China Uji Peluncuran Rudal Balistik Dongfeng-41

13
116

Cina telah menguji rudal balistik antar benua yang dapat digunakan untuk menyerang London dan Amerika Serikat dengan hulu ledak nuklir. Rudal tersebut adalah Dongfeng-41, yang memiliki jangkauan hingga 8700 km, dan dapat mengangkut sampai sepuluh hulu ledak nuklir.

Para pejabat Pentagon mengecam uji rudal balistik antar benua yang dilakukan China, namun China membantah dan menyatakan, hal itu sangat ‘normal’ untuk melaksanakan peluncuran rudal balistik.

Situs media Washington Free Beacon, mengutip para pejabat Pentagon yang tidak disebutkan namanya, melaporkan China telah melakukan tes peluncuran rudal balistik DF-41 pada 12 April. Laporan itu terkait tes ketegangan antara Washington dan Beijing di Laut Cina Selatan, dan yang menjadi catatan, peluncuran rudal itu dilakukan tiga hari sebelum kunjungan Menteri Pertahanan AS Ashton Carter.

Dalam tanggapan singkat, Kementerian Pertahanan China tidak menyangkal telah melakukan peluncuran, tetapi berdalih dengan menyatakan, “Ini adalah normal bagi kami untuk melakukan tes penelitian ilmiah di wilayah sendiri sesuai dengan rencana kami, dan rudal itu tidak ditujukan untuk setiap negara atau target tertentu.”

China mengklaim hampir semua wilayah di Laut Cina Selatan, yang merupakan jalur pelayaran paling penting di dunia dan diyakini mengandung cadangan minyak besar. Tetapi banyak dari tetangga di Asia Tenggara memiliki klaim yang tumpang tindih, dan ketegangan telah meningkat saat China terus membangun pulau buatan di perairan yang disengketakan.

Pada hari Senin, Kementerian Pertahanan China memberi konfirmasi pertama bahwa Beijing telah mendaratkan pesawat militernya di Fiery Cross yang terletak di kepulauan Spratly, yang juga diklaim oleh Filipina. Beijing juga menyatakan salah satu pejabat militernya telah mengunjungi pulau buatan di Laut China Selatan tersebut.

DailyNews

13 KOMENTAR

  1. yg patut di waspadai kita adalah amrik,bro…china dan lcs tdk bersengketa dgn kita tapi dgn tetangga kita, pergerakan tentara amrik yg membentuk pangkalan pangkalan militer seperti nya turut mengepung negeri kita,lht saja pangkalan militer guam,philipina,darwin australia…sepertinya kita kena kepung juga,apalagi biasa nya yg menjadi ancaman biasa nya dr tetangga dekat.Dan kekuatan australia semakin perkasa saja…waspadalah

  2. china haibat semnjk blajar tot kat rusia skrng mereka bolh buat,rudal ni bolh tempuh jarak 12.ribu smpai 14 ribu jika tak silap kata, DF-41 sebagai rudal range terpanjang , mampu mngirmkn MIRV dn Projek ni dimulakan pada tahun 1980-an, awal mula untuk bolh mmbawakn satelit china kluar angkasa sefaham saya.mereka bnyak mcm dongfeng 5,9,21,26,mcam2..siapa tak nak takut tengok mcm tu antr benua..inilh china yg mahukn mnjd ngara super power kat saing hegemoni amerika.