Sep 072018
 

Doc. -HMS Albion. (LA(Phot) Dan Hooper  – MoD UK via commons.wikimedia.org)

Jakartagreater.com  –  Pemerintah Cina mengecam “tindakan provokatif” oleh Inggris setelah munculnya Kapal Perang HMS Albion Inggris di lepas pantai Kepulauan Paracel, Laut China Selatan (LCS) dirilis pada Kamis 6-9-2018, oleh Sputniknews.com.

HMS Albion, kapal amfibi Angkatan Laut Kerajaan Inggris, melewati Kepulauan Paracel dalam beberapa hari terakhir, kata sumber tersebut kepada Reuters. Kapal perang itu sedang dalam perjalanan ke Ho Chi Minh City, di mana kapal itu berlabuh pada hari Senin 3-9-2018, menyusul penempatan di dan sekitar Jepang.

Menurut sumber Reuters, Cina mengirim Fregat dan 2 Helikopter untuk menantang kapal namun kedua pihak tidak saling mengganggu karena kapal perang tidak masuk ke perairan teritorial. Sumber-sumber mengatakan bahwa tindakan oleh HMS Albion dimaksudkan untuk menunjukkan bahwa Inggris tidak mengakui klaim maritim yang berlebihan di sekitar Kepulauan Paracel.

South China Sea claims map, commons Wikipedia.org

Kepulauan Paracel berada di bawah perselisihan antara Cina, Vietnam, dan Taiwan. Kementerian Luar Negeri Cina mengeluarkan pernyataan, mengatakan bahwa kapal Angkatan Laut Inggris telah memasuki perairan teritorial Cina pada 31 Agustus 2018, tanpa izin dan diperingatkan oleh Angkatan Laut Cina untuk pergi.

“Tindakan oleh kapal Inggris melanggar hukum Tiongkok dan hukum internasional yang relevan dan melanggar kedaulatan Tiongkok. Cina sangat menentang ini dan telah mengajukan pernyataan keras dengan pihak Inggris untuk menyatakan ketidakpuasan yang kuat, ”kementerian itu menambahkan, mengatakan bahwa Cina mendesak pihak Inggris untuk“ segera menghentikan tindakan provokatif tersebut. ”

Angkatan Laut Inggris sebelumnya berlayar dekat dengan Kepulauan Spratly yang disengketakan, lebih jauh ke selatan di Laut Cina Selatan dan tidak jauh dari Kepulauan Paracel, beberapa kali dalam beberapa tahun terakhir tetapi tidak dalam batas 12 mil laut, kata sumber diplomatik regional.

Seorang juru bicara untuk Angkatan Laut Kerajaan mengatakan bahwa “HMS Albion melaksanakan haknya untuk kebebasan navigasi sepenuhnya sesuai dengan hukum dan norma internasional.”

Klaim China di Laut Cina Selatan, yang dilalui sekitar $ 3 triliun dari perdagangan kapal yang dilalui setiap tahun, diperebutkan oleh Brunei, Malaysia, Filipina, Taiwan, dan Vietnam. Inggris tidak memiliki klaim teritorial di daerah tersebut. Beijing mengatakan bahwa mereka mengklaim wilayah mereka sendiri kembali dan membutuhkan pulau-pulau untuk keperluan sipil dan pertahanan diri yang diperlukan.

Masalah seputar HMS Albion datang di saat persiapan pembicaraan pasca-Brexit antara Cina dan Inggris. Inggris telah memulai awal negosiasi dengan Cina untuk kesepakatan perdagangan bebas. Namun, Kementerian Luar Negeri Cina dalam pernyataannya mengatakan bahwa insiden itu mungkin “merusak gambaran yang lebih luas dari hubungan bilateral dan perdamaian dan stabilitas regional.

Berbagi

  3 Responses to “Cina Kecam Inggris, HMS Albion Muncul di LCS”

  1.  

    berani senggol bacok gak meymey..xixixixi

  2.  

    Ditunggu, KRI OWA ngejar nelayan maling dari China Ampe Paracel. Kira2 China bakal berani ngadepin KRI OWA gak ya,… Hhhhhhhhhh

 Leave a Reply