Aug 132014
 

Untuk membangun Angkatan Laut mereka yang Blue Navy, China sedang menyiapkan 10 kapal induk buatan dalam negeri, menurut Kanwa Defense Review, majalah militer berbahasa mandarin yang dioperasikan oleh Andrei Chang yang juga dikenal sebagai Pinkov, Analis militer dari Kanada.

Kapal Induk China Liaoning yang bergerak ke Laut China Selatan (photo; PLA Navy)

Kapal Induk China Liaoning yang bergerak ke Laut China Selatan (photo; PLA Navy)

Setelah Kepala Staf Operasi Angkatan Laut Amerika Serikat, Laksamana Jonathan Greenert mengunjungi kapal induk pertama China, Liaoning, yang didapat dari Ukraina, blue print dari kapal induk buatan pertama China, hampir selesai, menurut Kanwa Defense Review.

Laksamana Greenert mengatakan China mempercepat konstruksi kapal induk kedua mereka. Menurutnya kapal itu akan bergabung dengan Angkatan Laut China, dalam waktu yang tidak lama lagi.

  127 Responses to “China Siapkan 10 Kapal Induk”

  1. Mantap

  2. hebat ..

  3. kalo us pakai ktapel (alias plinteng) buat mendorong psawat , kalau russia cenderung pakai sky jump, kliatannya pakai sky jump lebih effisien

  4. kedua…

  5. Ayo pal percepat dong pkr & lanjut destroyer
    maaf lahir batin para bung admint dan para sesepuh
    salam & trim

  6. Absen yakk

  7. china tambah ngeri,….

  8. Makin agresif

  9. Bsa 10 bsar gk ya?

  10. indonesia kapan menyusul

  11. affirmative (coba pingin ngrasain )

  12. Lbh tertarik dgn berita perkembangan PT. PAL, Palindo Marine Shipyard, Koja Bahari & Industri dlm Negeri lain nya.

    Lbh tertarik dgn berita perkembangan KCR, FPB-57, PKR, BCM, LHD, LPD dlm Negeri.

  13. Indonesia tidak perlu kapal Induk,,karena kapal induk bersifat ekspansif,,,sedang doktrin kita adalah bertahan,,,apabila tidak d serang kita tidak akan menyerang,,,kapal induk sudah tidak efisien karena disamping mahal, biaya operasional yang sangat besar,,,juga kalau tidak d lengkapi teknologi yang sangatbmumpuni hanya akan menjadi sasaran serangan yang empuk,,,lebih baik indonesia meniru Iran,,memperbanyak kapal2 cepat.,murah dan efisien,,namun kapal cepat yang d lengkapi dengan senjata yang mematikan,,namanya kapal cepat tentu akan lebih enak untuk bergerak,,,apalagi indonesia negara kepulauan,,,siapkan aja kapal selam mini untuk menyerang armada kaprang musuh,,kapal selam mini sangat efisien dilautan dangkal dan d daerah kepulauan seperti Indonesia,,,musuh pasti mikir2 lah mau masuk indonesia,,,,

    • Doktrin kita sudah bukan bertahan lagi! Pre emptive strike sekarang dan seterusnya! Singapore aja Ngga Pernah punya doctrine Bertahan!! Kalau Blue Water Navy harus punya carrier..Negara besar secara politics economy militer , , ,Harus punya Navy yang kuat hebat cetar membahana. Terakhir kapan Carrier Vehicle US Navy dihajar/ditenggelamkan musuh ASU!?

      • Aku pikir, negara kepulauan itu cndrung lemah pertahanan nya (buktinya kapal kapal asing pun bebas masuk ambil ikan) contoh Indonesia dan Philipina. Kecuali sangat kuat seperti Jepang dan Inggris, itupun dgn luasnya lebih kecil. So, bisa memperkuat pertahanan dan memukul mundur itu udah sangat bagus. Gak perlu lah pake kapal induk.

  14. Indonesia minimal hrs punya 5 buah kapal induk kapan yah

  15. TNI AL dalam jangka pendek dan menengah lebih baik fokus memperbanyak kapal KCR, PKR, kapal Frigate, Destroyer, Kapal Selam, Trimaran dulu ketimbang ikut2an membuat Kapal Induk. Untuk ganti kapal induk TNI AU dapat membuat pangkalan udara di pulau2 dengan pantai yang dangkal sehingga sulit diterobos kapal selam maupun infiltran marinir pihak lawan

  16. kurang tepat,doktrin sekarang paling tepat sebelum kita diserang harus bisa menyerang atau membalas serangan ke pihak musuh yg jauh jd hrs punya kapal induk
    repot kalau negara kita diserang kita gak bisa menyerang balik/balas

  17. Mkin hngat aja kwsn LCS,Indonesia hrs brbenah dlm mngantisipasi kmungknn hal trburuk.Bukn tdk mngkn perang dunia ke 3 brawal dsni..Na’Auzubillahi Min zallik..

    • @arul…gak pd3 tapi memang kita harus siap dalam 5 tahun ke depan karena perang bukan kita yg mulai…..tapi kita di pancing untuk melesatkan yakhontnya…upz maaf oot

  18. Perbanyak Lanud2 dulu,kalo udah terpenuhi baru akuisisi kapal induk,soalnya jangkauan pespur sekarang bisa ribuan km,apalagi sekarang banyak pensil yg di desain untuk menghancurkan kapal2 besar….Lanjutkan…!!!

  19. sistim bertahan akan babak belur duluan ,tidak bis utk melumpuhkan dan menghancurkan musuh dg segera itu membuat musuh bisa menyusun kekuatan kembali dan menyerang

  20. lha wong kita punya belasan ribu kapal induk yang ngga bisa tenggelam kok pada ribut. ya biarin ajah
    kagak ngaruh :p

    • Hahaha, betul bung freaxout! Gak bakal bisa ditenggelamkan, bahkan bila hujan Dongfeng sekali pun! Saya mau jawab, ternyata keduluan anda, hihihi.

      Sebenarnya kita perlu platform mengangkut aset udara, jika terjadi seperti kasus kapal Sinar Kudus di perairan Somalia. Apakah kapal LPD sekelas KRI Banjarmasin yg mampu mengangkut segelintir helikopter dan kapal pendarat, sudah cukup? Atau perlu seperti LHD / LHA?

  21. Percepat pembangunan pangkalan militer di Natuna..lama2 mrk bisa klaim pulau Natuna msk wilayah mereka lagi..

  22. Kapal induk daya gentarnya besar negara yg jauh akan berpikir panjang sebab dg kapal induk dapat mengangkut semua autsista utk balik menyerang musuh diwilayah mereka sendiri,sedangkan klw kita cuma bertahan artinya tdk dapat mendatangi dan menghancurkan kekuatan lawan dinegaranya sendiri
    tapi semua itu hanya wacana ,dr saya perdamaian lebih penting dari segalanya

    • klo udah punya kapal induk trus mo dibawa kemana ( masak iya cuma bwt mondar-mandir sabang -merauke), trus bwt nyerang sapa? apa mau ikutan ngerusuh diukraina sana, udah kuat biaya maintenace tuh babon, udah siapin bwt para pengawal kapal induknya ato ngebiarin tuh babon ngelayap sendiri, udah siap bwt isian kapal induknya, dari pada beli induk babon mendingan beliin slava walau udah berumur tapi tongkronganya tetep bikin panas adem tetangga

    • lho katanya blog yang itu kita udah punya 2 ato 3 kapal induk, beli langsung sepaket ama isi2nya, dan pengawal2nya, ga kayak rrt yang ngeteng, bingung saya (dan sangat berharap hoax ini benar he..he..)

      • untuk sekarang membeli induk babon sama dengan buang2 duit ndak tau lagi nanti klo doktrin udh berubah, berat di ongkos perawatan, lihat j tuh thailand kapal induknya jalan cuma bwt manasin mesin doank kagak ngefek sama tetangganya

    • Kapal induknya kalau sdh ada utk ngangkut/bawa apa gan; Hawk sama Tukino?

      • Assalamualaikum wr.wb
        jangan bawa-bawa tukino bung ada cocor merah lo :v
        entar anda bisa di kambangin lagi di lautan :v
        tapi bagus juga kapal induk kalo buat angkutan mudik lebaran :v

        mungkin internal TNI lebih memilih platform LPD drpd kapal induk bung, buat angkut personel sekaligus untuk pendaratan marinir mungkin kali ya :v

  23. 10 kapal induk berarti RRT mau menyaingi jumlah kapal induk AS ya?
    Apa berarti RRT sudah mau proyeksi global, membayangi kapal induk AS di seluruh dunia?

    • Yang jadi masalah kan su 33 kopian kombat range nya setara hawk mesin ws soalnya plus pinsilnya juga ngga bisa bawa banyak. Minim 600m aslinya kalo mau jujur sama pespur

  24. Mengadakan kapal induk mudah saja bagi indonesia…saya yakin PAL bisa…tapi melengkapi isinya soal lain…cina saja masih kewalahan mengadakan pespur kapal induk….

    Kalau AURI saja masih bolong bolong skadron tempurnya tegakah kita menyerahkan tugas itu kepada ALRI yg penerbangannya hanya sbg pelengkap? Mau di taruh dimana muka swa bhuana paksa?

    Itu yg sy bilang maksimalkan yg ada ketimbang meributkan pantas tdk pantas,cocok tdk cocok,ganjil tdk ganjil karena itulah yg kita punya…sebuah alat di buat untuk alasan tertentu dan nasi yg sdh jd bubur tentu gak bs berubah lg…tinggal gmana buat bubur itu jd enak (kasih ati ayam kek,kasih telor bebek kek)

    • Dulu sudah ada maket kapal induk helikopter dari PT Pal berbasis dari kapal barang buatan PT PAL.
      Katanya orang PT PAL, kapal induk pesawat tempur susah manuver di sini karena kebanyakan laut di Indonesia itu dangkal.

      O ya, gimana tuh kabarnya, tawaran perancis soal kapal selam perairan dangkal?

  25. wew 10 sarang lebah ya,,

  26. Ijin nyimak..kalo Indonesia utk saat ini akuisisi terlebih dahulu kapal perang kelas frigrate kelas berat dan kapal perang kelas destroyer bt menjaga wilayah NKRI

  27. tapi kapal induknya ga bikin musuh takut walau ukurannya raksasa

  28. Boleh2 aja mimpi punya kapal induk.. tp yg lbh penting perlu dipikirin itu kapal utk angkut apa?? pespur di hanggar aja msh kekurangngan mlht sari luas wilayah. plus alutsista pendarat aja mash kekurangan sprt tank amfibi bmp3 dan panser2. Indonesia boleh aja mengadopsi kapal induk dgn syarat semua kelengkapan persenjataan/radar dan pespur di produksi sendiri bkn beli apalagi cm mengandalkan angggaran MEF. ngimpi tukang cendol dimusim hujan tuh..

  29. Udah banyakin midget aja, sama kasel laut dalam, lebih mematikan.

  30. bener kata orang orang tua dulu,
    Mbah pernah di kasi dongeng bahwa orang orang utara sangatlah kuat tangguh dan tak terkalahkan. mereka biasa melakukan ekspedisi penaklukan dengan sangat kejam.

    Orang orang dari utara…..hebat……………. mbah sekarang mengakui bahwa mitos itu benar.

    • Wow mbah bowo !! Pa kbar mbah…utaranya sonotan kan kita mbah..utaranya china kan rusky.mbah bru punya pulsa ya,lama ga nongol..hehe

    • telah ditemukan seorang mbah mbah bernama bowo di bawah meja. tapi dianya sedang mengigau karena kesadarannya terganagu para ahli men diagnosa beliau udah pikun. bagi yg mersa kehilangan harap segera hubungi toko loak terdekat

    • Ma’af mbah… Sy selama ini menghina anda… Tp setelah sy amati dg seksama ucapan2 anda dan melihat berita2 gilanya china membangun angkatan perang,, dan sy bertanya dlm hati… Dg kekuatan skrg yg spt ini saja sy berani bertaruh Usa tdk akn berperang vs china… Lha untuk apa china membangun militer segila ini….???
      Belum lg intel2 china N proxy2 mereka yg berkuasa d hampir setiap negara…??? Maaf klo sy sebut mereka spt yahudi.. Dimanapun dan negara manapun mereka berada yahudi akn bangga dg identitas yahudi nya..

      Tdk salah lg… Perang perebutan sumber energi untuk industri yg di dunia semakin berkurang… Yg sy pikirkan adalah : dimana posisi indonesia kelak..?? Yg menyerang atau bertahan…
      Jika bertahan,, mampukah kita…???

      Silahkan saudara2 hujat statement sy ini..
      Tp satu hal,, mari waspadai china selain Usa… N tolong.. Jgn d belokan ke arah sara.. .

      • mbah sudah lama memperediksi China akan meremukkan seluruh kekuatan armada laut seluruh negara asean hanya dalam hitungan hari.

        Ingat, hanya dalam hitungan hari. tapi kapan mereka melakukan hal itu, itu yang masih susah ditebak.

        benar-benar sulit menerima kenyataan bahwa pasukaan pasukan dari utara itu akan tiba di gerbang depan negeri kita.

  31. mbah bowo pa kabar ? lama ga muncul. kenapa mereka tak terkalahkan kan mereka juga manusia? monggo mbah dibabar

    • mbah kabarnya baek saja,
      mbah hanya sedikit berkomentar :

      adek harus percaya, mereka sangatlah kuat. yang bisa membendung mereka hanyalah kekuatan DOA agar hati mereka berubah.

      • mbah, ane cuma percaya Tuhan . kalo percaya mbah bowo namanya syirik bin musrik.
        wkkkkkk….
        a’udzubillah himinassyaitonirojim, sana mbah pergi, ane sudah kirim doa.

        • betul itu doanya bung T5x 🙂 secara kemarin kan udah 40 harinya mbah bowo :mrgreen:

          • apakah sulit anda menerima kenyataan bahwa natuna sudah di klaim china.

            Jika kita mengirimkan diplomat kita membahas perselisihan itu, maka mereka(China) akan diam saja, tidak mau mengakui ada masalah, dan beberapa tahun kemudian fregate mereka sudah ada di natuna,

            tunggu saja beberapa saat lagi.

  32. dan akhirnya…. pada tahun……….

    – Semua negara asean akan mengirimkan pesawat tempur untuk bertempur membendung armada naga dari utara sampai pesawat tempur terakhir pun dikirimkan, mereka kira sudah menang ? tidak…. armada udara Naga masih utuh.

    dan…..
    – Semua negara asean mengirimkan seluruh kekuatan armada lautnya sampai kapal corvetpun di kirim, peluru kendali bersalvo ke udara menghantam armada sang Naga, mereka kira sudah menang ? ternyata tidak,…. armada laut sang naga hanya sedikit terluka.

    dan……pertahanan terakhir
    mereka mengirimkan seluruh pasukan sampai orang terakhir, mereka kira bisa menahan agar prajurit-prajurit serigala biru dari utara itu tidak maju lebih jauh lagi ke daratan ? tidak,,,, prajurit serigala serigala biru itu tiada akan pernah habis dan tak akan pernah terkalahkan dan akan masuk ke daratan asean.

    begitulah, legenda, dan sejarah akan kembali berulang.

    dan berdoalah semoga armada laut sang naga dengan prajurit-prajurit serigala serigala biru tidak masuk ke daratan asean jikalau asean kalah di laut dan udara.

    • wa’alikasilam mbah…
      wkkkk…
      mbah
      wa’alaikanaar

    • Sejak kapan orang cina masuk asean selamet mbah? Waktu masuk vietnam abad ke 8 pasukan ekspedisi mereka pulang nama….abad 12 masuk nusantara disapu bersih…

      Cuma masuk eropa cemen mereka bs berjaya karena dasarnya orang eropa itu penakut…tapi licik….mirip sengkuni lah….

    • Dan itu semua ternyata hanya mimpi mbah…
      mbah, tangi mbah..

      • Pada awal keruntuhannya, Majapahit bahkan tidak mampu menaruh seorang adipati di Palembang karena ditolak orang-orang tionghoa yg telah tinggal disana. Kawasan ini kemudian dikuasai oleh bajak laut dari Nan Hai, mereka dipimpin oleh Liang Tau Ming, Chen Tsu Yi. Mereka ini sebenarnya diangkat Kaisar Tiongkok guna melaksanakan hukum dan mengatur perdagangan dengan China.

    • tenang mbah nanti musuh qta shkval ato mau di bulava sekalian biar balik lg ke zaman batu, he..he..
      nggak lah mbah qta ini turut menjaga ketertiban dunia, kalo mau perang amandemen dulu UUD-nya

    • dan pada akhirnya sang naga dilumpuhkan oleh 1 dari negara Asean, yaitu Indonesia dengan mengirimkan 3 armada Nyi roro kidul & Nyi blorong, 1 skuadron suster ngesot, 1 batalion kuntilanak beserta anaknya yaitu tuyul, genduruwo, nenek gayung, dengan mbah bowo sebagai panglimanya, ( kapan matinya mbah bowo )…

  33. 10 kapal induk dikalikan dengan 10 kali jumlah alutsista pendukung laut, kapal selam, kapal serang, heli dan awak, pelatihan awak, pembentukan prosedur, logistik, energi, manajemen tempur yang gak gampang

  34. waduh waduh mbah bowo ! Oalah Bowo-bowo…….kowe kok muncul maneh. soko endi wae kowe kuwi?

  35. Mbah masih hidup tho?saya kira sdh mati! Kita juga punya orang orang dari utara seperti sumatra utara,kalimantan utara dll, kita pernah mengalahkan jenghis khan dari utara yg telah menguasai seluruh china kala itu.so jangan takut jika mereka menyerang mbah berada dibelakang saya jgn lupa pake pampers ya!, supaya tdk bau pesing.he…he… Bercanda mbah!,peace…mbah.

    • KEKEJAMAN orang orang utara sangatlah masif, jahat dan sadis, itu yang terniang terdengar dan diceritakan turun temurun oleh nenek moyang kita sejak dulu.

      • mbah bowo masif dan terstruktur….takut apanya mbah sama utara?tuh dongfengnya disini malah dibuat bajak sawah

        • pengaruhnya sangatlah memukul telak, sangat sangat telak dan menghancurkan. Pasukan pasukan serigala biru dari utara sangatlah kuat dan tak terkalahkan, sekarang coba dek ARUL Mbah tanya ? kekuatan apa yang bisa membendung 10 kapal induk, ratusan destroyer dan hampir 800 fregate, dan puluhan kapal selam dari berbagai jenis. Berdoa saja semoga malapetaka dari utara tidak sampai di sini.

      • Nenek moyang kita.??? Moyang loe aj kali mbah..!!

        Maaf mbah..moyang kita Beda.. Moyang gua Pejuang, moyang loe pecundang.. Beda level mbah..

        • apa sulitnya mengakui bahwa natuna dicaplok sebagian oleh mereka, apa sulitnya mengakui bahwa negeri kita di jajah secara ekonomi oleh mereka ?

          apa sulitnya ?

          terkadang mendengar itu perlu, agar kita menjadi obat bagi pribadi kita dan sebagai pembanding bagi anggapan kita yang terkadang bisa salah.

  36. diam” Indonesia harus bikin Pensil Jarak Jauh.. Gitu aja kok Repot 😀 nyerang.. tinggal Bidik dari Langit. hehehe… Ane yakin engineer2 Negeri Ini pasti mampu. asalkan kasih Biaya yg cukup untuk mereka…

  37. pokoknya yg namanya ada wowonya itu pasti ngeyel banget gitu…?
    tenang mbah masih banyak Yonif linud kostrad yg tersebar di nusantara ini…

  38. Assalamualaikum wrwb
    hadeh koq banyak yang memuja-muja china
    gak usah jauh-jauh coba aja di adu china sama india, india kuat juga lo, plus lebih kejem india daripada china keknya :v
    kalau menurutku mau membendung china cukup pakai india saja keknya sudah cukup :v
    kalau salah ya maaf 😀
    maaf oot 😀

  39. Mbah bowo wong aneh lambene dower kakean nonton film kungfu dadine yo ngeneki wedi karepe dw

    • mbah yakin pasukan serigala biru dari utara tidak akan bisa ditahan maupun di bendung. Negeri China yang agung sangatlah gagah perkasa, pasukan militer yang terlatih berduel jarak dekat, penyerangan bersifat banzai charge dan sangat bengis.

      sudah tidak terbayangkan nasib yang akan dihadapi bila tertangkap mereka hidup hidup.

      • dek arul, natuna sudah di klaim mereka (china) tapi anehnya di forum internasional mereka malah tidak mau membahas hal itu dan menghindar, ini maksudnya apa ?

        dan tiba tiba nantinya fregate china sudah patroli di natuna. Kalau patroli armada laut kita mau mengusir fregate PLAN maka PLAN akan meminta bantuan pesawat tempur su 33 mereka yang berpangkalan di kapal induk. dan tidak lama kemudian kapal destroyer mereka datang membantu.

        apakah kalau seperti itu Armada laut kita akan mundur atau maju terus ? atau gmn ?

        serba salah kan ?

        • Assalamualaikum wr.wb
          mbah coba frigatenya di parkir di india :v
          mbah bela china saya bela india mbah :v
          sama-sama punya kapal induk :v
          tinggal di bangkitkan perekonomiannya india biar morat marit china, india juga suka invasi lo :v

  40. Cuma dua senjata yg bisa menentramkan sekaligus menakutkan musuh wlw sbnyk apapun musuh tsb. senjata tsb adlh tameng/perisai dan tombak/pedang. jika kedua senjata tsb bisa kita kuasai, tiada musuh yg sanggup mengalahkan. dijaman sekarang ini tombak dan perisai tsb sdh bermetamorfosis dan berubah dan menjelma menjadi rudal2 dan laser intensitas tinggi. tombak2 dan pedang kini menjelma mnjd rudal dan misil serta perisai pertahanan kini berganti menjadi benteng laser yg tak tertembus rudal dan misil. jika kedua senjata pusaka tsb bisa dikuasai anak bangsa Indonesia. apa yg di takutkan dari visi mbah bowo tdk akan pernah mnjd kenyataan selain Tuhan berkehendak lain. percayalah..

  41. Bangsa china jarang nyolek bangsa lain… kalo dicolek iya hehe

  42. Mbah ingin sekali lagi meyakinkan bahwa mereka (CHINA) dengan mungkin 15-20 kapal induknya di masa yang akan datang akan membuat perhitungan dengan semua negeri di sekitarnya,

    mereka sedang ingin menyatukan darat dan lautan.

  43. bung BarisanCacingLiar, sbenarnya berapa saudara sih kalian ini????

  44. “Sekuat” itukah kita sehingga bisa main buka-tutup aja Selat Malaka (khususnya); spt buka-tutup toko aja mas bro?

  45. Si mbah bowo consistent sekali statement nya… Dan cuek kalau dihina…kayak udah pernah mendapat pelatihan…who are you..

  46. Dulu nenek moyang kita penguasa Natuna..sampe batas LCS he5x…Sriwijaya…itu…masak sih kita g usah lebih hebat tapi nyamain aja udah keren…Sriwijaya mengontrol Selat malaka…Selat karimata…lau Natuna..sampe laut Cina selatan…btw..Inggris waktu PD2..mengandangkan semua kapal induknya krn ketakutan dikaramkan oleh kapal selam jerman…bayangin kasel jerman masih memburu dan menengelamkan kapal induk itu dipangkalannya…jadi wajar Indonesia sgt merahasiakan jumlah kapal selamnya…krn memang sgt strategis,…..gw lebih seneng punya banyak kasel dibandingkan kapal induk………tapi kalo ekonomi sdh oke kapal induk sih oke2 aja…

  47. Kapan giliran kita? PASTI BISA !!!

 Leave a Reply