China Tawarkan $870 Juta Kepada Perusahaan Swasta Untuk Riset Peralatan Militer

23
6

China menawarkan investasi senilai 6 miliar yuan ($ 870 juta) untuk penelitian peralatan dan senjata kepada perusahaan dan lembaga swasta di China, agar bisa meningkatkan integrasi militer dan sipil serta meningkatkan teknologi Angkatan Bersenjata China, seperti dilansir dari Defense World.

Departemen pengembangan peralatan yang ada di Komisi Militer Pusat mengeluarkan sebuah panduan di situsnya yang mengatakan bahwa sebanyak 2.000 proyek akan didanai dalam rencana anggaran tahun ini.

Global Times dalam artikelnya yang terbit pada hari Senin mengutip pernyataan yang dibuat oleh Zhuangbei Keji, sebuah akun WeChat yang berafiliasi dengan surat kabar Tentara Pembebasan Rakyat (PLA).

Situs tersebut juga menerbitkan sebuah proyek tentang adaptasi temperatur propelan padat, yang telah dialokasikan sebesar 1 juta yuan ($ 145.000). Menurut seorang pakar angkatan laut, perusahaan dan lembaga swasta yang terlibat dalam penelitian teknologi militer dapat membantu mengurangi biaya.

“Mengajak perusahaan swasta, untuk terlibat dalam penelitian teknologi militer supaya dapat menghemat biaya pengembangan serta meningkatkan integrasi militer-sipil supaya bisa membantu meningkatkan teknologi militer”, menurut Li Jie, seorang pakar angkatan laut yang berbasis di Beijing.

Pada bulan Februari tahun ini, Komisi Militer Pusat merilis dokumen untuk meningkatkan peran serta sipil dalam pengembangan senjata, dengan memperkenalkan serangkaian tindakan untuk meliberalisasi dan mengatur sektor senjata, termasuk mengurangi batasan jenis-jenis senjata yang boleh dikembangkan oleh perusahaan swasta dan proyek komersial untuk pengadaan peralatan militer dalam industri kedirgantaraan.

23 COMMENTS

  1. Kalo pemerintah indonesia menawarkan hal serupa jangan sekali kali diambil. Berbahaya. Kalo risetnya tdk sesuai harapan hasilnya siap siap anda masuk penjara dengan sangkaan korupsi. Mau nasib anda seperti p dasep ahmad? Yg riset mobil listriknya gagal karena tdk lulus uji emisi? Mau ..mau

  2. Industri pertahanan biasanya terkait dengan beberapa hal yang menyangkut rahasia militer negara. Mempercayakan kepada pihak swasta memang menguntungkan karena swasta biasanya kompetitif dalam semua lini, mengingat mereka sangat tergantung pada profit da yang menjamin lancarnya profit adalah reputasi. Reputasi dibangun dari kualitas yang diproduksi berbanding dengan waktu (banyaknya barang berkualitas yang bisa diproduksi dalam suatu rentang waktu)

    Tapi apakah swasta bisa dipercaya untuk melindungi beberapa aspek rahasia terkait dengan barang yang mereka produksi? Lawan negara selalu mempunyai mata dan telinga.

LEAVE A REPLY