China Terima Lagi Dua Korvet “Submarine Killer”

17
6

Angkatan Laut China menerima lagi dua korvet anti kapal selam Jiangdao class. Kedua korvet dengan kemampuan “Submarine Killer” ini dilengkapi dengan perangkat depth sonar system dan towed array sonar tercanggih.

Berperan sebagai kapal pemburu kapal selam, korvet Jiangdao class dipersenjatai dengan enam peluncur torpedo ringan dan helikopter Z-9C. Korvet juga dipersenjatai dengan empat rudal anti-kapal YJ-83, meriam utama kaliber 76 mm, dan rudal pertahanan jarak dekat HQ-10.

Korvet berbobot 1500 ton ini semakin mendongkrak kemampuan peperangan anti kapal selam China yang selama ini masih dianggap memiliki kelemahan pada sektor ini.

China kini semakin fokus pada kemampuan anti kapal selam, terutama untuk mengimbangi ancaman dari serangan kapal selam diesel elektrik di Laut China Timur dan Laut China Selatan.

Armada kapal selam di kawasan Asia Tenggara tumbuh pesat di masa depan. Vietnam, negara penuntut Kepulauan Spratly sudah memiliki enam kapal selam diesel elektrik improved Kilo yang bisa menjadi ancaman potensial bagi China.

Kapal selam dianggap sebagai aset kekuatan laut yang sangat berharga bagi negara-negara yang memiliki kekuatan militer yang lebih lemah. Apalagi menghadapi konflik di Laut China Selatan yang semakin memanas, kapal selam adalah pilihan yang paling ampuh.
.

17 COMMENTS

  1. Kalau di ibarat kan industri komputasi, kita baru sekedar buat casing bro. Kita belum mampu utk buat cpu, ram, vga, dll.
    Jgn lupa teknologi militer itu sejalan dgn teknologi militer, dlm hal ini saya maksudkan penelitian. Contohnya amrik, korea, rusia, jepang, finland, china dll punya segudang perusahaan yg memproduksi dan paten teknologi chipset, sensor, dll.
    Yg saya maksudkan kalau industri teknologi sipil bs mandiri, otomatis militer pun pasti mandiri. Kalau mental masih impor dan franchise gmn mau maju?

  2. Buat ngeburu Kapal selem siapa?
    Indonesia?Ngapain?cuman 2 doang dn sdh angkatan catatan si boy edisi pertama…wkwkwk…
    Ngeburu yg meley?hayyyaahhhh…lebih ga usah lagi…
    Paling banter ngeburu yg vietnam ama jepang…hehehe

LEAVE A REPLY