China Selesaikan Fregat Baru Pesanan Angkatan Laut Pakistan

PNS Tughril

JakartaGreater – Frigate Type 054A/P pertama Angkatan Laut Pakistan, PNS TUGHRIL telah diaktifkan ( commissioning) untuk Angkatan Laut Pakistan di Galangan Kapal Hudong Zhonghua (HZ), Cina. Duta Besar Pakistan untuk China, Moin Ul Haq menghadiri acara itu sebagai Kepala Tamu, ungkap laman Pakistan Navy, 8/11/2021.

PNS TUGHRIL adalah 1 dari 4 fregat Tipe 054 yang sedang dibangun untuk Angkatan Laut Pakistan. Kapal Fregat ini adalah Platform berteknologi maju dan berkemampuan tinggi dengan kekuatan menembak permukaan ke permukaan, Permukaan ke udara dan bawah air yang sangat besar selain potensi pengawasan yang luas.

Kapal memiliki kemampuan untuk secara bersamaan melaksanakan sejumlah misi perang angkatan laut di lingkungan multi-ancaman yang sangat intens.

Fregat PNS TUGHRIL dilengkapi dengan sistem Manajemen Tempur dan Peperangan Elektronik yang canggih serta kemampuan bela diri modern.

Dalam kesempatan ini, Duta Besar Pakistan untuk China, Moin Ul Haq menggarisbawahi bahwa pelantikan PNS TUGHRIL mengantarkan babak baru dalam persahabatan Pakistan – China yang telah matang melalui ujian waktu dan tetap teguh di semua domain.

Ia menambahkan bahwa dalam konteks paradigma keamanan kawasan secara keseluruhan, Fregat Kelas TUGHRIL akan memperkuat kemampuan Angkatan Laut Pakistan untuk menjawab tantangan maritim guna memastikan pertahanan ke arah laut, menjaga perdamaian, stabilitas, dan keseimbangan kekuatan di Kawasan Samudera Hindia.

PNS Tughril pakistan

China Selesaikan Fregat Baru Pesanan Angkatan Laut Pakistan. (@Pakistan Navy)

Duta Besar juga memuji upaya bersama yang dilakukan oleh CSSC, CSTC, CSDDC, HZ Shipyard dan PLA (Angkatan Laut) untuk pencapaian penting dengan pengiriman tepat waktu dari Frigate yang dilengkapi dengan baik dan kuat meskipun ada pandemi global.

Wakil Sekretaris Partai dan Direktur Dewan CSSC China, Mr. Du Gang juga memuji pembangunan tepat waktu dari PNS TUGHRIL sambil menekankan bahwa commissioning kapal adalah tonggak utama dan kesaksian persahabatan berumur panjang Pakistan-China; karena kedua negara terikat oleh afinitas kepercayaan, kasih sayang, dan kesamaan.

pakistan navy 2

China Selesaikan Fregat Baru Pesanan Angkatan Laut Pakistan. (@Pakistan Navy)

Saat memaparkan kegiatan, Kepala Misi Angkatan Laut Pakistan yang mengawasi pembangunan 054A/P Frigate, Komodor Rashid Mehmood Sheikh menyoroti bahwa PNS TUGHRIL sebagai Frigate yang mampu multi-misi akan menjadi andalan Armada Angkatan Laut Pakistan sekaligus memperkuat kemampuan pertahanan maritim Angkatan Laut Pakistan.

Upacara ini dihadiri oleh pejabat tinggi dari BOMETEC, OIMC, SASTIND, PLA (N) dan CSSC selain Ketua CSTC & HZ Shipyard dan Komandan PLA (N) Shanghai Naval Base beserta tokoh masyarakat Pakistan di China.

*Foto: Fregat Angkatan Laut Pakistan. (@Pakistan Navy)

Leave a Reply