Jan 222015
 

Pulau Pagasa (Hope) bagian dari kepulauan Spratly, Laut Cina Selatan. REUTERS/Rolex Dela Pena

Para pejabat Filipina menuduh Cina memperluas reklamasi di perairan yang disengketakan di Laut Cina Selatan. Filipina sebelumnya telah memperingatkan bahwa Cina sedang membangun sebuah landasan udara di atas tanah reklamasi di Johnson South Reef di perairan itu.

“Kegiatan Cina di barat laut Filipina (Laut Cina Selatan) terus menjadi perhatian serius. Laporan menyebut mereka melakukan pembangunan yang lebih besar di atas tanah reklamasi,” kata Wakil Menteri Pertahanan Filipina Pio Lorenzo Batino pada wartawan, Kamis pagi.

Batino menolak menguraikan kemajuan reklamasi Cina tersebut. Ia hanya mengatakan, “Sangat serius. Terus bertambah (pembangunannya).”

Pada kesempatan yang sama, Wakil Menteri Luar Negeri Filipina Evan Garcia menggambarkan pekerjaan reklamasi Cina sebagai “sangat masif”. Ia menyatakan langkah Cina ini mencederai perjanjian antarnegara penggugat Laut Cina Selatan untuk tidak melakukan pembangunan apa pun sampai kode etik yang mengikat disepakati.

“Langkah Cina tidak membantu dalam mencari jalan keluar. Ini bukan contoh dari apa yang semua orang pahami sebagai langkah menahan diri,” kata Garcia.

Sengketa batas wilayah Laut Cina Selatan menyeret sejumlah negara. Cina mengklaim perairan itu sebagai bagian dari wilayahnya, hal yang membuat Brunei, Malaysia, Taiwan, dan Vietnam yang juga berbatasan dengan perairan itu keberatan.

Filipina tahun lalu menuduh Cina melakukan peledakan pasir dan wilayah bebatuan untuk merebut kembali daerah-daerah di sekitar terumbu karang di laut itu. Negara ini telah mengajukan permohonan resmi kepada PBB untuk menentang klaim Cina itu pada Maret 2014.

Mengomentari kembali memanasnya sengketa Laut Cina Selatan, Asisten Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Daniel Russel meminta semua negara bersikap ‘menahan diri’. “Kami percaya bahwa negara besar tidak dapat menggertak negara-negara kecil,” katanya.

Ia menyatakan AS memiliki kepentingan besar dalam hubungan bilateral yang stabil, sehat, dan konstruktif dengan Cina. “Namun AS juga prihatin dengan perilaku yang menimbulkan ketegangan, perilaku yang menimbulkan pertanyaan tentang niat Cina itu,” katanya.

Sedangkan Asisten Menteri Pertahanan AS David Shear mengatakan Washington sangat mendukung upaya Filipina untuk memodernisasi militernya, yang merupakan salah satu yang paling lemah di wilayah tersebut. Dia mengatakan AS telah memberikan US$ 300 juta bantuan militer bagi negara itu sejak tahun 2001 dan akan memberikan tambahan US$ 40 juta pada 2015. (TEMPO.CO)

  104 Responses to “Cina Perluas Reklamasi di Wilayah Sengketa”

  1.  

    lanjut

  2.  

    Semakin memanas…bersiaplah negaraku dengan segala kemungkinan apalagi ada pihak lain yang ikut numpang pada sengketa ini. Semoga tidak menjadi serius dan secepatnya dicarikan jalan keluar.

  3.  

    wis pokoke SU-35 kudu kongkow di NKRI…
    sediya payung sebelum hujan..

  4.  

    hahaha

  5.  

    sehebat apapun, juara apapun, peringkat berapapun, kalau lawannya PLA akan menjadi sia-sia dan percuma,

    Penawar-nya hanya satu, Yang bisa menandingi PLA hanya satu,

    YANG TERBAIK DIANTARA TERBAIK, AHLI PEPERANGAN TERHEBAT, SPESIALIS PERANG KOTA DAN GERILYA, TAHAN TERHADAP PERANG BERLARUT LARUT.

    DAN PASUKAN ITU ADALAH
    ( BRIGADIR MOBIL )

  6.  

    Mbah adalah orang pemberani, semasa muda mbah selalu yang terdepan,

    Tapi kalau mbah di suruh lawan PLA, terutama PLA yang seragamnya biru muda, mbah akan memilih kabur, kabur sejauh jauhnya.

    Mereka PLA jauh lebih bengis dan kejam dari Dai Nipon,

  7.  

    Tahun 2030
    1. cina serang AS
    2. Rusia serang eropa
    3. Jepang serang korsel
    4. Indonesia kuasai asia tenggara
    5. Iran lumat israel
    6. India dan Pakistan perang tak berkesudahan

    kira-kira gtoe dec

    •  

      dan penyebab perang adalah emas, adalah emas yg mengobarkan peperangan2 dari dulu hingga masa yg akan datang, isunya paman gober org sini, kediri disikat mongol, raja2 nusantara disikat belanda, belanda disikat german (eropa) & japan (nusantara), japan disikat asyuu, asyuu berhutang besar ama paman gober krn cetak uang pakai emas paman gober (lg ngelindur, he…)

  8.  

    Wah makin PANAS nich LCS..segera PERCEPAT pembangunan psngkalan di Natuna dng ALUTSISTA yg GAHAR & BEROTOT..

  9.  

    mbah gambarkan bisik bisik yang mbah dengar tentang tahun 2022

    1.Lautan china selatan di huni sekitar 400 kapal selam diesel china
    2. china memiliki 5 kapal induk , 4 diantara bertenaga nuklir
    3. china memiliki 400 kapal fregat, 50 kapal perusak, 20 kapal LPD, dan puluhan kapal tangker minyak.
    4. china memiliki fighter sekitar 400 su s5 dan hampir 1000 shukoi buatan lokal
    china memiliki 10 juta tentara yang membanjiri serawak, sabah dan semenanjung, menutup selat malaka dan berusaha untuk menjepit indonesia dari 2 sisi yaitu dari kalimantan dan sumatra.

    5. kebanyakan negara asean menyerah kecuali indonesia dan singapora.

    Hasil pertempuran asean kalah telak dan armada indonesia kemungkinan mengungsi dan bergabung dengan armada amerika dan australia.

    •  

      Kala itu Indonesia mengangkat bambu runcing yg terbuat darti besi besi yg kuat tak terpatahkan ,, dan pla terbelalak sambil berkata ” sunguh kami telah membangunkan Macan yg sedang tidur dan kami menyesal karna kami ta mampu membendung kekuatan nya ” mereka mati sia sia dan tkan kembli ke negra nya ….

      •  

        Komentar mbah bowo memang kurang berbobot kadang juga ngelantur jauh dari tema
        Tapi saya akui hadirnya mbah bowo cukup memberi warna tak jarang saya senyum2 sendiri membaca komens si mbahmbah yg ngebet bbanget sama PLA
        Hehehe. Just kidding mbah

    •  

      Sebelum di lawan kita jadikan dulu PLA kawan..

    •  

      si mbah bowo itu siapa sih ngak cepet2 modar aja tuh orang,..
      kerjaannya nge hasut nge lunturin nasionalis,. ketemu gw gw bacok ni orang,.. geram gw

      •  

        Dek lontong harus tau kekuatan musuh, jangan hanya modal berani, ingat dek lontong keberanian tentara PLA 8 kali lipat dari rata-rata orang paling pemberani.

        •  

          Mbah bowo saya salut dgn sampeyan.. Apa yg dikatakan ttg kekuatan chinna benar semua..tapi ada satu kelemahan yg blom dibabar yaitu makanan terutama sayuran… Mereka bisa berpuasa tidak makan daging.ikan dsb tapi tanpa sayuran mereka lemah…hihihihihi

      •  

        Gak boleh begitu bung, siapa pun boleh koment disini selama tidak menghina dan berkata kasar.
        hormatilah orang tua..peace..
        halo mbah piye toh kabare, kalo saya lebih baik mati demi bangsa dan negara mbah..

    •  

      Dan saat itulah pasukan Tiongkok ( PLA ) baru menyadari betapa kuat”a Pandawa Nusantara . Betapa cerdik’a Yudistira ( jakarta ) dalam berpolitik , Betapa Gagah’a Bima Sena ( TNI ) dengan Alusista Canggih’a , Begitu Tanpan’a Arjuna ( Alutsista ) dengan racikan pernak-pernik dari berbagai negara , Sungguh menawan Nakula Lan Sadewa ( Pindad & PAL ) sebagai pusat Industri Militer dalam negeri… dan betapa Bijaksana’a Batara Krisna ( Rusia ) sebagai saudara dalam membimbing Pandawa menuju kemandirian’a

  10.  

    menghadapi tentara darat china face to face adalah sebuah kesalahan fatal, berlari sejauh mungkin dan secepat mungkin adalah jalan yang terbaik,

    Jika harus terpaksa menghadapi PLA, maka serang dan kabur sejauh mungkin.

  11.  

    Mbah berani menjagokan Pasukan Brigadir Mobil akan mampu mengatasi keganasan gempuran tentara china PLA yang konon merupakan Pasukan Abadi.

  12.  

    bowo kok ga mati ja yaaa 🙂

  13.  

    Hidup Brimob…

  14.  

    mbah bowo gi mana sich, kq malah membela pla bukanya negara sendiri.

  15.  

    Tidak Mbah, mbah mungkin sudah agak rabun, saya maklum karena mbah sudah tua, coba mbah perhatikan baik2 lebih gagah polantas daripada brimob

    •  

      Dek harjo mungkin salah lihat.

      Mbah sudah perhatikan betul, lebih Gagah Brimob dek,
      dicintai Rakyat, Pelindung Rakyat.

      •  

        Mbah umur berapa mbah, saya masih muda mata saya lebih awas dari pada mbah bowo, maaf mbah bowo bukannya saya menjelekan mbah tapi mbah udah sepuh lebih awas mata saya mbah saya lihat tiap hari polantas gagah2 mbah kuat strong pasti takut PLA

        •  

          dek harjo salah lihat dek, mbah ini sudah sepuh, sudah tua, sudah jauh berpengalaman, mbah bisa lihat dengan jelas bahwa BRIMOB adalah pasukan yang paling gagah dan berwibawa, idaman pada gadis, dicintai rakyat dan selalu melindungi rakyat.

  16.  

    Pak jokowi sudah faham betul itu, itu sebabnya beliau akan melakukan krja sama militer dan aliansi dengan usa. Gk usah anti pati dengn usa , militer indonesia akan hancur lebur jika berhadapan dgn pla. Pak jokowi bertindak dengan bimbingan tuhan, yakinlah eliau tidak akan salah

    •  

      BENER DEK BENER,

      MBAH SANGAT SETUJU,

      Yang ngak setuju dan benci pak jokowi, silahkan gabung dengan PLA,

      •  

        Sangat logis mbah, bagaimana kita mau bertempur mlawann pla yg punya 2 jt tentara ? Lebih dari 1000 fighter ? Puluhan hululedak nuklir ? Aliansi dgn usa adalah jln yg paling masuk akal, ingat beliau adalah turunan wali songo !

        •  

          bener dek.

          Pemerintahan sekarang adalah yang terbaik,

          Jangan mengatasnamakan Rakyat miskin kalau mau mengkritik pemerintah.

          BBM Naek dikit aja pada tereak semua,
          giliran BBM sudah di turunin ngak ada ucapan terima kasih pada pemerintah.

          BG mau diangkat, malah dipermasalahkan.

          kalau sudah merasa NGak cocok dengan kebijakan pak presiden ya mbok sabar sedikit, tunggu 5 tahun lagi.

  17.  

    Pasukan ku takan pernah mundur walau hanya 1cm pun ,, bila 1 pasukan ku mati maka mereka akan menghadapi pasukan yg menyala nyala seperti api yg berkobar kobar menyala ,,

  18.  

    si mbah bowo tak pikir pikir jiwa nasionalisme kurang…. diserbu PLA malah nyuruh kabur…jaman kemerdekaan aja rakyat kita pake bambu runcing ga mundur….. coba baca sejarah dulu mbah….
    peace mbah… saya ga punya pikiran seperti anda yang selalu membanggakan PLA.

  19.  

    Tentara Indonesia adlah Tenra yg cerdik ,, anda tkan pernah tau kecerdikan apa yg di miliki Tentara Indonesia.
    ( Cerdas dan Terdidik )

  20.  

    sedia sarapan sebelum kelaparan

  21.  

    @mbowo aku pilih polwan aja mbah, abis cantik” sih

  22.  

    mbah bowo, saat pla menyerang dg jutaan tentara dan mbt dibelakangnya, ternyata yg diserang adalah ladang ranjau yg telah dipersiapkan oleh tni kita. dan mereka pulang tinggal nama.
    lalu saat kapal induk mulai mendekat ternyata lontongnya bung PS nenggelamin kapal induk pla, dan pulang tinggal nama.
    dan saat mbah bowo ngungsi ke china, saat itulah ada anggota pla yg nangkap mbah bowo dan ngaku2 seolah menangkap tni padahal cuma cari nama hahahaha…..

  23.  

    Pernah baca di Edisi Koleksi Angk***: Artileri The King Of Battles, cara ini diterapkan oleh China di perang korea. Perang didahului duel artileri. Karena China lebih superior, maka seluruh artileri pasukan Inggris di …. (lupa nama tempatnya), musnah. Namun ketika pasukan China bergerak menduduki tempat itu, pasukan Inggris keluar dari parit dan lubang bekas bom dengan bersenjatakan pistol, bayonet dan pisau menyerang pasukan China. Terbukti, (pada saat itu) China tidak mahir dalam pertempuran jarak sangat-sangat dekat, tidak mahir menggunakan bayonet dan pisau.

  24.  

    Knp ga hansip sekalian suruh perang
    ……………

    •  

      dek cengho harus paham betul

      Brigadir mobil sangatlah ahli dalam menghadapi PLA, ciri khas dari PLA adalah serangan bergelombang, dan BRIMOB mempunyai keahlian mengatasi model serangan seperti itu. Brimob juga nampak lebih siap dalam segala kondisi peperangan, mental petarung mereka sudah teruji.

      Mbah mengusulkan jumlah Brimob diperbesar 1 : 1 dengan TNI AD.

  25.  

    Sementara tiongkok memperluas reklamasi wilayahnya, disini malah org pd memperluas diameter kebotakan di kepalanya krn kebanyakan mikirrr..

    •  

      Bener dek, bener.

      China ngak pernah juara menembak, atau dapat peringkat keberapapun tentara elit militernya,

      TAPI, “MEREKA MENUNJUKKAN LANGSUNG KEHEBATAN MEREKA”

      •  

        Ahh mbah bowo..lama gk keliatan kirain kena razia trus dibawa ke RSJ. Piye kabare mbah?? markas PLA pernah diobrak abrik Pak Moel dan mrk gk berani.., padahal Pak Moel sendirian aja mrk takut dan gemetaran mbah..

  26.  

    Pelik bener nih masalah…berarti Perang hanya tinggal tunggu waktu saja ya?…. semoga tak terjadi perang. Tak ada yang bagus dari perang.

  27.  

    Mbah2 kayak dah pernah ngerasain perang saja malu mbah ama para veteran perang yg ngerebut kemerdekaan utk bangsa ini, mereka korbankan segalanya utk memperjuangkan kemerdekaan bangsanya ini……malu donk mbah kok bisa2nya berkometar kayak gitu

  28.  

    Melawan cina cara yg Paling tepat adalah aliansi militer dgn usa, dan itu yg akan dan sedang dilakukan pak jokowi .

  29.  

    Pla masuk nusantara berarti hancur wo….tinggal ngaktifin senjata kita yang masih pada tidur…..banyak lo mbah gunung di nusantara tinggal bom ja gunung….bisa luluh lantak pla….hahaha….

  30.  

    aliansi???? hehe…kita Non Block Bung…klo aliansi ma USA makin dipijek2 kita….klo USA nawarin aliansi..suruh bangun smelter dulu di freeport ma pemasukan ke indonesia 75% gitu….

  31.  

    Gak usah takut ya mbah bowo….gak bakalan berani cina masuk wilayah nusantara dengan gunung berapi tersebar diseluruh nusantara….baca mbah sejarah letusan gunung krakatau dan tambora yang bisa membekukan dunia….jangan kecil hati mbah…

  32.  

    muai deh kompor ASu memprovokasi pihak2 yg bertikai dengan cara menjual paksa senjata ke fhilipina dll, ……… negara lain yang ribut ASu yg dpt untung, itu lah ASu terorist yang sebenarnya, pengacau dunia !!!

  33.  

    BIARKAN SAJA CHINA MAU KONFRONTASI DGN SEKUTU AMERIKA…
    KENAPA SODARA2 PADA RIBUT..

  34.  

    mbh bowo tu komandan pamong praja,yg mau jdi tni tpi gk kesampean jadi nya geto berhayal dgn angan angan…..maaf mbh….he…he…

  35.  

    ngomong opo to le? Gantian Kadalin Arab Saudi? maksud lo? Mbok nyebut to le, kita tuh dulu kecil gak ada apa2nya, banyak dibantu sama negara lain termasuk dari Arab Saudi, malah ngomong di Kadalin segala. weleh2….ora ngilo.

  36.  

    Jika china menang trus melanjutkan ke kita?

  37.  

    iya khan….nongolnya diatas tgl 13 dan pasti malam jumat…MBAH BOWO….hiiiiiiiiiiiiiiii

  38.  

    percuma dek perlawanan semesta kecil dan tipis kemungkinan menang jika PLA sudah mendarat. Hanya Brigadir Mobil yang terlatih mengatasi itu semua.

    Mbah sangat yakin dengan kemampuan dan kehandalan Brigadir mobil.

  39.  

    Bener dek, mbah setuju dengan pendapat dek andikamov,
    dan mbah yakin dek andikamov adalah pemuda yang pemberani.

    tapi gini dek,
    pendapat mbah kalau sebuah negara kalah di Laut dan Udara maka darat hanya menunggu penghancuran saja.

  40.  

    Saran mbah adalah segera bentuk aliansi dengan Australia, Malaysia dan singapora, filiphina dan juga vietnam, bentuk armada gabungan, tiap negara mengirimkan setengah kekuatan armada lautnya ( minim 40 kapal perang campuran )untuk berkumpul di Natuna.

    setiap aliansi harus mengirimkan 10 fighter terbaik mereka untuk berkumpul di Natuna dan setiap aliansi harus mengirimkan 100.000 tentaranya untuk berkumpul di natuna.

    setiap aliansi harus memiliki payung udara sejauh 400 km.

    setiap aliansi harus bersumpah setia jika diserang satu maka yang lain akan membantu.

    setiap aliansi tidak boleh membiarkan anggota aliansi lainnya di caplok wilayahnya oleh China.

    dan Indonesia harus menjadi ketua aliansi dengan bimbingan Amerika dan Inggris.

  41.  

    mohon anda jangan meniru nama saya dek, saya ngak pernah berkomentar murahan seperti ini.

  42.  

    mohon bung Gue tolong di tertibkan komentar yang kayak beginian.

  43.  

    Aliansi dengan usa austra malay philip sing vetnam untuk hadang cina, kekuatan cina gk akan bisa dibendung walau seluruh asteng bersatu. Cina mirip jepang waktu ekspansi pd 2, hanya kekuatan cina lebih lebih gahar. Penduduk 2 milyar !!! Fighter ribuan, tank 2 ribu, destroyer puluhan, coevet eatusan, hulu ledak nuklir puluhan !, Sehebat2nya kita gk akan mampu menghadang mereka ! Maka benarlah manuver pak jokowi yg bermanuver mendekat ke usa

  44.  

    Untuk ngadepin China, RI selain Su 35 NM juga hrs beli :
    ICBM SS SATAN, ICBM BULAVA, ICBM TOPOL,
    ICBM STILLITO, ICBM SKIFF produk Rusia,

  45.  

    Untuk ngadepin China, RI selain Beli Su 35 BM juga hrs beli :
    ICBM SS SATAN, ICBM BULAVA, ICBM TOPOL,
    ICBM STILLITO, ICBM SKIFF produk Rusia,

  46.  

    Kok malah ribut nyari musuh sih, oaalllaaa