China Siapkan 10 Kapal Induk

357

Untuk membangun Angkatan Laut mereka yang Blue Navy, China sedang menyiapkan 10 kapal induk buatan dalam negeri, menurut Kanwa Defense Review, majalah militer berbahasa mandarin yang dioperasikan oleh Andrei Chang yang juga dikenal sebagai Pinkov, Analis militer dari Kanada.

Kapal Induk China Liaoning yang bergerak ke Laut China Selatan (photo; PLA Navy)
Kapal Induk China Liaoning yang bergerak ke Laut China Selatan (photo; PLA Navy)

Setelah Kepala Staf Operasi Angkatan Laut Amerika Serikat, Laksamana Jonathan Greenert mengunjungi kapal induk pertama China, Liaoning, yang didapat dari Ukraina, blue print dari kapal induk buatan pertama China, hampir selesai, menurut Kanwa Defense Review.

Laksamana Greenert mengatakan China mempercepat konstruksi kapal induk kedua mereka. Menurutnya kapal itu akan bergabung dengan Angkatan Laut China, dalam waktu yang tidak lama lagi.

123 KOMENTAR

  1. Indonesia tidak perlu kapal Induk,,karena kapal induk bersifat ekspansif,,,sedang doktrin kita adalah bertahan,,,apabila tidak d serang kita tidak akan menyerang,,,kapal induk sudah tidak efisien karena disamping mahal, biaya operasional yang sangat besar,,,juga kalau tidak d lengkapi teknologi yang sangatbmumpuni hanya akan menjadi sasaran serangan yang empuk,,,lebih baik indonesia meniru Iran,,memperbanyak kapal2 cepat.,murah dan efisien,,namun kapal cepat yang d lengkapi dengan senjata yang mematikan,,namanya kapal cepat tentu akan lebih enak untuk bergerak,,,apalagi indonesia negara kepulauan,,,siapkan aja kapal selam mini untuk menyerang armada kaprang musuh,,kapal selam mini sangat efisien dilautan dangkal dan d daerah kepulauan seperti Indonesia,,,musuh pasti mikir2 lah mau masuk indonesia,,,,

    • Doktrin kita sudah bukan bertahan lagi! Pre emptive strike sekarang dan seterusnya! Singapore aja Ngga Pernah punya doctrine Bertahan!! Kalau Blue Water Navy harus punya carrier..Negara besar secara politics economy militer , , ,Harus punya Navy yang kuat hebat cetar membahana. Terakhir kapan Carrier Vehicle US Navy dihajar/ditenggelamkan musuh ASU!?

      • Aku pikir, negara kepulauan itu cndrung lemah pertahanan nya (buktinya kapal kapal asing pun bebas masuk ambil ikan) contoh Indonesia dan Philipina. Kecuali sangat kuat seperti Jepang dan Inggris, itupun dgn luasnya lebih kecil. So, bisa memperkuat pertahanan dan memukul mundur itu udah sangat bagus. Gak perlu lah pake kapal induk.

  2. TNI AL dalam jangka pendek dan menengah lebih baik fokus memperbanyak kapal KCR, PKR, kapal Frigate, Destroyer, Kapal Selam, Trimaran dulu ketimbang ikut2an membuat Kapal Induk. Untuk ganti kapal induk TNI AU dapat membuat pangkalan udara di pulau2 dengan pantai yang dangkal sehingga sulit diterobos kapal selam maupun infiltran marinir pihak lawan

  3. Kapal induk daya gentarnya besar negara yg jauh akan berpikir panjang sebab dg kapal induk dapat mengangkut semua autsista utk balik menyerang musuh diwilayah mereka sendiri,sedangkan klw kita cuma bertahan artinya tdk dapat mendatangi dan menghancurkan kekuatan lawan dinegaranya sendiri
    tapi semua itu hanya wacana ,dr saya perdamaian lebih penting dari segalanya

    • klo udah punya kapal induk trus mo dibawa kemana ( masak iya cuma bwt mondar-mandir sabang -merauke), trus bwt nyerang sapa? apa mau ikutan ngerusuh diukraina sana, udah kuat biaya maintenace tuh babon, udah siapin bwt para pengawal kapal induknya ato ngebiarin tuh babon ngelayap sendiri, udah siap bwt isian kapal induknya, dari pada beli induk babon mendingan beliin slava walau udah berumur tapi tongkronganya tetep bikin panas adem tetangga

      • Assalamualaikum wr.wb
        jangan bawa-bawa tukino bung ada cocor merah lo :v
        entar anda bisa di kambangin lagi di lautan :v
        tapi bagus juga kapal induk kalo buat angkutan mudik lebaran :v

        mungkin internal TNI lebih memilih platform LPD drpd kapal induk bung, buat angkut personel sekaligus untuk pendaratan marinir mungkin kali ya :v

  4. Mengadakan kapal induk mudah saja bagi indonesia…saya yakin PAL bisa…tapi melengkapi isinya soal lain…cina saja masih kewalahan mengadakan pespur kapal induk….

    Kalau AURI saja masih bolong bolong skadron tempurnya tegakah kita menyerahkan tugas itu kepada ALRI yg penerbangannya hanya sbg pelengkap? Mau di taruh dimana muka swa bhuana paksa?

    Itu yg sy bilang maksimalkan yg ada ketimbang meributkan pantas tdk pantas,cocok tdk cocok,ganjil tdk ganjil karena itulah yg kita punya…sebuah alat di buat untuk alasan tertentu dan nasi yg sdh jd bubur tentu gak bs berubah lg…tinggal gmana buat bubur itu jd enak (kasih ati ayam kek,kasih telor bebek kek)

  5. Boleh2 aja mimpi punya kapal induk.. tp yg lbh penting perlu dipikirin itu kapal utk angkut apa?? pespur di hanggar aja msh kekurangngan mlht sari luas wilayah. plus alutsista pendarat aja mash kekurangan sprt tank amfibi bmp3 dan panser2. Indonesia boleh aja mengadopsi kapal induk dgn syarat semua kelengkapan persenjataan/radar dan pespur di produksi sendiri bkn beli apalagi cm mengandalkan angggaran MEF. ngimpi tukang cendol dimusim hujan tuh..

  6. bener kata orang orang tua dulu,
    Mbah pernah di kasi dongeng bahwa orang orang utara sangatlah kuat tangguh dan tak terkalahkan. mereka biasa melakukan ekspedisi penaklukan dengan sangat kejam.

    Orang orang dari utara…..hebat……………. mbah sekarang mengakui bahwa mitos itu benar.

    • Ma’af mbah… Sy selama ini menghina anda… Tp setelah sy amati dg seksama ucapan2 anda dan melihat berita2 gilanya china membangun angkatan perang,, dan sy bertanya dlm hati… Dg kekuatan skrg yg spt ini saja sy berani bertaruh Usa tdk akn berperang vs china… Lha untuk apa china membangun militer segila ini….???
      Belum lg intel2 china N proxy2 mereka yg berkuasa d hampir setiap negara…??? Maaf klo sy sebut mereka spt yahudi.. Dimanapun dan negara manapun mereka berada yahudi akn bangga dg identitas yahudi nya..

      Tdk salah lg… Perang perebutan sumber energi untuk industri yg di dunia semakin berkurang… Yg sy pikirkan adalah : dimana posisi indonesia kelak..?? Yg menyerang atau bertahan…
      Jika bertahan,, mampukah kita…???

      Silahkan saudara2 hujat statement sy ini..
      Tp satu hal,, mari waspadai china selain Usa… N tolong.. Jgn d belokan ke arah sara.. .

      • mbah sudah lama memperediksi China akan meremukkan seluruh kekuatan armada laut seluruh negara asean hanya dalam hitungan hari.

        Ingat, hanya dalam hitungan hari. tapi kapan mereka melakukan hal itu, itu yang masih susah ditebak.

        benar-benar sulit menerima kenyataan bahwa pasukaan pasukan dari utara itu akan tiba di gerbang depan negeri kita.

  7. dan akhirnya…. pada tahun……….

    – Semua negara asean akan mengirimkan pesawat tempur untuk bertempur membendung armada naga dari utara sampai pesawat tempur terakhir pun dikirimkan, mereka kira sudah menang ? tidak…. armada udara Naga masih utuh.

    dan…..
    – Semua negara asean mengirimkan seluruh kekuatan armada lautnya sampai kapal corvetpun di kirim, peluru kendali bersalvo ke udara menghantam armada sang Naga, mereka kira sudah menang ? ternyata tidak,…. armada laut sang naga hanya sedikit terluka.

    dan……pertahanan terakhir
    mereka mengirimkan seluruh pasukan sampai orang terakhir, mereka kira bisa menahan agar prajurit-prajurit serigala biru dari utara itu tidak maju lebih jauh lagi ke daratan ? tidak,,,, prajurit serigala serigala biru itu tiada akan pernah habis dan tak akan pernah terkalahkan dan akan masuk ke daratan asean.

    begitulah, legenda, dan sejarah akan kembali berulang.

    dan berdoalah semoga armada laut sang naga dengan prajurit-prajurit serigala serigala biru tidak masuk ke daratan asean jikalau asean kalah di laut dan udara.

  8. Mbah masih hidup tho?saya kira sdh mati! Kita juga punya orang orang dari utara seperti sumatra utara,kalimantan utara dll, kita pernah mengalahkan jenghis khan dari utara yg telah menguasai seluruh china kala itu.so jangan takut jika mereka menyerang mbah berada dibelakang saya jgn lupa pake pampers ya!, supaya tdk bau pesing.he…he… Bercanda mbah!,peace…mbah.

  9. Assalamualaikum wrwb
    hadeh koq banyak yang memuja-muja china
    gak usah jauh-jauh coba aja di adu china sama india, india kuat juga lo, plus lebih kejem india daripada china keknya :v
    kalau menurutku mau membendung china cukup pakai india saja keknya sudah cukup :v
    kalau salah ya maaf 😀
    maaf oot 😀

    • mbah yakin pasukan serigala biru dari utara tidak akan bisa ditahan maupun di bendung. Negeri China yang agung sangatlah gagah perkasa, pasukan militer yang terlatih berduel jarak dekat, penyerangan bersifat banzai charge dan sangat bengis.

      sudah tidak terbayangkan nasib yang akan dihadapi bila tertangkap mereka hidup hidup.

      • dek arul, natuna sudah di klaim mereka (china) tapi anehnya di forum internasional mereka malah tidak mau membahas hal itu dan menghindar, ini maksudnya apa ?

        dan tiba tiba nantinya fregate china sudah patroli di natuna. Kalau patroli armada laut kita mau mengusir fregate PLAN maka PLAN akan meminta bantuan pesawat tempur su 33 mereka yang berpangkalan di kapal induk. dan tidak lama kemudian kapal destroyer mereka datang membantu.

        apakah kalau seperti itu Armada laut kita akan mundur atau maju terus ? atau gmn ?

        serba salah kan ?

  10. Cuma dua senjata yg bisa menentramkan sekaligus menakutkan musuh wlw sbnyk apapun musuh tsb. senjata tsb adlh tameng/perisai dan tombak/pedang. jika kedua senjata tsb bisa kita kuasai, tiada musuh yg sanggup mengalahkan. dijaman sekarang ini tombak dan perisai tsb sdh bermetamorfosis dan berubah dan menjelma menjadi rudal2 dan laser intensitas tinggi. tombak2 dan pedang kini menjelma mnjd rudal dan misil serta perisai pertahanan kini berganti menjadi benteng laser yg tak tertembus rudal dan misil. jika kedua senjata pusaka tsb bisa dikuasai anak bangsa Indonesia. apa yg di takutkan dari visi mbah bowo tdk akan pernah mnjd kenyataan selain Tuhan berkehendak lain. percayalah..