Feb 192018
 

Rudal hipersonik “Zircon” buatan Rusia. © Youtube/Pravda

JakartaGreater.com – AS kini menghadapi ancaman yang muncul dalam bentuk senjata hipersonik, yang menyebabkan seruan kepada AS untuk mengembangkan kemampuan hipersoniknya yang defensif dan ofensif, seperti dilansir dari laman Sputnik News.

“Pengembangan senjata hipersonik oleh China telah melampaui jangkauan kita. Kita tertinggal”, kata Laksamana Harry Harris, kepala Komando Pasifik AS, kepada Kongres pada hari Rabu.

Laksamana Harry Harris menggaungkan kembali komentar dari Kepala Angkatan Udara AS, Paul Selva bahwa AS telah “kehilangan keunggulan teknis dalam senjata hipersonik” dari Beijing dan Moskow, yang mana programnya telah melaju pada kecepatan mach.

Militer AS perlu mengatasi disparitas yang terus berkembang “dengan cara yang paling agresif” menurut Harris, guna memastikan bahwa mereka memiliki kemampuan untuk mempertahankan keduanya melawan senjata hipersonik China dan mengembangkan senjata hipersonik ofensifnya sendiri.

Senjata hipersonik dapat meluncur dengan kecepatan yang sangat tinggi (lebih dari 5 kali kecepatan suara atau hampir 2 kali kecepatan jet tempur) dan dengan demikian mampu menghindari sistem pertahanan rudal.

Baik itu senjata konvensional atau senjata nuklir, secara teori bisa dipasang pada rudal hipersonik, keduanya merupakan prospek yang mengerikan, terlebih lagi energi kinetik mentah dari proyektil yang meluncur dengan kecepatan sangat tinggi itu cukup untuk menimbulkan kehancuran hebat dengan sendirian hanya dengan mencapai sasaran.

Pejabat Angkatan Udara AS mengatakan, bahwa itu tergantung pada sistem pemandu senjata hipersonik, senjata semacam itu bisa menghancurkan kapal perang, bangunan, sistem pertahanan udara, pesawat tak berawak atau pesawat tempur musuh.

  11 Responses to “China Semakin Maju, AS Cari Senjata Hipersonik”

  1.  

    Lho bukan barang kw katanye? Kok usa jhawatir ya? Biarkan aj gpp ga bkal nyampe paling jdi bubur hihi

  2.  

    Barang buatan China banyak level qualitasnya…

    Tergantung harga, ada KW 1 ada KW 2 ada KW 3 dan seterusnya…

    Tapi mereka juga mampu membuat barang yang mumpuni yang belum bisa dibuat negeri manapun, dengan budget yang melimpah dan purchasing power nomer wahid didunia, mereka bisa membuat research & development sendiri selain melakukan reverse engineering…

    Tidak semua barang China itu KW…

    •  

      Gimana importir bila nakal ya yg kwlitas rendahan jdi margin gde jika kw 1 harganya ga jauh beda dgn negara maju

      •  

        nha itu yang menyebabkan produk china dianggap jelek bung, karena pedagang sini sengaja mendatangkan kw3 dengan harapan margin tinggi. padahal kalo mau, mereka bisa import yang berkualitas, cuma siapa yang berani tanggung resiko gak laku kalo harganya mendekati produk jepang atau korea?

        •  

          Hp huawei yg kw 1 ga kalah kwalitasnya sama samsung,kereta cepat smoga yg bdg-jkt yg kw 1 jgn yg asal2an hihi buat jembatan belah selat madura bisa suramadu kuat dan berkwalitas ,bendungan jati gede tangguh dan kuat ya syaratnya fulusnya itu

  3.  

    Semua market didunia sudah di banjiri ploduk2 China…

    Bahkan America sendiri kebanjiran ploduk2 MADE IN CHINA…..

    Semoga kelak barang2 hi tech Made In Indonesia bisa membanjiri pasaran China dan America…

    Ngarep…

  4.  

    apa kabar ni antek ASU yg pernah bilang china gk bakal bisa mengungguli junjungan nya.
    hhhhhh