China Terus Produksi Jet Tempur J-15

Jakartagreater.com – Gambar yang diterbitkan oleh media China pada 7 Oktober telah memperlihatkan kemungkinan bukti lebih lanjut bahwa pabrikan Shenyang Aircraft Company (SAC) telah melanjutkan produksi pesawat tempur multiperan berbasis kapal induk J-15, dengan setidaknya dua pesawat dari batch ketiga sekarang dikonfirmasi sudah dalam pelayanan, lansir Janes.

Salah satu gambar, yang dirilis oleh situs web China Military Online yang memperlihatkan dua pesawat tempur J-15 yang melekat pada PLA Naval Aviation University sedang meluncur selama kursus pelatihan yang diadakan pada akhir September.

Salah satu jet tempur memiliki nomor produksi ‘0206’ – yang menunjukkan bahwa itu adalah bagian dari batch kedua – sedangkan yang lainnya memiliki nomor ‘0306’: indikasi bahwa itu termasuk dalam batch produksi ketiga yang terbaru. Gambar kedua menunjukkan nomor produksi J-15 lainnya ‘0303’.

Meski lokasi kursus pelatihan tidak diungkapkan, media Janes memprediksi pesawat tersebut telah beroperasi dari fasilitas pelatihan di Huangdicun.

Perkembangan terbaru datang setelah Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China (PLAN) menugaskan kapal induk keduanya, Shandong, pada Desember 2019. Sekitar tiga bulan kemudian, SAC yang merupakan anak perusahaan dari Aviation Industry Corporation of China (AVIC), mengindikasikan pabrikan itu telah melanjutkan produksi J-15. Pabrikan telah merilis gambar yang menunjukkan setidaknya satu J-15 dicat dengan cat dasar hijau, menunjukkan bahwa pesawat itu adalah bagian dari batch baru.

Tinggalkan komentar