Mar 102017
 

Armada kapal induk tidak akan pernah tenang dari serangan diam-diam kapal perang permukaan, apalagi dari serangan kapal fast attack craft (FAC) trimaran yang cepat dan stealth.

Beberapa waktu lalu China menyatakan tidak akan menghentikan pembangunan kapal fast attack craft dengan lambung trimaran.

Dirancang dengan struktur yang minim jejak visual dan radar, serta lambung trimaran dengan dek yang luas membuatnya mampu menggotong 8 rudal anti kapal YJ-83. Kapal trimaran Fast Attack Craft (FAT) China yang berkecepatan tinggi, lebih 36 knot bisa menjadi mimpi buruk armada kapal induk musuh.

Belasan kapal rudal trimaran yang menyerang serentak dengan tembakan berondongan rudal anti kapal supersonic YJ-83 bisa menghancurkan atau minimal membuat kerusakan berat armada kapal induk musuh.

Meski mungkin akan mengalami kehancuran total, dihitung dari nilai strategis – kehilangan kapal induk yang sangat rumit dan mahal pembuatannya dibandingkan kehilangan belasan kapal fast attact craft, jelas merupakan kerugian sangat besar bagi musuh.


Desain kapal trimaran rancangan China Shipbuilding Trading Company pada acara IDEX 2017

Namun bukannya tanpa kelemahan, fast attack craft rentan dari serangan udara dan bawah laut. Dengan dimensi dan senjata pertahanan yang masih terbatas, kapal FAC menghadapi bahaya dari pesawat tempur dan kapal selam musuh.

Untuk meminimalkan kelemahan tersebut, China tidak pernah mengirimkan kapal fast attack craft trimaran beroperasi jauh dari kawalan kapal perang permukaan yang memiliki senjata pertahanan yang lebih lengkap.

Author : Muhidin

 Posted by on Maret 10, 2017