Feb 232017
 

Sistem pertahanan udara HQ-9 China diduga dipasang di Woody Island, Laut China Selatan (credit : Foxtrotalpha.jalopnik.com)

Washington – China hampir menyelesaikan sejumlah bangunan di pulau buatannya di Laut China Selatan, yang tampak mampu menyimpan peluru kendali darat-ke-udara jarak jauh, kata dua pejabat AS kepada Reuters.

Perkembangan itu diperkirakan memicu pertanyaan terkait cara AS menanggapinya.

China mendaku hampir seluruh wilayah Laut China Selatan, yang menjadi jalur sepertiga perjalanan laut di dunia. Brunei Darussalam, Malaysia, Filipina, Taiwan dan Vietnam juga memiliki pengakuan tumpang tindih atas laut itu. Pemerintahan Trump menyebut pembangunan pulau China di wilayah itu tidak sah.

Pembangunan sejumlah bangunan beton dengan atap di karang Subi, Mischief dan Fiery Cross, bagian dari Kepulauan Spratly, dapat dianggap sebagai peningkatan kemiliteran, kata pejabat AS tanpa menyebutkan namanya.

“Itu tidak tampak seperti China sekedar membangun di Laut China Selatan, struktur-struktur itu mirip sesuatu yang dapat menyimpan SAM, jadi kesimpulan logisnya adalah itu yang mereka lakukan,” kata pejabat intelijen AS.

Pejabat lain mengatakan bangunan itu tampak sepanjang 20 meter dan setinggi sepuluh meter.

Juru bicara Pentagon mengatakan Amerika Serikat masih berpegang teguh kepada “non-militerisasi Laut China Selatan” dan mendesak seluruh negara yang mengklaim wilayah itu untuk bertindak sesuai dengan hukum internasional.

Kedutaan besar China di Washington belum mengeluarkan komentar terkait hal ini.

Dalam pertemuan konfirmasi Senat bulan lalu, Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson memicu kemarahan China saat dia mengatakan Beijing sebaiknya dilarang mengakses pulau-pulau yang mereka bangun di Laut China Selatan.

Jauh Greg Poling, pakar Laut China Selatan dari Pusat Studi Strategi dan Internasional di Washington mengatakan dalam sebuah laporan Desember bahwa China tampak telah menempatkan sejumlah persenjataan, termasuk sistem anti-pesawat dan anti-misil, di tujuh pulau buatan mereka di Laut China Selatan.

Pejabat mengatakan struktur yang baru itu diperkirakan menyimpan misil darat-ke-udara yang akan memperluas pertahanan udara China atas kepulauan itu, tanpa memberikan penjelasan lebih.

“Itu benar meningkatkan ketegangan, China semakin baik dalam peningkatan kemampuan mereka,” kata Poling.

Pada Selasa, Filipina mengatakan negara Asia Tenggara memandang penempatan senjata China di lokasi itu “sangat mengkhawatirkan” dan mendesak diadakannya pertemuan utnuk menghentikan “perkembangan terbaru”.

Ujian Kantor intelijen AS mengatakan struktur itu tidak memberikan ancaman militer yang signifikan terhadap pasukan AS di wilayah itu.

Pembangunannya tampak lebih sebagai uji coba politik bagaimana pemerintahan Trump akan menanggapinya, kata dia.

“Tanggapan logisnya juga harus politik dan sesuatu yang tidak mengarah kepada peningkatan militer di wilayah strategis,” kata pejabat itu.

Chas Freeman, seorang pakar China dan ,mantan asisten menteri pertahanan mengatakan dia cenderung memandang penempatan itu memiliki maksud militer untuk memperkuat klaim China di wilayah itu dan bukan berhubungan dengan AS.

“Terdapat kecenderungan di Washington yang berpikir itu semua tentang kita, namun kita bukanlah pihak yang mengklaim di Laut China Selatan,” kata Freeman.

Tillerson mengatakan kepada Komite Hubungan Luar Negeri Senat pada bulan lalu bahwa pembangunan pulau dan penempatan militer China itu sama seperti bagaimana Rusia merebut Krimea dari Ukraina.

Antara/Reuters

  4 Responses to “China Selesaikan Penyimpan Rudal Jarak Jauh di Laut China Selatan”

  1. Wahhh bisa menjangkau seluruh wilayah Indonesia nihhh….kita tanya sama China…untuk apa mereka taruh rudal jarak jauh si LCS? ada maksud tersembunyi….ada udang di balik rempeyek.

  2. cerita rusia minta crimea balik kaya cerita jerman minta austria balik.
    klo dulu jepang negara asia yg nempatin pulau2 atol di pasifik selatan, skrg malah cina yg nempatin pulau2 atol di laut cina selatan.
    sejarah terulang kembali.
    dulu titik didihnya ada di danzig, klo skrg ?

    • rusia minta crimea balik – lah wong wilayahnya sejak kekaisaran tsar rusia

      jerman minta austria balik- lah wong saudara kembar….cinta terlarang yg sengaja
      dipisahkan barat

  3. tes

 Leave a Reply