Jun 142016
 

Angkatan Laut China (PLAN) telah menerima korvet type 056A Jiangdao class di pangkalan Angkatan Laut Yulin di kota pelabuhan Sanya di pulau Hainan pada tanggal 8 Juni, rilis China Military Online. Korvet baru Qujing dari Jiangdao class (nomor lambung 508) akan bergabung dengan Armada Laut Selatan PLAN dan diharapkan akan dikerahkan ke Kepulauan Paracel yang disengketakan, ungkap sumber-sumber militer Cina.

Type 056A Qujing berbobot penuh lebih dari 1.300 ton, dikembangkan dan dibangun oleh China secara mandiri. Korvet memiliki kemampuan siluman yang baik dan mampu berperang sebagai anti pesawat, anti kapal permukaan dan anti kapal selam secara mandiri atau berkoordinasi dengan armada kapal perang lainnya, tulis China Military Online.

Korvet Qujing kemungkinan akan ditugaskan ke Armada 26 Light Fregate yang beroperasi dari pangkalan Angkatan Laut Yangpu dekat Teluk Tonkin, lapor IHS Jane Defense Weekly. Armada saat ini sudah mengoperasikan dua korvet type 056. Sekedar mengingatkan, Qujing dari type 056A (bukan Type 056), yang tampaknya menjadi korvet varian berkemampuan khusus peperangan anti-kapal selam, dengan peningkatan kemampuan Anti Submarine Warfare (ASW).

Di samping dilengkapi persenjataan empat rudal anti-kapal YJ-83 (dua peluncur dengan dua rudal) dan meriam utama 76 mm, varian ASW juga dilengkapi dengan dua triple peluncur torpedo 324 mm, serta sonar kedalaman dan towed sonar. Dek penerbangan juga mampu mengoperasikan helikopter Harbin Z-9 yang khusus dilengkapi untuk misi ASW.

Korvet Qujing adalah korvet Type 056A Jiangdao class ke-26 yang memperkuat PLAN, dan 10 korvet diantaranya ditugaskan ke Armada Laut Selatan. Secara keseluruhan, PLAN berencana untuk menambahkan lima korvet – yang berdesain light frigate pada tahun 2016 untuk menggantikan kapal perang tua. Korvet type 056 akan menggantikan kapal patroli class Type 037, dan dilaporkan pada Mei tiga kapal type 037 (nomor lambung 746, 748 dan 786) telah ditarik dari layanan, tulis IHS Jane Defense Weekly.

Pekan lalu, PLAN juga meluncurkan fregat rudal Type 054A Jiangkai II class 4.000 ton yang ke-25 di galangan kapal Hudong-Zhonghua di Shanghai.
Fregat rudal 054A Jiangkai II class adalah kapal perang multirole dan telah dikerahkan untuk operasi anti-pembajakan di Teluk Aden sejak tahun 2009 dan juga berpartisipasi dalam latihan maritim Sino-Rusia di tahun 2015. Saat ini 20 fregat Type 054A Jiangkai class dalam pelayanan dengan PLAN (dengan lima lainnya sedang dalam tahap konstruksi).

Thediplomat

Berbagi

  26 Responses to “Cina Menerima Korvet Type 056A – Si Pembunuh Kapal Selam”

  1.  

    OMG makin songong

  2.  

    Tiongkok coba coba noel natuna…”kutandai kau…kata amur project” hahahahahaha

  3.  

    Emang amur sdh Ekspor bung?? Rusia aja blm terpenuhi pesanannya.. jgn bilang tuh amur sdh disini yaa..

  4.  

    produk kw ttp aja ada gampang bobrok ataupun eror..

  5.  

    kalau tidak salah kapal ini yang mirip dpn class

  6.  

    ente juga sok jago: “mo bikin sendiri? drone yg radius 20km (itu mah pesawat RC)”

    hehe search aja di atas, topik wulung, radius 100 km, ada banyak thread, hehe…

  7.  

    Coba sempatkn wktu anda untk mmbaca artikel ini sejenak.. Jangan melihat judulnya tapi isi nya.. (soalnya judulnya gk begitu pas)
    Walaupun artikel ini usianya udh hampir 7 tahun yg lalu, tapi isinya keren ..
    http://libertycityblogs.blogspot.in/2009/11/keunggulan-indonesia-yg-amerika-ama.html

  8.  

    itu kapal gk akan mampu tenggelamkan pempek kapal selam palembang

  9.  

    TIONGKOK ITU PRODUK KW GAMPANG RUSAK == MBAH TIDAK SUKA

  10.  

    AMBIL MINYAK TANAH,BENSIN,OBOR,PARANG,GOLOK,SENPI,SENAPAN ANGIN,PANAH KUMPULKAN BARISAN SERANG CHINA TER DEKAT, SERANG KELAPA GADING,PANTAI KAPUK,MANGGA DUA, CEMPAKA MAS DLL.HANCURKAN CHINA

  11.  

    RAPOPO

  12.  

    habis baca berita ini jamaah russian strong wal ghoibiah langsung pada klakep mati kutu, maunya beli senjata ini itu tapi mau gimana lagi negara ga punya duit, lah negara kuli kebanyak cingcong doang sok sokan hebat cuma gede bacot doang, ngurus harga daging sapi aja ngga becus mau beli alutsista gahar???? PPPPPPPPPPRRRRRRRRREEEEEEEEEEEEEEEEEEETTTTTTTTTTTTTTTTTTTT………………….!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  13.  

    uaaaaaaa…nguap…aja….

  14.  

    gak usah khwtr produk cina rudalnya suka miss, pesawatnya gk usah di tembakl nanti juga jatuh sendiri,,,hanya casingnya ajha yg keliatan angker padahal jeroannya kw.

  15.  

    Ya elah…namanya juga dunia militer….kalo semua peralatan tempur nungul mah…buka lapak namanya….amerika aja punya haarp ga ditungulin…area 51 jg misteri…sama aja bung…namanya juga dunia militer….

  16.  

    yakin suka miss jatuh sendiri??? terus ngapain INDONESIA NGEMIS-NGEMIS SAMBIL NANGIS MINTA TOT RUDAL C705 haaa??? DASAR MUKA TEMBOK NGGA TAU MALU….

  17.  

    Korvet ini mirip sama korvet Sigma… Coba deh liat bentuknya. Anyway terlepas dari kelakuan Cina belakangam ini, tapi kemampuan galangan kapal nya memproduksi kapal perang sungguh luar biasa.

  18.  

    @lucuan, hahaha ini nih pemikiran kuno , anda orang mana bung?? mikir kok sempit amat makanya ikutin berita yang ada ngasal aja kalau komen jadi orang optimis lah .. kalau cuman ngoceh negbully orang anak SD juga bisa .. anda kalau gak suka forum ini ngapain mampir kemari?

  19.  

    Tukang mulung aku tdk setuju ide anda.mereka tdk salah

  20.  

    bowo palsu, #yg coment atas sono

  21.  

    @ lucuan
    Dulu mas sekolahnya dibawah pohon bambu yaa,

 Leave a Reply