Des 292018
 

Shenyang J-15 China. (credit: @ PLAN)

Kapal induk buatan dalam negeri China Tipe 001A, dilaporkan telah memulai uji coba laut keempatnya sebelum direncanakan commissioning pada April nanti. Uji coba ini akan menguji sistem aviasinya untuk pertama kalinya, dirilis Sputniknews.com, 27/12/2018.

Sementara ini tidak ada pengumuman resmi uji coba telah dibuat, sebuah pernyataan Kamis oleh Administrasi Keselamatan Maritim Cina mencatat bahwa Selat Bohai dan bagian dari Laut Kuning telah ditutup untuk lalu lintas laut antara 28 Desember dan 4 Januari. Pada saat yang sama, beberapa foto dan video menunjukkan kapal 70.000 ton, dengan panjang 1.033 kaki menuju laut dari pelabuhannya di Dalian pada hari Kamis.

“Selama uji coba laut ini, divisi penerbangan kapal induk akan dikoordinasikan untuk pertama kalinya,” Wang Yunfei, seorang pakar angkatan laut dan pensiunan perwira Angkatan Laut PLA, mengatakan kepada Global Times Kamis tentang tes yang dilaporkan. Dia mencatat bahwa kapal itu juga akan melakukan tes pada radar, komunikasi, sistem kontrol lalu lintas udara, bersama dengan lepas landas dan peralatan pendaratannya.

South China Morning Post mereferensikan foto-foto online pada Kamis yang menunjukkan tiga deflektor ledakan (blast) di dek penerbangan Tipe 001A, yang mengindikasikan kemungkinan operasi penerbangan. Perangkat ini digunakan untuk menangkis knalpot jet untuk menghindari cedera, kerusakan, dan kekacauan umum.

Sayap udara kapal induk itu terdiri dari jet tempur Shenyang J-15, yang merupakan “sepupu” Sukhoi Su-33 yang dirancang dan dibangun oleh China untuk keperluannya sendiri. Seperti Su-33, pesawat J-15 dibangun untuk operasi kapal induk. Tipe 001A juga membawa banyak helikopter.

Meskipun Tipe 001A adalah kapal yang dirancang secara indigenous, ia sangat didasarkan pada kapal induk Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China, Liaoning, yang dibangun oleh Uni Soviet sebagai kapal induk kelas-Kuznetsov, Varyag. Ukraina kemudian menjual kapal yang belum selesai ke Beijing, yang memasangnya kembali untuk pengujian dan studi. Tipe 001A, pembawa layanan penuh, adalah buah utama dari upaya itu.

Kapal induk China Type 001A. (credit: People’s Daily, China – @PDChina)

Seperti Liaoning, Tipe 001A memanfaatkan lompatan ski untuk meluncurkan pesawat dari dek penerbangannya, yang bertentangan dengan metode ketapel uap yang disukai oleh operator Amerika Serikat. Terisi penuh, dapat membawa 32 J-15, delapan lebih banyak dari Liaoning. Namun, radar dan sistem bridge kapal yang baru jauh lebih maju, Sputnik melaporkan.

Wei Dongxu, seorang analis militer yang berbasis di Beijing, mengatakan kepada Global Times bahwa uji penerbangan Tipe 001A seharusnya mudah karena kesamaan kapal dengan Liaoning, para kru kemungkinan akan menggunakan model pesawat ukuran penuh saat menguji pemuatan dan pemeliharaan peralatan dan bukan J-15 asli, Sputnik melaporkan.

Kapal induk itu telah melakukan tiga uji coba laut di bulan Mei, Agustus dan Oktober, dan diperkirakan oleh para ahli akan memasuki layanan tepat pada waktunya untuk peringatan ke-70 dari pendirian angkatan laut Cina pada bulan Mei, SMCP melaporkan.

  16 Responses to “China Uji Sistem Aviasi Kapal Induk Tipe 001A”

  1.  

    Sasaran empuk Harpoon dan torpedo Mk. 48 Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh

    •  

      Yakin dgn opini anda dan apa parameternya?

      •  

        1.) kapal induk China gak sanggup membawa pesawat lebih banyak. Berbanding terbalik dg kapal induk USN yg bisa membawa 90 unit pesawat berbagai jenis termasuk pesawat AEW&C.
        2.) tak banyak destroyer China yg bisa diajak pertempuran di laut lepas untuk mengawal kapal induk China.
        3.) Sedikit kapal selam China yg mampu membawa senjata anti kapal permukaan kecuali torpedo. Sedangkan seluruh SSN US Navy mampu menembakkan Sea Harpoon dan punya kapasitas torpedo yg lebih banyak.
        4.) Pertempuran antar armada kapal induk akan ditentukan oleh jaringan komunikasi data, pendeteksian dini dan pemecahan kode sandi. USA jelas lebih jago dan lebih berpengalaman dalam hal ini. China belum bisa membuktikan bahwa mereka benar-benar memiliki jaringan komunikasi yg aman.
        5.) USA jauh lebih berpengalaman dalam pertempuran antar armada kapal induk dan memiliki jumlah yg jauh lebih banyak dari negara manapun. Rudal balistik anti kapal induk macam DF-21D jelaslah bullsh*t jika China tidak memiliki jaringan peringatan dini yg mumpuni.

      •  

        kapal induk China gak sanggup membawa pesawat lebih banyak. Berbanding lurus dg kapal induk USN yg juga gak bisa membawa 90 unit pesawat berbagai jenis termasuk pesawat AEW&C.
        2.) tak banyak destroyer China yg bisa diajak pertempuran di laut lepas untuk mengawal kapal induk China.
        3.) Sedikit kapal selam China yg mampu membawa senjata anti kapal permukaan kecuali torpedo. Sedangkan seluruh SSN US Navy tidak mampu menembakkan Sea Harpoon dan punya kapasitas torpedo yg kurang banyak.
        4.) Pertempuran antar armada kapal induk akan ditentukan oleh jaringan komunikasi data, pendeteksian dini dan pemecahan kode sandi. USA jelas kurang jago dan kurang berpengalaman dalam hal ini. China belum bisa membuktikan bahwa mereka benar-benar memiliki jaringan komunikasi yg aman.
        5.) USA masih jauh dari berpengalaman dalam pertempuran antar armada kapal induk dan memiliki jumlah yg jauh lebih banyak dari negara manapun. Rudal balistik anti kapal induk macam DF-21D jelaslah bullsh*t jika China tidak memiliki jaringan peringatan dini yg mumpuni.

    •  

      Agatosugimura adalah Sasaran empuk Harpoon dan torpedo Mk. 48 Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh

  2.  

    Kecuali kapal induk itu ga ada awaknya kemungkinan bisa .. wakakaka Aneh aneh bae kang

  3.  

    kll rusiyah punya helix spesial yg dikonversi jadi AEW, klo cinak belum punyak AEW helikopter….
    tpi kaya nya E-2 mau dikopi eh … diproses sama cinak……

  4.  

    Biarpun China punya kapal induk maupun destroyer, negara daratan terluas itu tidak mempunyai wilayah laut yang luas, cuman pencitraan saja agar terlihat barat punya AL yg hebat, beda dengan Rusia. Coba di hitung, luas daratan dan perbandingan luas lautan….hanya spot tertentu saja yang ada penumpukan pasukan laut, begitu juga yg di darat.

  5.  

    Wahai pasukan srigala biru yg perkasa dari gunung tianmen…janganlah engkau jadikan lautan teduh sbg mandala peperangan yg mengerikan…begitu kira2 kata mbah bowo…

    •  

      Bocah bocah diatas memang komenya sok kuminteran mbah,tapi males belajar dan dengar wejangan para tetua jadi sesat deh.
      Masak cina dibandingin dengar armada amerika,kan bego deh.
      Berapa ratus tahun amerika mengembangkan armadanya hingga sampai saat ini, laa cina baru berapa puluh tahun.
      Jadi kalo mau diperbandingkan dengan seangkatan baru masuk akal.misalnya dengan india,atau indonesia.

    •  

      Bocah bocah diatas memang komenya sok kuminteran mbah,tapi males belajar dan dengar wejangan para tetua jadi sesat deh.
      Masak cina dibandingin dengar armada amerika,kan kuminteran deh.
      Berapa ratus tahun amerika mengembangkan armadanya hingga sampai saat ini, laa cina baru berapa puluh tahun.
      Jadi kalo mau diperbandingkan dengan seangkatan baru masuk akal.misalnya dengan india,atau indonesia.