Aug 102017
 

MLRS AR3 (photo : Defence blog)

China akan menawarkan peluncur roket canggih dan sistem radar kepada Malaysia, dengan basis di Johor, yang mencerminkan hubungan pertahanan dan perdagangan yang semakin luas antara kedua negara di kawasan Laut Cina Selatan, ungkap beberapa sumber kepada The Malaysian Insight.

Tawaran murah dengan bunga rendah akan dilakukan oleh delegasi tingkat tinggi yang dipimpin oleh utusan khusus Presiden China Xi Jinping yang mengunjungi Malaysia untuk peluncuran East Coast Rail Link besok.

“Hingga 12 unit sistem peluncuran roket AR3 (Multiple Launch Rocket System) akan ditawarkan ke Malaysia dalam program pembelian dengan jangka waktu pinjaman 50 tahun,” kata seorang sumber kepada The Malaysian Insight.

MLRS AR3 (photo : Defence update)

“MLRS yang memiliki jangkauan paling jauh 220km, akan berlokasi di Johor dengan sistem radar,” tambah sumber tersebut, mengkonfirmasi laporan The Malaysian Insight pada April lalu.

Malaysia sebelumnya telah menandatangani kesepakatan untuk membeli empat kapal littoral mission dari China, pembelian paling signifikan dari Kerajaan Tengah yang dipandang sebagai pukulan bagi produsen pertahanan dari Barat.

“Pandangan dari Beijing adalah Malaysia sangat penting bagi perdamaian dan stabilitas di kawasan ini,” kata seorang diplomat regional kepada The Malaysian Insight.

Sistem peluncuran multi roket AR3 adalah sistem roket artileri, yang dikembangkan oleh Norinco China yang khusus untuk pasar ekspor dan pertama kali diperkenalkan pada tahun 2011.

Situs militer-today.com menggambarkan AR3 sebagai MLRS paling kuat di dunia yang mampu meluncurkan roket konvensional dan roket berpandu.

Portal militer tersebut menyatakan AR3 adalah sistem roket multi-kaliber dengan dua tabung dan empat tabung peluncur dengan roket 370 mm, atau lima tabung peluncur dengan roket 300 mm.

AR3 menggunakan basis angkut truk Wanshan WS2400 8×8. Truk yang sama yang digunakan untuk sistem roket peluncuran berkaliber Cina yang paling baru.

Sumber tersebut mengatakan sistem pertahanan udara dan radar di bagian selatan semenanjung Melayu bisa menjadi titik yang menyakitkan bagi Singapura, dimana China menganggapnya sebagai proxy Amerika Serikat di wilayah tersebut.

Malaysia dan Singapura berada dalam pakta Five Power Defense Arrangement (FPDA) namun keduanya secara perlahan membangun aset pertahanannya dan telah memiliki beberapa masalah mengenai kontrol wilayah udaranya.

FPDA didirikan Inggris, Australia dan Selandia Baru untuk membela Malaysia dan Singapura selama periode Perang Dingin.
The Malaysia Insight

  15 Responses to “China Tawarkan Peluncur Roket AR-3 Kepada Malaysia”

  1. Peluncur roketnya aja yg ditawarkan. Roketnya gak ditawarkan. Suruh buat sendiri atau pesan ke Indonesia.

  2. Hahaha.iya betul juga kata bang Ruskey

  3. semburan api roketnya bisa buat bakar jagung satu kwintal dlm sekejap

  4. mengkali dibarter ama minyak sawit jg tuh

  5. Jgn2 delai dn salah arah seperti yg sdh2

  6. Wuih penggemar produk China si tetangga jaguh!

  7. wanjirr…. perbatasan negara jaguh dilego sama barang kw super. pantesan kagak ada protes…

  8. borongg..

  9. Indonesia beli gak yah untuk jangkauan di 200km?….lumayan utk ditaruh diatas geladak kapal kayak si vampire…xiixixixix..

    • Astros sudah bung , jangkauannya +- 300 km , dan malaysiapun juga sudah punya sebelumnya .
      hanya saja pembelian MLRS untuk Indonesia adalah mendapatakn ToT dari Avibras, Brazil
      dan MLRSnya “harus” dicoba “dipaksakan” untuk bisa “menerima ” roket buatan dalam negeri ,
      denger-dengernya sih RHAN yang setype,

      karena Indonesia membeli barang , g mungkin untuk mendapatkan profitablility-nya dari alutsista tersebut karena akan digandengkan dengan tehnologi dari RI sendiri ….

      masih ingat kan , beli su35 ketengan , ngeyel setengah mati mulai tahun 2012 wacana ,

  10. Ah Indonesia sudah punya dari Brazil ples RHan. ga cuma 220 km, tp sampe 300 km dan buanyak… ga tau kan Indonesia bakal bikin berapa banyak…

  11. wah saingan atros nih

  12. Apakah Anda mencari investasi dan pinjaman pribadi? Cari tidak lebih karena Anda berada di tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! NICALEX FINANCIAL loan Company memberikan pinjaman kepada perusahaan dan perorangan dengan bunga rendah dan tingkat bunga 2%, silahkan hubungi kami via e-mail via: (nicolealex8n@gmail.com)

    APLIKASI DATA

    1) Nama:
    2) Negara:
    3) Alamat
    4) Jenis Kelamin:
    5) status perkawinan:
    6) Tanggal Lahir:
    7) Agama:
    8) Pekerjaan:
    9) Nomor Telepon:
    10) Posisi di tempat kerja:
    11) Pendapatan bulanan:
    12) Jumlah pinjaman yang dibutuhkan:
    13) Durasi pinjaman:
    14) Tujuan Pinjaman:
    15) Sudahkah anda melamar sebelumnya:

    Terima kasih.

 Leave a Reply