Jul 312014
 

image

China telah mengambil langkah maju untuk menantang supremasi AS di ruang angkasa setelah berhasil menguji rudal anti-satelit “non-destruktif” pada 23 Juli, seperti yang dilaporkan website Voice of Rusia berbahasa china yang merupakan siaran radio internasional pemerintah Rusia.

Menurut kantor berita resmi China Xinhua, Kementerian negara Pertahanan Nasional mengumumkan suksesnya uji coba rudal pencegat dalam “mencapai tujuan yang telah ditetapkan,” yang sumber Departemen Luar Negeri AS mengkonfirmasi dengan “keyakinan tinggi” bahwa itu adalah rudal anti-satelit yang bertujuan untuk menghancurkan target melalui tenaga tumbukan (impact) dan tidak menyebabkan ledakan.

“Kami menyerukan kepada China untuk menahan diri dari tindakan-destabilisasi, -seperti terus mevgembangkan dan dan menguji sistem perusak anti-satelit- yang mengancam keamanan jangka panjang dan keberlanjutan lingkungan luar angkasa, di mana tempat semua bangsa tergantung,” ujar Departemen Luar Negeri AS tanggal 25 Juli, lewat sebuah email ke SpaceNews. “Amerika Serikat akan terus memantau untuk memastikan sistem ruang yang aman dan tangguh terhadap ancaman ruang angkasa yang muncul.”

image

Sejak memangku jabatannya tahun lalu, Presiden China Xi Jinping dilaporkan telah meminta angkatan udara China untuk mempercepat integrasi kemampuan udara dan ruang angkasa. Selama kunjungan ke markas PLA Angkatan Udara pada bulan April, Xi berjanji pengembangan “kekuatan tempur tipe baru” yang dapat menangani keadaan darurat udara dan ruang angkasa dengan “cepat dan efektif.” Uji coba rudal anti-satelit minggu lalu adalah yang kedua di masa pemerintahan Xi, yang sebelumnya telah meluncurkan roket China sebagai bagian dari tes sistem anti-satelit pada Mei tahun lalu. Pada bulan Januari 2007, China sengaja menghancurkan salah satu dari satelit cuaca yang sudah tidak berfungsi (mati) menggunakan rudal balistik jarak menengah berhasis darat, suatu tindakan yang secara luas dikecam oleh masyarakat internasional karena meninggalkan awan yang puing-puingnya berpotensi meninggalkan bahaya dalam sabuk orbit Bumi.

image

Vladimir Evseev, direktur Pusat Ilmu Sosial Politik di Moskow, mengatakan dia tidak mengesampingkan kemungkinan bahwa tes anti-satelit China menggunakan elektronik nirkabel atau laser, yang menurut para ahli adalah cara yang paling efektif untuk menonaktifkan satellite. China mengembangkan berbagai senjata yang dapat menghancurkan atau membutakan dalam berbagai cara, termasuk menghancurkan mikro-satelit, satelit yang dapat mengelilingi satelit musuh. Evseev mengatakan, Beijing tampaknya mempersiapkan perang ruang angkasa dengan beberapa kemungkinan.

Vladimir Dvorki, peneliti utama dari Institut Hubungan Ekonomi Dunia dan Internasional di Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia, mengatakan komentar AS tentang pengujian China mencerminkan ketakutan atas China yang membuat terobosan di sektor ruang angkasa, dan khususnya kemampuan China mengembangkan senjata anti-satelit yang dapat menghancurkan kemampuan AS untuk mengontrol militer dengan satelit. (asiandefencenews.com).

  45 Responses to “China Sukses Uji Rudal Anti-Satelit”

    • Salam hangat bung Daneva..! Mohon maaf numpang di ruangnya. Saya mau tanya untuk semua teman-teman, mungkin ada yang tahu alasan di sebalik absennya Indonesia dalam Latma Pitch Black 2014. Sengaja gak ikut atau karena gak diundang ya, mengingat sampai saat ini hubungan Indonesia-Australia belum kembali pulih seutuhnya. Pitch Black 2014, dimulai hari ini, 1 Agustus-22 Agustus 2014 di Australia. Dalam latma kali ini, selain Indonesia, Malaysia juga turut absen. Berita yang saya peroleh dari Dephan Malaysia, faktor ketidaktersediaan anggaran adalah faktor utama penyebabnya. Negara Asean yang ambil bagian dalam acara dua tahunan ini yakni hanya Singapore dan Thailand yang mengantar JAS Gripen 39 terbarunya. Terima kasih, salam..

      • Gra2 Hubungan mliter masih dbekukan klo nda slah

        • Plus di dalem lagi siaga 1 plus plus, lagian nga ada point signifikan kalo kita ikut. Paling sama kayak kemarin. Asu ya ngga bakalan ngeluarin raptor, aushit juga paling super kornet, jin plastiknya ngga bakalan di keluarin nanti mal praktek eh mal pungsien.

          • yah klo ikutan kan bisa sekalian uji coba F-16 52ID kemaren yang beru dateng apalagi F15 upil ikutan juga, kan lumayan bisa bertarung dengan F15 upil. kira2 bisa gk f-16 52 ngeladenin f15 singapur

          • Oh jelas bisa, lha wong blok 40 aja bisa ngayamin blok 52 singaparna yang nota bene mirip punya nato. Sebenernya yang paling keren yang ngga pernah di bahas adalah foto plengker kita jalan bareng sama kornet sonotan. Ngga ada extra fuel loh. Dari makasar sampe darwin, berapa rb kilo tuh satu flight, Itu yang bikin sonotan bergidik. Kalo berangkat dari merauke bawa bensin cadangan sekali refueling bisa pp canberra loh. Dan yang blok 52id juga mirip. Jauh banget jalannya biar ngga cepet rtb kalo jalan ama plengker

      • Maaf bung Yayan, saya OOT soal ini. Saya hanya pembaca tulisan bung Yayan…. saya hanya bisa bagi ini ya (Majalah Combat Monthly, Edisi Terbaru … 🙂

        http://bse.welizon.com/combat-montly-vol-15-no-8-aug-2014.html

  1. Akhirnya dpt no. 1

  2. Ea.. sudah lama..

  3. Good

  4. selamat buat negeri jin,,

  5. buset dah

  6. Affirmative 😈

  7. iyin nyimak

  8. China sudah mampu bikin rudal anti satelit lha RHAN punya LAPAN kapan jadi produksi masalnya yaaaa…..

  9. Asu dah mulai was2…

  10. waduh..kita blm produksi satelit, Cina udh buat penghancurnya.

  11. Hanya bisa melongo lihat negara lain sedemikian majunya kapankah negeri yg namanya Indonesia yg ku cintai ini akan bisa sejajar dengan mereka ngarep mode on

  12. Pre emptive yak

  13. Satu lagi dari china….kapan kita…???

  14. <:D
    ?) siap !!!
    _||_ Komandan !!!
    Segera kembangkan r-han 4 digit…..

  15. Setahu saya tiongkok dah beberapa tahun lalu berhasil mengujicoba rudal penghancur satelit !!?
    Apa ini pengembangannya yang terbaru ? …
    Mohon pencerahannya ….

  16. Apakah perkembangan teknologi rudal yg kyk ginian udah dipikir ama presiden baru kita yak, hehehe.

  17. Berita tahun sebelumnya ketikw china uji coba pertama kl penembakkan satelit,,,diberitakan bahwa china sdh masuk tim elit yg bisa menembak satelit dar bumi, dgn sistem control yg rumit china sdh mampu menunjukkan kemampuannya mengikuti kemapuan ASU & Rusia,,,ini makin baik dimana makin bnyk negara yg bs menembak satelit makin mengurangi kepongagan ASU dkk,,selamat kpd negeri panda atas prestasinta dlm pengemangan rudal anti satelit,,RI akan menysulmu kelak,,he he he,,

  18. Mending kita curi satelitnya trus kita tukar sama indosat tp satelit punya asu saja ok para sesepuh

  19. ada hadist yg mengatakan…TUNTUT LAH ILMU SAMPAI KE NEGERI CHINA…berarti peradaban lebih maju d dunia..INDONESIA yang kita cintai ini..wajib hukum nya blajar ke CHINA..analisis dari beberapa abad yg lalu.

  20. ada hadist yg mengatakan…TUNTUT LAH ILMU SAMPAI KE NEGERI CHINA…berarti peradaban cinalebih maju d dunia..INDONESIA yang kita cintai ini..wajib hukum nya blajar ke CHINA..analisis dari beberapa abad yg lalu.

  21. Kita gak muluk2 pengen punya rudal yg bisa menjangkau malon, sonora, sonotan dah cukup deh..

    Semoga 5 tahun kedepan udah bisa..

  22. Makin Tertinggal aja nih kita…

  23. ahhh..itukan cm pujian kosong amerika saja,sebenarnya amerika sdh tahu klo china tdk lah sehebat itu..mustahil gtu loh,bisa tp blm utk waktu yg lama,nah lain cerita klo amerika punya teknologi br bs dipercaya..indonesia saja msh percaya produk amerika,blm ada pejabat2 dephan yg mau berjudi dgn membeli pswt tempur china,kapal selam china dll..jd indonesia saja secara tdk langsung tdk tertarik teknolodi alutsista “bajakan” made in china..
    bisa jd amerika punya kemampuan tersembunyi,hanya dgn satu kali “klik” saja,maka semua alutsista musuh yg berpandu satelit menjadi malfungsi,bahkan jaringan komunikasi musuh pun bs saja di istirahatkan oleh captain amerika hehe

  24. Si Kowi taunya cmn drone, bisa2 semua alutsista kita diganti drone semua biar hemattt, hehehe.

  25. Mantab..suatu teknologi yang luar biasa. Selama ini asu yang terlalu mengandalkan satelit untuk mata2 dunia n peralatan perangnya jd ketar ketir..jika satelit ancur mereka akan “buta” kembali ke senjata tradisional lg..he..paling g kekuatan dunia tdk ada yg mendominasi. Nusantara tetap jaya..

  26. Jokowi pasti bisa asal ndak gengsi bertanya dan pertimbangan dari Bapa SBY, jgn sama mega ya? Kalau partai ya boleh ama mega hehehe

  27. Justru itu bung, yg namanya maniak itu tdk terkendali. Macem si bush. Saking maniaknya perang sampe gak sadar negaranya nyaris bangkrut gara gara dia. Maaf kl ngawur, analisis tukang ojek..

  28. “Pada bulan Januari 2007, China sengaja menghancurkan salah satu dari satelit cuaca yang sudah tidak berfungsi (mati) menggunakan rudal balistik jarak menengah berhasis darat, suatu tindakan yang secara luas dikecam oleh masyarakat internasional karena meninggalkan awan yang puing-puingnya berpotensi meninggalkan bahaya dalam sabuk orbit Bumi.”

    RRC memang main beringas ya, tidak peduli lingkungan. Biasanya satelit mati akan dibiarkan jatuh ke bumi sehingga musnahnya terbakar.

    Semoga RI menjadi negara yang lebih beradab dan mampu melindungi dirinya sendiri tanpa collateral damage.

    Apakah ada roadmap RI terkait hal ini ya?

  29. jangan ngermehin org sipil gk ngerti militer lho…Bung karno sipil kan? Hitler jg. Saddam Hussein?..IMO …JKW satu2nya gubernur Jakarta yg perduli sama pertahanan Ibukota.[ artikelnya pernah ada di JKGR kan?] .garasi tank d bawah monas, landasan darurat pesawat tempur di kemayoran, jagorawi. tempat pendaratan tank marinir di jakrta utara…pdhal htung aja berapa jendral yg udh pernah jadi gubernur DKI?..tp gk kepikir mereka..JK jg kan yg ngangkat harkat PT.Pindad melalui panser Anoa?…bukan saya belain Jkw. tp liat dulu kerjanya.siapa tau besok belanja alutsistanya gila2an?..ntar jd dipuji2..? kan bisa tanya klo gk ngerti. klo dh presiden kan bsa tanya k jendral siapa aja, gk hrs sama TBH..kmaren mau bikin sodetan Cisadane tp bgtu liat ke lapangan n di jelasin Rano karno ..jg rencananya di batalin..jd jkw gk ngotot klo dah punya mau, msh mau d koreksi n terima pendapat orang..

  30. tenang aja, kita juga gak kalah. senjata tradisional kita lebih ampuh kog. Ada lesung terbang, keris terbang, leak, paku dan silet buat tenung dll. Lagi ilmu gendam, bisa menggerakkan satelit musuh sesuai kehendak penggendam, lalu ilmu sirep buat menidurkan operator alutsista musuh.

    kita sukanya gitu deh, kecewa kalau negara luwar punya maenan baru tp kita blm punya.

  31. Hahahahahahahahah…….

    china mantap…..

    ditiru….diperbaharui…….
    memang is the best……..
    kita gigit jari aja dulu la…..

 Leave a Reply