Cina Genjot Produksi Kapal selam Yuan Class

Disaat Rusia masih terseok-seok membangun kapal selam diesel elektrik Lada Class yang berteknologi air independent propulsion (AIP), China justru terus menggenjot produksi kapal selam konvensional dengan sistem AIP-nya.

China memulai lagi pembangunan kapal selam diesel elektrik Yuan class Type 039. Setelah terhenti selama tiga tahun sejak Desember 2013, tiga kapal selam dari Type 039 A /B Yuan class mulai kembali dibangun. Terlihat tiga kapal selam dari berbagai tingkatan tahap konstruksi tengah dirakit di galangan kapal Wuchang, Wuhan.

Jika dihitung secara keseluruhan, Angkatan Laut China akan memiliki total 16 kapal selam diesel elektrik Yuan class kombinasi dari Type 039A dan 039B.

Kapal selam Type 039 A/B Yuan class adalah salah satu kapal selam diesel elektrik tercanggih didunia. Dilengkapi dengan sistem propulsi air independent propulsion (AIP) buatan dalam negeri yang meski kalah dari segi kualitas dengan sistem AIP buatan Eropa, namun tetap membuatnya mampu menyelam lebih lama dan lebih silent dibandingkan kapal selam konvensional tanpa AIP.

Yuan class memiliki enam tabung peluncur diameter 533 mm yang selain mampu meluncurkan torpedo Yu-6 juga mampu menembakkan rudal jelajah anti kapal YJ-18B.

Pada awal sebelum akhirnya Indonesia memilih kapal selam Chang Bogo class dari Korea Selatan, kapal selam Yuan class pernah menjadi salah satu kapal selam yang diincar Angkatan Laut Indonesia, selain itu kapal selam Yuan class pernah terkenal karena berhasil membayangi dan mendekati kapal induk USS Ronald Reagan tanpa terdeteksi.

JakartaGreater

Tinggalkan komentar