.

    Konglomerat terbesar di Indonesia – Sinar Mas Gorup – telah menadatangani kredit sebesar 1,5 miliar dollar AS dengan dua bank BUMN Cina yaitu CDB dab ICBC. Dalam naungan Kalla Group, di antaranya adalah pembangunan pabrik pengolahan nikel senila 400 juta dolar AS, dan pembangunan pembangkit listrik tenaga batubara senilai 330 juta dollar AS. Keduanya mengandalkan kredit dari bank BUMN Cina. Sementara itu di lingkungan Toba Sejahtera Group milik Menkopolhukan Luhut Panjaitan, ekspor batubaranya hampir semua menuju Cina.

    Bila Indonesai tetap gemulai bagai wanita tak berdaya, tak mustahil bila Cina akan terus meperluas wilayahnya di Indonesia sesuai hasil kajian Chinese Academy of Social Sciences milik pemerintah. Adalah kajian lembaga ini yang menentukan sejuah mana wilayah kedaulatan Cina. Termasuk dalam hal ini anatara lain klaim Cina atas Laut Natuna, sebagian wilayah laut Jepang dan Korea Selatan, dan kepulauan Spratly di Laut Cina Selatan. Gawatnya lagi, kajian lembaga tersebut bisa berubah setiap saat. Salah satu kajiannya yang sedang digodok adalah Palembang pernah menjadi pelabuhan di wilayah paling selatan dari kerkaisaran Tiongkok.

    http://indonesianreview.com/gigin-praginanto/indonesia-tanpa-nyali

  21. @Review,berita ente kgk akurat,dpt dr alam mimpi…hahaha

  22. Cina ini mmg resek minta dikroyok sama vietkong pilipin dan japun plis usaNG

  23. Santai aj broo, kita bukan rival tionkok, jikapun ada hanya sedikit gesekan takan mempengaruhi mitra bisnis kita yg dah dibangun dr nenek moyang, jangan memperkeruh suasana broo, kita masih perlu belajar dan berbisnis dengan kemandirian sahabat lama kita negri tiongkok.

  24. Semoga Situasi di Lcs Tetep Kondusif..Dan Cina Dapat Menahan Diri Atas Aksinya Tersebut….
    #Damai itu indah..

  25. Negri ini.emang licik dan serakah. Jika pun perang dgn usa. China jgn harap menang. Secanggih apapun senjata china masih lebih cangih senjata usa. Krn usa sudah kenyang makan garam akan teknologi. Dan usa menyimpan senjata rahasia mematikan yg lain yg tdk di publikasikan.

  26. Jika cina ingin mengobarkan api perang biar mereka yg duluan yg memulai, kalo mau nuclear asia timur dan tenggara silahkan … Tapi perlu cina catat… Tidak semudah itu yang dibayangkan cina…

  27. @freedom. Mun nyungur kosok hela tah waos. kampret

  28. Wah maaf bang free.. NKRI harga mati.. Gak bisa ditawar.. gak ada guna provokasi.. Kalo indonesia hancur papua bakal jadi budak cina ?? Begitukah cita citamu.. Mending indonesia bersatu melawan musuh yg jelas jelas di depan mata.. Begitu kan bang ??

  29. eh fredom pap..
    trus ente mau idup dmn?, emg lo pinter, mikir!!!!
    klo lo pinter ngpa gk prgi ja dri indonesia. blo’on ja blgu. lo dl yg gw sumpahin musnah dr bumi. Amin 3x.

  30. Lebih gila lagi Turki Usmani (zaman Sultan Muhammad Al-Fatih) yang mindahin kapal Dr satu sisi pulau ke sisi yg lain dgn cara didorong… Ide ini gila dizamannya mgkn jg smpe skrg…

  31. Betul dikiranya gampang apa, ada masalah dikit bentar2 lgsg nuklir… Jgn samain ky waktu WW2 (Hiroshima & Nagasaki)… Ingat dampaknya bukan hanya bagi negara yg diserang tp jg bg negara agresor (yg ngirimin nuke)… Semakin besar nukenya semakin luas jg dampaknya… Klo segampang Itu pke nuklir, ngapain repot2 Asu ngirim tentara ke Vietnam, Tim-teng dll…

  32. klo china ma negara kita jg mikir2 klo mau perang sbb saling membutuhkn tuk ngidupi anak istri d rmh, klo perang yg paling menderita anak istri d rmh dr china maupn kita, mknya ga usah terlalu menghayal nanti akn tjd perang dgn china sgl, pemerintah china maupn negara kita jg mkr klo perang trs yg ngasi makan rakyat trutm anak2 sp, wes lah smua ini kita tu d jebak permainan catur tingkt grand master olh kalangan elit pemerinth china maupn pjabat kita, klo kalian bs maen catur tingkt grand master br bs bc situasi permainan politik tingkt elit, wong main catur pd msh tingkt amatirn kok mau nilai permainan politik tingkt elit paling2 kalian d ketawain aj

  33. NKRI hargqa mati pak

 Leave a Reply