Mar 042014
 
Rudal C 705 China

Rudal C 705 China

Jakarta – Juru bicara Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP) RI, Silmy Karim menampik pemberitaan yang diluncurkan media Taiwan, Senin (3/3/2014). Di situ disebutkan, Pemerintah China menuntut uang tambahan dari Indonesia atas rencana ekspor rudal antikapal C 705 produksi sendiri ke pasar luar negeri. Prototipe rudal C 705 sejatinya adalah buatan hCina.

“Belum ada pembicaraan soal itu (rencana penjualan rudal C 705 produksi sendiri ke luar negeri). Yang ada baru pembahasan tentang produksi misil untuk memenuhi kebutuhan kita (Indonesia) saja,” kata Silmy saat dikonfirmasi ROL, Selasa (4/4/2014).

Media di Taiwan, Want China Times, sebelumnya menyebutkan Indonesia membeli 40 rudal antikapal C 705 dari China. Hal ini diungkapkan dalam pertemuan antara para pejabat tinggi militer China dan Indonesia yang dipimpin oleh Kepala Staf Umum Tentara Rakyat China Jenderal Fang Fenghui dan Panglima TNI Jenderal Moeldoko, di Beijing, akhir bulan lalu.

Want China Times menuliskan, pembelian misil tersebut awalnya direncanakan untuk melengkapi sejumlah kapal cepat rudal (KCR-40) milik TNI Angkatan Laut RI.

Rudal C705 sendiri dirancang dan diproduksi oleh perusahaan industri pertahanan yang berbasis di Beijing, Aerospace Science and Industry Corporation. Akan tetapi, tulis laman Taiwan itu lagi, China ternyata menolak menyerahkan teknologi (ToT) C 705 sepenuhnya ke Indonesia. Ini dikarenakan masih banyaknya negara lain yang mencari atau membeli senjata canggih tersebut dari negeri tirai bambu.

Beijing malah meminta biaya tambahan dari RI untuk mengamankan hak memproduksi rudal C 705 sendiri. Namun, hal ini juga dibantah Silmy. Menurut dia, China menyerahkan sepenuhnya teknologi C 705 kepada Indonesia.

“Jadi, tidak ada masalah sebenarnya. Saya malah jadi bertanya, media itu mengambil perkataan saya dari mana?.  Saya sendiri tidak ikut ke Beijing (menemani Panglima TNI Moeldoko),” jelas Silmy. (Republika.co.id).

Bagikan :

  56 Responses to “China Serahkan Teknologi Rudal C 705 kepada Indonesia”

  1.  

    Bisa Stok Banyak – Banyak! *YUMMY!

  2.  

    Pada bingung berita yg benar yang mana nih
    Xixixi santai saja bung smbil begadang minum kopi mantap

  3.  

    Dari kemarin ane da curiga ..pembelian C 705 kok cuma 40 biji? perasaan jumlahnya ratusan,dan tidak mungkin disampaikan disaat kunjungan pak mul ke china
    Untuk hal yang sensitif begitu harus nya yang menyampaikan ke media setingkat Menhan.
    Pak Silmy jabatan nya memang Komisaris di PT PAL dan pejabat KKIP
    Tetapi isue ini sensitif.

    Media dari taiwan ingin mengacaukan konsentrasi kerjasama indonesia dan china.
    mereka bahannya dari mana untuk berita sebelumnya?
    well apa hasil sadapan mereka ya ?

    Kok gak diungkap sekalian aja pak Moel hari terakhir kunjungan kechina mampir ke kota shenyang ,ceng du dan Hainan …apa yang ditinjau oleh pak moel ya kok gak diberitakan (incognito)
    hehehehe

    •  

      tolong permudah lagi bahsanya bung mklum org kaga skolah hehe ^^

    •  

      Bung satrio, kunjungan terakhir Pak Moel itu berkaitan dengan pesawat gen 5 china dan Hainan itu masalah maritim yg di deket natuna ya… ?

      Kalau gen 5 apakah ada jajaran dengan KFX/IFX??

      Thanks Bung…
      Salam

    •  

      Ada “sesuatu” yang memang sengaja disembunyikan untuk menutupi “jalan buntu” negosiasi ToT C705 di Indonesia …. Kayaknya Indonesia perlu alternatuf negara lain (Plan B) secepatnya ….

      •  

        ToT Rudal C 705 itu sudah berjalan kok.

        Berdasarkan nota kesepakatan yang telah ditandatangani Wakil Menteri Pertahanan Republik Indonesia dan Kepala Badan Pengembangan Teknologi dan Industri Nasional Pertahanan China. Dalam nota kesepakatan itu, disepakati lima hal pokok yakni setiap pembelian senjata tertentu harus dilakukan antarpemerintah “G to G”, alihteknologi peralatan militer tertentu yang antara lain mencakup perakitan, pengujian, pemeliharaan, modifikasi, “up-grade” dan pelatihan. Ada pula produksi bersama dan pemasaran bersama atas produk persenjataan tertentu yang disepakti. Antara lain peluru kendali C-705. Pak Poer Menhan kita sudah melakukan kunjungan langsung ke “China Precissision Machinnery Import Export Cooperation” (CPMEIC) yang menjadi pemegang proyek pengerjaan rudal C-705 pada Februari 2012 lalu.
        (Udah ah ini aja bocorannya :D)

        Mengenai pemberitaan china minta tambah uang tambahan untuk ToT itu kan bersumber dari media Taiwan. anggap aja itu cuma berita hoax 😀

        •  

          Setahu saya … ToT C705 baru tahap MoU (Memorandum of Understanding) …. belum MoA (Memorandum of Agreement) atau LoA (Letter of Agreement).

          MoA hingga kini terbatas hanya berupa pengadaan/pembelian, pemasangan, pelatihan dan uji coba C-705 di KRI kita aja …. tidak lebih !!!

          Paham-kan beda MoU dengan MoA?

          •  

            MoU kesepahaman tersebut telah ditindak lanjuti dengan kontrak pembelian “beberapa Rudal C 705” yang pengirimannya diperkirakan selesai pada 2014 ini. sementara MoA untuk pembuatan bersama Rudal C 705 ini sudah dilakukan dan Industri Strategis kita yang dilibatkan yaitu PT Dirgantara Indonesia, LAPAN dan PT. PINDAD untuk proses ToT nya. hanya produksi bersama Rudal C 705 itu ditujukan untuk memenuhi kebutuhan TNI dahulu. tidak ada yang untuk ekspor.

    •  

      @Bung Jalo
      Mungkin saja tetapi pastinya saya tidak bisa jelasin disini karena memang tidak tahu 😀
      Bung Jalo jurnalis mestinya bisa mendapatkan akses informasinya untuk itu,

      Plan B mestinya harus ada dan bisa dari ukrania,jepang dll

  4.  

    Wah…syukurlah Indonesia akhirnya bisa menguasai teknologi rudal canggih ini…
    Demi menjaga posisi indonesia tetap netral apapun akan dilakukan cina…radar maritim canggihpun udah dpasang mengawasi perairan selatan negeri ini…
    Semoga kondisi ini banyak memberi keuntungan bagi indonesia…seperti artikel bbrp hari lalu soal cerita teman kita yg nyelam d samping pangkalan angkatan laut malaysia dg mantan petinggi militer korea…
    Dia bilang Indonesia yg paling diuntungkan oleh memanasnya LCS ini…nah ini dia salah satunya!

  5.  

    Tinggal propelen saja yg belum untuk roket* yg besar…. menunggu yg diharapkan dari ukraina,apalagi ukraina mau perang lagi duh…?%**$#@#$*&

  6.  

    Plan C under way. China ga bisa terlalu jual mahal sama Indonesia.

    The foreign ministers of Japan and Indonesia have agreed to hold ‘2+2′ foreign and defence ministerial talks as soon as possible to strengthen the two nations’ comprehensive strategic partnership – a move that appears to suggest the two countries are moving to counter Chinese advances into the Pacific.

    Japanese Foreign Minister Fumio Kishida met with his Indonesian counterpart Marty Natalegawa on the sidelines of a Co-operation among East Asian Countries for Palestinian Development (CEAPAD) meeting held on 1 March in Jakarta.

    Kishida outlined Japanese plans to contribute to regional peace and stability based on “proactive pacifism”, according to a statement released by Japanese Ministry of Foreign Affairs (MoFA)

  7.  

    kalau menyangkut militer secara rahasia,saya sih setuju propaganda media, biar pada bingung asal yang sifat nya top secret yah, ya mungkin contoh nya seperti lontong kilo, benarkah indo sudah ada???
    simpang siur…itu yang saya suka…….biar tetangga kanan kiri tepok jidat…bingung benar atau ga nya..

    cuma pendapat
    maaf cucu lancang.

  8.  

    china ga jual mhal bung… tp mreka perhtungan,, hehe semua juga tau kalo cna ntu kaya ap olangna…
    memng mereka juga ada benarnya, mereka memnta yang mmg hak mereka.. mnjam buku bayar + fotokopy bayar lah… tp untuk orang2 susah kayanya cna ga terlalu mnta mhal2
    lg pula walaupun japn siap memberkan tot ke kia belum tentu lebh baek ar chna

  9.  

    Biasa itu sih trik negara luar yg ketakutan, indonesia maju dlm persenjataan militer..apalagi dg cina yg kita tau negara yg dapat menggantikan usa sebagai super power..

  10.  

    Lha mana buktinya kalau China sudah rela transfer teknologi?
    Wong dari dulu mulur mungkret kok 😀

    •  

      ini alutsista yg sangat strategis bung, gk mungkin diungkapkan smuanya secara gamblang. apalagi ini menyangkut alih teknologi alutsista yg sangat mumpuni………

    •  

      hahaha, emangnye pak pur harus ngasih bukti seabreg buat pembuktian ke ente, tentunya kalo ente SBY sih wajar2 ajah..biar aja tni dgn rahasianya, kalo berhasil bagus, kalo gagal yah,aib masak diumbar.

  11.  

    Baru dpt info,cmn mw brbagi ajah..pindad,DI,lapan lgi diaudit yg dpt tot c705 nya spa..dan untuk propelant insysAllah pindad yg dpt dgn jgka wktu tot 5 thn..

    •  

      pengen ngelihat ada suatu perusahaan negara baru yg khusus mengembangkan dan menciptakan mesin, entah itu untuk tujuan militer, seperti roket pendorong dan mesin tank , jet. ataupun sipil seperti mesin motor,mobil,,masak indonesia dapetnya assembling mulu.

  12.  

    Pernah baca dulu untuk dapat TOT kalau ngak salah INA harus beli 50 biji pertahun
    masak beli 40 biji bisa dapat Teknologi Strategis kayak gitu

  13.  

    just opini, maaf lancang 🙂

    “SENJATA YANG MEMBUAT AMERIKA (USA) TAKUT”
    Dari sekian banyak jenis alutista, ternyata ada satu jenis alutista yang membuat USA takut, terutama jika ingin mengintervensi sebuah negara yang memiliki jenis alutista tersebut, kendati USA sendiri memilikinya, yakni “Rudal Balistik Antar Benua atau Intercontinental Ballistic Missiles (ICBM)”.

    Jika kita mencoba menelusuri alasan kenapa USA hanya berani “mengecam” dan takut bertindak jika Rusia atau Cina melakukan pelanggaran, tidak seperti Irak, Afganistan yang berani diserang dengan operasi militer? tidak lain karena kedua negara tersebut memiliki Rudal Balistik Antar Benua (ICBM). Coba bayangkan jika sekiranya negara tersebut (Cina atau Rusia) meluncurkan rudal ICBM berhulu ledak nuklir ini ke daratan Amerika dan akibatnya…???? Silahkan tebak sendiri ?.

    Sebagai perbandingan, bom Atom yang dijatuhkan Amerika Serikat di Hiroshima hanya berkekuatan 22 kiloton sedangkan satu rudal ICBM berkekuatan 100-7.500 kiloton

    Rusia sendiri memiliki beberapa jenis Rudal Balistik Antar Benua, diantaranya :
    • RSM-56 Bulava (Jangkauan 10.000 km)
    Rudal ini membawa enam hingga sepuluh hulu ledak nuklir yang masing-masing berkekuatan 100-150 kiloton.
    • UR-100N (Jangkauan 10.000 km)
    Rudal ini membawa hingga enam hulu ledak Multiple Independent Re-entry Vehicles (MIRV) dengan kekuatan masing-masing 550 kiloton.
    • RT-2UTTKh Topol-M (Jangkauan 11.000 km)
    Rudal ini membawa hulu ledak tunggal 550 kiloton.
    • R-36M (Jangkauan 16.000 km)
    Rudal ini membawa sepuluh hulu ledak Multiple Independent Re-entry Vehicles (MIRV) yang masing-masing berkekuatan 550 kiloton hingga 750 kiloton.

    Sementara Cina memiliki beberapa jenis Rudal Balistik Antar Benua, diantaranya :
    • Dongfeng 31A (Jangkauan 11.200 km)
    Rudal ini membawa hulu ledak nukir termal tunggal 1.000 kiloton.
    • Dongfeng 5A (Jangkauan 13.000 km)
    Rudal ini membawa enam hulu ledak nuklir yang masing-masing seberat 600 kiloton.

    •  

      just opini, maaf lancang

      TIDAK JUGA TUH…! YANG INI MAH KECILLLLLLLLLLLL SEKALI
      CUKUP DI HAJAR DENGAN INI

      Strategic Defense Initiative (SDI)

      http://www.youtube.com/watch?v=yDCzpAuWM1w

    •  

      TERUS BAGAIMANA..??? APAKAH RUSIA DAN CHINA PUNYA
      HARP WEAPON DAN TESLA WEAPON..?

      http://www.youtube.com/watch?v=dwzlvIR-D3I

      •  

        Angel eyes……
        Kalao anda tahu harp weapon dan tesla weapon .dijelasin dong,jangan cuma bilang tidak juga ,bagaimana..tapi buatkan artikel atau jelasin apa itu tesal weapon atau harp weapon..jangan sekedar ba bi bu saja, jadibsalesbitu harus pandai menjelaskan, spesifikasinya gimana,
        Sama seperti jf sulfur. Ini bagus ini bagus tapi suruh njelasin ganti nama dan ganti jadi sales lain.

        •  

          anak “MAMA”..manja sekali…….cari saja sendiri di geogle

          •  

            anak mama nggak bisa english madam, simpen aja gih sendiri hehe.

          •  

            di google juga ada ini

            The Soviets are employing just such a scalar “death ray” weapon in Afghanistan, apparently in the noses of some of their HIND helicopters. These choppers usually fire gas rockets to camouflage the testing of the tactical scalar death ray.
            For example, they may fire rockets filled with nerve gas, and some persons will die convulsively from the chemical.

            Those hit by the scalar EM weapon, however, have a most peculiar death mode.
            Death comes-instantly and totally. There is no convulsion, no response. The entire nervous system is destroyed instantly. Every living cell in the body is killed instantly, including all bacteria, germs, etc. A body hit with this thing falls like a limp rag and lies where it falls. It doesn’t decay in even 30-45 days. In a macabre fashion, it’s been reduced to something like food irradiated with nuclear radiation; everything is killed, so the material is preserved for an extended period before any decay can set in.

        •  

          xixixixi, bung patech, masa profesor masih harus nasehatin abg seh? biar aja yang alay itu nyanyi kek, kumur-kumur kek, bung patech santai aja, kan biasanya juga komentar teknis tingkat tinggi yang bung sodorkan…. 🙂

          •  

            haaaaaaa profesor…….masa sih..??
            haaaaaaa tingkat tinggi……?……xixixixi
            tar lagi saya akan di bully sama KOMPLOTAN profesor…
            ampunnnn…gusti..

          •  

            Bung MJ…
            Kita di warjag banyak yg tidak tau bhs linggis khusunya saya pribadi apa itu tesla weapon tau saya cuman viagra , 😀

            Seperti bung nowyou jalo.sampean dan rekan warjag lainya yg sudah memberikan artikel…harusnya pedagang soto seperti angel eyes n mbah bowo yg begitu fenomenal dalam sepekan memberikan penjelasan,jangan hanya menentang tapi tak ada keterangan.

        •  

          di wiki (link) sebetulnya sudah jelas;
          Tujuan utama penelitian tersebut (=HAARP) ialah untuk mempelajari lebih jauh lapisan ionosfer dan untuk menyelidiki potensi pengembangan teknologi ionosfer untuk komunikasi radio dan keperluan keamanan.

          versi inggrisnya: untuk ‘radio communications and surveillance’

          dan lebih jauh dijelaskan;

          HAARP is a target of conspiracy theorists, who claim that it is capable of modifying weather, disabling satellites and exerting mind control over people, and that it is being used as a weapon against terrorists. Such theorists have blamed the program for causing earthquakes, droughts, storms and floods, diseases such as Gulf War Syndrome and Chronic Fatigue Syndrome, the 1996 crash of TWA Flight 800, and the 2003 destruction of the space shuttle Columbia. Commentators and scientists say that proponents of these theories are “uninformed”, as most theories put forward fall well outside the abilities of the facility and often outside the scope of natural science.

        •  

          TONJOKAN PERTAMA DARI PROFESOR PATECH….
          tar lagi menyusul yang lain…..
          dan mungkin saya duluan yang di delate sama admind baru…!

          hik hik hik …nangis dulu ahhhh

          •  

            Siapa admin baru? Sergio? 😀 ga ada admin baru, ini warungnya bung @Diego. His house, his rules

          •  

            Buatin artikel harp weapon dan tesla weapon biar nanti di posting bung sergio.. Eh diego..

            Kan sampean juga sesepeteng moto 😀

          •  

            Premannya mau kena garuk dan dipetrus sdh merasa duluan.
            Si eneng Tobat sono sblum kbnykan bacot berakhir dibalik papan

          •  

            disini sebenarnya saya netral sih cuma tersenyum geli sambil tertawa saja bung @ okelah sudah berganti nama @angel eyes kok masih saja dikenali ya… sama rekan2

            Salam NKRI

          •  

            TESLA WEAPON ?! hahahahaha ini bocah kebanyakan maen red alert ini kkkkkkkk ………

        •  

          ada baiknya para sepuh memposting haarp weapon..,or tesla weapon..
          dari dulu cuma baca,..alutsista yang konvensional melulu ..lah ngak maju2 nih …katanya ingin mencerdaskan bangsa..?

          http://www.youtube.com/watch?v=EwlziiGJIt4#t=153

        •  

          Tesla Laser Weapon System

          http://www.youtube.com/watch?v=3bEs7IvBToM

        •  

          @ ali oncom

          Amerika ternyata bukan hanya ingin menguasai dunia… tetapi juga punya ambisi mengganti peran Tuhan…

          BUKAN AMERICA SAJA TETAPI GEROMBOLAN ORANG YANG AMBISI MENGGANTI TUHAN..! dan beresiko menghancurkan dunia..
          SEPERTI PROYEK INI..

          the LHC (Large Hadron Collider)

          http://www.youtube.com/watch?v=MjHals9hDz0

        •  

          Angel eyes yg ,ngomong haarp dan tesla weapon malah nyuruh dan usulin sesepuh bahas agar mencerdaskan bangsa?
          Bener bung pateck
          Angel eyes buat artikel bahas kedua senjata itu dan LHC

          Kami siap menyimak.dan bertanya.
          Ke angel eyes yg maha tau

          Tes awal nanya dulu senjata konvensional itu maksutnya gimana ya?

  14.  

    Dalam hal TOT dan produksi dengan lisensi adalah hal yang wajar jika yg punya Hak Cipta meminta Fee dari setiap penjualan barang terkait..cuma utk berita dr Taiwan terasa janggal jika saat ini sdh ada Fee untuk Rudal C 705 yang akan di jual ke luar negeri..walaahhh utk pemenuhan dalam negeri saja butuh ratusan bh dan kapan terpenuhi masih bertahun – tahun,,,beritanya terlalu prematur,lagi pula sumber nya bukan dari Dep Han/Men Han sbg pihak yg paling pas memberikan info utk hal2 yg sensitif…

  15.  

    semoga proses ToT dan produksi rudal c-705 segera terlaksana,
    serta berharap suatu saat kelak para ahli/teknisi Indonesia bisa memodifikasi
    platform launchernya dgn basic darat untuk menjaga garis pantai..alur laut dan ZEE
    Indonesia dgn tentunya menambah daya jangkau rudal tersebut….mohon maaf kalau
    ada yg salah dari tulisan ane,

  16.  

    setuju sm bung patech..jgn cuma posting video..menuh2in layar aja..

  17.  

    gitu aja kok repot. lapan sudah py roket 300km. propelan pabriknya mau dibangun. kita buat aja lomba sistim kendali. kita py universitas yg bagus dan mahasiswanya juga pandai. robot sudah ada juara ditingkat international.
    kita harus yakin indonesia akan punya rudal sendiri dan sepanjang pantai akan ditempatkan rudal dan radar. tergantung pemerintah gmn caranya membuat alusista sendiri.Ingat membeli tidak akan membuat kita disegani.

  18.  

    Bocoran dikit nih.. ToT sedang berjalan proses kesepakatan pada tahap MoU atau MoA/LoA itu bagian spesifik dari suatu kesepakatan pemerintah.. sebenarnya pembaca harus jeli jika salah satu pejabat yg berkompeten (pejabat KKIP) saja sudah megatakan bahwa china sudah meyerahkan t3knologi C705 missile itu memang benar adanya. Sementara kemungkinan varian C705 indonesian version bakal ada penambahan 2gigit huruf di belakang.. dan benar kemungkinan besar(kemungkinannya 80%) propelan akan di produksi pindad.
    Mengenai persyaratan lain sebagai dasar ToT dimana dinyatakan media Taiwan diatas yaitu 40 rudal yg akan di beli,saya pikir itu suatu hoax yg sulit di analisa dimana rekan2 semua pasti juga tau kebutuhan rudal kita sangat banyak.. nah untuk salah satunya alasan agar dapat menghemat pembelian rudal tersebut (mengingat kebutuhan yg besar) RI mengajukan ToT tentunya dengan imbalan yg sepadan(maaf pada bagian imbalan ini juga sensitif untk dijelaskan) tetapi salah satunya dengan nominal rupiah yg menurut saya sangat wajar utk teknologi strategis dan dilindungi.. segitu aja deh.. tetapi berbanggalah dgn lapan dalam waktu dekat kita akan dibuat bangga dengan kemajuan rudalnya dgn jarak jelajah yg m3nghebohkan.. hehe.. 2-3tahun lagi deh.. doakan saja. : )

  19.  

    Trusss milih sapa?

  20.  

    berikan anak anak smk lapangan kerja sehingga ketergantungan asing dapat teratasi

  21.  

    Nyimak dulu…

 Leave a Reply