Mar 072018
 

Parade Angkatan Bersenjata China (PLA). © William Ide Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – China pada hari Senin, 5 Maret mengumumkan bahwa anggaran militernya tahun ini akan tumbuh sebesar 8,1 persen dari tahun 2017, suatu kenaikan yang lebih besar dibanding dua tahun sebelumnya bahkan pada saat negara tersebut mempertahankan target pertumbuhan ekonominya, seperti dilansir dari CNBC.com.

Anggaran Pertahanan tahun 2018 akan menjadi ¥ 1,11 triliun atau sekitar $ 175 miliar, menurut laporan anggaran yang dikeluarkan di saat pembukaan pertemuan tahunan parlemen negara tersebut.

Tahun lalu Anggaran Pertahanan China ditetapkan hanya meningkat 7 persen, menjadi ¥ 1,044 triliun atau sekitar $ 164,60 miliar dan hanyalah seperempat dari pengeluaran pertahanan AS yang diusulkan untuk tahun ini.

Kenaikan “anggaran” adalah angka yang diawasi dengan ketat di seluruh dunia sebagai petunjuk terhadap tujuan strategis China, yang muncul di saat pertumbuhan ekonomi meningkat, sekitar 6,9 persen tahun lalu, percepatan pertama pertumbuhan tahunan sejak 2010.

China tetap mempertahankan target pertumbuhan ekonomi 2018 disekitar 6,5 persen, Perdana Menteri Li Keqiang mengatakan dalam sambutannya tersebut disiapkan untuk pengiriman di sesi pembukaan parlemen, masih sama seperti pada 2017 lalu meskipun berhasil mencapai pertumbuhan.

“China akan memajukan semua aspek pelatihan militer dan kesiapsiagaan perang, dan dengan mapan dan tegas untuk melindungi kepentingan kedaulatan, keamanan serta pembangunan nasional”, kata Li.

Li menambahkan bahwa sedang dihadapkan pada perubahan besar dalam lingkungan keamanan nasional kepemimpinan mutlak militer oleh Partai Komunis yang berkuasa harus diobservasi, dan persatuan antara pemerintah dan militer serta rakyat dan militer harus selalu kuat seperti batu.

  87 Responses to “China Tetapkan Budget Pertahanan 2018 Sebesar $ 175 Miliar”

  1.  

    2400 ga ada apa2 dibanding anggaran usa 700 m$

  2.  

    Indonesia berapa anggarannya….?, padahal utang luar negeri hampir mencapai 400 m dolar sedangakan devisa negara cuma 250 m dolar

    •  

      Kalau saja USD 400,000.00 sama dengan Rp. 5,499,995,000.00, jika kita lihat kurs per 6 maret 2018, maka USD 400 M, maka menjadi Rp. 5,500.00 (Lima ribu lima ratus) Trilyun. Hutangnya banyak amat….sungguh mengkawatirkan….

      •  

        sejak kapan kita tak pernah berhutang, terus klu tak berhutang kita membangun pakai duit siapa,memang kita kaya?
        berhutang tp di korupsi itu yg jd masalah!

        •  

          Dan berhutang untuk foya2….. itu juga menimbulkan masalah…..

          Tapi saya melihat manajemen hutang pemerintah sekarang ini sudah benar, kalo semua proyek sudah kelar insya Allah perputarannya duitnya sangat cepat…… kisaran 1700 rpm…..

          *semoga tidak ada lagi iklan partai yg ujung2-nya semua bintang iklannya masuk bui…… xixi….

          •  

            Bahkan badan keuangan internasional mengakui kalau apa yang dilakukan pemerintah Indonesia sudah benar dan mendapat apresiasi karena infrastruktur sangat penting untuk menunjang percepatan ekonomi…
            Justru seharusnya infrastruktur ini sudah dilakukan berpuluh tahun yang lalu… dan beban itu sekarang menjadi tanggungan pemerintahan yang sekarang…
            Orang yang sudah sering melintas pantura dari Jakarta ke arah Jateng/Jatim dari jaman 2000an pasti tahu seperti apa pengaruh pembangunan infrastruktur… yang biasa ke Sukabumi pasti akan bisa merasakan jika tol sudah selesai…

        •  

          Dasar manusia bermental setan kredit, kalo gaji 3 jt ngutang 2 juta bisa dimaklumi lah ini modal 250 ngutang 400 kmudian habis rakyatnya dipajakin sampai2 harta warisanpun mau dipajakin kan ngajak perang sipil namanya

          •  

            Jangan kebanyakan micin mas, jadi otaknya konslet dan emosian terus, ada juga kok orang yang gajinya 5 juta tapi utangnya 300jt pake KPR, asal tujuannya jelas untuk infrastruktur dan untuk kepentingan bersama dan bukan untuk korupsi…

    •  

      Darimana data UTANG LUAR negeri kita segede itu bung Salman.
      https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-3627849/utang-pemerintah-rp-3780-t-sebagian-besar-ke-masyarakat-sendiri

      58 persen (2200 t) adalah utang dalam negeri SBN termasuk utang sama saya
      22 persen (830 t) adalah SBN valas
      20 persen (750 t) adalah pinjaman luar negeri

      •  

        2200 t itu dikeluarkan BI dlm bntuk cetak baru uang rupiah akan tetapi hitungannya berdasarkan fed amerika dgn dolar menjadikan acuannya, mustahil BI lunasin 2200 t tsb krna bunganya maka solusinya cetak uang baru lagi dgn kelipatan utang tsb

  3.  

    Kalo dah ngomongin anggaran mending sementara bc bc berita di situs lain biar hati tetep cerah dan gembira.. Sambil nunggu artikel ttg anggaran tergusur ke page 2

  4.  

    Dgn anggaran terbesar didunia wajar militer AS menjadi yg terkuat walau China berusaha mengejarnya. Klu RI untuk memenuhi EMF aja masih kesulitan, tapi yg penting rakyat bs hidup layak, aman dan tentram.

    •  

      MEF (Minimum Essential forces) bung Andre. Sebetulnya anggaran tidak bisa menunjukkan seberapa kuat kita. Anggaran militer Rusia hanya sepertiga kurang dari anggaran militer China. Tapi siapa yg berani menganggap kekuatan militer Rusia sepertiga kekuatan China. Begitu juga dg Indonesia dan Singapura. Anggaran kita dibawah Singapura tapi beranikah Singapura menghadapi Indonesia sendirian???

      Anggaran memang bukan segalanya tapi segalanya butuh anggaran. Kalo kita punya visi yg kuat dan jauh kedepan untuk 100-200 atau bahkan 1000 tahun kedepan maka Anggaran militer akan bermain disitu. Jika tidak bisa menggunakan anggaran yg besar untuk membuat angkatan bersenjata yg kuat maka kita hanya bisa menjadi seperti Arab Saudi.

  5.  

    yahhh hnya bisa melongo.

  6.  

    Dek Erman Tolong Ganti Judulnya Dari “Shenyang J-11 – ‘Chinese version’ of the Sukhoi Su-27SK” Menjadi “Shenyang J-11 – ‘Chinese Copy’ of the Sukhoi Su-27SK” Begitu Katanya Mbh Mien

    #Just Kidding

  7.  

    BTW, ngomongin soal anggaran kok yg disini dipotong Hingga 25% ya??
    https://jakartagreater.com/anggaran-militer-rusia-48-miliar/

    Jadi gak yakin tentang senjata terbaru yg kemaren diomongin Kamerad Putin bisa tercapai, bahkan Armata, Dolgogury dan Su-57 juga. Hhhhhhhhhh

    Meanwhile ini another Country. Ehemm
    https://www.thebalance.com/u-s-military-budget-components-challenges-growth-3306320

    •  

      Hlah Itu membuktikan Bahwa Dgn Anggaran Pas Pasan Rusia Bisa Memaksimalkan Kemampuan SDM Dan Teknologinya. Lha Sedangkan Dari Sebelah Bahkan Di Kasih Biaya Segambreng Buat Riset Anti Lighting pun Masih Bermasalah.

      •  

        Lighting apa Lightning, diem diem Bae.. Linting tembakau aja deh Jimm,beda huruf beda arti loh. Hhhhhhhhhh

        •  

          Hlah Cuma Slh Ketik Dan Tinggal Di Typo Aja Kok Ribet.

        •  

          Hhhhhhhhhh, iya deh iya. Ntar ngambek lagi.
          Gini Bung Jimmy, Walopun beberapa proyek itu sudah muncul tapi masih belum jelas apakah bisa diproduksi massal atau tidak. Bahkan Su-35 saja belum dimiliki 100 biji oleh RuAF, bahkan anggaran untuk perbaikan dan upgrade Kapal Induk Admiral Kuznetsov pun dipotong setengahnya.
          https://jakartagreater.com/rusia-hitung-kembali-biaya-modernisasi-admiral-kuznetsov/

          Lalu apa yg bisa diharapkan dari Rusia setelah 2020 nanti?? Apakah mereka masih bisa bertahan dalam menghadapi berbagai manuver politik di seluruh dunia dg kekuatan utama yg ada saat ini???

          Walopun senjata2 baru itu mungkin akan selesai dikerjakan, tapi Saya masih ragu apakah senjata itu akan dibuat dengan jumlah yg mencukupi dan sesuai dg kebutuhan kekuatan militer Rusia??? Dengan kondisi keuangan dan ekonomi Rusia saat ini sepertinya bakal susah terlaksana. Kecuali harga minyak naik lagi hingga 110 USD/Barrel dan itu bisa terjadi dengan 2 hal, Rusia menyerbu kilang minyak Darham di Arab Saudi atau menghancurkan kilang minyak USA di Greenland.

          •  

            krimea mayoritas bangsa rusia ya kembali ke asalnya rusia,usa tdk terima,tdk berani berperang dgn rusia,ekonomi rusia di sabotas dgn cr membanjiri pasaran minyak dunia dr sumber arab saudi dan stok minyak amerika, biar minyak rusia tdk laku, ini awal krisis ekonomi dunia

          •  

            Sudah lama pihak barat itu meremehkan kemampuan Russia… bahkan mereka terlalu terkejut ketika rudal2 yang notabene beberapa dimiliki dari era Unisoviet ternyata sangat efektif dan presisi…
            Ketika Russia mengumumkan progres seperti kemarin, terang saja membuat pihak barat jadi mati kutu… sesuatu yang belum mereka capai, Russia sudah dalam arah kesana dan jelas bukanlah baru rencana, karena seperti yang dikemukakan ahli, itu bukanlah sesuatu yang dikembangkan dari 3-6 bulan sebelumnya, tetapi bisa jadi 5 tahun atau lebih sebelumnya sudah dilakukan pengembangan…
            Setelah jatuh bengkrut di era Uni Soviet Russia membuktikan bisa bangkit, dan dengan kondisi yang tidak jauh berbeda jelas meskipun sulit tidak akan menjadi sesuatu yang mustahil…
            Modernisasi Kuznetsov atau kapal besar apapun akan terlalu mahal dan memakan biaya dibandingkan membuat baru, jelas Russia akan lebih efektif menggunakan dana itu untuk membangun kapal induk baru daripada memaksa meretrovit Kuznetsov secara gila2an…

          •  

            bung zain sepertinya hanya bisa menyalahkan satu sisi.

            iran dan venezuela juga termasuk negara pengeksport minyak terbesar selain negara teluk dan amerik juga rusia.

            tapi pikiran sudah terlanjur benci ya, jadinya otak ga muter.

          •  

            @bung Zain

            Sabotase Amirikia tsb justru menguntungkan Indonesia……

            Tetangga sebelah yg kemaren2 begitu pongah karena harga minyak meroket, sekarang jadi klepek2…… mimpinya selalu menyeramkan, wajahnya tertunduk letih, lesu, tidak bertenaga, hidup segan matipun tak mau……

            Beli kapal selampun musti nuggu sampe 2035, itupun kalo ada duit….. xixi….

          •  

            bung colibri telat anda telat balas komennya…xixi

            tapi sepertinya pikiran anda juga sama sudah terlanjur benci jadi sulit dihilangkan, tapi klo negara tetangga yg diseberang sono, aye no problema lha, bang colibri mau benci kek mau peluk sayang…terserah…xixi

          •  

            bung wi@ aku suka film dan lagu2 amerika, mana ada benci, yg sy nggak suka itu yg jelek2 sj.

          •  

            Soal harga minyak dan strategi pengadaan militer, Putin lebih pandai dari kamu, Agato, tenang saja….tak perlu risaulah.

          •  

            Kalo Mr. Putin memang jago tentang gimana caranya naikkan harga minyak maka dia harus mendapatkan penghargaan Nobel, Balon d’Or, Oscar atau apapun lah. Kenyataannya dari 2012 hingga 2017 tak ada pergerakan harga minyak yg luar biasa tuh. Apa yg sudah dilakukan Mr. Putin?? Anggota OPEC aja bukan sok mau ngatur harga minyak dunia. Hhhhhhhhhh

        •  

          @ bung Yuli, Saya mencurigai bahwa diagram yg dibahas oleh senator Aussie saat dengar pendapat tentang pembahasan F-35 RAAF bisa jadi diambil dari sini
          https://jakartagreater.com/jet-tempur-su-35-vs-f-35-siapa-menang/

          Apalagi di artikel Lanceler tak disebutkan siapa pembuat diagram tsb oleh sang senator. Wahh, JKGR dipantau Aussie. Wajar sih bagi ane kalo JKGR kemungkinan besar dipantau oleh agen negara lain. Bung Antonov, Anda masih disitu?? Kok masih SR aja..
          Sebetulnya konsep strategi yg dibabarkan baik oleh Bung Antonov maupun sang Senator hanyalah simplifikasi dari sebuah strategi serangan udara yg mampu dilakukan oleh Australia. Kenapa, karena itu tidak dibahas dari mana Australia melakukan serangan. Jika RAAF memulai serangan dari P. Chirstmas misalnya atau dari LHD Canberra class misalnya, dan AEW&E mereka juga diterbangkan dari P. Christmas misalnya. Itu akan jadi masalah bagi kita ketika F-35 mereka dipersenjatai JSM dan disasarkan langsung ke Ibukota Jakarta dan sebagian disasarkan ke Lanud Iswahjudi. Berapa menit F-35 akan terdeteksi oleh radar kita dan berapa menit yg dibutuhkan oleh Su-35 kita melakukan scramble. Bahkan bila kita punya 72 Su-35 belum tentu kita bisa menghindari kerusakan yg fatal pada garis komando pasukan kita saat Mabesau, Istana Merdeka, Kemenhan dan gedung DPR/MPR diserang saat siang bolong. Jikalau murni serangan udara dan kita sama2 tau dan sama2 dalam kondisi diudara bisa jadi skenario akan berjalan seperti yg dituliskan oleh Bung Antonov, tapi bisa juga kehancuran besar untuk semua kru kedua pihak, disisi lain pespur second liberal keduanya memiliki perbedaan jumlah yg cukup jauh. Namun kita punya kans ketika F-16V dan IFX sudah ada disini dan 2035 kita sudah siap untuk itu.

          Saya selalu menekankan percuma KCR seperti kelas Buyan membawa2 kalibr/Oniks. Itu karena mereka selain terlalu bergantung dari radar platform lain, juga pertahanan udaranya lemah. Apa yg terjadi bila armada Buyan bertemu dg negara yg memiliki Angkatan udara yg kuat atau armada kapal induk yg dilengkapi dg pespur kuat ??? Jelas Mereka takkan bisa membela diri. Bahkan walopun Si Buyan dipersenjatai dengan Igla, tapi karena jarak maksimumnya adalah 5,2 km tentunya takkan bisa menghadapi bahkan helikopter yg dipersenjatai oleh Hellfire yg jangkauannya bisa sampai 8 km.

          •  

            Itu jika radar mu cetakan sekutu nato yg tidak memiliki radar ir permukaan ke udara yg bisa mendetek gelombang panas gerak, dijarak 300km, loe pun kena serpihan nya, klu indonesia digempur

            Hahhaahaaaa

          •  

            Kena serpihan dijarak 300 km?? Serpihan apa?? Meteor?? Masalahnya tuh Buyan bisa melindungi diri dari serangan udara gak??

          •  

            Masalahnya loe gak tau, itu saja siih

            Hahhaahaaaa

          •  

            Link please, no link=HOAX.

          •  

            Mau libk, loe tanya saja hari s, klu dia blm naik pohon, krna bosan hidup didarat

            Hahhaahaaaa

          •  

            Jelas Kapal Seperti Buyan Tdk Di Fungsikan Untuk Pertempuran Laut Terbuka. Soalnya Buyan Di Buat Untuk Melakukan Misi Hit And Run Di Perairan Dangkal Dan Makannya Itu Kapal Di Design Dgn Sistem AAW Yg Lemah Makannya Dulu Pas Rusia Melakukan Serangan Kalibr Untuk Pertama Kalinya Ke ISIS Buyan Di Back Up Oleh Gepard Untuk Mengantisipasi Jika Ada Serangan Dari Udara. Toh Jg Untuk Lawan Kapal Induk Russia Navy Sudah Punya Kapal Tersendiri Yaitu Kirov Class. Dan Tdk Adil Membandingkan 1 Kapal Mini Dgn Gromboran CV Group.

          •  

            Oh, Buyannya cuman 1 aja ya, kirain banyak gitu Ampe Bung Yuli pede banget Ama si Buyan. Hhhhhhhhhh

          •  

            Yah, walopun Buyan head to head Ama KRI Martadinata, kalo Apache bisa dinaikkan diatas Martadinata, KRI kita masih bisa menang lawan Buyan.

          •  

            Ada 9 Kali. Noh Yg Satu Itu Karakurt.

          •  

            Kapal induk utama USN aja ada 11, masak Buyan cuman 9??? Hhhhhhhhhh

          •  

            Kenapa Repot-Repot Bawa Apache?. 😆 Mungkin Martadinata Masih Bisa Menang Lawan Buyan Versi Ekspor Tapi Klau Untuk Buyan Versi Lokal No Comment Lah.

          •  

            Hlah. Ntar Akhir Tahun Buyan Targetnya Ada 12. Toh Lagian Ini Kenapa Bawa-2 CV Lagi

    •  

      mana mungkin di tunjukin ke umum anggaran yg sebenarnya.

    •  

      Anggaran militer russia cuma $351 milyarselama 8 tahun, untuk persiapan yg perlu disiapkan yg akan memiliki 1300 unit pespur su57 full stealth, pesawat angkut militer super ton 200 unit, pesawat angkut publik, heli tempur lebih canggih dari pendahulunya, heli angkut mil 26 hydra 2S, kapal berbagai jenis termasuk 2 unit kapal induk, Tank APC berbagai jenis, hi tech berbagai jenis & berbagai jenis pertahanannya yaitu senjatanya seperti rudal & torpedo, ini tidak termasuk tank tempur t14 mbt & ini sudah disahkan

      Hahhaahaaaa

      •  

        USD 351 Billions untuk 8 tahun?? Are You really??? Itu sama aja kebutuhan USD 43,875 Billions/years. Tahun lalu aja anggaran militer Rusia cuman USD 48 Billions !!! Emangnya sisanya cukup buat biaya operasional, perawatan, suku cadang, logistik, R&D dan gaji tentara??? Biasanya 30-50% anggaran militer itu untuk operasional, perawatan, sucad, logistik, gaji tentara, R&D. Lah kalo cuman sisa 10% kurang buat apa???? Emangnya mau tentara dikasih makan peluru sama granat aja?? Tentara Rusia kalo ngamuk ngeri Bossq, bisa2 Topol M dan SARMAT 2 melayang ke Kremlin. Hhhhhhhhhh

    •  

      Bung Agato, sepertinya diatas ada yang ngomong tentang anggaran, rusia dan china deh.

      “Sebetulnya anggaran tidak bisa menunjukkan seberapa kuat kita. Anggaran militer Rusia hanya sepertiga kurang dari anggaran militer China. Tapi siapa yg berani menganggap kekuatan militer Rusia sepertiga kekuatan China”.

      Itu sepertinya pengakuan tentang kekuatan papa bear.

      •  

        Bukan begitu broo, itu hanya pemberitahuan yg perlu diberitahukan jk anggaran pertahanan militer russia $351 milyar & suatu saat diluar perencanaan? Anggaran bisa bertambah.
        Tapi ini bukan membandingkan anggaran russia dgn china & china cuma segitu anggaran pertahanan militernya dikarnakan china masih mengutamakan produk lokal, sama seperti russia mengutamakan produk lokalnya juga tapi jumlah yg dibutuhkan tidak sedikit dalam persiapan yg perlu disiapkan

        Hahhahhaaaa

      •  

        Ya, itu pengakuan Ane, tapi pendapat di Huha yg terasa janggal hingga menyebutkan anggaran USD 351 Billions untuk 8 tahun yg digunakan untuk pembelian 1300 Su-57, 200 super kargo, 2 kapal induk baru, dsb. Selain dia gak ngasih link yg jelas bisa disebut HOAX, angkanya juga tidak masuk akal. Makanya Ane mempertanyakan hal itu.

  8.  

    Gilakkk, anggaran nya kaya anggaran pemerintah ri ya ???

  9.  

    Melihat china serasa melihat raksasa, anggaran negara kita kaya semut

  10.  

    Kalo kita cukup kcr aja dibanyakin

    •  

      Bung Salman, mungkin Ane mendukung ente tentang wacana kalo bumi itu datar. Buktinya tak ada penerbangan langsung yg melewati Antartika. Kalo dari Sidney mau ke Rio de Janeiro atau ke Johannesburg di Afrika Selatan, itu pesawat harus muter dulu ke Dubai baru ke tempat tujuan. Bukankah kalo melewati Kutub Selatan untuk penerbangan itu gpp ya, lewat kutub Utara bisa masak kutub selatan gak bisa??

  11.  

    Iiihh.. ka agota hebat.

    Love u ka agato…

    Ka colibri juga love u… ^_^

  12.  

    Ralat.. ka agato ^_^

 Leave a Reply