JakartaGreater.com - Forum Militer
Jun 092018
 

Sebuah gambar yang menunjukkan model Dark Sword UCAV skala penuh atau demonstrator teknologi beredar di situs web Cina dan media sosial sejak 5 Juni 2018. Sumber: Via CJDBY.net

Jakartagreater.com, Sebuah gambar dari apa yang tampaknya menjadi model skala penuh atau demonstrator teknologi dari Aviation Industry Corporation of China (AVIC) kendaraan udara tempur tak berawak (UCAV) An Jian (Dark Sword) muncul di portal berita online Cina dan media sosial di 5 Juni 2018 – hampir 12 tahun setelah model konseptual platform terungkap pada pameran Airshow China 2006 – memicu perdebatan tentang status pengembangannya, dirilis Janes.com, 7-6-2018.

Foto yang tidak bertanggal menunjukkan latar belakang sebuah badan pesawat yang besar, memanjang, berwarna gunmetal dengan permukaan canard dan asupan udara mesin ventral yang mengadopsi desain Supersonic Inletless (DSI).

Karakter Cina untuk ‘dark’ dan ‘sword’ jelas terpampang di platform di sepanjang sisi sisi pemasukan udara, meskipun gambar tidak menangkap sisa badan pesawat di luar bagian tengahnya, kecuali untuk melihat garis vertikal ekor yang miring. Selain itu, tepi gigi gergaji dapat dilihat di pintu roda pendaratan sisi depan Dark Sword sebelum sisa kendaraan udara keluar dari bingkai.

Detail dimensi dan kemampuan fisik UCAV tetap dirahasiakan, tetapi estimasi visual menggunakan hitungan dari 19 orang berjajar di latar depan – mungkin tim teknik Dark Sword – sebagai penanda menunjukkan bahwa platform setidaknya memiliki panjang 12 meter.

The Dark Sword UCAV dipahami sebagai upaya oleh AVIC’s Shenyang Aircraft Design Institute (juga dikenal sebagai 601 Aircraft Design Institute) untuk mengembangkan highly manoeuvrable supersonic unmanned air superiority atau platform deep-strike.

Dikatakan, konsep operasi awalnya dibayangkan untuk kendaraan udara diyakini telah berevolusi sejak debut publiknya pada tahun 2006 untuk memasukkan aplikasi lain yang lebih ramah seperti demonstrator untuk desain pesawat berawak canggih dan kontrol penerbangan highly survivable, target udara kecepatan tinggi untuk pelatihan dan penargetan pertahanan udara.

Sejarah Dark Sword

Unit tempur China yang misterius, Dark Sword atau Anjian dalam bahasa China, mungkin akan menjadi pesawat nirawak atau drone supersonik pertama di dunia, ujar lembaga penyiaran China, CCTV di tahun 2014, dirilis Viva.co.id, 25-11-2014.

Laman wantchinatimes, pada 24 November 2014 mengatakan Dark Sword sudah mulai mencuat sejak 2006, saat konsep pesawat dengan bentuk segitiga yang tidak biasa itu diperkenalkan dalam pameran Zhuhai Airshow, di Provinsi Guangdong.

Model drone milik China itu juga dipamerkan pada Paris Air Show, namun menghilang pada pameran-pameran udara selanjutnya. Tidak ada pernyataan resmi tentang pengembangan drone itu, dan sejumlah pihak menyebut proyek dihentikan karena kekurangan dana.

dok. Model Dark Sword. (photo: FYJS.CN)

Pakar penerbangan China, Fu Qianshao, mengatakan pada CCTV kala itu bahwa dia tidak mengetahui status proyek Dark Sword. Namun dia menyebut tidak akan terkejut, jika proyek itu masih dikembangkan secara rahasia, dan telah menjalani penelitian lanjutan serta uji terbang.

Laman Daily Mail menyebutkan pengembang Dark Sword, mengatakan fokus utama pengembangan drone itu adalah kemampuan supersoniknya. Kecepatan tinggi, disebut untuk memenuhi tuntutan unit tempur yang sulit dideteksi, dan kemampuan manuver.

Kini UCAV An Jian (Dark Sword) muncul lagi bukan dalam bentuk model display, melainkan lebih seperti demonstrator teknologi yang akan terus dikembangkan.

Bagikan :

  27 Responses to “China Terus Kembangkan UCAV Dark Sword”

  1.  

    Sehebat apapun china tetap aja itu barang riset dan akan mudah hancur negaranya karena politik rakus bergaya sombong

    😎

    •  

      Tapi tiongkok masih ada kemauannya utk maju broo, dr pada negara ariev w yg suka ngemimpiii

      Hahhaahaaaa

    •  

      Rakusnya dimana,sombongnya apa coba sebutkan?

      •  

        Mengeklaim wilayah LCS tanpa dasar yg jelas bahkan udah diputuskan sama pengadilan internasional dan masih tetap ngeyel. Salahnya USA ngasih hak anggota tetap DK PBB dari Taiwan ke China. Harusnya jangan dikasih itu biar kena embargo. Gak akan berkembang seperti sekarang tuh China.

        •  

          Hermanto kw & agato lg tdk bekerja untuk mmpertanyakan mengapa msh dirahsiakan aming lee pria rahasianya trsebut.

          Hahhaahaaaa

          •  

            pria yg di rahasiakan amingle itu tuyulnya huha…
            xixi…

          •  

            Eallaaaahh, loe kagak percaya aming lee punya priaa yg msh dirahasiakannya, loe tanya saja ke aming lee mengapa msh dirahasiakannya, apakh atut krna istri sang pria, apakah atau krna keluarga sang pria atau atut krna tau publik?.

            Tapi yg penting loe tanyakan saja mengapa msh dirahasiakannya

            Hahhahaaaa

        •  

          Namanya aja laut China Selatan bukan laut Vietnam

          •  

            Penamaan laut itu untuk menunjukkan lokasi geografis bukan hak kepemilikan. Belajar Geografi dulu sana. Hhhhhhhhhh

        •  

          Sekrg dah kadung ya gato gdp nya dah no 2 didunia ,produknya dah banjiri dunia,tapi tenang usa msh mimpin microchipnya didunia jika China dah mampu buat microchip canggih sendiri ya usa bye bye ga ada keunggulannya ,,,

          •  

            Kalo gitu China belajar buat sistem operasi aja dulu, masak iya mau pake Windows,Linux Ama Android Mulu. Hhhhhhhhhh

          •  

            kemana saja tiongkok maka blm bisa juga mmbuat microchip, sedangkan uni sovyet dulu saja sudah masuk tahap uji coba, yg microchip trsebut ditanam ke burung sbgi uji coba, kemudian diuji coba ke tawanan gulag, tapi tawanan gulagnya lari pula yg berinisial H KW brtetangga dgn D, kini msh dlm incaran jimsul

            Hahhaahaaaa

          •  

            Itu mickrochip apakah chipset ya bang? Sepertinya sudah ada jika kita melihat produk huawei dgn kirin, dan xiaomi dengan surge, tetapi yang memdominasi saat ini masih mediatek dr taiwan di entry level dan snapdragon dr amerika di flagship ,itu semua yang berbasis ARM, seperti kebanyakn drone mobil canggih menggunakan chipset intel yg berbasis x86, meskipun di masa mendatang varian chipset dr ARM akan menguasai pasar jika melihat segmen Pc sekarang sudah ada varian yg menggunakan ARM kemungkinan akan juga di gunakan oleh drone militer , seperti proyek ambisius AMERIKA yg di dukung oleh GOOGLE sebagai salah satu developer sistem ARM. salam kenal warjager.

          •  

            yg dimaksud hermanto kw microchip yg blm bisa dikembangkan tiongkok.

            tapi gue curiga yuli cs mungkin ikut ambil bagian mmberikan pertanyaan ke aming lee, mengapa msh dirahasiakannya pria trsebut

            hahhaahaaaa

      •  

        Usa ada izin ga buat pangkalan di Suriah dan Iraq dari pemerintah yg sah

        •  

          Itukan pangkalan gak permanen. Lagian itu juga kecil. Beda Ama yg di Spartly dan Paracel. Itu si China dah ijin Ama PBB belum, kan hak pengakuannya ditolak Ama pengadilan internasional. Hhhhhhhhhh

      •  

        Sengketa di perairan Natuna itu jelas memperlihatkan arogan china ketika petugas mau nangkap pencuri ikan asal china tp dihalangi cost guard mereka.

        Itu belum termasuk hinaan cito chipeng pada Indonesia

        😎

  2.  

    Harga promo khusus menyambut hari raya, beli 2 gratis 1 besok2 harga naik!he3

  3.  

    Kalo liat foto nya, saya jadi bayangin waktu mereka di stand expo pameran senjata sedang menawarkan produknya “ayo kakak dibeli kakaaak UCAV nya kak anti tembus kakaaakk”.

    Ahh suwek lah

  4.  

    Di ucav China 3 besar dunia ,jika supersonik itu yg pertama didunia

  5.  

    Lha usa dpt izin dari PBB ga serang Irak,Afgan,Libya,Suriah?

 Leave a Reply