Feb 022016
 

War-V1 3

Mahasiswa Institut Teknologi 10 November (ITS), Bachtiar Dumais Laksana (23 tahun) bersama Adhitya Whisnu Pratama dan Muhammad Iqbal membuat kendaraan taktis mini tanpa awak pertama, untuk keperluan militer.

Prototype tank robot yang dikendalikan remote control ini, dirancang, dirakit dan diproduksi oleh mereka bertiga dan diberi nama War-V1, dengan bendera perusahaan bernama BDL-Tech.

War-V1 4

Prototype ini telah dilirik Kodam Kodam VI/Mulawarman di Balikpapan, dan Batalyon Kavaleri 8 Divisi Infantri 2 Kostrad di Bandung, Jawa Barat.

“Pengerjaan memakan waktu 13 bulan. Lengkap dengan desain, mekanik, rancang kendali elektronis. Kami dari awal mau menyusun perusahaan yang bergerak di bidang hankam dan pendidikan,” ujar Bachtiar, Senin (1/2/2016).

War-V1 5

Pembuatan tank robot ini bermula dari hobi ketiganya di dunia militer. Dengan latar belakang lulusan elektro, sejak SMK mereka mulai mencoba merealisasikan mimpinya. Desain dan model tank berasal dari robot yang digunakan militer Jepang.

“Kemudian kami coba, nekat. Saya tanya ke Batalyon Kavaleri sampai Kodam. Ada tanggapan positif dari Kodam Mulawarman dan Batalion Kavaleri 8. Kendaraan ini hendak difungsikan sebagai back up di lapangan, sebagai sweeper atau penyapu, setelah infantri masuk, di back up unit ini. Sistem senjatanya kami sesuaikan dengan tujuan aplikasi,” ujarnya.

War-V1 2

Bachtiar dan kedua rekannya belum mendapatkan bantuan dana dari pihak manapun. Pembelian komponen dan alat pendukung masih menggunakan modal pribadi.

Karena menggunakan dana sendiri, mereka sempat kesulitan memasang komponen yang lebih memadai, sebab, seluruh komponen yang diperlukan harus didatangkan dari China, dengan harga belasan juta rupiah.

“Kami disiplin elektro di bidang mekanik bergerak, kami belajar otodidak, makanya waktu desain belajar dari nol. Jadi masih gambar tangan mulai dari 2014,” ujar Bachtiar.

War-V1

Kini, Bachtiar mengungkapkan ada beberapa pihak yang mau mensponsori tank buatannya. Tank ini juga akan menjadi bekal untuk menyelesaikan skripsi.

“Ada beberapa bagian saya ikutkan untuk judul skripsi, kalau lolos Kementerian Pertahanan rencananya akan mengucurkan dana, dari Menhan mungkin turunnya ke Dikti,” ujar Bachtiar.

Sumber : Merdeka.com

Bagikan :

  34 Responses to “Cikal Bakal Tank Robot Indonesia”

  1.  

    WOW
    WOW
    WOW

    ditunggu kejenius ente buat negara ni kang

  2.  

    ini made in tempatan!!! stiker pendekar imut. kahkahkahh

  3.  

    Kreatif

  4.  

    Cool…….fu_k malay fu_k dvid gombak fu_k putra jaya….ini indonesiaku dah bs buat….malaymu….???bisax kongket2 dasar sapi pendek!!!!

  5.  

    duhhh ngiri aku… jurusan mereka bisa berguna untuk bangsa dengan menciptakan alat Pertahanan.. la jurusan hukum ..hikz..

  6.  

    Hebat !!! Majulah Indonesia Jayalah Indonesia, btw putra malingsia bisa buat apa ya ?….

  7.  

    Ini yg saya suka, tidak banyak koar2 dan omong manis tapi langsung mewujudkannya,,,

  8.  

    Nah yg beginian sering ditampilin bung diego..!!! Buat menambah pengetahuan & kecintaan terhadap karya anak bangsa, ada banyak loh hasil karya anak bangsa yg kurang diperhatikan pemerintah…sekalian promosi biar ada tanggapan yg positive dari pemerintah maupun swasta ataupun perorangan…apalagi jkgr dah terkenal sampai keluar negeri bung diego..salut buat anak” bangsa yg kreatif..!!!

    •  

      salam kenal bung bakul..

      betul bung saya jg mendukung agar setiap artikel2 ditampilkan karya anak2 bangsa kita ditampilkan.. untuk memotivasi rekan2 yg lain agar berinovasi untuk negara ini.. jgn kalah sama negara lain..

      bila dihitung sudah bnyak mahakarya anak2 bangsa yg mendunia dan bermanfaat bagi umat manusia
      tinggal olah kelola dengan jelas adil jadikan sebagai wadah untuk memajukan bangsa kita indonesia
      apa lagi stiap karya anak bangsa setara kualitas bahkan diatas karya bngsa lainnya,,

      slm kenal bung2 warjager maju terus JKGR yg trus mengglobalisasi dan mendunia… 😀

  9.  

    Semangat

  10.  

    Jangan komen rusuh laaa… Biarin aja bagi mereka yang sirik…
    Oya,kalo ada maling disini ga usah diladenin dwahhh…
    Kalo ke tangkap, ya udh kubur hidup hidup… Wwkkkk

  11.  

    angkat topi buat bung bachtiar ini. mungkin secara teknis belum begitu memadai. melihat desain rantainya yang riskan apabila tank tanpa awak ini melewati jalan dengan handicap tinggi. entah lah jika tank ini difungsikan ketika perang kota sebagai bantuan tembakan pasukan / anti teror. mantap bung bachtiar !

    •  

      Belum memasuki tahap penyempurnaan bung nmanya jg msih jadi bahan buat skripsi,hhe… mungkin nnti bsa di pakaikan gatling gun buatan indonesia,dan sistem pembidik otomatis buatan anak negeri jg udh lebih dulu keluar,sistem kontrol nya bsa menggandeng LAPAN yg udh bsa bikin UAV jarak menengah,armor nya bisa gandeng PT.Pindad..tinggal gmana cranya membangun kerjasamanya aja…

  12.  

    Bung tras terimakasih banyak bung atas pencerahanya.. salam kenal bang

  13.  

    Ayolah kita semua jangan seperti anak kecil yang SALAH ASUHAN, kita sama2 menjadi manusia ditakdirkan untuk berbuat baik kepada semua makhluk. Biarlah sejarah buruk tetap hanya menjadi bagian sejarah masa lalu. Tidak perlu diwariskan atau bahkan di Budayakan saling bermusuhan. Permusuhan tidak akan pernah membawa kebaikan…

    Semakin besar suatu bangsa, seharusnya semakin matang pula emosional masyarakatnya. Masyarakat yang mempunyai pemikiran matang dan penuh perhitungan. Karena Kita bangsa yang besar kita ditakdirkan untuk mengelola hal-hal besar. Bukan mengurusi hal kecil tidak penting. Buktikan bahwa kita masyarakat dr bangsa yang besar, masyarakat yang tidak pendek sumbu kemarahannya.

    ATTITUDE

  14.  

    namanya jg baru pengembangan bung2 skalian…satu persatu harus diperbaiki dan diupgrade ,,, tinggl kembangkan riset dan buatkn.. tindakan lebih berarti dari pd sendau gurau belaka..

    udah patut diacungi jempol walau bnyk kekurangan atau terkesan kya mainan ttp akan menjadi mesin pemusnah umat manusia bila terus menerus dikembangkan.. heheh

    nih ilmuan2nya terinspirasi dari flm terminator dmana manusia melawan mesin / robot genetic yg mngusai jgt raya.. sudah menuju kearah sana,,,

    tinggal tunggu kapan berbagai negara meluncurkan nya..

    apalagi karya anak2 bangsa lainnya seperti si wayan tangan robot bila berhasil emang bener ngembangin lengan robotik akan makin terwujud.. ternyata cikal bakal skenario terminator akan terwujud
    heheh..ini cuman pandangan saya aja ttpi bukti sudah mengarah kesana..xxiixixix

    ntah saya berimajinasi atau mengarang tpi bahwa evolusi teknologi kian berkembang dan mengarah kearah sana..

    ayolah para WARJAG kita berlomba buat dan buktikan kepada NKRI kita bisa setara negara2 maju dalam mengembangkan iptek..

  15.  

    mungkin TNI bisa meniru rusia dalam hal ini ==>>https://www.youtube.com/watch?v=XfXUROw-1i8

  16.  

    Ini baru segelintir pemuda yg mencoba menyelesaikan skripsi loh…gmana jadinya kalo dia fokus ke urusan robot militer?jgn2 bsa lebih bagus dri ini…dan ini jg baru satu wilayah,gmana kalo tiap provinsi punya project masing2 maka julukan negara 1001 prototype ini akan menjadi negara yg kaya akan produk2 lokal berkualitas internasional… its just my logic,bnyak mereka yg pintar disana namun belum terpantau…

  17.  

    banyak cakap lu lon, negaramu udah bisa buat apa? bisa ngebom ladang pisang saja bangga. HINA sekali nih malon

  18.  

    gotong ATGM lebih mantap nih.

  19.  

    serem nih barang, cocok buat perbatasan, di papua apalagi banyak yg mau makar berondong aja,tinggal connect ke satelit, bisa kendali dari jauh, pake kamera infra red, zoom tele + motion detec jadi klo hybernate bisa idup sendiri, mantab

  20.  

    Bagi yg masih baru2 dan komen:
    “Ahh udah gak usah dtanggepin/masih serumpun/jgn kayak anak kecil dan bla bla bla…”

    Lebih baik diem aja, di JKGR sejarahnya panjang ama Malon2 ini. Awal2 sih kita cm diam, lama2 gedeg juga. Kalo diejek oleh negara yg memang lebih baik sih gpp, ini negara kupret, tukang khayal, kolot, dll rasanya gimana gituuuu…..srasa pengen jitak kpalanya

  21.  

    harusnya ada whel tambahan di belakang..sebagai penjaga supaya ni robo tank tidak tengguling ketika menaiki jalan curam atau anak tangga..

 Leave a Reply